P. 1
9 - Pkn - Rangkuman Pkn Kelas 9 Semester 1

9 - Pkn - Rangkuman Pkn Kelas 9 Semester 1

|Views: 5,432|Likes:
Published by setia_ir

More info:

Published by: setia_ir on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

RANGKUMAN PKN KELAS 9 SEMESTER 1 Versi Buku Antonius Kevin Arlen

PILIHAN GANDA (50 soal sesuai dengan soal UTS 1 PKn) 1. Sesuai kodratnya, manusia adalah makhluk sosial, itu adalah pendapat dari: Aristoteles 2. Yang bukan fungsi negara adalah: melakukan serangan kepada bangsa lain 3. Ikatan dalam negara dalam bentuk: UUD 4. Syarat tambahan terbentuknya negara adalah: pengakuan dari negara lain 5. Maju mundurnya negara bergantung pada: rakyatnya 6. Antara WN dan non-WN dibedakan berdasarkan: hak dan kewajiban 7. Yang bukan termasuk wilayah negara adalah: hutan 8. Res Nullius: pandangan yang beranggapan lautan tak berpemilik 9. Batas landas kontinen: batas laut lebih dari 200 mil dari garis pantai 10.Konvensi Montego Bay, Jamaika, 10 Desember 1982 membahas batas wilayah laut diselenggarakan: PBB 11.Navigasi udara ditetapkan dalam: Konvensi Paris 12.Ketentuan batas wilayah negara dibuat menurut: sungai, selat/danau, dan pegunungan 13.Yang bukan badan kenegaraan di RI adalah: federatif 14.Pemerintah dalam arti sempit adalah: presiden, wakilnya, dan menteri 15.Pemberian wewenang dari rakyat kepada kepada pemerintah melalui: pemilu 16.Yang dapat memotivasi untuk melaksanakan kegiatan adalah: tujuan dan citacita 17.Tujuan negara adalah menciptakan kebaikan umat manusia, adalah pandangan: John Loeke 18.Tujuan negara ditegaskan di preambule UUD 1945 alinea: keempat 19.Yang bukan fungsi negara adalah: pelayanan 20.Bela negara harus dilaksanakan dengan: kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban 21.Titik awal perjuangan Bangsa Indonesia adalah: proklamasi 22.Upaya bela ngeara berlandasan idiil, yaitu: Pancasila 23.Pasal 30 UUD 1945 menyebutkan: tiap-tiap WN berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara 24.Pertahanan Negara diatur: UU no. 3 th. 2002 25.Yang bukan sifat pertahanan negara keluar adalah: demonstratif 26.Sistem pertahanan yang melibatkan seluruh WN adalah: sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta 27.Komponen utama pertahanan dan keamanan rakyat semesta adalah: TNI 28.Upaya bela negara dapat dilakukan dengan kegiatan: pendidikan kewarganegaraan dan pengabdian sesuai profesi RANGKUMAN PKn KELAS 9 SEMESTER 1 /AKA (GRATIS) 1

UU no.Pernyataan penggambaran otonomi daerah adalah: pemda dan rakyat membangun tambak udang untuk mendukung potensi perikanan daerahnya 39.Definisi kebijakan publik yang salah adalah: menaikkan kualifikasi penerimaan terhadap masalah rakyat 34.Kebaikan sentralisasi adalah: adanya keseragaman peraturan di seluruh negara 52.Yang tak termasuk wewenang pemerintahan daerah adalah: politik luar negeri dan pertahanan-keamanan 50.Yang tak bertugas mengesahkan kebijakan lembaga adalah: MA 57.Tahap legitimasi kebijakan publik adalah: tahap pengesahan rencana kegiatan pemerintah 37.Kebijakan publik digunakan sebagai panduan dalam melayani rakyat dan mengelola sumber daya daerah 56.29. legitimasi.Tahap evaluasi kebijakan publik adalah: tahap menilai kebijakan yang telah dilakukan 36. kabupaten dan kota memiliki DPRD yang dipilih dalam: pemilihan umum 41. 2004 mengatur: pemda 40.Yang termasuk prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah: pemerataan 49. 1999 59.Yang termasuk prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah: pemerataan 44.Yang termasuk daerah otonomi adalah: daerah kota 45.Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan otonomi daerah adalah: manusia pelaksana dan kemampuan keuangan 32. itu adalah contoh: proaktif LSM 48. evaluasi 38. formulasi.Otobomi daerah diatur: UU no.Unsur pelaksana kebijakan adalah: aparat pemerintah 2 RANGKUMAN PKn KELAS 9 SEMESTER 1 /AKA (GRATIS) .Perangkat pelaksana otonomi daerah di kabupaten adalah: bupati 42.Yang merupakan kebijakan politik adalah: menaikkan upah minimum regional oleh Depnaker 33.Contoh partisipasi rakyat dalam pelaksanaan pembangunan: kegiatan padat karya 55. implementasi.Tahap implementasi kebijakan publik adalah: tahap tahap melaksanakan rencana kegiatan pemerintah 35.Faktor pengaruh pelaksanaan otonomi daerah adalah: manajemen 43. 32 th. Hal ini disebut: otonomi 46.Yang tak termasuk partisipasi rakyat dalam otonomi daerah adalah: tahap penyelesaian 54.Seorang anak diserahi orangtuanya sebidang tanah.Urutan pembuatan kebijakan publik adalah: pembuatan agenda.Langkah pertama dalam pembuatan kebijakan adalah: pembuatan agenda 58.Tujuan utama otonomi daerah adalah: membudayakan daerah untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan agar pelayanan terhadap WN lebih efektif dan efisien 30.Jika ada LSM yang turut dalam proses pembahasan raperda. 2004 31. ia menggarap dan mengelola dengan biaya sendiri.UU perlindungan konsumen: UU no.Fungsinya menegakkan prinsip demokrasi dan pengawasan pelaksanaan otonomi daerah. adalah: DPRD 53.Otonomi daerah di RI dilaksanakan dalam konteks negara: kesatuan 51.UUD 1945 pasal 18 ayat (3) pemda provinsi.Yang tak termasuk kebijakan publik: peraturan perusahaan 47. 32 th. 8 th.

c) Kemampuan peralatan. tanggung jawab. pengakuan negara lain. Bela negara dilihat bukan hanya sebagai kewajiban dasar. Unsur negara: rakyat bersatu.60. c) Menjamin pertahanan. b) Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. b) Formulasi dan legitimasi (teknis). Tujuan pelaksanaan otonomi daerah: a) Agar pelayanan terhadap WN lebih efektif dan efisien. d) Evaluasi: proses. dan rela berkorban. pengabdian sesuai profesi. b) Memberdayakan daerah dan peningkatan kesejahteraan rakyat. c) Implementasi (penerapan kebijakan). b) Kemampuan keuangan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan otonomi daerah: a) Kemampuan manusia pelaksana. b) Struktural: Tap MPR no. masukan inovatif dan kreatif. Peraturan perundangan kewajiban bela negara: a) Konstitusional: UUD 45 pasal 30. ~ selamat Natal 2009 dan Tahun Baru Kristen 2010 ~ 3 RANGKUMAN PKn KELAS 9 SEMESTER 1 /AKA (GRATIS) . Landasan terhadap upaya pembelaan WN adalah idiil.Dalam otonomi daerah. 2002 ttg. 8. pemerintah berdaulat. 3 th. d) UU no. Pertahanan Negara (landasan operasional). tetapi juga merupakan kehormatan bagi seluruh WN. 2. dampak. c) Idiil: Pancasila. d) Kemampuan organisasi dan manajemen. Wujudnya berupa dukungan. strategi. 9. mengontrol kebijakan pembangunan sejak tahap perencanaan hingga evaluasi.Proses pembuatan kebijakan publik: a) Pembuatan agenda kebijakan. Contoh tindakan upaya bela negara: pendidikan kewarganegaraan. Pelaksanaan otonomi daerah di RI menitikberatkan pada kabupaten/kota karena biasanya jumlah dan jenis dinas antarkabupaten/kota berbeda. 7. dan struktural. bupati mengeluarkan peraturan yang disebut: perda ESSAY (5 soal – diambil dari buku cetak PKn hal 55-56) 1. Kewajiban WN dalam membela negara: Harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran. 11. 6.Partisipasi rakyat diperlukan dalam otonomi daerah karena kewenangan besar yang dimiliki pemda tak akan berguna tanpa ada partisipasi rakyat. 5. kritik. Fungsi Negara: a) Menjaga keamanan dan ketertiban. VII/MPR/2000 ttg. Cara kita berpartisipasi dalam membela negara dan lingkungan adalah melestarikan kebersihan lingkungan dan merawatnya. d) Menegakkan keadilan. 3. 4. Peran TNI dan Polri. 10. konstitusional. daerah.

PG diambil dari kertas soal MID Juvensco .Yang ditebalkan belum yakin benar 4 RANGKUMAN PKn KELAS 9 SEMESTER 1 /AKA (GRATIS) .Catatan: .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->