P. 1
LEMBAR REFLEKSI

LEMBAR REFLEKSI

|Views: 2,828|Likes:
Published by Rubi Anto

More info:

Published by: Rubi Anto on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama NIM Program Studi UPBJJ

: Suparni : 820356145 : S1 PG PAUD : UT Yogyakarta

A. Refleksi Komponen Pembelajaran 1. Apakah kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan ? Ya, kegiatan yang saya lakukan sesuai dengan indikatoar pada SKH. Hal ini terjadi karena : Agar kegiatan pembelajaran yang saya lakukan mencapai hasil belajar yang diinginkan. 2. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Ya, materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Hal ini terjadi karena : Di dalam penyajian materi pembelajaran harus mempertimbangkan kemampuan dan tingkat perkembangan anak. 3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Ya, media pembelajaran sesuai dengan indikator. Hal ini terjadi karena : Media pembelajaran sangat penting dan mendukung dalam proses dan keberhasilan dalam pembelajaran. 4. Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan anak tertarik dan senang dalam melaksanakan kegiatan. 5. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Ya, alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Hal ini terjadi karena : Dalam penilaian saya menggunakan pedoman penilaian di PAUD (observasi, percakapan, unjuk kerja, penugasan, dan hasil karya).

B. Refleksi Proses Kegiatan Pembelajaran

1. Apakah pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan SKH yang saya susun? Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan SKH yang saya susun. Hal ini terjadi karena : Untuk mempermudah dalam penyampaian kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan. 2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar)? Pada saat kegiatan menyebutkan dan mewarnai bentuk geometri ada anak yang tidak mau menyelesaikan kegiatannya. 3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Yang menjadi penyebab kelemahan saya tersebut karena saya kurang dalam memberi motivasi pada anak. 4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Cara untuk memperbaiki kelemahan saya tersebut saya membujuk dan memberi motivasi agar anak mau menyelesaikan kegiatan. 5. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran? Kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode, media, dan sumber belajar yang menarik sesuai SKH. 6. Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang pembelajaran? Penyebabnya mempunyai tujuan yang jelas dalam pembelajaran dan dapat memproyeksikan hasil belajar yang harus dicapai anak. 7. Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan pembelajaran? Saya menggunakan media pembelajaran yang menarik dan memberi penjelasan tentang cara melaksanakan tugas dengan baik dan mengelola kelas dengan baik. 8. Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan?

Pada saat melakukan percobaan terapung dan tenggelam semua anak sangat senang melakukan dan mencoba memasukkan benda-benda yang tidak dipersiapkan oleh guru. 9. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah: Ya, alasannya agar saya dapat melaksanakan kegiatan yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran dan saya mempunyai catatan lengkap kejadian selama pembelajaran. 10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya). Reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan anak memperhatikan penjelasan guru, aktif, dan bersemangat. 11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat)? Ya, anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan. Hal ini terjadi karena : Dari semua apa yang disampaikan oleh guru, anak dapat melaksanakan kegiatan / tugas dengan baik dan dapat menjawab pertanyaan dan melaksanakan tugas dengan benar. 12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan? Reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan, anak merasa senang dan bangga. 13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan? Ya, penilaian yang saya berikan mengacu pada indikator yang saya tetapkan. Hal ini terjadi karena : Penilaian yang saya berikan mengacu pada indikator yang telah ditetapkan dan tidak menyimpang.

14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan? Ya, sebagian besar anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan. Hal ini terjadi karena : Indikator/kemampuan yang hendak dicapai dirancang dalam SKH dengan prinsip penilaian yang telah ditentukan. 15. Apakah saya telah dapat mengukur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik? Ya, saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik. Hal ini terjadi karena : Di dalam SKH sudah ada pembagian waktu dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir. 16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat neningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan? Ya, kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan. Hal ini terjadi karena : Di akhir pembelajaran ada tanya jawab tentang kegiatan sehari-hari dari awal hingga akhir untuk mengingat kembali apa yang telah anak lakukan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->