OPTIK Adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan penglihatan yang melingkupi cahaya, mata dan

alat alat optik. Yang perlu diperhatikan dalam optik adalah tentang : • Sifat-sifat sinar cahaya • Sifat-sifat bayangan • Pantulan cahaya • - Oleh cermin datar - Oleh cermin cembung - Oleh cermin cekung • Pembiasan cahaya - Dari medium renggang ke medium rapat - Dari medium rapat ke renggang (tentang sudut kritis/sudut batas. Pantulan sempurna ) - Pembiasan oleh balok kaca ( kaca plan paralel ) - Pembiasan oleh prisma - Pembiasan oleh bidang lengkung - Pembiasan oleh Lensa tebal - Pembiasanoleh lensa tipis - Pembiasan oleh lensa cembung - Pembiasan oleh lensa cekung - Lensa gabungan • Alat alat optik - Mata - Kaca mata - Lup ( magnifier) - Mikroskop - Teropong ( Teleskop ) - Oftalmoskop 1.Sifat –sifat sinar : a.Sejajar . Sinar ini datang dari 1. sumber cahaya yang jauh ‘tak terhingga’ 2. salah satu titik fokus lensa cembung. 3 Hasil pantulan sinar yang melewati titik fokus lensa cekung b. konvergen ( mengumpul ). Sinar ini dihasilkan dari hasil pembiasan oleh lensa cembung , atau pantulan sinar sejajar oleh cermin cekung . c. Divergen ( menyebar ) Sinar ini adalah 1. sinar yang datang dari sumber cahaya 2. sinar yang dihasikan oleh pantulan cermin cekung 3. sinar yang dihasilkan oleh pembiasan lensa cekung

Sinar datang .yaitu sumbu tempat beradanya titik fokus tambahan. kacamata.sifat bayangan a.2. serta sumbu tambahan. Adalah bayangan yang selalu tegak dan dapat dilihat langsung pada alat optiknya. Sudut datang sama dengan sudut pantul. obyek yang terlihat pada mikroskop. maka jumlah 360 −1 bayangan yang dihasilkan adalah n = α n = jumlah bayangan α = sudut yang dibentuk oleh kedua cermin . Bila dua cermin digabungkan sehingga membentuk sudut tertentu. PANTULAN CAHAYA Hukum-hukum pemantulan: 1. sinar pantul dan garis normal terlerek pada satu bidang datar 2. seperti bayangan matahari oleh lensa cembung Contoh soal : Sebuah benda yang berada didepan cermin cekung yang jarak fokusnya 10 cm menghasilkan bayangan nyata yang diperbesar 3 kali ukuran bendanya. Contoh soal : Sebuah benda yang berada di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 10 cm menghasilkan bayangan tegak dengan ukuran 3 kali ukuran bayangannya. Sifat. seperti bayangan yang dilihat pada lup. ukurannya sama dengan ukuran benda . Berapakah jarak benda terhadap cermin ? Pada lensa atau cermin dikenal sumbu utama yaitu sumbu yang arahnya tegak lurus vertex dimana tempat fokus utama berada. bayangan bintang oleh teropong. *Ingat Hukum ini tidak hanya berlaku padacermin datar saja CERMIN DATAR Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah: maya. tegak .bayangan nyata.. bayangan maya . cermin datar. Adalah bayangan terbalik dan tidak dapat dilihat pada alat optiknya. Berapakah jarak benda terhadap cermin ? b.

Sinar sembarang dipantulkan sesuai dengan hukum snellius 1 1 1 = + Persamaan yang biasa digunakan pada cermin cembung adalah atau f s s' 2 1 1 = + R s s' . karena : 1. Sinar menuju fokus dipantukan sejajar sumbu utama 3. TEGAK. DIPERKECIL. Sinar menuju pusat kelengkungan dipantulkan berimpit denan sinar datang 4. Semua benda yang berada didepan cermin cembung bayangannya mempunyai sifat yang sama .CERMIN CEMBUNG ( Jarak fokusnya negatif) 1. yaitu : MAYA . Cermin cembung bersifat menyebarkan sinar.Sinar sejajar sumbu utama dipantulkan seolah sinar datang dari fokus 2. BERADA DIBELAKANG CERMIN Contoh aplikasi dari cermin cembung adalah kaca spion CERMIN CEKUNG ( Mempunyai jarak fokus positif ) . s’= jarak bayangan f= jarak fokus lensa dan R = jari-jari kelengkungan s' Perbesarannya adalah M= s .s = jarak benda.

sifat sinar yang dipantulkan oleh cermin cekung adalah * sinar sejajar dipantulkan melalui fokus • sinar melalui fokus dipantulkan sejajar • sinar melalui pusat kelengkungan dipantulkan melalui titik itu pula • Sinar sembarang dipantulkan sesuai hukum snellius dengan jari-jari kelengkungan sebagai garis normal Persamaan yang dipakai pada cermin cekung biasanya dinyatakan dengan 2/R= 1/f= 1/s +1/s’ ' atau s = sf s' f s= ' atau s− f s −f atau f = ss ' s' − s f s' atau M = s− f s Untuk memudahkan mengingat. proyektor. JUMLAH RUANG BENDA + RUANG BAYANGAN = 5 Perbesaran ukuran bayangan adalah M = Dengan catatan 1. Sifat . terlihat langsung pada cermin. diperkecil PEMBIASAN CAHAYA Pembiasan Cahaya adalah : • Pembelokan arah rambat cahaya ketika mengalami perubahan medium. diperbesar. diperbesar. lampu mobil/motor. “sendok” yang dipakai oleh dokter gigi. terbalik . biasanya pada cermin cekung atau lensa cembung dilakukan “pembagian ruang” benda dan “ruang bayangan”. tegak. * Jika benda di ruang II maka bayangannya nyata. Sinar yang jatuh pada bidang batas mengalami deviasi sebesar d = i − r . Ruang I antara cermin dengan titik fokus (F ) 2. Ruang III didepan titik pusat kelengkungan R * Jika benda di ruang I maka bayangannya maya. Ruang II antara titik fokus F dengan pusat kelengkungan R 3.Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar sehingga sering digunakan sebagai reflektor pada lampu senter. terbalik . * Jika benda di ruang III maka bayangannya nyata.

Jawab. Pembiasan pada balok kaca ( kaca plan paralel ) Sinar yang masuk kedalam balok akan keluar sejajar dengan sinar yang masuk. . r=sudut n1 sin r v2 λ2 bias. karena dengan sudut datang tertentu ( sudut kritis /sudut batas ). Dan jika sudut datang lebih besar dari sudut kritis maka sinar akan dipantulkan sempurna. CONTOH 1. n= indeks bias medium. sinar akan dibisakan dengan sudut bias 90o. n= sini/sinr .* Pembiasan cahaya adalah perubahan kecepatan cepat rambat cahaya jika mengalami perubahan medium. λ= panjang gelombang. 4/3 b. udara ke gelas.. Pembiasan antara dua bidang batas ( udara ke air. √2 c.a besarnya sudut batas 1 n sin ik = sin 90 = 2 sin i = 1 → sin i = → i = 45o 2 adalah b. Atau perubahan arah rambat cahaya jika mengalami perubahan medium.√3. Tetapi pada embiasan ini tidak semua sinar dapat dibiaskan. Sudut kritis suatu medium dapat dihitung dengan sin ib = 1 / n ..air ke gelas ) n2 sin i v1 λ1 = = = i =sudut datang. v=cepat rambat cahaya . Tentukan besarnya sudut kritis dari medium yang indeks biasny a. *Besaran-besaran yang berubah ketika seberkas sinar mengalami pembiasan adalah cepat rambat dan panjang gelombang Persamaan-persamaan pada pembiasan a. • Jika sinar datang dari medium rapat ke renggang akan dibiaskan mendekati normal • Jika sinar datang dari medium rapat ke renggang akan dibiaskan menjauhi normal.

sehingga deviasi sinar semakin besar . Oleh permukaan kedua pembelokan sinar diperbesar lagi. Sehingga akan didapatkan D = 2i1 − β = 2r2 − β .i1 r D D ri Besarnya deviasi sinar oleh kedua permukaan prisman adalah D = (i1 − r1 ) + (r2 − i2 ) atau D = (i1 + r2 ) − (r1 + i2 ) atau D = i1 + r2 − β Jika nilai i1 diubah.n = Ditanyakan .t = pergeseran sinar : d= tebal balok kaca i= sudut datang :r = sudut bias CONTOH Seberkas sinar jatuh dengan sudut 45o pada permukaan balok kaca yang tebalnya 10cm dan indeks bias 2 . t. Pada keadaan ini syaratnya adalah i1 = r2 . Besarnya pergesran sinar dalam balok kaca adalah t = d sin(i − r ) cos r . i2 = r1 = 1 / 2 β . Pembiasan sinar pada prisma Sinar yang jatuh pada salah satu permukaan prisma akan dibelokkan sehingga sinar sampai pada permukaan lainnya ( permukaan kedua ).Sinar tersebut hanya mengalami pergeseran. Berapakah besarnya pergeseran sinar tersebut ? 2 .maka akan dihasilkan suatu nilai deviasi minimum. i = 45o Jawab: diketahui d=10 cm . Jawab : t = d sin i sin 45 = 10 = cos(i − r ) cos( 45 − 30) c.

Sebuah prisma sama sisi indeks bias √3 dijatuhi sinar dengan sudut datang tertentu sehingga sinar tersebut mengalami deviasi minimum. maka r1=30o sin i sin i → 2= → sin i = 1 / 2 2 → i = 45o . achromatic prism.Persamaan lain dari deviasi minimum n sin 1 / 2 β = sin 1 / 2( β + Dm ) Untuk β yang kecil persamaannya menjadi Dm = ( n − 1) β CONTOH 1. spektrsokop PEMBIASAN PADA BIDANG LENGKUNG Pada bagian ini pembiasan dibagi menjadi 3 bagian 1. kamera.n = sin r sin 30 Dm= 2i-β= 90-60=30o 2.Berapa besarnya sudut deviasi minimum yang dihasilkan prisma : Jawab . Diketahui n =√2 β=60o Ditanyakan Dm Jawab n sin 1 / 2 β = sin 1 / 2( β + Dm) = 2 sin 30 = sin 1 / 2(60 + Dm) 1/2√2= sin 1 / 2(60 + Dm) 45=1/2 (60+Dm) → 90=60+Dm → Dm=30 Aplikasi dari prisma biasanya digunakan pada direct vision. Jawab: Diketahui n =√2 β=60o ( prisma sama sisi ) Ditanyakan :i dan Dm Jawab : Syarat deviasi minimum β=2r1. Seberkas sinar dijatuhkan pada salah satu permukaan prisma sama sisi yang indeks biasnya 2 . Pembiasan pada bidang lengkung tunggal ( seperti aquarium) n1 n2 n2 − n1 + = Pada pembiasan ini berlaku s s' R n1 = medium tempat benda berada s = jarak benda n2 = medium tempat bayangan s’= jarak bayangan R = jari-jari kelengkungan . Tentukan besarnya sudut datang tersebut dan sudut deviasi minimum dari sinar tersebut.

Didalam akuarium tersebut terdapat ikan yang berjarak 50 cm dari bidang lengkung. Berapa kedalaman kolam tersebut bila dilihat tegak dari atas permukaan kolam ? 2.5 dan indeks bias air 4/3 maka fokus lensa di air fA=4 fu Dan kekuatan lensa diair PA= ¼ Pu . Pada jarak berapa ikan itu akan terlihat ? 2. Sebuah kolam yang dalamnya 2 meter berisi air jernih yang indeks biasnya 4/3. Persamaan umum lensa adalah n1 n1 1 1 + = ( n2 − n1 )( − ) s1 s' R1 R2 1 1 1 1 1 + = (n2 − 1)( − ) = s s' R1 R2 f Jika lensa berada di udara n1 = 1 maka Jika lensa dimasukkan kedalam suatu medium yang indeks biasnya n2 maka 1 1 nL 1 1 persamaannya menjadi + = ( − 1)( − ) s s' n2 R1 R2 Jika di dalam air terdapat benda (ikan ) yang berada pada kedalaman maka kita akna d' n melihat bayangan benda tersebut dengan persamaan = d’=jarak d n' bayangan .Contoh 1. Pembiasan pada lensa . maka P n −1 U = L pernbandingan kekuatan lenssa adalah Pm nL −1 n Khusus untuk indeks bias lensa nL= 3/2= 1. maka perbandingan jarak fokus lenssa di medium dan di udara adalah f m nL − 1 = f u nL − 1 n Kekuatan Lensa adalah kemampuan sebuah lensa dalam mengumpulkan atau menyebarkan sinar P 100 = f cm Jika kekuatan lensa diudara Pu dan kekuatan lensa di medium Pm.n=indeks bias udara n’=indeks bias air CONTOH Jika lensa yang indeks biasnya nL dimasukkan kedalam medium yang indeks biasnya n. Sebuah akuarium cembung mempunyai jari-jari kelengkungan 60 cm diisi dengan air yang indeks biasnya 4/3.d=jarak benda .

maya. Jika benda ditempatkan di ruang III :bayangannya : nyata. . Fungsinya untuki mengubah dioptri dari lensa .. Sebuah benda terletak pada jarak 12 cm didepan lensa cembung yang jarak fokusnya 8 cm.Dimanakah sebuah benda harus diletakkan didepan sebuah lensa cembung agar terdapat bayangan yang dapat ditangkap layar dengan ukuran 4 kali bendanya sejauh 30 cm dari bendanya ? 4. c. b. . tetapi harus ditangkap dengan layar. atau 1 1 1 1 1 = + + + . Pgab = P + P2 + P3 + . tegak didepan lensa 2. Lensa yang digabungkan berimpit.. Maya. terlihat langsng pada lensa. 2.. Lensa Cekung Bayangannya selalu diperkecil. tetapi ada jarak antara kedua lensa (seperti mikroskop dan teropong ).. Berapakah jarak antara benda dan bayangan tersebut ? LENSA GABUNGAN Gabungan lensa : 1. Lensa Cembung a. terbalik diperbesar. diperbesar . bayangannyaNyata. tegak.dibelakang lensa..Jika benda ditempatkan di Ruang II..Perbesaran bayangan yang dihasilkan lensa adalah M = Contoh soal s' f = s s− f SIFAT-SIFAT BAYANGAN YANG DIBENTUK OLEH LENSA 1.didepan lensa.. tidak dapat dilihat langsung pada lensa. Apakah alat optik tersebut dan berapakah jarak benda terhadap ’alat optik’ tersebut ? 3. Lensa yang digabungkan tidak berimpit.Jika benda ditempatkan di ruang I bayangannya. tidak dapat dilihat langsung pada lensa. f gab f1 f 2 f 3 2. Sebuah benda yang terletak didepan lensa cembung yang jarak fokusnya 12 cm menghasilkan bayangan yang ukurannya sama dengan ukuran benda. Sebuah ‘alat optik’ yang jarak fokusnya 20 cm menghasilkan bayangan yang tegak yang teletak didepan ‘alat optik’ tersebut dengan ukuran bayangan 5 kali ukuran bendanya. maka dioptri dari lensa tidak bisa dijumlahkan. CONTOH 1. Sebutkan sifat-sifat bayangan benda.terbalik diperkecil.tetapi bayangan harus ditangkap dengan layar..

Sehingga mata kita lebih cepat lelah. Tetapi seperti tanda koma. Mata Bagian-bagian penting dari mata yang berhubungan dengan masuknya cahaya adalah : 1. 3. Mengumpulkan cahaya sehingga jatuh di retina 4. Aberasi khromatik ( sinar-sinar putih yang datang ke lensa akan diuraikan oleh lensa menjadi deretan warna-warna ).Berfungsi sebagai layar tempat terbentuknya bayangan benda Mata normal : dapat melihat jelas pada titik jauh ( PR ) di tak hingga dan di titik dekat ( PP= Punctum remotum pada jarak 25 cm. Berapakah jarak antara kedua lensa tersebut. tidak berakomodasi ( lensa mata dalam keadaan normal/tidak menebal ).CONTOH Dua buah lensa cembung diletakkan sejajar dengan sumbu utama yang sama dengan masing-masimg fokus 100 cm dan 5 cm. kita dapat menggunakan mata dengan 1.Mata akan berakomodasi maksimum jika sedang membaca pada jarak 25 cm . Keadaan ini biasanya mata sedang melihat benda yang jauh dan mata tidak cepat lelah. ALAT-ALAT OPTIK Yang dimaksud dengan alat-alat optik disini adalah alat-alat yang berhubungan dengan mata dan alat bantu melihat. Seberkas sinar sejajar jatuh pada lensa pertama . 2. Aberasi sferis ( aberasi karena pengaruh kelengkungan lensa atau cermin 2. otot lensa mata .Mengatur kecembungan lensa ketika berakomodasi 6. 1. retina. Dalam keadaan ini mata melihat benda pada jarak yang lebih dekat. Kemudian sinar tersebut diteruskan ke lensa kedua. Mengatur arah cahaya dari lensa sehinga jatuh di retina 5. lensa mata.Oleh lensa kedua sinar terebut keluar sejajar. ABERASI Pembentukan bayangan oleh lensa dan cermin kadang-kadang tidak sempurna.karena terjadinya : 1. Dalam melihat suatu benda . cairan mata. kornea 3. Otot Lensa mata harus berkontraksi untuk menebalkan lensa mata. diafragma(iris ). Berfungsi sebagai pengatur cahaya yang masuk ke mata 2. Aberasi koma ( bayangan suatu benda tidak seperti bendanya.Mata berakomodasi.

Untuk mata hypermetropi agar dapat melihat benda dengan jelas pada jarak baca mata (s = 25 cm) maka harus menggunakan lensa cembung yang bersifat mengumpulkan sinar agar sinar-sinar jatuh di retina. Myopi ( mata dekat / rabun jauh/ mata minus ) Orang yang m. Terjadi karena adanya pergeseran titik dekat yang semakin jauh dan yang bersangkutan mengalami rabun dekat. Berapakah kekuatan lensa yang digunakan oleh orang yang mempunyai titik dekat 50 cm ? 2. Untuk membaca harus 1 menggunakan lensa cembung ( dengan kekuatan P = 4 − ) dan melihat jauh s' menggunakan lensa cekung ( f =s’). Untuk menormalkan penglihatan harus menggunakan lensa bifocal. karena sinar-sinar yang masuk kemata dibiaskan di depan retina. s’= jarak titik dekat. Benda biasanya ditempatkan pada titik fokus lensa atau antara F dan lensa ( di Ruang I ). Contoh 1. Untuk mata Myopi agar dapat melihat jelas harus menggunakan lensa cekung yang berfungsi menyebarkan sinar agar sinar dapat tepat jatuh di retina. Contoh Berapakah titik dekat sesorang yang harus menggunakan kacamata 1 dioptri ketika sedang membaca sebuah buku? LUP (MAGNIFIER ) Adalah sebuah lensa cembung yang dapat digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar terlihat lebih jelas.5 Dioptri. . P = kekuatan . Berapa titik jauh oraang yang menggunakan kacamata -4 Dioptri ? 2. .s = ∞ s’= titik jauh = jarak fokus lensa cekung yang digunakan. Pada kacamata mata Myopi berlaku .Mata tidak normal : a.engalami ini tidak dapat melihat benda dengan jelas pada jarak yang jauh. Tentukan letak titik dekat pelaut tersebut.sehingga didapatkan bayangan maya yang diperbesar.. Pada mata ini kekuatan lensa 1 yang harus digunakan berlaku P = 4 − . c. Seorang pelaut harus menggunakan kacamata +1. Presbyopi . s' Contoh 1. Hypermetropi( mata jauh/ rabun dekat).terutama pada jarak baca Biasanya dialami oleh para pelaut. Orang yang mengalami ini tidak dapat melihat jelas benda-benda yang dekat. Kondisi ini biasanya dimiliki oleh orang tua. Berapa jarak fokus kacamata yang harus digunakan oleh orang yang titik jauhnya 75 cm di depan mata ? b.

..... dengan perbesaran s ' f ob M ob = ob = sob s − f ob Bayangan dari obyektif merupakan “benda” untuk okuler..... 1... Berapa perbesaran yang dihasilkan jika a...maya.dan dapat ditempatkan pada ruang I okuler( bila dilihat dengan mata berakomodasi dengan perbesaran 25 M ok = + 1 ) atau di titik fokus okuler ( bila dilihat dengan mata tak berakomodasi f 25 dengan perbesaran M ok = ).... f ob < sob < 2 f ob ..... yang berfungsi sebagai obyektif ( lensa yang membuat bayangan dari obyek /benda ).................. Sifat bayangan yang dihasilkan oleh lup adalah tegak .... dan lensa okuler (lensa yang berfungsi sebagai Lup).Penggunaan Lup.. 25 Perbesaran yang dihasilkan M = (untuk mata tak berakomodasi ) f 25 M = + 1 (untuk mata tak berakomodasi) f 2... dapat dilakukan dengan cara kondisi mata berakomodasi maksimum dan tidak berakomodasi....Sistem lensa mikroskop f ob < f ok .. terbalik yang diperbesar... MIKROSKOP Terdiri dari susunan dua lensa positif ( cembung ).. f f ob 25 x Perbesaran total oleh mikroskop adalah M = M ob xM ok = s − f ob f ok Panjang Mikroskop • Mata tak berakomodasi d = s0b '+ f ob • Mata berakomodasi d = sob '+ sok .......... Mata siswa tersebut tidak berakomodasi. diperbesar CONTOH 1.... Seorang siswa akan menghitung jumlah kaki dari seekor kuutu kepala dengan menggunakan lup yang jarak fokusnya 5 cm..... Mata siswa tersebut berakomodasi maksimum b.. Benda hanya ditempatan di ruang II obyektif. Sehingga obyektif menghasilkan bayangan nyata ........... Lup tidak menempel pada mata tetapi berjarak d dari mata...maka perbesaran yang dihasilkan adalah ..Lup menempel pada mata.

. Lensa ini menghasilkan bayangan obyek terbalik. b.bayangan obyektif ini ditempatkan pada jarak 2fp sehingga menghasilkan bayangan yang sama ukurannya dengan bayangan obyektif. Panjang teropong adalah d= foby .. Obyek yang berada dipermukaan bumi.... Oby .....CONTOH ( Minimal 5 1.. prisma siku-siku sebagai pembalik dan lensa cembung sebagai okuler. Teropong medan ( teropong bumi). Berapakah jarak fokus obyektif yang digunakan. c.. Teropong panggung Teropong ini b iasanya untuk melihat obyek di permukaan bumi agar lebih jelas. dan okuler mengamati dengan mata berakomodasi maksimum. sebuah mikroskop mempunyai obyektif dan okuler maisng-masing 5 cm dan `12. Yaitu lensa cembung yang berfungsi menangkap bayangan dari lensa obyektif. To be continue. Perbesaran total yang dihasilkan mikroskop adalah adalah 120. Lensa obyektif. Lensa pembalik. Yaitu lensa yang berhubungan langsung dengan obyek. Seperti teropong yang digunakan oleh pelaut.5 cm. Tipe telescope ini bergantung pada obyek yang diamatinya.. sepasukan tentara. Sebuah preparat berada pada jarak 1cm dibawah obyektif yang jarak fokusnya 9mm... Apabla mikroskop digunakan dengan mata tak berakomodasi. Biasanya teropong ini menggunakan tiga buah lensa cembung.fok b.. Yang menghasilkan bayangan yang lebih jelas dari obyek pm ok Foby 2Fp Fok Pada teropong jenis ini Panjang teropong adalah d=fob +4fp+fok Perbesaran bayangan M=fob/fok 2....? TELESCOPE Adalah alat yang biasa digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar nampak lebih jelas.. Menggunakan lensa cembung sebagai obyektif dan lensa cekung sebagai okuler. Ada dua sistem optik yang dipakai di sini a. Menggunakan lena cembung sebagai obyektif.. 2. yang masing masing diseburt a.berapakah perbesaran total yang dihasilkan mokroskop .. Obyektif mikroskop tersebut menghasilkan perbesaran 10kali. diantaranya 1....... Lensa okuler ( eye Piece ) yaitu lensa yang berperan sebagai lup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful