P. 1
RPP K 3 S

RPP K 3 S

|Views: 93|Likes:

More info:

Published by: Gilang Yesung L'Arcenciel on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2012

pdf

text

original

SMK NEGERI 1 PANGKALPINANG FORMULIR

No. Dokumen No. Revisi Tanggal dimulai

: FM / WKUR / 029 : 01 : 1 Juli 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KELAS / SEMESTER ALOKASI WAKTU I. : SMK Negeri 1 Pangkalpinang : MK3LH : X/ 1 : 2 x 45 menit (2 x Pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja INDIKATOR Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa mampu: − Mengidentifikasi keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan lingkungan kerja. TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa dapat: − Mempelajari prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja − Mengidentifikasi hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, keselamatan dan keamanan diri yang terdapat pada lingkungan kerja dengan cermat. MATERI AJAR Pertemuan I: Keselamatan dan kesehatan kerja difilosofikan sebagai suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budayanya menuju masyarakat makmur dan sejahtera. Sedangkan pengertian secara keilmuan adalah suatu ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tidak dapat dipisahkan dengan proses produksi baik jasa maupun industri. Pertemuan Ke-2 : Menurut Ridley, John (1983) yang dikutip oleh Boby Shiantosia (2000, p.6), mengartikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut

II.

III.

IV.

V.

(lihat di referensi internet dan Modul Keselamatan Kesehatan Kerja, Diklat Manajamen Bengkel, P4TK BMTI Bandung, 2009.) VI. SUMBER/ALAT/BAHAN BELAJAR − Modul Keselamatan Kesehatan Kerja, Diklat Manajamen Bengkel, P4TK BMTI Bandung, 2009.

1

Penerbit Yudistira. SMK 2 Cikarang Barat Referensi dari internet Laptop InFocus LCD Proyektor METODE PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN a. Revisi Tanggal dimulai : FM / WKUR / 029 : 01 : 1 Juli 2009 − − − − − − VII. 2006. berdoa bersama dan mengabsen siswa Appersepsi Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan siswa tentang materi keselamatan. Modul Keselamatan Kesehatan Kerja. Langkah-langkah CPTT : 1. kesehatan kerja. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang hendak dicapai dalam pembelajaran. Pemberian tugas kepada siswa Model Pembelajaran Square Word Siswa memperhatikan lingkungan kelas Siswa menjawab salam dan berdoa 10 Menit Religius Disilpin Peduli Lingkungan • Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan pengetahuannya • Siswa mendengar dan memperhatikan keterangan yang diberikan oleh guru • 2 .SMK NEGERI 1 PANGKALPINANG FORMULIR No. Metode Pembelajaran Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT) Metode ini adalah metode mengajar gabungan antara ceramah dengan Tanya jawab dan pemberian tugas. Dokumen No. Model Pembelajaran Ceramah Plus Tanya jawab dan Tugas (CPTT) b. Pemberian Peluang bertanya jawab antara guru dan siswa 3. Powerpoint tentang Keselamatan Kesehatan Kerja . • • Guru memperhatikan • lingkungan kelas Guru membuka pelajaran • dengan mengucapkan salam. Penyampaian materi oleh guru 2. Model Pembelajaran Word Square LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE 1-2 (2 JAM @ 45 MENIT) = 90 menit Kegiatan Awal KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA WAKTU NILAI-NILAI VIII. Guru menyampaikan metode dan model pembelajaran yang hendak dilaksanakan.

Dokumen No. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak Pertemuan I : Eksplorasi • Menanyakan kepada siswa • tentang gunanya kesehatan bagi kehidupan • Menanyakan kepada siswa bagaimana cara mereka menjaga kesehatan dalam belajar Metode Ceramah dan Tanya Jawab: • Guru memberikan contoh sehat melalui powerpoint. Elaborasi memberikan kesempatan untuk berfikir. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban 4. Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai 2. Revisi Tanggal dimulai : FM / WKUR / 029 : 01 : 1 Juli 2009 Kegiatan Inti Langkah-langkah WS : 1. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh 3. menganalisis perbedaan gambar sehat dan sakit yang telah ditampilkan di Layar LCD Proyektor • Guru menjelaskan pengertian kesehatan dan keselamatan kerja Pertemuan ke-2 Eksplorasi • Menanyakan kepada siswa tentang gunanya keselamatan bagi kehidupan • Menanyakan kepada siswa bagaimana cara mereka menjaga kesehatan dan penyebab keselamatan kerja Metode Ceramah.SMK NEGERI 1 PANGKALPINANG FORMULIR No. Tanya Jawab dan Tugas : • Guru mendeskripsikan keselamatan kerja dan dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang keselamatan kerja • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berhubungan dengan keselamatan kerja 70 Menit Siswa menjawab pertanyaan guru Rasa ingin tahu Kreatif Komunikatif • Siswa mendengar dan memperhatikan keterangan yang diberikan guru • Siswa menjawab pertanyaan guru • Siswa mendengar dan memperhatikan keterangan yang diberikan guru • Siswa mendengar dan memperhatikan keterangan yang diberikan guru • Siswa menjawab pertanyaan guru • Siswa mendengar dan memperhatikan keterangan yang diberikan guru 3 .

kebiasaan. Soal : Model Pembelajaran : WORD SQUARE Mendatar : 1. perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut. pujian/ penghargaan terhadap keberhasilan siswa dalam menjawab pertanyaan. Dokumen No. mengartikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagipekerjaannya. PENILAIAN A. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban 3. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak Kegiatan Akhir Konfirmasi Guru memberikan umpan balik • positif dan penguatan dalam bentuk lisan. Menurun : 1. Keselamatan kerja dalam istilah sehari-hari adalah…. …. Revisi Tanggal dimulai : FM / WKUR / 029 : 01 : 1 Juli 2009 Elaborasi Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas sesuai dengan model pembelajaran word square 1. mental dan sosial seseorang yang tidak saja bebas dari penyakit atau gangguan kesehatan melainkan juga menunjukan kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan dan pekerjaannya adalah gambaran dari …. meliputi sikap. suatu kondisi fisik.. Bentuk Penilaian − Lembar Kerja SIswa B. 2. 2. Menurut …. Menurut …. Jenis Penilaian − Penilaian hasil kerja siswa ( menjawab pertanyaan / lisan ) − Penilaian Lembar Kerja Siswa C. menjelaskan bahwa Kesehatan dan Keselamatan Kerja menunjukkan kepada kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan 4 . tingkah laku 3. Guru memberikan memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif • Guru menutup dengan salam pelajaran • Siswa menyimpulkan materi pelajaran 10 Menit Kreatif Gemar membaca Siswa guru menjawab salam IX.SMK NEGERI 1 PANGKALPINANG FORMULIR No. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai dengan materi Keselamatan dan kesehatan kerja 2.

S. Satriyadi Muhayar NIP 19521103 198203 1 004 Rizma Panca Patriani. Pedoman Penskoran : Soal Lisan = 75 – 100 Soal Teori = 100 (skor untuk masing-masing soal adalah 20 point) Pangkalpinang. 2.T NIP 19810123 200604 2 006 5 . 11 Juli 2011 Mengetahui. Revisi Tanggal dimulai : FM / WKUR / 029 : 01 : 1 Juli 2009 D. Kunci Jawaban : 1. Dokumen No. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Drs.SMK NEGERI 1 PANGKALPINANG FORMULIR No. P 3. R I D L E S A F E T Y E R H I A L T 2. J A C K S O N K U E.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->