Syair Abdul Muluk

Berhentilah kisah raja Hindustan Tersebutlah pula suatu perkataan Abdul Hamid Syah Paduka Sultan Duduklah Baginda bersuka-sukaan Abdul Muluk putera Baginda Besarlah sudah bangsa muda Cantik menjelis usulnya syahda Tiga belas tahun umurnya ada Parasnya elok amat sempurna Petak majelis bijak laksana Memberi hati bimbang gulana Kasih kepadanya mulia dan hina

di Indonesia hanya syair Abdul Muluk dan gurindam Duabelas yang pernah diterbitkan secara komersial. Bersama dengan ayahnya dan sebelas kerabat lainya. Pantaslah pemerintah menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional lewat SK Presiden No. sinar gemala mustika alam. Ayahnya adalah orang terpelajar yang juga termasuk pengarang riau lingga yang terkenal dan rajin menuntut ilmu. syair hokum nikah. Ia menjadi tumpuan orang-orang yang hendak bertanya maupun belajar masalah keagamaan ataupun masalah-masalah lainya. diantaranya hukum. Pada tahun 1858 ia juga menulis kitab pengetahuan bahasa yang kemudian menjadi pelopor perkamusan monolingual bahsa melayu. Selain dua judul diatas. Raja Ali Haji adalah tonggak sastra melayu yang memiliki peran penting dalam khasanah sastra indonesia.Raja Ali Haji adalah anak raja ahmad dan cucu raja haji Fisabillilah. syair siti sianah. Itupun setelah ia wafat.089/TK/Tahun 2004. Sejak kecil ayahnya telah mendidiknya dalam mempelajari bahasa arab dan ilmu agama dengan baik bahkan ia pernah menuntut ilmu sampai ke mesir dan mekkah. tsamarat al-muhimmah. Sekembalinya dari menuntut ilmu dinegeri sebrang Raja Ali Haji menjadi seorang ulama yang terkenal dinegerinya. Karyanya tersebut menjadi amat terkenal. Melihat karya-karyanya yang bisa disebut sebagai pelopor atau cikal bakal yang melicinkan jalan terbentuknya bahasa nasional indonesia. Gurindam duabelas juga pernah diterbitkan dinegeri belanda pada tahun 1953. yaitu pada 1828. karyanya yang lain adalah syair Abdul Muluk. tuhfat al nafis. Karya-karya sastranya berisi beragam tema. . Raja Ali Haji tumbuh dalam keluarga yang memiliki tradisi keagamaan dan keilmuan yang kuat. bahasa. Nenek moyang raja ali haji sebetulnya adalah raja bugis yang pertama kali memeluk islam. Karya-karya raja Ali Haji lebih banyak diterbitkan secara bail dan layak di malaysia. Sayang . sastra. Namanya la madusilat. dan (Yang Paling banyak) keagamaan pada tahun 1847 Raja Ali Haji menulis salah satu karyanya yang berjudul Gurindam Duabelas. bangsawan dari kesultanan riau lingga. Raja Ali Haji kemudian juga terkenal akan karya-karya sastranya yang berbentuk prosa maupun puisi. ia termasuk bangsawan riau lingga yang pertama kali mengunjungi tanah suci mekkah. Raja Ali Haji termasuk putra bangsa yang pantas mendapat penghargaan tinggi. Hanya gurindam duabelas yang diketahui oleh masyarakat awam di indonesia hingga saat ini. sisilah melalui didis. Salah seorang anak La madusilat pergi mengembara hingga ketanah riau lingga dan mendapat kedudukan penting dalam kesultanan riau lingga.

P.2011/2012 .TUGAS PELAJARAN BUDAYA MELAYU KARYA SASTRA MELAYU D I S U S U N OLEH BETHESDA LAURA SMA BINTANG LAUT BAGANSIAPIAPI T.