IX.

TRAKTOR TANGAN Walaupun produktivitas kerja traktor tangan lebih rendah daripada traktor roda empat, tetapi masih lebih tinggi dibanding produktivitas tenaga ternak. Petani dapat menikmati kecepatan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pertanian dan kerja lebih ringan. Berdasarkan cara pemanfaatan tenaganya : 1. traktor tangan tipe tarik (pull type), atau sering disebut sebagai “Tiller”. Pemanfaatannya hanya dengan menarik alat atau implemen yang digandengkan pada bagian belakang traktor, misalnya seeder dan cultivator. 2. traktor tangan tipe penggerak (drive type), atau sering disebut sebagai “Power tiller”. Pemanfaatannya memerlukan suatu sistem transmisi, karena implemen yang dipasangkan adalah implemen yang bergerak, misalnya bajak rotari. 3. traktor tangan tipe kombinasi. Pemanfaatannya dengan mengkombinasikan dua jenis traktor di atas, menarik dan memutar.

Sumber Tenaga Motor Bakar Traktor tangan tipe tarik biasanya menggunakan motor bakar bensin berpendingin udara. seperti terlihat pada Gambar komponen-komponen sebagai berikut: 1) motor.Bagian-bagian utama traktor tangan: 1. . Sistem transmisi 3. terdiri dari 3) gear box termasuk kopling utama dan titik gandeng belakang. Sumber tenaga motor bakar 2. 1. 4) kemudi dengan beberapa tuas kontrol. 2) dudukan motor dengan titik gandeng depan. Roda Bagian-bagian traktor dua roda Traktor dua roda. dan 5) roda.

Traktor tangan tipe penggerak dan tipe kombinasi menggunakan motor diesel berpendingin air. Sistem Transmisi Ada tiga bagian utama sistem transmisi traktor tangan: 1) V-belt. 3) Gigi transmisi. untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol motor bakar ke poros utama 2) Kopling. untuk mengubah kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh sumber tenaga dan menyalurkannya ke kedua penggerak. Transmission gear Driving gear Steering clutch Engine Driving gear Tilling device Wheel Main clutch Main shaft . untuk menguhubungkan atau memutuskan aliran tenaga yang disalurkan oleh V-belt. Motor bakar yang digunakan biasanya hanya satu silinder. 2.

.Cage wheels biasa digunakan untuk lahan sawah karena mempunyai daya apung yang tinggi untuk lahan berlumpur. Roda . dsb. float wheels.3.Roda ban digunakan untuk pengoperasian di lahan kering dan untuk transportasi.Jenis-jenis ban yang lain: pipe wheels. . Traktor tangan yang digandeng dengan bajak singkal reversible Traktor tangan yang digandeng dengan garu rotari . cage wheels.

2) 8. 3) 8.59 WIB : 10. 3) 8. 2) 8.71 m.08 m.5 detik Sb rata-rata Penggaruan: Waktu mulai Waktu selesai Jarak tempuh 5 putaran roda (So) 1) 8.19 WIB Waktu tempuh rata-rata traktor dalam 7 m : 46.09 m .78 m dibajak dengan bajak singkal kemudian dilakukan penggaruan dengan garu rotari.53 WIB : 09.74 m dan lebar 4.95 m.Suatu lahan dengan panjang 10.1 cm : 08.12 WIB : 6.75 m Lebar olah rata-rata : 60 cm : 09.39 m Waktu tempuh rata-rata traktor dalam 7 m : 33 detik Sb rata-rata : 9. Data yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pembajakan: Waktu mulai Waktu selesai Jarak tempuh 5 putaran roda (So) 1) 9.64 m Lebar olah rata-rata Kedalaman olah rata-rata : 25 cm : 13.92 m.

Tentukan efisiensi lapang dan slip roda traksi dari kedua kegiatan di atas! .