Pengertian Dan Ruang Lingkup Agronomi Pertanian adalah usaha untuk mencapai hasil yang maksimum dengan mengelola

faktor tanaman dan lingkungan agronomi merupakan bagian dari ilmu pertanian.Agronomi berasal dari kata : Agros= lahan dan Nomos= pengelolaan. Agronomi: ilmu yang mempelajari cara pengelolaan tanaman pertanian di sebidang lahanguna mendapatkan hasil yang lebih tinggi untuk keperluan umat manusia. Agronomi adalah ilmu bercocok tanam Merupakan salah satu ilmu terapan yang berbasis biologi / botani. Mempelajari pengaruh dan manipulasi berbagai komponen biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup) terhadap suatu individu atau sekumpulan individu tanaman untuk dimanfaatkan bagikepentingan manusia.

POKOK BAHASAN Ruang Lingkup Agronomi Mata kuliah Agronomi membahas sistem produksi tanaman dengan p e n e k a n a n p a d a perekayasaan lingkungan tumbuh dan potensi fisiologi ; kaitan antara iklim, tanah, lahan danmasyarakat dengan teknologi produksi dalam rangka intensifikasi dan ektensifikasi pertanian didaerah tropis; pembahasan tentang Revolusi Hijau dan reaksi balik atas kelemahannya dengan penekanan pada konsep. Ruang Lingkup Agronomi meliputi tiga aspek pokok, yaitu : a.Aspek Pemuliaan Tanaman b.Aspek Fisiologi Tanaman c.Aspek Ekologi Tanaman d.Aspek Nutrisi Tanaman

Autekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara satu individu atau satu spesies denganalam lingkunganya. d. ya i t u k e g i a t a n memelihara tanaman untuk memperbanyak dan menjaga kemurnian tanaman. Bagianilmu biologi yang mempelajari fungsi tiap tiap bagian tubuh dalam kehidupanya. makakita dapat melakukan budidaya tanaman dan memperoleh hasil yang optimum dengan tidak merusak lingkungan.Aspek Fisiologi Tanaman Fisiologi Tumbuhan : Ilmu yang membahas proses-proses yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan pada tingkatan molekuler dan seluler Fisiologi Tanaman : Ilmu yang membahas proses . b. pertumbuhan.Aspek Pemuliaan Tanaman P e m u l i a a n t a n a m a n a d a l a h u s a h a . Pemuliaan tanaman kadang juga d i s a m a k a n d e n g a n p e n a n g k a r a n t a n a m a n .Aspek Ekologi Tanaman Ekologi merupakan gabungan dari dua kata dalam Bahasa Yunani yaitu oikos berarti rumah dan Logos b e r a r t i i l m u a t a u p e l a j a r a n E k o l o g i t a n a m a n a d a l a h i l m u ya n g m e m p e l a j a r i h u b u n g a n timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya. . baik individu maupun secara bersama-sama (populasi) dengan tujuan tertentu. pemeliharaan kesehatan.Aspek Nutrisi Tanaman Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistemtubuh.a. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yangselanjutnya diasimilasi oleh tubuh. Dengan mempelajari ekologi tanaman. serta memperbaikim u t u g e n e t i k sehingga diperoleh tanaman yang lebih bermanfaat. Beberapa o r a n g j u g a menyebutkan pemuliaan tanaman sebagai sebagai seni dan ilmu memperbaiki keturunan tanamandemi kemaslahatan manusia.Sinekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara beberapa grupindividu yang berasosiasi bersama-sama sebagai satu unit dengan alam lingkungannya. Nutrisi diperoleh tanaman dari tanah dan udara. Tanaman adalah tumbuhan yang dibudidayakan.proses yang terjadi di dalam tubuh tanaman pada tingkatan individu dan populasi. c. Fisiologi tanaman dapat juga dikatakan sebagai bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari bagian proses metabolisme agar tanaman dapat bertahan hidup.u s a h a ya n g d i l a k u k a n u n t u k m e n g u b a h susunan genetikatanaman.

NO3-) dan sebagian besar O2 dari tanah. Nitrogen.Ruang Lingkup Agronomi meliputi tiga aspek pokok. pemeliharaan kesehatan.Mangan. d. b.Aspek Ekologi Tanaman : ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanamandengan lingkungannya. Magnesium dan Fosfor Mikro : Elemen yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit. yaitu : a. pertumbuhan. Kalsium. dan Molybdenum KESIMPULAN Agronomi: ilmu yang mempelajari cara pengelolaan tanaman pertanian di sebidang lahan gunamendapatkan hasil yang lebih tinggi untuk keperluan umat manusia. Nutrien (Mg. .Aspek Nutrisi Tanaman : organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal darisistem tubuh. Sulfur.yaitu makronutrien dan mikronutrien. c. Tembaga. Makro : Elemen yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. Klor. baik individu maupun secara bersama-sama (populasi) dengan tujuan menghasilkan tanamanyang lebih baik. Yaitu dapat berupa :Potasium. Yaitu dapat berupa : Besi.A s p e k P e m u l i a a n T a n a m a n : u s a h a m a n u s i a u n t u k m e n g u b a h s u s u n a n g e n e t i k a t a n a m a n . Seng.Udara : CO2dan Tanah : H2O.A s p e k F i s i o l o g i T a n a m a n : b a g i a n c a b a n g i l m u b i o l o g i y a n g m e m p e l a j a r i b a g i a n p r o s e s metabolisme agar tanaman dapat bertahan hidup. Nutrisi terbagi dua.

Di unduh pada jam 10.faperta.id/buper/prodi/agronomi/# Pengertian Asal PS Agronomi. 25 rabu. 05 Oktober 2011 http://id.00 hari Selasa.diunduh pada jam 20.ac. 05 Oktober 2011 http://usupress. 30 September 2011 http://data.ugm.ac.Si (Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten) diunduh pada jam 10.com/Entertainment/Sains/Pen gertian_Agronomi_dan_ruang_lingkupnya.com/docs/1047901/agronomi Judul makalah Peranan Agronomi dalam Pembangunan Pertanian.tp.ac. 05 Oktober 2011 www.H Agus Tauchid . 05 Oktober 2011 4 .04 Oktober 2011.ppt Fisiologi Tanaman diunduh pada jam 21.30 hari jumat. 15 rabu. 12 rabu.DAFTAR PUSTAKA http://www.. 30 September 2011 http://dashort09. http://www.wordpress.ugm. 20 rabu.30 hari jumat.org/wiki/Pemuliaan_tanaman Pemuliaan Tanamandiunduh pada jam 21.com/pendahuluan-perkembanganhortikultura/ Hortikultura.faperta.lintasberita.id/files/EKOLOGI%20TANAMAN_Final_Bab%201pdf Ekologi Tanaman di unduh pada jam 21.id/.ac..diunduh pada jam 20.id/dokumen/pengertian+agronomi.usu. 05 Oktober 2011 http://www.Oleh Ir. 25 rabu.docstoc.m./pertemuan%201%20(pendahuluan).wikipedia. diunduh pada jam 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful