LAPORAN INSTALASI ANTENA GRID

DI SUSUN OLEH NAMA NIS KELAS : MUAHAMMAD NOTONEGORO : 13332 : XI

KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PANGKALPINANG Jl. Sumedang, Pangkalpinang – Kep. Bangka Belitung Telp. (0717) 422741 TAHUN AJARAN 2011/2012

Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal. Perangkat yang meletakkan data ke local loop disebut DCE (Data Circuit-terminating Equipment). ISDN. Routing Protocol ada 2 jenis yaitu Interior Routing Protocol dan Exterior Routing Protocol. E1. mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan. printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. Metropolitan Area Network (MAN). Modem dan Communication Server. Ada lima jenis jaringan komputer.Instalasi perangkat jaringan berbasis luas WAN JARINGAN komputer adalah kumpulan komputer. Protokol–protokol pengembangan dari HDLC adalah: . Intranet dan Internet. Wide Area Network (WAN). T1. static routing dan dynamic routing. Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Local Area Network (LAN). WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. DSL. CSU/DSU. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi. Perangkat pelanggan yang melewatkan data ke DCE disebut dengan DTE (Data Terminal Equipment). E3 dan SONET. Frame Relay. Wide Area Network (WAN). WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain. Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem. T3. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Perangkat WAN adalah Router. Ada dua jenis routing yaitu routing langsung dan tidak langsung. Ada 3 jenis konfigurasi routing yaitu minimal routing.

Interface pada router dengan port serial modular dilabeli untuk tipe port. fungsi routing dan mengontrol network interface. Menambahkan flow dan error control. Koneksi yang dibuat langsung ke penyedia layanan. menyediakan mekanisme request dan respond ketika piggybacking tidak digunakan. ROM. Konfigurasi software terminal emulation adalah sebagai berikut: . Koneksi router ke switch menggunakan kabel straight through. sedangkan langsung ke komputer menggunakan kabel cross over. membawa data untuk dikirimkan. router akan menjadi perangkat DTE dan menggunakan kabel DTE.• • • • Link Access Procedure. NVRAM. Central Processing Unit mengeksekusi instruksi pada Operating System. Supervisory frame (S-frames). dimana setiap frame memiliki format yang berbeda yaitu: • Information frame (I-frames). Flash. Interface dan Power Supply. atau ke perangkat yang menyediakan sinyal clocking seperti CSU/DSU. digunakan untuk mengkonfigurasi berbagai protokol network layer Komponen dari router adalah CPU. dimana data mungkin minta dikirimkan ulang (piggyback). RAM.25 Link Access Procedure on the D channel (LAPD) untuk ISDN Link Access Procedure for Modem (LAPM) dan PPP untuk modem Link Access for Frame Relay (LAPF) untuk Frame Relay HDLC mempunyai tiga tipe frame. Fungsi yang lain adalah inisialisasi sistem. slot dan lokasi dari modul. Port yang digunakan untuk koneksi komputer atau terminal console ke router adalah console dan aux. Unnumbered frames (U-frames). Bus. digunakan untuk membangun jalur point-to-point Network Control Protocol (NCP). Balanced (LAPB) untuk X. menyediakan tambahan fungsi pengontrolan jalur seperti setup koneksi dll • • PPP terdiri dari dua sub-protocol yaitu: • • Link Control Protocol (LCP).

User mode tidak memperbolehkan perintah apapun yang dapat mengganti konfigurasi router. Struktur ini membutuhkan user untuk memasuki suatu mode tertentu untuk menjalankan suatu perintah. lakukan langkah–langkah sebagai berikut: • • Koneksikan kabel telepon ke port ADSL pada router Koneksikan ujung yang lain pada jack telepon CLI (Command-Line interface) adalah suatu interface dari user ke router menggunakan perintah berbasis teks. Router digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda. untuk melihat apakah instalasi (mulai dari memasang kabel sampai dengan konfigurasi sistem secara software) telah dilakukan dengan benar. IOS menyediakan sebuah command intepreter yang disebut command executive (EXEC). 9600 baud 8 data bits No Parity 1 stop bit No flow control Manajemen port yang disediakan adalah console dan aux. dan bisa beroperasi dengan baik ataukah belum. Untuk menghubungkan jalur ADSL ke port pada router. Privileged EXEC mode mampu mengakses seluruh perintah router.• • • • • • Port serial (com) yang sesuai. Setelah proses instalasi dan konfigurasi jaringan selesai. Jika belum berati masih ada kesalahan dan haruslah diperbaiki User EXEC mode memperbolehkan hanya beberapa perintah monitoring terbatas. Router(config)#hostname <namahost> . Mode ini dapat dikonfigurasi untuk membutuhkan password ketika user akan mencoba mengaksesnya. User mode dapat diidentifikasi dengan prompt “>”. CLI menggunakan struktur berhirarki. jaringan haruslah di test. Sering disebut mode “view only”. User EXEC mode memperbolehkan hanya beberapa perintah monitoring terbatas.

Ketiga adalah Phase Modulation (PM). Sudut diantara sinar datang dan garis tegak lurus dengan permukaan sebuah material disebut sudut datang. menyesuaikan dengan kondisi • • . Energi cahaya yang tidak memantul akan masuk ke material tersebut. dimana fase sinyal pembawa berubah–ubah sesuai dengan perubahan sinyal data. Sudut diantara garis normal dengan sinar pantul disebut sudut pantul. Ada tiga cara dasar modulasi yaitu yang pertama adalah Amplitude Modulation (AM). kemampuan jaringan untuk berkembang mengikuti kebutuhan pengguna. Ketika sinar cahaya melalui batas sebuah material dengan material lainnya.000 kilometer per detik dalam suatu garis lurus pada vacuum.Router(config)#line vty 0 4 Router(config-line)#password <password> Router(config-line)#login Show interface digunakan untuk menampilkan seluruh statistik untuk seluruh interface pada router. Cahaya yang masuk akan dibelokkan dari jalur yang seharusnya. PDA. Scalability. dimana kerapatan (frekuensi) sinyal pembawa berubah–ubah sesuai dengan amplitudo sinyal data. Berapa banyak sudut yang terbentuk diantara sinar datang dan sinar bias tergantung pada sudut diantara sinar datang dan permukaan material serta perbedaan kecepatan cahaya ketika cahaya melalui kedua material tersebut. Cahaya akan memiliki kecepatan yang lebih rendah apabila melalui material lainnya seperti udara. kemampuan jaringan untuk lingkungan dimana jaringan akan dipasang. Spektrum elektomagnetik adalah susunan gelombang elektromagnetik yang disusun dari panjang gelombang tertinggi sampai dengan terendah. kemampuan perangkat untuk lebih mudah berpindah seperti laptop. Keuntungan menggunakan WaveLAN adalah sebagai berikut: • Mobility. Untuk melihat interface yang khusus . Cahaya akan menembus dengan kecepatan 300. Cahaya ini disebut sinar bias (refracted ray). Smart Device dll). beberapa energi cahaya tersebut akan dipantulkan kembali. Garis tegak lurus tersebut disebut garis normal. Kedua adalah Frequency Modulation (FM). dimana tinggi (amplitudo) sinyal pembawa berubah–ubah sesuai dengan sinyal data. Flexibility. air dan gelas. Hukum pemantulan cahaya menyebutkan bahwa sudut datang sama dengan sudut pantul.

Instalasi yang lebih mudah dan cepat. AP dikonfigurasi dengan kunci enkripsi dan host yang mencoba mengakses jaringan melalui AP harus mempunyai kunci yang cocok. Menggunakan proses ini lebih bagus dibandingkan open system walaupun bukan berarti tahan ”hack”.11 yaitu: • Open system Proses ini adalah standar koneksi yang terbuka dimana hanya SSID yang harus sama. Mampu bertahan dalam lingkungan kerja yang keras • • Perangkat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan WaveLAN adalah: • • • Wireless NIC Access Point Antena Ada dua tipe proses autentikasi berdasarkan standar 802. kemampuan jaringan untuk mengefisienkan biaya untuk jangka waktu pendek dan panjang. • Shared key Proses ini membutuhkan penggunaan enkripsi WEP (Wireless Equivalency Protocol).• Short and long term cost saving. WEP adalah algoritma sederhana menggunakan kunci 64 dan 128 bit. Problem keamanan pada WaveLAN diatasi dengan beberapa solusi teknologi keamanan yang baru Bagian–bagian dari kabel serat optik adalah: • • • • • Core Cladding Buffer Material yang kuat (Kevlar) Outer Jacket Single mode memiliki spesifikasi sebagai berikut: • • • Ukuran core yang lebih kecil yaitu 5–8 micron Dispersi yang lebih kecil Cocok untuk penggunaan jarak jauh .

antena dengan model parabolic atau semi parabolic. Software Client Utility Status digunakan untuk melihat kekuatan sinyal dan kualitas sinyal. tentu Antena Grid Semi Parabolic ini berfungsi sebagai penguat pengiriman maupun penangkapan signal dari WirelessRouter di sisi client. Software Link Test digunakan untuk mengukur level noise yang didapat pada sebuah jaringan WaveLAN. PEMASANGAN ANTENNA GRID DAN INSTALASI WIRELESS 1. Perangkat inilah yang penulis gunakan . OTDR dan Loss Power Meter digunakan untuk menguji serat optik.• Menggunakan laser sebagai sumber cahaya Spectrum Analyzer digunakan untuk mengetahui spektrum frekuensi yang telah digunakan oleh jaringan WaveLAN lainnya. Wireless Router Linksys WRT54GLDD-WRT Wireless Router produk Linksys WRT54GL dengan firmware DD-WRT adalah perangkat utamadalam proses instalasi infrastruktur jaringan nirkabel. 2.Antena GridDirectional TP-LinkTL-ANT2424B Seperti lazimnya antena .

Box Wireless Router Box Wireless Router ini bufungsi sebagai pelindung (rumah) dari Wireless Router agar aman darihujan ataupun panas. cable tester. tie rap. kunci ring. cows tail. webbing. 6. Radio komunikasi (HT) 7. unibell . timah. Kabel Pigtail memiliki ukuran panjang ± 30 cm dengan connector tipe N Femaledi salah satu ujungnya dan connector RP-TNC di ujung lain. TBA. 3. Karna perangkat WirelessRouter tersebut terbuat dari rangkaian komponenelektronik yang sangat sensitif atau mudah rusak jika terkena air ataupun panas yang berlebihan. tang potong kabel 9. altimeter. klinometer 5. 7. Untuk nantinya bisa mengakses internet. jepit). tang (potong. pigtail dan PCI / ISA adapter 8. Kunci pas.Kabel Pigtail Kabel Pigtail adalah salah satu perangkat pembantu yang berfungsi sebagai penghubung Antena denganWirelessRouter. Peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangan antenna grid : 1. alat tulis 4. yang fungsinya untuk melakukan pointing antenadari sisi client. 5. Kaca pantul dan teropong 6. Kompas dan peta topografi 2. Peralatan panjat. pulley 10. penghapus. harness. Proses pemasangan pipa ini biasanya dengan cara di clam atau di bor. SWR.Pipa Besi Biasanya untuk instalasi infrastruktur jaringan nirkabel di sisi client digunakan sebuah Pipadengan panjang 3  6 meter yang disebut mounting. 4. kunci inggris.sebagaiinterkoneksi antara PCclient dengan Access Point kampus. buaya. Penggaris dan busur derajat 3.Kabel AC Kabel AC ini berfungsi sebagai pemasok listrik ke WirelessRouter.masing ujung kabel tersebut. carabiner. Multimeter. Orinoco PC Card. obeng set. isolator gel. Kabel UTP Kabel ini adalah jenis kabel khusus yang digunakan untuk menghubungkan Wireless Routerdengan PC client. Kabel tipe ini adalah jeniskabel yang sering di gunakan untuk inastalasi -instalasi listrik di rumah. dengan 2 buah connector RJ45 di masing . Pensil. GPS. solder.

terlebih dahulu kita harus mengerti apa itu antena Grid. panjang kabel dan alternatif seandainya ada kesulitan dalam instalasi 6. over shoot dan test noise serta interferensi 5. langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Survey Lokasi. Setiap antenna diuji secara ketat mempergunakan network analysis instrument sebelum dikirimkan. Tentukan koordinat letak kedudukan station. firmware dan operating system (NT. FreeBSD + utilitynya. Hitung SOM. kemungkinan potensi hidden station. freznel zone. Tentukan posisi ideal tower. Software AP Manager.Sebelum melakukan proses perakitan. Rencanakan sejumlah alternatif metode instalasi. Gambar 1. elevasi. Antena ini cocok dipergunakan untuk mengatasi kendala komunikasi dan mengirimkan transmisi secara efektif. driver dan AP Utility Planet. Kabel power roll. di atas bukit. Survey dilakukan dengan langkah-langkah sbb : 1. pemindahan posisi dan alat. sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu komponenkomponen apa saja yang akan dirakit. Antena Grid adalah antena radio parabolic atau semi parabolic dengan polarisasi vertikal atau horizontal. Perhatikan posisi terhadap station lain. dan dilapis oleh bahan tahan karat. crimping tools. di atas tower. Terbuat dari Stainless Steel kualitas industri. Alat ini biasanya digunakan sebagai .1 tersebut diatas ialah Pigtail. Yaitu salah satu alat yang digunakan untuk mengkoneksikan jaringan secara wireless. Linux. Perhatikan dan tandai titik potensial penghalang (obstructure) sepanjang path 3. Komponen-komponen Antena Grid Sebelum melakukan perakitan antenna Grid. W2K. Antenna ini sangat baik dipergunakan pada berbagai macam lingkungan. seperti di atas gedung. kabel UTP straight dan cross. Orinoco Client. path dan acessories loss. W98 / ME. ketinggian antena 4. jarak udara terhadap BTS dengan GPS dan kompas pada peta 2. 2. EIRP.11. LANGKAH KERJA 1. SURVEY LOKASI Sebelum melakukan perakitan antena Grid dan instalasi Wireless di SMA 1 Parakan. konektor RJ-45 12.

2 tersebut diatas ialah AC Adaptor dan sebuah POE. Gambar 1.1 Gambar 1. Gambar 1. Yang bermanfaat mengurangi kerugian power (losses) akibat penggunaan kabel dan konektor.2 .penghubung antara Radio dan antenna Grid yang digunakan.

Seperti lazimnya antena .3 tersebut diatas adalah sebuah Radio Wireless LAN yang berfungsi mengolah sinyal yang ditangkap dan yang akan dipancarkan kembali. Gambar 1. tentu Antena Grid Semi Parabolic ini berfungsi sebagai penguat pengiriman maupun penangkapan signal dari Wireless Router di sisi client.4 adalah gambar antenna grid.4 .antena dengan model parabolic atau semi parabolic.Gambar 1.3 Gambar 1. Gambar 1.

Instal PC Card dan Orinoco dengan benar sampai dikenali oleh OS tanpa konflik dan pastikan semua driver serta utility dapat bekerja sempurna 2.Perhatikan bahwa permasalahan paling krusial dalam pembuatan POE adalah bagaimana cara mencegah terjadinya short. Perhatikan stabilitas dudukan pipa dan kawat strenght.POE menggunakan 2 pair kabel UTP yang tidak terpakai.Setelah kita mengetahui komponen-komponennya. POE bermanfaat mengurangi kerugian power (losses) akibat penggunaan kabel dan konektor 2. jangan ada posisi menekuk yang potensial menjadi akumulasi air hujan. bentuk sedemikian rupa sehingga air hujan bebas jatuh ke bawah Instalasi Perangkat Radio 1.Power Over Ethernet diperlukan untuk melakukan injeksi catu daya ke perangkat Wireless In A Box yang dipasang di atas tower. hapus dirver ini dari Device Manager . digunakan kabel pair (sepasang) untuk menghindari penurunan daya karena kabel loss 3. karena kabel dan konektor power penampangnya kecil dan mudah bergeser atau tertarik. tidak diperlukan driver PCMCIA meskipun PNP W2K melakukannya justru deteksi ini menimbulkan konflik. arahkan dengan menggunakan kompas dan GPS sesuai tempat kedudukan BTS di peta 5. 1 pair untuk injeksi + (positif) power dan 1 pair untuk injeksi – (negatif) power. pasang dudukan kaki untuk memanjat dan anker cows tail 3. tetesi dengan lilin atau isolator gel agar setiap titik sambungan terlindung dari short 4. Sebelum digunakan uji terlebih dahulu semua sambungan dengan multimeter. Instalasi Anten 1. Pasang pipa dengan metode stack minimum sampai ketinggian 1st freznel zone terlewati terhadap obstructure terdekat 2. langkah selanjutnya ialah : Pembuatan POE 1. Pasang antena dengan rapi dan benar. Perhatikan dalam memasang kabel di tower / pipa. jangan sampai berat kabel menjadi beban sambungan konektor dan mengganggu gerak pointing serta kedudukan antenna 6. Instalasi pada OS W2K memerlukan driver terbaru dari web site dan ada di CD utility kopian. Pasang kabel dan rapikan sementara. Cek semua sambungan kabel dan konektor termasuk penangkal petir bila ada 4.

Tanpa antena perhatikan apakah ada signal strenght yang tertangkap dari station lain disekitarnya. SAA2. bila ada dan mencapai good (sekitar 40 % – 60 %) atau bahkan lebih. terlebih dahulu lakukan update firmware dan utility 7. pastikan semua fungsi berjalan baik dan stabil 8. Kemudian uji coba semua fungsi yang ada (AP. LPT dll. Planet.) yang tidak diperlukan 4. untuk sementara demi efisiensi lakukan instalasi dibawah OS Win98 / ME yang lebih mudah dan sedikit masalah 6. IRQ dan DMA. install semua utility yang diperlukan dan mulai lakukan pengujian noise / interferensi. 40 % – 60 % good. Micronet dlll. SAA Ad Hoc dll. mpeg dll. Inter Building. SAI Client. pada BIOS lebih baik matikan semua device (COM. Bila semua telah berjalan normal. lebih dari waktu ini segera jalankan prosedur selanjutnya 5. tinggal apakah signal strenght yang diterima bisa melebihi noise 4.) termasuk bridging dan IP Addressing dengan menggunakan antena helical. 60 % – 100 % excellent. maka dipastikan station tersebut beroperasi melebihi EIRP dan potensial menimbulkan gangguan bagi station yang sedang kita bangun. Perhitungan standar signal strenght adalah 0 % – 40 % poor. bila mencapai lebih dari tingkat sensitifitas radio (biasanya adalah sekitar – 83 dbm. pergunakan setting default 2. pertimbangkan untuk berunding dengan operator BTS / station eksisting tersebut 3.3. apabila signal strenght yang diterima adalah 60 % akan tetapi . baca spesifikasi radio). Pastikan bahwa perangkat Power Over Ethernet (POE) berjalan sempurna Pengujian Noise 1. Apabila terus menerus terjadi kesulitan instalasi. misalnya – 100 dbm maka di titik station tersebut interferensinya cukup tinggi.) dan peripheral (sound card.). Instalasi pada NT memerlukan kecermatan alokasi alamat IO. Perhatikan berapa tingkat noise. Semua prosedur ini bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit tidak termasuk instalasi OS. Pada instalasi perangkat radio jenis Wireless In A Box (Mtech.

noisenya mencapai 20 % maka kondisinya adalah poor connection (60 % – 20 % – 40 % poor). Koneksi poor biasanya akan menghasilkan PER (packet error rate – bisa dilihat dari persentasi jumlah RTO dalam continous ping) diatas 3 % – 7 % (dilihat dari utility Planet maupun Wave Rider). berbeda dengan jenis patch panel. misalkan dengan memindahkan station ke tempat lain. Perhitungan yang sama bisa dipergunakan untuk memperhatikan station lawan atau BTS kita. memutar arah pointing ke BTS terdekat lainnya atau dengan metode 3 titik Perakitan Antena Grid 1. Pertimbangkan alternatif skenario lain bila sejumlah permasalahan di atas tidak bisa diatasi. Perhatikan bahwa antena microwave sangat peka terhadap perubahan fokus. PER harus imbang untuk mendapatkan stabilitas koneksi yang diharapkan 7. Secara umum antena dipasang dengan polarisasi horizontal . maka pada saat perakitan antena perhatikan sebaik-baiknya fokus reflektor terhadap horn (driven antena). sedikit perubahan fokus akan berakibat luas seperti misalnya perubahan gain (db) antena 5. Kencangkan semua mur dan baut termasuk konektor dan terutama reflektor 4. panel sector maupun omni directional 2. pada prinsipnya signal strenght. maka sedapat mungkin signal strenght harus mencapai 80 %. 5. Beberapa tipe antena grid parabolic memiliki batang extender yang bisa merubah letak fokus reflektor terhadap horn sehingga bisa diset gain yang diperlukan Pointing Antena 1. good berkisar antara 1 % – 3 % dan excellent dibawah 1 %. tingkat noise. PER antara BTS dan station client harus seimbang 6. Rakit antena sesuai petunjuk (manual) dan gambar konstruksi yang disertakan 3. Antena microwave jenis grid parabolic dan loop serta yagi perlu dirakit karena terdiri dari sejumlah komponen.

Karena kebanyakan perangkat radio Wireless In A Box tidak memiliki utility grafis untuk merepresentasikan signal strenght. noise dan stabilitas 5. arah ini kita anggap titik tengah arah (center beam) 3. untuk pointing gunakan perangkat radio standar 802. Beri tanda pada setiap perubahan arah dan tentukan skornya. hitung berdasarkan perhitungan kelengkungan bumi dan bandingkan dengan kontur pada peta topografi 7. noise dsb (kecuali statistik dan PER) maka agar lebih praktis. biasanya memiliki beam width 12 derajat maka. syaratnya kedua titik mempergunakan antena yang sama (grid parabolic) dan di kedua titik polarisasi antena harus sama (artinya di sisi lawan polarisasi antena juga harus dibalik menjadi vertical). Ketika arah dan elevasi terbaik yang diperkirakan telah tercapai maka apabila diperlukan dapat dilakukan pembalikan polarisasi antena dari horizontal ke vertical untuk mempersempit beam width dan meningkatkan fokus transmisi. Selanjutnya bila diperlukan lakukan penyesuaian elevasi antena dengan klino meter sesuai sudut antena pada station lawan. Arahkan antena sesuai arah yang ditunjukkan kompas dan GPS. Geser antena dengan arah yang tetap ke kanan maupun ke kiri center beam. parameter utama yang harus diperhatikan adalah signal strenght.11b yang memiliki utility grafis seperti Orinoco atau gunakan Wave Rider 6. maksimum pergeseran ke arah kiri maupun kanan center beam adalah 6 derajat 4.2. penentuan arah terbaik dilakukan dengan cara mencari nilai average yang terbaik. misalkan antena 24 db. Pengujian Koneksi Radio . satu per satu pada setiap tahap dengan perhitungan tidak melebihi ½ spesifikasi beam width antena untuk setiap sisi (kiri atau kanan).

mirip dengan pengujian noise. maksimum troughput pada koneksi radio 1 mbps adalah sekitar 600 kbps dan per TCP connection dengan MTU maksimum 1500 bisa dicapai 40 kbps . Bila telah stabil dan signal strenght minimum good (setelah diperhitungkan noise) maka lakukan uji troughput dengan melakukan koneksi FTP (dengan software FTP client) ke FTP server terdekat (idealnya di titik server BTS tujuan). pastikan setting telah sesuai dan cobalah terlebih dahulu mekanismenya sebelum dipasang 4. hanya saja pada saat ini antena dan kabel (termasuk POE) sudah dihubungkan ke perangkat radio 2. pada kondisi ideal average troughput akan seimbang baik saat download maupun up load. agar utility yang dipasang di router dapat mengenali radio 6. apabila dipergunakan otentikasi MAC Address maka di AP harus didefinisikan terlebih dahulu MAC Address station tersebut 3. Tabel routing didefinisikan pada (PC) router dimana perangkat radio terpasang. Bila menggunakan otentikasi Radius. Lakukan continuos ping untuk menguji stabilitas koneksi dan mengetahui PER 7. Lakukan pengujian signal. maka pada device yang menghadap ke perangkat radio masukkan pula 1 IP Address yang satu subnet dengan IP Address yang telah didefinisikan pada perangkat radio. demikian juga enkripsinya. untuk Wireless In A Box yang perangkatnya terpisah dari (PC) router.1. sehingga IP Address yang didefinisikan berfungsi sebagai interface utility berdasarkan protokol SNMP saja. Sesuaikan channel dan nama SSID (Network Name) dengan identitas BTS / AP tujuan. Perhatikan bahwa kebanyakan perangkat radio adalah berfungsi sebagai bridge dan bekerja berdasarkan pengenalan MAC Address. sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam tabel routing 5.

Topology Pemasangan Antena Grid . digunakan skala yang lebih kecil.8. 12 concurrent connection dengan trouhput per session 5 kbps. apa total troughput bisa mencapai 60 kbps (average) ? bila tercapai maka stabilitas koneksi sudah dapat dijamin berada pada level maksimum 10. maka dapat diaktifkan sekitar 120 session simultan (concurrent). Atau dengan cara yang lebih sederhana. perhatikan apakah RRT ping meningkat. angka mendekati sekitar 100 ms masih dianggap wajar. Selanjutnya gunakan software mass download manager yang mendukung TCP connection secara simultan (concurrent). asumsinya 5 x 120 = 600 9. Pada setiap tingkat pembebanan yang dilakukan bertahap. lakukan koneksi ke FTP server terdekat dengan harapan maksimum troughput 5 kbps per TCP connection.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful