P. 1
Peranan Sistem Informasi Berbasis Komputer

Peranan Sistem Informasi Berbasis Komputer

|Views: 80|Likes:
Published by Drs Sakur

More info:

Published by: Drs Sakur on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

DAFTAR ISI

BAB I ………………………………………………………………………………… PENDAHULUAN …………………………………………………………………….. A. Latar Belakang ………………………………………………………………... B. Rumusan Masalah …………………………………………………………….

2 2 2

4

BAB II ………………………………………………………………………………... 5 PEMBAHASAN …………………………………………………………………………. 5 A. Teknologi Informasi Bagi Organisasi ………………………………………… 5 B. Peran SIM Bebasis Komputer dalam Pengambilan Keputusan ……………. 11 BAB III ……………………………………………………………………………….. 19 PENUTUP ……………………………………………………………………………… 19 A. Kesimpulan …………………………………………………………………….. 19 B. Saran ……………………………………………………………………………. 19 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………….. 21

1

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sistem1 informasi2 manajemen3 (SIM) telah digunakan jauh sebelum adanya teknologi komputer oleh para pimpinan instansi, organisasi atau perusahaan, termasuk manajer juga pimpinan-pimpinan instansi pendidikan4 dalam upaya pengambilan keputusan. Namun demikian, proses pengambilan keputusan yang dilakukan saat itu masih sangat sederhana. Segala sesuatunya masih berjalan secara manual, masih lamban, karena semua data masih tersimpan dalam lembaran-lembaran arsip yang bermacam ragam. Manakala sang pimpinan membutuhkan berbagai informasi yang berhubungan dengan sesuatu yang harus diputuskan atau diambil kebijakan, maka tidak ada cara lain kecuali membongkar semua arsip yang dibutuhkan. Kalaupun arsip tersebut ditemukan, kadangkala tulisannya sudah kabur, kertasnya sudah kusam, atau bahkan mungkin sudah rusak karena dimakan rayap atau kutu buku dan sejenisnya. Pendek kata, proses pencarian arsip dan dokumen yang dibutuhkan sebagai dasar dari pengambilan keputusan bagi sang pimpinan sangatlah lamban dan membutuhkan waktu yang lama. Apabila berbicara tentang Sistem Informasi Manajemen, maka yang diingat adalah komputer dengan sebuah sistem yang saling tersambung dengan berbagai jaringan dalam komputer tersebut. Persepsi seperti ini tentu saja tidaklah semuanya benar, karena teknologi komputer hanyalah sebuah wadah atau fasilitas, yang kehadirannya mempermudah proses dalam Sistem Informasi Manajemen, sedangkan prinsip kerja dan basis dari SIM itu sendiri adalah ilmu manajemen, karena memang SIM itu lahir dari manajemen. Artinya, tanpa adanya manajemen maka SIM itu sendiri sesungguhnya tidak ada. Adapun komputer, kehadirannya seperti proses reaksi kimia bagi katalisator, katalisator dapat mempercepat proses reaksi kimiawi, tetapi dia sendiri bukanlah zat kimianya. Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan. Dalam proses perencanaan, pihak manajemen berusaha memikirkan apa saja yang akan dikerjakannya, berupa ukuran atau jumlahnya, siapa yang akan melaksanakan dan mengendalikannya agar tujuan
2

Jadi. Sistem Informasi Manajemen yang akurat dan efektif. merumuskan kegiatan atau mengambil kebijakan. dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah komputer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer 3 . atau dapat juga usaha khusus seperti pengumpulan data baik internal maupun eksternal. Alat untuk menyediakan informasi tersebut dapat berupa sebuah SIM. tidak mungkin sistem informasi manajemen yang sangat kompleks dapat berjalan dengan baik jika tanpa komputasi41. dan informasi yang relevan dengan proses perencanaan harus disediakan. penerapan sebuah Sistem Informasi Manajemen memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya (pada era sekarang). Sistem Informasi ini berbasis ilmu pengetahuan (knowledge-based)24 yang canggih dan juga ketrampilan(skill-based) yang tinggi. diperlukan informasi. yang nantinya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Secara teori. Dalam kerangka itu semua. Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah pemrosesan23 informasi manajemen. informasi adalah bahan dasar bagi pimpinan organisasi atau manajer dalam membuat rencana.organisasi/perusahaan dapat tercapai. apalgi dalam dunia pendidikan.

Rumusan Masalah 1. komunikasi. Bagaimana model dasar sistem tradisional. manusia merupakan komponen utama dalam mengolah data menjadi informasi. 3. Pada awalnya dalam konsep sistem informasi tradisional.B. 4 . Sistem komputer merupakan kombinasi dari komponen-komponen perangkat keras (hardware)11. 5.an 4. Ketersediaan sistem. Penguasaan sistem informasi manajemen dan keterkaitanya dalam dunia pendidikan. dimana manusia sebagai pengolah informasi. Bagaimana manejemen informasi dan pemanfaatan sumberdaya yang terkait dalam dunia pendidikan. 2. sumber daya (manusia dan informasi) dan prosedur-prosedur pemrosesan. perangkat lunak (software)10. sarana dan prasarana penunjang sistim informasi menejemen pendidikan.

proses perdagangan. menyimpan datadata6. Teknologi Informasi Bagi Organisasi Kehadiran komputer dalam sistem informasi manajemen telah memberikan banyak kemudahan bagi pimpinan dalam melakukan kegiatannya. komputer dan perangkat keras (hardware11) lain hanyalah merupakan sebuah sumber daya fisik yang tidak dapat berfungsi tanpa ada manusia yang memberikan instruksi. software (perangkat lunak) dapat dibagi menjadi dua jenis besar. dan lain-lain hingga mengambil sebuah keputusan strategis25 juga solusi28 sebuah permasalahan bagi perusahaan atau instansi yang yang dipimpinya. Jika dahulu bentuk pemrosesan23 hanya terbatas pada hal-hal semacam kalkulasi kuantitatif belaka. Secara prinsip. mendokumentasikan file-file. dalam perkembangannya sekarang ini sebuah komputer sudah dapat berfungsi sebagai alat bantu berbagai macam tugas dan aktivitas (multitasking29) kehidupan manusia. dan Software yang berisi perintah-perintah untuk menjalankan suatu prosedur tertentu yang merepresentasikan proses.Begitu juga dengan tampilan serta ukuran komputer megalami perkembangan. Dimulai dari ukuran dua 5 . komputer kerap didefinisikan sebagai ”alat pengolah data”. Dalam perkembangannya. Hingga saat ini pun pengertian tersebut masih cukup relevan untuk dipergunakan secara umum.BAB II PEMBAHASAN A. pengguna atau seseorang mengharapkan agar komputer dapat menghasilkan output tertentu dari berbagai input yang diberikan. Dengan menggunakan prinsip IPO (Input20-ProsesOutput21). seperti: proses belajar. dan/atau fungsi bisnis tertentu – disebut sebagai Application Software. seperti memberikan informasi kepada pihak lain. Dalam hal ini. Dari hal-hal yang kecil. yaitu: Software yang berisi perintahperintah atau seperangkat instruksi untuk mengoperasikan berbagai komponen hardware – disebut sebagai System Software. manusia membuat sebuah teknologi bernama perangkat lunak (software10) yang pada dasarnya berisi suatu urutan instruksi untuk ”menggerakkan” berbagai komponen perangkat keras secara operasional. proses pendidikan dan lain sebagainya. proses komunikasi19. Semenjak diperkenalkannya setengah abad yang lalu. aktivitas.

Hingga yang lebih ramping dan lebih kecil tapi berkemampuan lebih besar serta tidak lepas dari sistim applikasi46 yang berprisip user friendly47 dalam kata lain mudah digunakan. keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus. mouse. c. d. Sekarang ini. plotter. riset penelitian. Sebuah komputer standar dapat bekerja secara normal jika memiliki lima buah komponen sebagai berikut: a. scanner. CPU atau Central Processing Unit yaitu merupakan pusat pengolahan dan kalkulasi data karena di sinilah terletak chip mikroprosesor yang merupakan otak dan pusat syaraf komputer yang terstruktur56 sedemikian rupa hingga bisa bekerja dengan optimal. joystick. Output-devices44 tersebut diantaranya adalah layar monitor yang menampilkan fitur-fitur5 desktop14. dan lain sebagainya. Contoh dari alat input adalah papan ketik (keyboard). Untuk mengerti cara kerja komputer. Alat output21 atau output-devices44 yang berfungsi untuk mempresentasikan hasil permrosesan data atau hal-hal yang diinginkan. Hal ini memerlukan proses yang panjang dari mendesain hingga membuat prototype7. perlu dipahami terlebih dahulu arsitektur15 dari perangkat keras ini. Input20 yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer dalam berbagai bentuk. Memori utama (primary memory) adalah sebuah modul di dalam komputer tempat program dan instruksi aturan-aturan pengoperasian komputer (sistem operasi) disimpan 6 . b.ruangan kelas belajar yang disebut mainframe12 yaitu komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. komputer menerima instruksi dari manusia sebagai brainware16 untuk melakukan sejumlah pemrosesan data yang hasilnya akan dipresentasikan kepada yang bersangkutan. Kemudian printer. Dalam memenuhi fungsinya. dan lain sebagainya. laptop cukup kecil untuk dibawa kemanamana dan bahkan model komputer kapsul lebih kecil tapi berkemampuan lebih besar. yang sering kita lihat adalah PC13 (Private Computer) hanya membutuhkan tempat kurang dari 1m di kantor atau ruang kerja. Desktop adalah apa yang anda saksikan setelah anda login ke komputer anda dan apa yang anda gunakan untuk mengelola dan menjalankan aplikasi tersedia dalam computer. Prototype yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mensimulasikan beberapa atau tidak semua fitur dari sistem yang akan dibuat.

dengan menggunakan perintah-perintah tertentu melalui alat input. Misalnya perlu dilakukan rekayasa ulang58 dan pemodelan data55. jaz disk. maka pengguna dapat menggunakan media penyimpanan eksternal sesuai dengan tujuan dasar-dasar kebutuhan program. yaitu ROM (Read Only Memory) yang penyimpanannya bersifat permanen dan RAM (Random Access Memory) yang penyimpanannya bersifat sementara. dan e. Pada umumnya banyak proses bisnis yang sangat rumit dan hanya beberapa orang dalam organisasi yang benar-benar memahami dan dapat menjalankan proses tersebut. Termasuk di dalam contoh media penyimpan internal adalah harddisk dan media penyimpan eksternal adalah diskette. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil. yang pertama kali perlu dilakukannya adalah menginstalasi program terkait yang terdapat di dalam media penyimpan ke dalam harddisk komputer. reduksi waktu siklus. dan lain sebagainya. USB flash drive54 adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan. user dapat menjalankan dan berinteraksi dengan komputer.flash disk. Jika seseorang ingin menjalankan aplikasi tertentu. Ada dua jenis memori utama di dalam komputer. Untuk itulah rekayasa ulang menjadi penting agar 7 . ringan. Rekayasa ulang dapat membuat perbaikan proses bisnis secara dramatik terkadang terjadi pengurangan pembiayaan. Media penyimpan atau memori sekunder (secondary memory) yang sifatnya semi permanen maupun permanen untuk meletakkan data dan/atau program yang dibutuhkan oleh pengguna. Data yang tersimpan dapat dengan mudah dipanggil kembali bila disaatnya diperlukan. zip disk. Jika terdapat data yang harus disimpan. Korporasi melakukan rekayasa ulang proses bisnisnya ketika menginginkan perubahan yang dramatis dalam cara menjalankan bisnisnya atau ketika cara yang dijalankan saat ini tidak sesuai dengan harapan. compact disc (CD-ROM). Setelah program tersebut diinstalasi. Untuk setiap perintah atau instruksi yang diberikan.sementara (sebagian bersifat permanen). serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. CPU bekerja sama dengan memori akan mengatur pemrosesan23 data tersebut sehingga hasilnya dapat dilihat oleh yang bersangkutan melalui alat output. dan peningkatan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Biasanya spyware masuk atau menginfeksi komputer karena mendownload kontent dari internet atau menginstall program tertentu dari situs yang tidak jelas. SDM dipandang sangat berharga. Hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan data security57 atau menginstal antivirus dan antispyware. Hal bisa terjadi karena data dirancang dan disusun agar dapat digunakan dengan cepat dan mudah sesuai dengan tuntutan situasi. dalam perusahaan atau instansi yang menerapkan office automation43. Menurut pakar computer Henry Mintzberg27. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen). Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. membuat pengguna komputer merasa terganggu. rekayasa ulang akan menjadikan korporasi lebih fleksibel untuk merespon kejadian yang tidak diinginkan dalam lingkungan bisnis yang berubah cepat melalui edukasi staf. Sebagai tambahan. Karenanya disebut sebagai human capital50.terjadi penyederhanaan proses yang akan berimplikasi pada penghematan waktu dan biaya. 8 . Pemodelan data yaitu perancangan dan penyusunan kembali data yang ada da diperlengakap kondisi tambahan. maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Hal ini juga menjadikan mengapa rekayasa ulang ini dapat meingkatkan kualitas kerja karena setiap staf mampu menyelesaikan segala sesuatu dengan cara yang lebih baik. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Biasanya virus dan spyware sengaja digunakan oleh hacker53 untuk membajak data-data yang diinginkan. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. SDM dapat dibagi menjadi dua kelompok besar menejemen level26 atau tingkatan menejemen.Pemodelan data berpengaruh positip terhadap pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Data yang telah diproses dan disimpan harus dijaga keamanannya agar tidak rusak atau hilang saat data tersebut dibutuhkan karena terserang virus8 atau spyware9.

Seluruh SDM ini dalam kesehariannya terlibat langsung dalam penggunaan teknologi informasi sebagai sarana penunjang dan pendukung aktivitas pekerjaan mereka sehari-hari. project manager. Mengelola hubungan kemitraan dengan pihak-pihak di luar perusahaan (vendor) yang bekerja sama dalam hal pengembangan teknologi. dan 6. information technology manager. 3. 2. Mendefinisikan secara detail kebutuhan sistem informasi perusahaan. Memelihara dan mengembangkan teknologi informasi yang dimiliki perusahaan agar selalu up-to-date dan dapat dipergunakan oleh seluruh SDM perusahaan. biasanya dikenal berbagai jabatan profesional. programmer. 9 . terutama kebutuhan spesifik dari masing-masing individu yang ada. seperti: chief executive officer (CEO). 4. system analyst. Menyediakan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan detail yang telah didefinisikan tersebut. Termasuk di dalam kelompok ini seluruh jenjang SDM dari staf sampai dengan pimpinan puncak. chief technology officer (CTO32). dan lain sebagainya yang masing-masing memiliki kompetensi dan keahlian khusus sehubungan dengan teknologi informasi. 5.Kelompok pertama adalah kumpulan dari mereka yang merupakan para pengguna (user) teknologi informasi yang dimiliki. Untuk menjalankan serangkaian tugas tersebut. Memonitor dan mengawasi berbagai hal terkait dengan manajemen atau proses pengelolaan aset teknologi informasi. Kelompok kedua adalah mereka yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengembangan teknologi informasi. lengkap dengan cetak birunya (blue print). Menyusun perencanaan strategis25 (masterplan) mengenai pengembangan sistem dan teknologi informasi perusahaan. Tugas utama dari mereka yang berada di dalam kelompok ini adalah: 1.

Sistem informasi manajemen akan sangat berarti apabila didukung oleh teknologi komputer yang sudah sangat canggih perkembangannya. DSS bersifat interaktif. Privasi informasi adalah hak untuk menentukan kapan. Kalau di dalam format PT (Perusahaan Terbatas) di Indonesia.Kelompok kedua yang dimaksudkan dalam penjelasan di atas adalah para manajer dalam perusahaan yang menggunakan Decision Support System ( DSS )30 yaitu merupakan progresi alamiah dari system pelaporan informasi dan system pemrosesan transaksi. Agar tugas para manajer tersebut dapat berjalan dengan baik. Secara umum. CIO kurang lebih setara dengan Direktur (dalam jajaran direksi perusahaan) yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden Direktur. dan untuk apa diperluas terhadap informasi diri sendiri yang dapat dikomunikasikan dengan orang lain. maka diperlukan berbagai informasi. Eksekutif yang paling bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengembangan teknologi informasi di perusahaan ini dikenal sebagai CIO31 (Chief Information Officer) atau Manajer Senior di bidang Sistem dan Teknologi Informasi. Informasi yang diperlukan dalam hal ini adalah informasi yang telah diolah sedemikian rupa melalui sistem informasi manajemen. Kalau dahulu manajemen inti cukup mempelajari semua komponen internal perusahaan (khususnya sehubungan dengan produk-produk atau jasa-jasa yang ditawarkan). akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Hak ini berlaku untuk individu. Tanggungjawab Manajer dalam Teknologi Informasi bagi organisasi Adalah umum bagi perusahaan-perusahaan besar yang kinerjanya sangat bergantung pada kehandalan teknologi informasi memiliki seorang manajer eksekutif di bidang sistem informasi. saat ini hal tersebut tidaklah cukup. Apakah tugas dari seorang CIO? Tugas utama yang merupakan tanggung jawab eksekutif lain dalam jajaran direksi adalah mempelajari dan memahami secara menyeluruh dan mendetail bisnis yang digeluti perusahaan. kelompok dan institusi. system informasi yang berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus menggunakan database untuk membantu proses pengambilan keputusan.hak privasi adalah hak untuk sendiri dan hak untuk bebas terhadap gangguan orang yang tidak bertanggung jawab. 10 . Kedua kelompok SDM tersebut diatas mempunyai hak privacy60 atas computer. dengan cepat.

e. Dapat pula dikatakan bahwa pengukuran nilai sebuah informasi akan lebih tepat jika menggunakan analisis cost effectiveness atau cost benefit. f. dan industri dimana perusahaan yang bersangkutan berada. Menghadiri seminar-seminar yang berhubungan dengan industri terkait. Menjadi anggota forum-forum bisnis maupun akademis terkait. Sedangkan parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi tersebut menurut Wahyono (2003). 11 . tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya. Memiliki armada SDM yang secara berkala mempelajari keadaan pasar dan komponen eksternal lainnya. terutama yang berkaitan dengan perilaku pasar (market) dan pelanggan. ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat (benefit) dan biaya (cost).Persaingan yang begitu ketat dan lingkungan bisnis yang sangat dinamis mengharuskan eksekutif perusahaan untuk selalu memantau dan mempelajari aspek-aspek di luar perusahaan (eksternal) secara intens dan terus-menerus. dan g. Mengundang bagian-bagian lain dalam instansi atau perusahaan untuk berdiskusi secara berkala. Peran SIM berbasis Komputer dalam Pengambilan Keputusan Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis jangka panjang. Membaca secara aktif publikasi-publikasi yang berkaitan dengan produk. c. Ketujuh cara tersebut adalah: a. Hal ini berarti bahwa bila tidak ada informasi tidak tidak akan ada keputusan. Mempelajari secara mendalam proses-proses penciptaan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Menjalin komunikasi aktif dan konsisten dengan para manajer lini perusahaan dan pimpinan instansi ataupun sub instansi. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang. Setidak-tidaknya untuk dewasa ini ada tujuh cara yang terbukti efektif untuk mempelajari hal internal dan eksternal perusahaan. jasa. b. B. d.

bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Relevansi (relevancy).Sedangkan kualitas informasi sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh 3 (tiga) hal pokok. berarti informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki kelengkapan yang baik. maka informasi tersebut haruslah sudah benar dan memuat 12 . Misalnya informasi mengenai hasil penjualan barang mingguan kurang relevan jika ditujukan pada manajer teknik. Ketidak-akuratan sebuah informasi dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalami gangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data-data asli tersebut. Kelengkapan (completeness) informasi. “Are message items correct?” Informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data. akan terlihat dari jawaban atas pertanyaan “how is the message used for problem solving (decision making)?” Informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya. “Are necessary message items present?” Informasi yang komplit. karena bila informasi yang dihasilkan sebagian-sebagian tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan. accuracy dan timelinness. Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Akurasi (accuracy). yaitu relevancy. Pengukuran nilai relevansi. haruslah benar sesuai dengan perhitungan-perhitungan yang ada dalam proses tersebut. 1. Kebenaran (correctness) informasi. b. 2. sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuannya untuk mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik. jika sebuah informasi menunjukkan total nilai gaji yang harus dibayarkan pada seorang pegawai. Sebagai contoh. Beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi antara lain adalah : a. tetapi akan sangat relevan bila disampaikan pada manajer pemasaran. Sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias atau menyesatkan. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

maka diperlukan seperangkat alat pemrosesan data yang canggih. 2. dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Local Area Networking (LAN51) Yaitu Jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil. sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil. Jenis – Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan dibedakan menjadi : 1. Hal itu dapat dipahami karena kecepatan untuk mendapatkan.perhitungan-perhitungan matematis yang ada di dalam prosesnya seperti perhitungan tunjangan. Keamanan (security) informasi. Kriteria-kriteria tersebut diatas dapat dipenuhi dengan memanfaatkan atau membuat network42 atau jaringan informasi. umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung. Kebutuhan akan tepat waktunya sebuah informasi itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi. dll. perhitungan potongan dan sebagainya. atau sebuah sekolah. datangnya tidak boleh terlambat (usang). tergambar dari jawaban atas pertanyaan “Did the message reach all or only the intended systems users ? “ 3. tepat waktu (timeliness). c. bertukar informasi sharing file. Ketiga. mengolah dan mengirimkan informasi tersebut memerlukan bantuan teknologi-teknologi terbaru. agar informasi yang diproses dapat menghasilkan informasi yang bernilai dan berkualitas. Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik. Jaringan adalah sebuah himpunan komputer yang dihubungkan dengan kabel atau nirkabel sehingga komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi. Keamanan sebuah informasi. Artinya. Metropolitan Area Networking (MAN) 13 . Bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data. alat tersebut sekarang ini disebut dengan komputer. printer.

Mengapa MAN itu dikatakan lebih luas dari LAN?. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet". Yah. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks. atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi. maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub. klien dan juga server. karena jaringan MAN itu terhubung dari beberapa jaringan LAN yang dihubungkan melalui switch lagi. MAN biasanya meliputi area yang lebih besar seperti area propinsi. Alat yang digunakan dinamakan hub49 dan router59. atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. dan protokol lainnya). Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Transmisi data dengan Ethernet cukup murah. alamat IP. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP. Ethernet48 yaitu jaringan lokal untuk transmisi data antar komputer yang terinterkoneksi. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub49. Hub adalah alat penghubung atar komputer. 4. antar gedung. 3. menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong. hanya dalam beberapa menit. Menggunakan sarana WAN. POP3. Intranet menggunakan semua protokol40 TCP/IP Protokol TCP/IP. kantor.Yaitu Jaringan yang lebih luas dari LAN. Wide Area Networking (WAN52) Yaitu Jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Alasan 14 . Intranet36 yaitu sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan. 5. bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh.

maka kita dapat membagi IP Address. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address. hal ini di sebut ekstranet37. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini. ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol). Teknologi GIS mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa 15 . Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar. Router59 adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya. maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Hal tersebut mungkin dilakukan berkat jasa satelit18 yang melakukan transformasi22 data menjadi modulasi yang kita terima menggunakan modem17. Misalnya kita sedang membeli software. hingga hanya dari rumah atau kantor kita bisa menjelajah dunia dalam tempo yang begitu cepat. dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. nomor port dll. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. dengan mensetting DHCP. buku dll dari sebuah e-toko. fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain. Apa lagi dengan kemunculan Geographic information system (GIS33) atau Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yang berkait erat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi.penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch.

melalui basis pemetaan. GIS adalah sebuah teknologi yang mampu merubah besar-besaran tentang bagaimana sebuah aktivitas bisnis diselenggarakan. dan perencanaan strategis lainnya. electronic bulletin boards. Kemampuan tersebut membuat sistem informasi GIS berbeda dengan sistem informasi pada umumnya dan membuatnya berharga bagi perusahaan milik masyarakat atau perseorangan untuk memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa. email. konsumen. Yang sedang booming trand sekarang adalah E-Learning35. dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang. dokumen. Diterjemahkan oleh Onno. Teknologi GIS memungkinkan Anda untuk melihat informasi bisnis Anda secara keseluruhan dengan cara pandang baru. Lebih jauh lagi kita bisa melakukan E-Commerce34. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI). consumers. applications. E-learning adalah merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke 16 . dan menemukan hubungan yang selama ini sama sekali tidak terungkap. aplikasi. pp.digunakan saat ini. and informations. membuat peramalan kejadian. seperti pengambilan data berdasarkan kebutuhan. dan lain-lainnya. dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan. dan informasi yang dilakukan secara elektronik. download dan penjualan software. pelavanan. musik. serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002). mesin faksimili. E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. Stock online dan surat obligasi. W. and bussines process that link enterprises. dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping. and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods. serta analisis statistik dengan menggunakan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu ditawarkan melalui analisis geografis melalui gambar-gambar petanya. Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999. grafik. services.

baik pembelajaran langsung ataupun tidak langsung. animasi pendidikan. Wikipedia memberikan arti WWW sebagai sistem dokumen hypertext saling diakses melalui Internet. Jika diterjemahkan secara kasar kedalam bahasa Indonesia. wikis. Posisi computer dalam SIM bagaikan dua sisi mata uang yang dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. Hypertext adalah : Teks yang tidak linier. E-Learning telah banyak melahirkan banyak lulusan mulai dari pendidikan dasar hingga pasca sarjana. penulis bisa menyisipkan bentuk media lain ( gambar animasi atau suara ). Jadi begitu kita memasukinya berarti kita sudah terhubung dan terkait dengan jaringan seantero dunia. perangkat lunak manajemen pembelajaran. blogs. tetap saja bahwa SIM bukanlah computer atau sebaliknya. Wikipedia]. world wide web artinya Jaringan Jagad Raya atau Jaringan Dunia Raya. simulasi.siswa dengan menggunakan media internet. electronic voting systems. Serta didukung adanya tampilan Hypertext39 sangat menunjang proses pembelajaran mejadi lebih mendalam. Artinya. 2003. Multimedia yang dimaksud bisa berupa . efektif dan efisien. Namun demikian. 2001]. Dengan mengusung multimedia45 pembelajaran menjadi lebih menarik . bahkan SIM tidak bisa lagi dipisahkan dengan computer. CD-ROM atau web sites. atau menyisipkan link-link kearah teks atau refrensi pendukung – baik yang internal ataupun eksternal. computer aided assessment. 17 . audio. atau link ke teks atau file lain. Pemanfaatan computer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth. permainan. dengan kandungan grafik. forum diskusi. bila bicara tentang SIM maka pasangannya adalah computer. perangkat lunak kolaboratif. intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley. Hal ini berarti telah menghemat dana yang begitu banyak. e-mail. serta penjelasan yang bisa dimunculkan jika diperlukan tanpa mengganggu kesederhanaan pemaparan content teks. dan lain-lain. Athabasca University. dalam teks yang dibuat. Kesemuanya mungkin dilaksanakan karena kehadiran dari world wide web38 yang lazim disingkat menjadi WWW. animasi.

Berdasarkan uraian tersebut di atas. 18 . nyata bahwa SIM berbasis komputer dapat meningkatkan nilai dan kualitas informasi. bernilai dan berkualitas. maka sang manajer atau pimpinan organisasi/pengambil keputusan (decision maker) dapat memperoleh/mendapatkan informasi (sebagai bahan dalam pengambilan keputusan) yang bermutu. Artinya. yang akurat dan tentu saja informasi yang tepat waktu atau tidak basi atau kadaluarsa. yaitu informasi yang relevan bagi perusahaan/organisasi. apabila pihak manajemen dalam organisasi atau perusahaan dapat memanfaatkan komputer dalam SIM-nya.

para pimpinan perusahaan/manajer dapat lebih mudah. seperti perencanaan (planning). bernilai dan berkualitas. proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan murah. 2. pengorganisasian (organizing). bahwa SIM bukanlah komputer. ia merupakan pengembangan dari ilmu manajemen dan telah ada jauh sebelum hadirnya komputer. dan pengawasan (controlling). bahwa hadirnya teknologi komputer telah memberikan kontribusi yang sangat positif dalam sistem informasi manjemen tidak hanya diperusahaan-perusahaan tapi juga di dunia pendidikan. B. Saran Melihat dan mempelajari begitu besarnya pengaruh SIM berbasis komputer terhadap aktivitas serta pengambilan kebijakan. maka sepatutnyalah agar instansi-instansi pendidikan 19 . yang akurat dan tentu saja informasi yang tepat waktu atau tidak basi atau kadaluwarsa. kehadiran komputer dalam SIM bukan saja memberikan kontribusi positif. yaitu informasi yang relevan bagi perusahaan/organisasi. bahwa hadirnya teknologi komputer telah membawa perubahan besar bagi aktivitas Sistem Informasi Manajemen. bahwa SIM merupakan metode bagi para pimpinan instansi. Sehubungan dengan hal uraian tersebut di atas. lebih jauh dari itu.BAB III PENUTUP A. efisien dan efektif dalam upaya pengambilan keputusan. penggerakkan (actuating). Bagi manajer serta pimpinan instansi. termasuk di dalamnya dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen. 1. bahwa SIM yang berbasis komputer dapat menyajikan informasi (sebagai bahan dalam pengambilan keputusan) yang mermutu. Bahwa dengan aktivitas SIM yang berbasis komputer. perusahaan/manajer dalam upaya pengambilan keputusan yang dapat dipertanggunjawabkan. 4. murah. maka dapat diambil beberapa kesimpulan. 3. Kesimpulan Menyikapi fakta yang terpapar diatas.

20 . 2.membekali diri seluruh komponennya dengan kemampuan yang cukup di bidang sistim informasi menejemen dan komputer. Memberikan dukungan dan kesempatan belajar secara formal bagi seluruh staf yang terkait pada sumber ilmu yang bisa dipertanggung jawabkan. Dengan cara : 1. Mengadakan pelatihan-pelatihan yang intensif.

Balai Pustaka. Irianto. Salemba Empat. Jakarta. George. Dr.wikipedia. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. 2007. Jakarta. http://id. Raymond. 1995. Agus. 21 . H.DAFTAR PUSTAKA McLeod Jr. 25/01/12) Kamus Besar Bahasa Indonesia.org/wiki/Ilmu Komputer (diakses tgl. Edisi 10. P. Prof. Schell. Sistem Informasi Manajemen.Kencana Prenada Media Group. 2009. Jakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->