P. 1
MAKALAH HYPERMART

MAKALAH HYPERMART

|Views: 2,338|Likes:
Published by Oka Reza Aditya

More info:

Published by: Oka Reza Aditya on Apr 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

HYPERMART

Tentang Hypermart

Perjalanan Hypermart merintis langkahnya di Indonesia tak bisa dikatakan singkat. Mulai beroperasi pada 2004, Hypermart yang kala itu hadir sebagai peritel paling bungsu, mengejar ketertinggalannya untuk menunjukkan kepada publik: Inilah peritel asli Indonesia yang lahir dari Bumi Pertiwi dan mampu bersaing dengan peritel asing.

Kini, di usianya yang ke-7 Hypermart ingin menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-50 di Indonesia.

Kebutuhan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari semakin membesar. Supermarket saja tak cukup. Perlu didirikan hypermarket, sebuah konsep belanja dengan koleksi barang yang jauh lebih lengkap

1

Hypermart didesain dengan suasana hangat.Matahari memandang bahwa Marketplace bisa ditingkatkan dari supermarket menjadi hypermarket. sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Pembangunan gerai yang begitu cepat ini menempatkan Hypermart sebagai hypermarket yang tercepat dalam pembangunan outlet di Indonesia. kelengkapan jenis barang 2 . dioperasikan 22 April 2004. Hypermart terus dikembangkan. Kini Hypermart memiliki tantangan untuk mewujudkan visinya menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2012. hypermarket Matahari yang pertama. Inovasi baru pun ditawarkan dengan mengganti Marketplace di WTC Serpong menjadi Hypermart. Hypermart bersandar pada pilar-pilar pendukung yang mengantarkan Hypermart menuju masa gemilang. Konsep yang dibawa Hypermart mendapat sambutan positif bagi pelanggan. Dalam empat tahun terakhir telah berdiri 47 gerai. Tingkat kunjungan terus meningkat. Di antaranya adalah.Tahun Hypermart ini bersiapsiap membuka outletnya yang ke-50. Kini Hypermart memiliki tantangan untuk mewujudkan visinya menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2014. menyenangkan dan bersahabat. Dalam menjalankan bisnis usahanya. Dengan konsep baru yang memudahkan konsumen menemukan barang belanjaan primer dan sekunder dalam satu tempat.

menyelenggarakan pelatihan rutin bagi SDM serta peningkatan sistem IT ter-up date yang mengikuti perkembangan jaman. 3 . Untuk beberapa item barang. Jaringan outlet di seluruh Indonesia juga akan terus dibuka. Jika ada yang lebih murah. hingga bentuk promosi yang dikemas secara kreatif plus dukungan lokasi yang strategis. Visi menjadi market leader di pasar hypermarket sudah di depan mata. visi itu mungkin hanya sebatas impian. Hypermart akan mengganti selisihnya 2x lipat. Hal ini tercermin dari berbagai langkahnya dalam memanjakan konsumen. Ini artinya Hypermart memberikan jaminan harga termurah dibanding barang yang dijual di tempat sejenis lainnya. Langkah ini akan terus dibarengi dengan memperkuat logistik.yang mencapai lebih dari 30. Oleh karena itu dilakukan strategi untuk memenangkan persaingan. Hypermart memang pintar mengambil hati konsumennya. Namun jika tidak dipersenjatai dengan lengkap.000 item dengan harga lebih terjangkau di kelasnya. Hypermart memberikan ikon cek harga dengan ilustrasi kaca pembesar. Ada satu yang menjadi trademark Hypermart dibanding para kompetitor di kelasnya. Kenyamanan berbelanja di Hypermart juga ditambah dengan adanya layanan jasa antar untuk produk-produk elektronik (radius tertentu) untuk para konsumennya.

Alur transaksi penjualan kredit d. Seperti iklan di media cetak yang informatif hingga promosi kartu kredit seperti Credit Card BNI diskon 35% untuk all product. Pembelian Alur transaksi yang dipakai oleh perusahaan yang melakukan penjualan barang atau jasa meliputi : a. diskon 50% all product bagi pemegang kartu kredit Hypermarket serta Loyalty Program Royal VKB dan lain sebagainya. menandai kesungguhannya untuk mengukuhkan posisinya di pasar hypermarket Indonesia.Pembukaan gerai Hypermart yang ke-50. Alur Transaksi penjualan tunai c. Alur transaksi pembelian b. Alur pengeluaran uang kas 4 . Alur penerimaan kas e. Dukungan lain yang juga berperan penting dalam menopang keberhasilan Hypermart adalah kegiatan promosinya yang kreatif dan bermanfaat bagi konsumen.

Membayar jumlah transaksi 5 . c. Melakukan survei pasar Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara mencari dari iklan penjualan barang atau jasa dari perusahaan lain. Mengirimkan surat pesanan kepada perusahaan dengan penawaran terbaik 7. Memutuskan supplier yang benar-benar memberikan keuntungan terbaik 5. 3. mendatangi Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Menerima penawaran dari berbagai perusahaan 4. Menerima barang 9. Barang yang akan dibeli dapat ditentukan dengan 3 cara yaitu : b. Penelitian pasar Kita dapat meneliti permintaan-permintaan konsumen yang paling banyak dengan cara meneliti langsung kepada masyarakat umum 2. Intuitif Cara ini dilakukan dengan memikirkan dan menerka-nerka barang atau jasa apa yang dibutuhkan oleh pelanggan berdasarkan pengalaman.Alur transaksi pembelian dapat digambarkan sebagai berikut : 1. Memeriksa barang apakah sudah sesuai dengan pesanan atau tidak 10. mendatangi pusat-pusat perbelanjaan. Membuat dan menandatangani surat perjanjian dengan supplier 8. Proses pembelian dimulai dari permintaan bagian penjualan atau produksi. Membuat daftar barang yang akan dibeli 6.

Surat permintaan pembelian Surat ini diisi oleh bagian gudang atau bagian lain yang memerlukan barang. jeis perlengkapan yang diperlukan terdiri atas : formulir-formulir. Formulir-formulir yang diperlukan dalam aktivitas pengelolaan pembelian adalah sebagai berikut : 1. Misalnya perlengkapan kantor . Pembelian barang-barang dapat dilakukan dengan pembelian tunai maupun kredit Kelengkapan administrasi pembelian Pada perusahaan yang telah memiliki SOP (Standard Operational Procedure) dan penyelenggaraan administrasinya secara manual. Formulir adalah daftar isian baik itu yang tercetak maupun tidak yang memiliki ruang untuk diisi dengan informasi. buku-buku untuk mencatat. Format formulir di tiap-tiap perusahaan tidaklah sama. barang yang dibeli untuk dijual (barang dagangan) atau barang yang dibeli untuk diolah kembali (bahan Baku). peralatan kantor (ATK).Alur Transaksi Pembelian Pada setiap perusahaan baik perusahaan barang dan jasa dalam menjalankan aktivitasnya selalu memerlukan barang-barang yang pengadaannnya harus dibeli dari pihak lain. Formulir bermanfaat untuk menetapkan tanggung jawab timbulnya transaksi bisnis. merekam data. Surat permintaan pembelian berisi antara lain mengenai : 6 . mengurangi kesalahan dan menyampaikan informasi pokok dari satu ke orang lain. tetapi secara umum memiliki data yang sama yang harus diisi. mesin kantor dan kegiatan kesekretariatan lainnya.

jenis. Surat Order pembelian (Purchase Order/PO) Formulir ini diisi oleh bagian pembelian. Laporan penerimaan barang berisi data hasil 7 . Laporan penerimaan barang Formulir ini diisi oleh bagian penerimaan barang setelah barang yang diterima dan diperiksa. Formulir ini berisi keterangan mengenai :     Nama dan alamat pemasok nama. Surat permintaan penawaran harga berisi antara lain mengenai:    nama. Surat permintaan penawaran harga Surat ini diisi oleh bagian pembelian dalam hal barang yang diminta dalam surat paermintaan pembelian belum ada pada daftar langganan (pemasok/supplier). kuantitas dan kualitas barang yang diminta kapan barang yang bersangkutan harus sudah diterima 2. tipe. kuantitas dan kualitas barang yang diminta tanggal paling lambat penerimaan barang yang dipesan syarat pembayaran dan syarat penyerahan barang 4. tipe.  nama. jenis. tipe. jenis. kuantitas dan kualitas barang yang diminta tanggal paling lambat penerimaan barang yang diminta permintaan informasi mengenai syarat pembayaran dan syarat penyerahan yang diminta oleh calon pemasok 3.

tipe. 1. Berikut adalah alur penjualan tunai dan alur penjualan kredit. kuantitas dan kualitas barang yang diterima catatan hasil pemeriksaan barang misalnya cocok tidaknya barang dengan order. jenis. Melakukan survei pasar      proses penjualan dimulai dari permintaan pelanggan ( lisan atau tertulis ) negosiasi membuat dan menandatangani surat perjanjian membuat faktur ( Invoice ) memeriksa barang yang dijual 8 . penjualan juga dapat dilakukan secara kredit maupun tunai. Bukti pengeluaran kas Formulir ini diisi oleh bagian hutang apabila karena adanya pembelian secara kredit yang jatuh tempo pembayarannya. adanya barang yang rusak dan sebagainya 5. Penjualan Tunai/Kredit Seperti halnya dengan pembelian.pemeriksaan atas barang yang diterima dan dokumen-dokumen yang terkait antara lain berisi keterangan mengenai :     Tanggal penerimaan barang Nomor order pembelian yang bersangkutan nama.

dikembalikan kepada calon pelanggan    membuat surat perjanjian penjualan kredit membuat bukti transaksi menyerahkan barang 9 . maka dilakukan proses penjualan kredit jika tidak.   menerima pembayaran membuat bukti transaksi mengirim barang yang dijual 2. Alur penjualan kredit     proses penjualan dimulai dari permintaan pembeli negosiasi menerima aplikasi kredit melakukan konfirmasi kepada calon pelanggan untuk mendapatkan kepastian bahwa calon pelanggan di masa mendatang dapat memenuhi kewajibannya  mendapatkan persetujuan kredit dari kepala bagian kredit dengan melampirkan bukti hasil survey  jika ya.

Dokumen yang berkaitan dengan penjualan tunai eceran : 10 . Pengelolaan Order Penjualan Tunai secara eceran pada toko atau supermarket. penjualan dapat dilakukan secara tunai maupun kredit. nota atau bon tunai selain berfungsi sebagai bukti penjualan juga berfungsi sebagai bukti penjualan juga berfungsi sebagai order penyerahan barang kepada pembeli. Unit-unit organisasi yang terlibat dalam aktivitas penjualan adalah Bagian Order Penjualan (pramuniaga). Pembeli datang sendiri ke tempat penjual . 1. atau nota kontan. Berikut ini uraian kegiatan bagian-bagian yang terlibat dalam aktivitas penjualan tunai baik pada toko-toko atau super market.toko atau supermarket. barang diserahkan di tempat penjual. Pada perusahaan-paerusahaan yang tidak melakukan penjualan secara eceran. Bagian Pembungkusan/Packing dan Bagian Akuntansi. dan grosir. Bagian Gudang.Alur Transaksi Penjualan Tunai (on cash) Untuk perusahaan yang menjual barang secara eceran seperti toko. Bagian Kassa/kasir. tergantung kepada syarat penyerahan barang yang disepakati. Formulir yang digunakan terdiri atas : faktur penjualan. Dalam sistem penjualan tunai eceran. Pembeli dapat melakukan pembelian barang dengan cara datang sendiri ketempat penjual atau melalui surat order (purchase order/PO). Penyerahan barang dapat dilakukan di tempat penjual atau dikirim ke tempat pembeli. penjualan barang seluruhnya dilakukan secara tunai.

biasanya perusahaan memiliki prosedur khusus yang harus dipenuhi oleh calon pembeli. Bagian Gudang. Pengelolaan Order Penjualan Tunai pada Grosir Pengelolaan order penjualan yang ditemukan dalam praktek. alat rumah tangga dan sejenisnya. Alur transaksi Penjualan Kredit (on Account) Penjualan barang secara kredit di sini dibedakan antara penjualan kredit untuk barang untuk perusahaan atau toko dan dan kredit untuk perusahaan atau toko yang menjual barang-barang yang melayani kredit perorangan. Bagian kassa. dan Bagian Akuntansi. Sementara formulir yang digunakan terdiri atas : faktur penjualan tunai. nota kontan.  Faktur Nota penjualan tunai 2. kendaraan bermotor. dan bukti penerimaan kas. 11 . Untuk perusahaan yang menjual barang-barang konsumsi seperti barang elektronik. pembayarannya dilakukan secara angsuran (instalment) Sebelum perusahaan menyetujui permohonan kredit dari calon pembeli. Bagian Pengiriman Barang. bukti penyerahan barang. di antaranya sebagai berikut : Aktifitas penjualan tunai melibatkan Bagian Order Penjualan.

Khusus Profesional:Surat Ijin Praktek. Copy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir 6. Copy tagihan Telepon/ PAM/ PLN 4. Slip Gaji/ Keterangan Gaji terbaru 2. Khusus Profesional: 3. SIUP/Tanda Daftar Perusahaan 2. Khusus Wiraswasta: 1. Melengkapi berkas seperti : Persyaratan Umum: 1. Slip Gaji/ Keterangan Gaji terbaru 2. contoh : dokter. Khusus Karyawan/PROFFESIONAL: 1.Adapun Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pembeli antara lain : 1. Copy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir 12 . Surat Ijin Praktek 4. Copy Kartu Keluarga 3. Mengisi Aplikasi permohonan kredit 2. Copy KTP dari Pembeli dan pasangan atau pihak penjamin (jika belum berkeluarga) 2. pengacara. Copy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir Khusus Karyawan/PROFFESIONAL: 1. akuntan 5.

seperti kredit rumah atau kendaraan bermotor. pihak penjual akan melakukan survey lapangan yaitu melihat secara langsung keadaan calon pembeli atau menghubungi pihak yang ditunjuk oleh calon pembeli sebagai penjamin kredit. Berikut ini dibahas pengelolaan order penjualan kredit pada perusahaan yang secara umum mampu memenuhi semua pesanan (order) yang diterima. rata-rata jumlah pesanan dan kebijakan pimpinan perusahaan. Bagian Kredit. prosedur pengelolaan order penjualan kredit biasanya disesuaikan dengan kemampuan rata-rata penyediaan barang. Untuk perusahaan yang melakukan penjualan kredit kepada perusahaan lain.Setelah calon pembeli memenuhi persyaratan. 1. 2. Bagian Order Penjualan. unit organisasi yang terlibat dalam aktivitas penjualan kredit meliputi. apabila dirasa perlu khususnya untuk kredit yang bernilai besar. Pengelolaan order penjualan kredit pada perusahaan yang secara umum mampu memenuhi pesanan akan berbeda dengan pengelolaan order penjualan kredit pada perusahaan yang sering tidak dapat memenuhi semua pesanan sehingga sering terjadi back order. Dalam perusahaan yang telah memiliki standard operasional prosedur dalam menjalankan kegiatan usahanya. 13 .

5. 4. 2. Adapun Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan order penjualan kredit adalah sebagai berikut. 5. Kartu gudang. 8. Bagian Pengiriman Barang. Surat pesanan (order) dari pelanggan/ PO. 7. Bagian Jurnal dan Buku Besar.3. 14 . Buku jurnal penjualan dan buku besar. 6. Kartu sediaan Barang. Bagian Penagihan. Faktur penjualan. Bagian Piutang 7. 1. Status kredit pelanggan sebagai dasar pertimbangan pemberian otorisasi penjualan kredit kepada pelanggan yang bersangkutan (persetujuan kredit). Buku pembantu (Kartu) piutang. 3. Bagian Gudang (menangani juga Kartu Sediaan Barang) 4. Order pengiriman barang. 6.

Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penerimaan kas antara lain : 1.Alur Penerimaan Kas Penerimaan kas dalam perusahaan pada umumnya berasal dari transaksi penjualan barang baik penjualan tunai maupun penjualan kredit yang dalam hal ini penerimaan piutang dari debitur. semua kas yang diterima harus segera disetorkan ke pejabat yang berwenang 3. Bukti penerimaan kas 15 . Proses penerimaan kas pada perusahaan yang menjual barang secara eceran seperti supermarket akan berbeda dengan prosedur penerimaan kas pada perusahaan manufaktur. Daftar surat pemberitahuan penerimaan piutang dari bagian sekretariat 4. bulanan) dibuat laporan penerimaan kas Prosedur penerimaan kas yang diterapkan bergantung kepada struktur organisasi perusahaan. mingguan. Bukti penerimaan kas yang dibuat sendiri oleh perusahaan dari manapun sumbernya 2. penerimaan kas harus didukung dengan bukti yang telah mendapat otorisasi dari pejabat yang berwenang 2. Secara umum hal-hal yang harus diperhatikan sehubungan dengan penerimaan kas adalah sebagai berikut: 1. Memo (nota) kredit dari bank 5. tiap periode tertentu (harian. Faktur penjualan tunai 3.

Permintaan pengisian kembali kas 6. pembayaran pada umumnya dilakukan dengan menggunakan cek. semua pengeluaran kas dilakukan dengan menggunakan cek. Pada perusahaan yang menyetorkan semua dana / uang yang diterimanya ke bank. Faktur pembelian kredit 4. Bukti penerimaan barang 5. Surat permintaan pengeluaran kas kecil 16 . dan pembayaran beban operasional. Pengeluaran kas yang dilakukan oleh perusahaan pada umumnya meliputi pengeluaran untuk pembayaran hutang.Alur Pengeluaran Kas Pada perusahaan yang mengelola kas dengan menerapkan sistem voucher. termasuk pengeluaran untuk pembentukan dan penggantian dana kas kecil. Bukti pengeluaran kas kecil 7. Adapun dokumen-dokumen yang terkait dengan pengeluran kas adalah sebagai berikut : 1. Faktur (nota) pembelian 3. Untuk pembayaran yang nilainya relative kecil digunakan dana kas kecil. Bukti pengeluaran kas yang dibuat sendiri oleh 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->