MINYAK BUMI

Minyak bumi adalah dasar bagi masyarakat modern. Mobil kita dijalankan dengan bensin, yang dihasilkan dari bagian minyak bumi dan banyak rumah kita diterangi dengan minyak bumi. Minyak bumi menjadi bahan utama untuk industri Petrokimia. Minyak bumi digunakan untuk membuat plastik, cat, obat, tekstil, berbisida, dan pestisida. Kegunaannya hampir tidak ada batasnya. Setiap tahun Amerika Serikat mengkonsumsi lebih dari 6 miliar barel minyak bumi. Peningkatan kesejahteraan banyak negara disebabkan oleh minyak bumi. Pada materi ini menunjukkan bagaimana minyak bumi dikilang dan diubah menjadi produk – produk yang berguna. Minyak bumi disebut juga sebagai emas hitam ialah cairan kental, coklat gelap dankehijauan yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi yang tersusun dari rantai – rantai hidrokarbon.. Pada saat sekarang ini energi minyak bumi memegang peranan yang cukup penting sebagai sumber energi di bumi yang banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia. Industri minyak bumi modern pertama kali diperkenalkan oleh Edwin

LaurentineDrake (1819-1880) karena pada tanggal 27 Agustus 1859 untuk pertama kalinya melakukanpengeboran minyak secara komersil di Titusville, Pennsylvania, Amerika Serikat. Sedangkanuntuk di Indonesia sendiri diawali pada tahun 1870 oleh P. Vandijk, seorang engineerBelanda di daerah Purwodadi - Jawa Tengah, tepatnya di desa Ngamba, melalui pengamatan rembesan-rembesan minyak di permukaan tanah. 1. Proses terjadinya minyak bumi :

Minyak bumi merupakan hasil pelapukan fosil – fosil tumbuhan dan hewan di zaman purba jutaan tahun silam. Salah satu teori terjadinya minyak bumi adalah teori “ Dupleks”. Menurut teori ini minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang telah mati. Organisme yang mati mengalami pembusukan lalu terpendam di dalam lapisan kulit bumi.

sehingga minyak bumi dikelompokkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapata diperbaharui. Oleh karena itu. sementara bintik minyak dan gas yang terbentuk dari plankton bergerak “merembas” ke tempat yang bertekanan rendah dan terakumulasi pada daerah perangkap yang merupakan batuan kedap. temperatur tinggi. dan air terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. Lapisan paling bawah berupa air. minyak bumi disebut juga petroleum ( bahasa latin : petrus = batu. minyak. Minyak bumi terbentuk melalui proses yang sangat lama. lapisan atasnya adalah minyak bumi. . Lumpur yang bercampur dengan jasad renik tersebut kemudian berubah menjadi batuan sedimen yang berpori. Minyak bumi tersebut dapat diambil dengan cara pengeboran. gas alam. oleum = minyak ). dan tekanan tinggi oleh lapisan diatasnya.Akibat pengaruh waktu yang mencapai ribuan bahkan jutaan tahun. dan rongga diatas minyak bumi berupa gas alam. jasad renik berubah menjadi bintikbintik dan gelembung minyak atau gas. Pada daerah perangkap tersebut.

Proses pemisahan tersebut adalah : . Agar minyak bumi dapat dimanfaatkan harus diolah terlebih dahulu. terutama alkana.9% 0. dan aromatis Senyawa belerang Tiolkana ( R – S – R ) Alkatinol ( R – S – H ) Senyawa nitrogen Senyawa oksigen Organo logam Pirol ( C4H5n ) Asam karbosilat (RCOOH) Senyawa logam nikel 3.01 – 0. penyusun utamanya berupa hidrokarbon. Komponen komponen senyawa minyak bumi Minyak bumi merupakan campuran dari berbagai senyawa.2. Proses Pemisahan (Separation Processes) Unit operasi yang digunakan dalam penyulingan minyak biasanya sederhana tetapi yang kompleks adalah interkoneksi dan interaksinya. Proses konversi (convertion processes) Proses pengilangan (refines) pertama-tama adalah mengubah komponen minyak menjadi fraksi-fraksi yang laku dijual berupa beberapa tipe dari destilasi. dan senyawa aromatis.Pada pemrosesan minyak bumi melibatkan 2 proses utama. sikloalkana. sikloalkana. Pengolahan minyak bumi Minyak mentah ( crudeoil ) berupa cairan hitam kental dan belum dapat dimanfaatkan. Molekul besar menjadi yang lebih kecil dalam range titik didih gasolin. yaitu : 1. Proses pemisahan (separation processes) 2. Senyawa selengkapnya adalah sebagai berikut : Jenis senyawa Hidrokarbon Jumlah ( presentase ) 90 – 99% 0.01 – 0. Beberapa perlakuan kimia dan pemanasan dilakukan untuk memperbaiki kualitas dari produk minyak mentah yang diperoleh. a. proses ini disebut cracking.1 – 7% 0.4% Sangat kecil Contoh Alkana. Misalnya pada tahun 1912 permintaan gasolin melebihi supply dan untuk memenuhi permintaan tersebut maka digunakan proses "pemanasan" dan "tekanan" yang tinggi untuk mengubah fraksi yang tidak diharapkan.

Adsorpsi Proses dari adsorpsi digunakan untuk memperoleh material berat gas.fraksi-fraksi minyak pelumas akan mencapai suhu yang lebih tinggi dimana zat-zat hidrokarbon mulai terurai (biasanya kirakira antara suhu 375 -400°C) karena itu lebih baik jika minyak pelumas disuling dengan tekanan yang diturunkan. .1. Gasgas dikeluarkan dari tank penyimpanan gas sebagai hasil dari pemanasan matahari yang kemudian diserap ulang oleh tanaman. Pemakaian terpenting proses adsorpsi pada perindustrian minyak adalah : Untuk mendapatkan bagian-bagian berisi bensin (natural gasoline) dari gas-gas bumi. Absorpsi Umumnya digunakan untuk memisahkan zat yang bertitik didih tinggi dengan gas. Proses ini dilakukan terutama dalam hal-hal sebagai berikut: Untuk mendapatkan fraksi-fraksi gasolin alami yang dapat dicampurkan pada bensin. Destilasi Bensin. digunakan tanah liat untuk menghilangkan warna dan bauxiet (biji oksida-aluminium). . 3. metana. -Untuk menghasilkan bensin-bensin yang dapat dipakai dari berbagai gas ampas dari suatu instalasi penghalus. Steam stripping pada umumnya digunakan untuk mengabsorpsi hidrokarbon fraksi ringan dan memperbaiki kapasitas absorpsi minyak gas. dalam hal ini digunakan arang aktif. Untuk pemisahan gas-gas rekahan dalam suatu fraksi yang sangat ringan (misalnya fraksi yang terdiri dari zat hidrogen. Pengurangan tekanan diperoleh dengan menggunakan sebuah pompa vakum (vacum pump). Minyak gas digunakan untuk menyerap gasolin alami dari gas-gas basah. etana) dan fraksi yang lebih berat yaitu yang mempunyai komponenkomponen yang lebih tinggi.Untuk menghilangkan bagian-bagian yang memberikan warna dan hal-hal lain yang tidak dikehendaki dari minyak. 2. kerasin dan minyak gas biasanya disuling pada tekanan atmosfer.

Proses cracking meliputi: * Proses cracking thermis murni Proses ini merupakan proses pemecahan molekul-molekul besar dari zat hidrokarbon yang dilakukan pada suhu tinggi yang bekerja pada bahan awal selama waktu tertentu. Ekstraksi Pengerjaan ini didasarkan pada pembagian dari suatu bahan tertentu dalam dua bagian yang mempunyai sifat dapat larut yang berbeda. mekanisme yang terjadi berupa pembentukan "ion karbonium" dan "radikal bebas". Proses Konversi (conversion processes) Hampir 70% dari minyak mentah di proses secara konversi di USA. Pada pelaksanaannya tidak mungkin mengatur produk yang dihasilkan pada suatu proses cracking. 5. 6. biasanya selain menghasilkan bensin (gasoline) juga mengandung molekul-molekul yang lebih kecil .4. Filtrasi Digunakan untuk memindahkan endapan lilin dari lilin yang mengandung destilat. b. Cracking atau Pyrolisis Cracking atau pyirolisis merupakan proses pemecahan molekulmolekul hidrokarbon besar menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan adanya pemanasan atau katalis. Lilin yang tidak diinginkan dipindahkan dan menjadi lilin mikrokristalin yang diperdagangkan. Dibawah ini ada beberapa contoh reaksi konversi dasar yang penting: 1. Dengan adanya pemanasan yang cukup dan katalis maka hidrokarbon parafin akan pecah menjadi dua atau lebih fragmen dan salah satunya berupa olefin. Filtrasi dengan tanah liat digunakan untuk decolorisasi fraksi. Semua reaksi cracking adalah endotermik dan melibatkan energi yang tinggi. Kristalisasi Sebelum di filtrasi lilin harus dikristalisasi untuk menyesuaikan ukuran kristal dengan cooling dan stirring.

Proses cracking dilakukan untuk menghasilkan fraksi-fraksi bensin yang berat yaitu yang mempunyai bilangan oktan yang buruk karena umunya bilangan oktan itu meningkat jika titik didihnya turun. Keuntungan dari proses thermis-katalisator adalah: . Anehnya pada proses ini bensin yang dihasilkan tidak mengandung alkena-alkena tetapi masih memiliki bilangan oktan yang lumayan. * Proses cracking dengan chlorida-aluminium (AlCl3) yang bebas air Bila minyak dengan kadar aromatik rendah dipanaskan dengan AlCl3 bebas air pada suhu 180-2000C maka akan terbentuk bensin dalam keadaan dan waktu tertentu. hal ini mungkin .Terbentuknya alken Oleh karena itu bilangan oktan dapat meningkat dengan sangat tinggi. yaitu: . Dengan adanya katalisator dapat terjadi proses isomerisasi.Bensin yang dihasilkan menunjukkan angka oktan yang lebih baik. bagian lain akan ditingga/ sebagai arang dalam ketel. selanjtnya terjadi aromatik-aromatik dalam fraksi bensin yang lebih tinggi yang juga dapat mempengaruhi bilangan oktan. Bahan yang tidak mengandung aromatik (misalnya parafin murni) dengan 2 atau 5% AlCl3 dapat merubah sebagian besar (90%) dari bahan itu menjadi bensin.(gas) dan molekul-molekul yang lebih besar (memiliki titik didih yang lebih tinggi dari bensin).Perbandingan antara bensin terhadap gas adalah sangat baik karena disebabkan oleh pendeknya waktu cracking pada suhu yang lebih rendah. * Proses cracking thermis dengan katalisator Dengan adanya katalisator maka reaksi cracking dapat terjadi pada suhu yang lebih rendah. . Maka pada cracking bensin berat akan diperoleh suatu perbaikan dalam kualitas bahan pembakarnya yang disebabkan oleh 2 hal.Penurunan titik didih rata-rata . misalnya dari 45-50 hingga 75-80. dimana alkenaalkena dengan rantai luru dirubah menjadi hidrokarbon bercabang.

n-butilen.Bahan baku petrokimia. Polimerisasi Terbentuknya polimer antara ikatan molekul yang sama yaitu ikatan bersama dari light gasoline.Pada saat reaksi berlangsung. banyak sekali gas asam garam maka harus memakai alat-alat yang tahan korosi. . 4.Bahan bakar motor dan penerbangan yang memiliki bilangan oktan yang tinggi. . Bahan bakar gas Bahan bakar gas terdiri dari : LNG (Liquified Natural Gas) dan LPG (Liquified Petroleum Gas)Bahan bakar gas biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan indusri.Mahal karena AlCl3 yang dipakai akan menyublim dan mengurai. isobutilen. Penggunaan Minyak Bumi a.disebabkan kerena sebagian besar alkena bercabang.Bahan-bahan yang dapat dikerjakan terbatas. . Proses polimerisasi merubah produk samping gas hirokarbon yang dihasilkan pada cracking menjadi hidrokarbok liquid yang bisa digunakan sebagai: . Kerugian dari proses ini adalah : . 2. Bahan dasar utama dalam proses polimerisasi dari adalah cracking olefin still. (hidrokarbon tidak jenuh) yang diperoleh Contohnya: Propilen.

Biasanya. . adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal darigas alam. misalnya etana dan pentana . Elpiji. Sebuah bentuk dari kerosene dikenal sebagai RP1dibakar dengan oksigen cair sebagai bahan bakar roket. JetA. Gasolin (bensin). terutama titik asap dan titik beku. kerosene didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus. Komponennya didominasi propana dan butana . biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga.harfiah: "gas minyak bumi yang dicairkan"). Bahan bakar mesin jet adalah kerosene yang mencapai spesifikasi yang diperketat. LPG (liquified petroleum gas. Jet-B. yang digunakan untuk mengupgrade bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk bahan bakar minyak. biasa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Kerosene biasa di gunakan untuk membasmi serangga seperti semut dan mengusir kecoa. Kerosin (minyak tanah). dalam sebuah unit Merox atau. gas berubah menjadi cair. Dia diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150°C and 275°C (rantai karbon dari C12 sampai C15). Selain itu kerosin juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bensin melalui proses cracking. biasa digunakan sebagai pelarut dalam industri. Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam lampu minyak tanah tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai bahan bakar mesin jet (lebih teknikal Avtur. di mana dia kurang disuling dan mengandung ketidakmurnian dan bahkan "debris". Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya. Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil.    Naptha atau Petroleum eter.Minyak tanah (bahasa Inggris: kerosene atau paraffin) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. hidrotreater untuk mengurangi kadar belerangnya dan pengaratannya. Penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak terbatas di negara berkembang. Kadang di gunakan juga sebagai campuran dalam cairan pembasmi serangga seperti pada merk/ brand baygone. Kerosene dapat juga diproduksi oleh hidrocracker. JP-4 atau JP-8).

. kereta api dan traktor. biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin diesel pada kendaraan bermotor seperti bus. tutup botol. lilin batik.   Minyak pelumas. Selain itu. dan masih banyak lagi. biasa digunakan untuk lubrikasi mesin-mesin. industri tenun menenun. truk. Residu minyak bumiyang terdiri dari : Parafin . minyak solar juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bensin melalui proses cracking. kosmetika. korek api. Minyak solar atau minyak diesel. Aspal . digunakan dalam proses pembuatan obat-obatan. digunakan sebagai pengeras jalan raya.

Meski demikian.) BOJONEGORO Lokasi : Kec. karena dilakukan secara tradisional dengan cara menimba. sedangkan sebagian lagi menggunakan tehnologi yang memanfaatkan mesin mobil sebagai penggerak.00 wib. Eksplorasi yang telah dilakukan dengan 126 sumur yang meliputi 106 sumur produksi.771 liter/hari. Tambang Minyak Bumi dan Gas Alam dikelola secara tradisional dan mekanis.249 liter/hari. Jumlah penabang minyak tradisional sekitar 74 (sumur) unit yang berlokasi di wilayah kecamatan Kedawan meliputi desa wonocolo 44 sumur dengan kapasitas produksi 25. .771 liter/hari dan desa Beji 12 sumur dengan kapasitas produksi 8.00 – 11. wonorejo) diperkirakan mencapai 126 juta barel. Kedewan Jumlah sumur 416 Sifat tradisional Pengelola KUD Bogosasono Pelaksana : Masyarakat Tambang Minyak Bumi dan Gas Alam di Kabupaten Bojonegoro yang terdapat di wilayah kecamatan Ngasem (Desa Mojodelik. Tambang minyak bumi yang ada di Desa Hargomulyo dan Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan ini sangat unik. Brabohan. 18 sumur injeksi air dan 2 sumur injeksi gas.Tambang Minyak Bumi di Indonesia 1. desa Hargomulyo 18 sumur dengan kapasitas produksi 12. Aktivitas penambangan ini dilakukan antara pukul 07. cara yang dilakukan ini dapat menggali sumber minyak hingga kedalaman 800 meter kedalam perut bumi. Penambangan tradisional dikelola oleh masyarakat dengan peralatan sederharna untuk pengambilan minyak (sumur) dengan rata-rata kedalaman 500 meter dan denga sumur pompa tangan (penemuan baru) dengan kedalaman 28 meter.

dengan Home Basenya dan salah satu pelabuhan ekspor minyak serta sejumlah tangki penampungnya yang berada di Kota Sorong.05 juta barrel per hari.000 barel per hari minyak tanah dan 3.000 barel per hari minyak solar .000 barel per hari Premium. Disamping itu jenis produksi minyak yang dihasilkan sebanyak 2 (dua) jenis. Kilang UP VII Sorong memiliki kapasitas pengolahan Minyak Mentah 10. 2. daerah ini memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama pengolahan minyak bumi. dengan rata-rata menghasilkan 1.000 barel per hari atau satu persen dari total kapasitas pengolahan Pertamina sebesar 1. yakni crude oil dan mixe crude oil yang merupakan campuran dari sumur Klamono walio dan Salawati yang kegiatan ekspor dilakukan melaui kasim marine terminal dengan Negara tujuan Jepang. Hal ini terbukti dengan adanya 350 sumur minyak yang sedang diolah dalam wilayah Kabupaten Sorong. Hongkong. dan Singapura.) SORONG Kota sorong dijuluki sebagai “ Kota Minyak “ karena sejak tahun 1947.Sumur Minyak Tradisional Aktivitas Penambangan Minyak 2.

000 barel minyak per hari pada 2000.000 barrel minyak perhari (unitisasi dengan WKP PT Pertamina EP). Sepanjang 2007 produksi lapangan Sukowati rata-rata sekitar 16. Program akuisisi PT Pertamina (Persero) di Blok Tuban ini merupakan suatu langkah yang sangat strategis. Hingga 2003 produksi minyak di lapangan tersebut mengalami naik turun dalam kisaran 9. Produksi minyak bumi dihasilkan dari Lapangan Mudi dan Lapangan Sukowati.000 barel per hari.500 barel per hari.000 sampai dengan 11. Puncak produksi yang pernah dicapai adalah sebesar 23. Di samping sebagai pemegang participating interest terbesar. Pertamina (Persero) 50 %. Di 1998 blok tersebut memasuki fase produksi berasal dari ladang Migas Mudi dengan tingkat produksi rata-rata 14. dan 3 tahun kemudian (pada 2004) lapangan ini mulai berproduksi. PetroChina East Java 25 %. Angka ini jauh melampaui target semula sebesar 14.) TUBAN Wilayah kerja pertambangan (WKP) Migas Blok Tuban (Jawa Timur) merupakan area migas yang telah berproduksi sejak tahun 1998. dan PT. Beberapa produksi minyak bumi dari produsen lain di area ini menggunakan fasilitas produksi yang dikelola oleh JOB P-PEJ dengan konsep cost sharing. pada 2001 dilakukan pengeboran eksplorasi struktur Sukowati. Struktur komposisi kepemilikan saham selama ini teridiri dari PT. Produksi lapangan Mudi terus mengalami penurunan dengan produksi rata-rata sebesar 10.500 barel minyak per hari. Sementara itu.000 barel minyak per hari pada 1999. Medco E&P Tuban 25 %.3. Pertamina juga bertindak selaku operator bersama PetroChina East Java Ltd di WKP Migas tersebut. Blok Tuban merupakan area produksi minyak bumi terbesar di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.677 barel minyak per hari. Dalam rangka meningkatkan produksi minyak nasional JOB P-PEJ menargetkan produksi . produksi harian Lapangan Mudi mencapai 3300 barrel minyak per hari dan total produksi dari Lapangan Sukowati mencapai 26.419 barel minyak per hari. Selanjutnya sejak 2004 hingga kini ladang Mudi menghasilkan minyak rata-rata 3. Lapangan Sukowati sekarang merupakan salah satu lapangan primadona Pertamina.

rata-rata sebesar 26.500 barel per hari maka total produksi JOB P-PEJ mencapai antara 28.000 barel per hari.500 sampai 29. Pasca pengeboran sumur Sukowati-7 akhir Maret 2008 yang lalu dengan produksi sebesar 3.495 barel minyak per hari. .

menurut Badan Energi Internasional. Itu adalah level tertinggi sejak (setidaknya) 1980. eksportir minyak mentah terbesar dunia.4 juta barel per hari pada Oktober. “Kami memproduksi 10 juta dan 40 barel pada November karena itulah yang diinginkan para konsumen.45 juta barel minyak per hari pada Oktober. 9. . anggota OPEC yang terbesar dan paling berpengaruh. Abqaq. Arab Saudi.4 juta barel per hari pada November. Arab Saudi memompa 9. meningkatkan output bulan lalu pada level tertinggi dalam 3 dekade lebih untuk memenuhi permintaan konsumen.4 juta pada September.” kata Ali al-Naimi di Durban. Negara Arab Saudi merupakan negara terbesar pengekspor minyak bumi di dunia. Ladang-ladang minyak utamanya terdapat di daerah Dammam. dan Riyadh.Pertambangan Minyak Bumi di Luar Negeri 1. Arab Saudi memproduksi 9. Negara ini terkenal dengan negara "Petro Dolar" karena hampir sebagian besar sumber devisa negaranya berasal dari penjualan minyak. akan bertemu dengan anggota-anggota OPEC yang lain pada 14 Desember di Wina untuk menetapkan target output untuk awal 2012. Hassa. Ghawar. Pelabuhan minyak utamanya terdapat di kota Restanura tepatnya di Teluk Persia.8 juta pada Agustus. Afrika Selatan. Arab Saudi. Pelabuhan lainnya terdapat di Ad Damman dan Jeddah. kata al-Naimi pada 20 November. Departemen Energi AS mengestimasikan bahwa Arab Saudi memompa 9. menurut data Departemen Energi AS.) ARAB SAUDI Hasil utama pertambangan minyak bumi dan gas alam. tidak berubah dari level pada Oktober dan September. Dahran. dan 9. Arab Saudi meningkatkan suplai tahun ini untuk menutupi penghentian produksi di Libya dan mencegah melonjaknya harga minyak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful