Pikul adalah satuan berat tradisional yang dipakai di Jawa dan sekitarnya, ukuran berat pikul tidaklah tetap

, pada umumnya beban 1 pikul ialah beban terberat di mana seorang manusia sanggup membawanya dengan cara memikul. Satuan pikul biasanya dipakai pada kalangan buruh atau petani yang ada di Indonesia. Dalam tradisi masyarakat Tiongkok, pikul dikenal dengan sebutan tam (担)atau tan (担, たん)dalam bahasa Jepang. Satuan pikul sampai sekarang masih dipakai di Indonesia dan di negara-negara asia timur secara informal. Secara informal, pikul juga dipakai untuk mengukur beban dalam perdagangan lokal dan internasional, pikul dianggap sebagai satuan berat yang mudah dan tidak perlu repot-repot untuk mengukur atau menimbangnya, dalam perdagangan satuan pikul harus digunakan dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Pikul juga digunakan sebagai unit rujukan yang mudah bagi banyak jurnal perdagangan komersial pada abad ke-19. Salah satu dari banyak contoh adalah yang dikutip pada Hunts Merchant Magazine 1859 memberikan tabel rinci harga yang diharapkan dari berbagai komoditas dan barang seperti kopi, misalkan satu pikul kopi Jawa dijual dengan harga sekitar 8 sampai 8,50 dolar Spanyol di Batavia (Jakarta) dan Singapura. [1] Hektare (singkatan dari hekto are, kata ini pun sendiri disingkat ha; berasal dari bahasa Belanda hectare, tetapi aslinya dari bahasa Perancis) merupakan satuan luas yang umum dipakai untuk menyatakan luas tanah. Satuan dasar hektare adalah are, satuan luas yang didefinisikan sebagai 100 meter persegi. Awalah hekto berarti "100 kali" sehingga konversi satu hektare ke dalam sistem internasional adalah 1 ha = 1 hm2 = 10.000 m2 Satuan hektare lebih banyak dipakai di Indonesia daripada satuan kilometer persegi (km2) untuk menyatakan luasan agraria. Seringkali hektare ditulis dalam bentuk hektar.
Kati adalah satuan berat tradisional yang sepadan dengan beban berat 61⁄4ons yang ditimbang dan diukur menggunakan alat kati atau katian. [1] Satuan kati masih digunakan secara informal untuk menimbang barang dagang, makanan, bahan makanan dan barang-barang lainnya di beberapa pasar tradisional, pasar jalanan, dan toko-toko di pulau Jawa, Indonesia dan di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara lainnya.

1 Depa, jarak dua ujung tangan yang direntangkan (sekitar 1,6-2 meter) 1 Depa Sihwa/Raja, jarak ujung dua tangan raja yang direntangkan = 1,5 Depa 1 Hasta, jarak antara siku dengan ujung jari (40 - 60 centimeter) Ukuran Luas: 1 Tampah (sekitar 6.750 - 7.680 meter persegi) 1 Tampah Haji/Tampah Raja = 1,5 Tampah

.. Ukuran ini merupakan satuan ukuran luas yang biasanya untuk mengukur luas tanah. Adakah yang mau nambah lagi.75 meter?).000 meter persegi hingga 1/6 hektare.0625 (= 3. yaitu Bata/tumbak.75 × 3.000 meter persegi rantai (sebenarnya rantai persegi. Beberapa satuan luas (terutama untuk lahan) yang bersifat lokal dikenal di Indonesia.75 meter.75) meter persegi bahu (bau. ½ Tampah 1 Lamwit. isi dari rata2 tempurung kelapa dibelah dua..7 ha) (lihat artikelnya untuk variasi ukuran) anggar (di Kalimantan Barat) ≈ 1/33 hektare borong (di Kalimantan Barat) = 1/6 hektare kesuk (di Jawa Mataraman).031..25 meter persegi (≈ 0. kira2 750 gram 1 Bantal = 20 Kati 1 Pikul = 100 Kati (referensi dari sini) Saya juga mengenal ukuran lokal modern. khususnya di Pulau Jawa dan telah dipakai sejak zaman Hindia-Belanda..         ubin (nasional) = ru (Jawa Tengah) = tumbak/tombak (Jawa Barat) = 14. bouw) = 500 ubin = 7. rakit (Pantura Jawa) ≈ 1. (sekitar 300-450 mililiter) 1 Sukat = 4 Catu Ukuran Berat: 1 Kati. 20 Tampah Ukuran Volume/Isi: 1 Catu.. Ayo kawan2. Satuan ubin ini banyak digunakan untuk areal pertanian (sawah atau ladang).75 meter X 3.1 Blah. dipakai di perkebunan Sumatera) = 484 (22 × 22) yard persegi = 404. Saya gak tau dari mana ukuran ini berasal (apakah tinggi tombak dahulu adalah 3.. . tumbak) dalam agraria adalah satuan luas lahan yang dipakai di Indonesia. 1 Bata/Tumbak = 14 meter persegi atau kira2 3....685 644 24 meter persegi Ubin (atau ru. bervariasi dari 1...

namun kebanyakan adalah 0. terutama di Jawa.5 meter persegi[2]. Seperempat bahu disebut satu iring dan seperdelapannya adalah satu sidu. satu bahu adalah 500 ubin (Satu ubin/ru/tumbak setara dengan 14. Menurut Cultuurstelsel. Hasil pengukuran ini lalu dikonversi menjadi hasil per hektare.70 hingga 0. Dalam ukuran yang disepakati secara nasional. kata bahasa Belanda. seperti padi atau kedelai. Hasil panen untuk petak ini diukur terlebih dahulu sebelum dicampur dengan hasil panen yang lain. Bahu atau bau (dari bouw.75) meter persegi. Satu bahu adalah 500 ubin. Ukuran satu ubin menyatakan luas sebesar 14. . berarti "garapan") dalam agraria adalah satuan luas lahan yang dipakai di beberapa tempat di Indonesia.0625 (3.0625 meter persegi). 1 bouw adalah 7096.8 ha[1]. Satuan ini terutama dipakai untuk mengestimasi hasil atau produksi hasil tanaman pangan. Ukuran bahu agak bervariasi.74 hektare (70007400 meter persegi) dan ada pula yang menyamakannya dengan 0. Satuan bahu banyak digunakan untuk areal pertanian (sawah atau ladang) dan telah dipakai sejak zaman Hindia-Belanda. Pada suatu lahan diberi batas yang dinamakan "petak ubinan" (berukuran satu ubin).75 × 3.