P. 1
proses kloning

proses kloning

|Views: 76|Likes:
Published by Deika Tri Oktavia

More info:

Published by: Deika Tri Oktavia on Apr 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2012

pdf

text

original

Nama : Deika Trioktavia Nim : 06091009036

PROSES KLONING

ProsesKloning Pengertian kloning yaitu : gen-gen yang direkombinasi dan di kembangkan. Kloning berasal dari kata “clone” yang diturunkan dari bahasa Yunani “klon” yang artinya potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini digunakan dalam dua pengertian (1) klon sel adalah sekelompok sel yang identik sifat-sifat genetiknya, semua berasal dari satu sel. (2) klon gen atau molekuler adalah sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasi dari satu gen yang dimasukan dalam sel inang Proses kloning manusia dapat digambarkan seperti ditunjukkan dan dijelaskan secara sederhana sebagai berikut : · Mempersiapkan sel stem : suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. Sel ini diambil dari manusia yang hendak dikloning. · Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipisahkan dari sel.

Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio. · Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur · Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan.· Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari sukarelawan perempuan kemudian intinya dipisahkan. Dari pengertian kloning dan prosesnya di atas yang menghasilkan individu baru dan mempunyai sifat genetik yang “identik” (sama). Manfaat Kloning - Dapat menghasilkan keturunan yang diinginkan atau memiliki sifat unggul .com/2010/02/proses-kloning.Dapat memberi kesempatan pada pasangan suami istri yang steril untuk mempunyai keturunan http://proseskloningmanusia.html . · Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.blogspot. · Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor. Sifat “identik” inilah yang akan coba dibahas dalam koridor ruang – waktu proses kloning.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->