UJIAN TENGAH SEMESTER SMP NEGERI 13 MALANG TAHUN AJARAN 2011 / 2012 PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG

PALING BENAR! 1. Di bawah ini yang merupakan contoh gaya sentuh adalah …. a. Gaya otot c. gaya magnet b. Gaya grafitasi d. gaya listrik 2. Gaya yang bekerja pada sebuah benda menyebabkan perubahan-perubahan berikut, kecuali …. a. Perubahan kecepatan c. Perubahan arah gerak b. Perubahan massa d. Perubahan bentuk 3. Resultan ketiga gaya pada gambar di bawah ini adalah … 10 N 15 N 20 N a. 15 N ke kanan c. 15 N ke kiri b. 45 N ke kanan d. 45 N ke kiri gaya gesekan antara dua permukaan benda pada saat keduanya belum bergerak disebut… a. gaya gesek kinetis c. gaya gravitasi b. gaya gesek statis d. gaya berat Gaya gesekan yang terjadi pada peristiwa berikut adalah merugikan, kecuali .... a. gaya gesekan antara mesin mobil dan kopling b. gaya gesekan antara ban mobil dan jalan c. gaya gesekan antara angin dengan mobil d. gaya gesekan antara kaki dan permukaan jalan Hubungan antara berat (W), massa (m), dan percepatan gravitasi (g) adalah ….. a. g = W . m c. g = b. g = 7. d. W =

4.

5.

6.

8.

9.

Sifat inersia/lembam benda dapat diartikan sebagai ..... a. Benda selalu ingin berubah keadaannya b. Benda cenderung akan bergerak. c. Jika benda jatuh , arahnya selalu menuju pusat bumi. d. Benda cenderung mempertahankan keadaannya yang diam atau bergerak. Contoh keseharian yang menunjukkan berlakunya Hukum II Newton adalah..... a. Ketika sikutmu menekan permukaan meja dengan kuat, sikutmu akan terasa sakit. b. Ketika sopir bis mengerem mendadak penumpang yang berdiri terdorong kedepan. c. Ketika resultan gaya pada pesawat sama dengan nol ,penumpang merasa nyaman karena seolah-olah pesawat tidak bergerak. d. Diperlukan gaya yang lebih besar untuk mendorong truk dari pada sedan. Manakah pernyataan berikut ini yang benar ! a. Besar gaya yang bekerja pada hukum III Newton adalah sama dan arahnya sama.

. a. dua gaya besaanya beda dan searah c. 5 Newton c. Kimia c. Energi tidak dapat diciptakan b.. Hal ini disebabkan oleh … a. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2. Arah gerak b. SELAMAT MENGERJAKAN. a.75 m/s² c. 500 J c.. Jika bis kota direm secara mendadak . Ini adalah contoh berlakunya hukum.3 m/s² d. 5000 J 17.. 20J d. Kecepatan c.. maka energi potensial kelapa sebelum dijatuhkan adalah. Posisi d. III Newton c. benda tersebut akan memperoleh percepatan sebesar. Berapa energi kinetik motor tersebut? a. Energy gerak menjadi energy listrik b... c. Energi tidak dapat dimusnahkan c. IV Newton b. Badan Ani ditahan oleh kursi c. Ketika sebuah balon yang sudah ditiup diberi gaya dari atas ke bawah.Besar gaya yang bekerja pada hukum III Newton adalah beda dan arahnya berlawanan... Energi hanya dapat berubah bentuk 14... Aki merupakan salah satu bentuk energi. 5 J c.. 0. Bentuk 19. Perubahan energi yang terjadi pada kipas angin adalah. Motor bermassa 50 Kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. dua gaya besarnya sama dan berlawanan arah b. 500 Newton 18. 50 J 13. a. 0. Sebuah benda dikatakan seimbang atau diam jika… a. dua gaya besarnya beda dan berlawanan d. a. Jika sebuah gaya sebesar 15 N bekerja pada benda bermassa 5 kg. Tiba-tiba bus yang ditumpanginya direm mendadak. Sebuah kelapa bermassa 1 Kg jatuh pada ketinggian 5 m. Listik b. Energy listrik menjadi gerak d. 0.. 250 J b. bila percepatan gravitasi 10 m/s2. Energy kimia menjadi listrik c. Energi listrik menjadi energi panas 12.. I Newton 15. Badan Ani ingin berhenti 20. II Newton d. sehingga badan Ani terhuyung ke depan.. 2 J b. Kinetik 11. Sebuah benda mempunyai massa 50 kg.2 Newton b. Badan Ani terdorong oleh kursi b.. 3 m/s² b. Hukum III Newton disebut juga hukum aksi-reaksi d.!!!!!! .. maka penumpang yang berdiri karena tidak mendapat tempat duduk akan terhempas kedepan. Ani tertidur di dalam bus pariwisata.. 75 m/s2 16.. Manakah pernyataan berikut ini yang salah? a. Hukum III Newton bekerja pada sebuah benda 10. maka berat benda adalah … a. Energi bersifat tidak kekal d. 50 Newton d. a.. Badan Ani tak ingin berhenti d. 2500 J d. dua gaya sama besar dan searah b.maka balon akan mengalami perubahan… a. Potensial d.