BOM BUNUH DIRI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Di susun Oleh : Nanang Chairudin Siwi Wenida Moch Rifky Rahman Nur Rahim Rino Setyo Permadi

18096641 18096650 18096654 12099964

Jurusan Manajemen Informatika BINA SARANA INFORMATIKA Yogyakarta 2011

. Al qaeda-lah di balik serangan tersebut dengan membajak pesawat terbang komersial Amerika serikat dan menabrakkan ke gedung menara kembar WTC sehingga ribuan nyawa hilang seketika. Para pelaku bom bunuh diri mengatasnamakan jihad sebagai dalil pembenaran atas tindakannya ini. Sudah banyak contoh kasus bom bunuh diri baik di Indonesia maupun di mancanegara.PENDAHULUAN Bom bunuh diri adalah suatu perbuatan atau tindakan. Dan tentunya tak sedikit akibat atau dampoak yang ditimbulkan dari tindakan para pelaku bom bunuh diri ini. baik kerugian berupa harta maupun nyawa. baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok yang bertujuan membunuh orang lain dengan cara meledakkan bom di mana sang pelaku ikut menjadi korbannya. Tragedi WTC yang terjadi pada tanggal 11 september 2011 merupakan salah satu contoh kasus bom bunuh diri dengan jumlah korban nyawa yang besar. padahal Islam sangat tegas menyatakan bahwa jihad bukanlah seperti yang mereka artikan.

bagaimana perbuatan ini dapat di namakan sebagai jihad jika hal tersebut dilakukan di tengah-tengah aktifitas ibadah umat islam sendiri.Hal ini tentunya sudah sangat jelas bahwa pemahaman jihad yang mereka anggap benar dengan berdalih bahwa amerika adalah Negara kafir dan harus di perangi adalah kesalahan yang besar karena di gedung tersebut juga terdapat warga muslim yang sedang bekerja melaksanakan tugasnya. dkk. Begitu juga dengan contoh kasus yang terjadi di Indonesia beberapa tahun yang lalu yang dilakukan oleh kelompok Amrozi. islam sangat melarang perbuatan bunuh diri dan membuat kerusakan di muka bumi. . Apalagi beberapa minggu kemarin ada sebuah kasus di Cirebon yang mana sang pelaku menjalankan aksinya tatkala sedang sholat jumat. Perbuatan yang mengatasnamakan jihad ini begitu mengkhawatirkan kita semua. tepatnya saat imam masjid tersebut mulai mengangkat takbir pertama dalam sholat jumatnya. Apapun dalil dan tujuan mereka baik itu di tujukan kepada kaum kafir sekalipun. hal ini tentunya sungguh tak lagi rasional.

dan kalian sekali – kali tidak dapat memberikan kejelekan pada mereka. Jika engkau tidak berangkat (untuk berjihad) maka Dia (Allah) akan mengadzabmu dengan adzab yang besar.PEMBAHASAN Pengertian Jihad Dari segi bahasa jihad berarti bersungguh-sungguh mencurahkan tenaga untuk mencapai satu tujuan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” (At Taubah: 36) .dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa. Allah SWT berfirman “…. menda’wahkannya serta menegakkannya. dan menggantikan dengan kelompok selain kalian. Dari segi istilah. jihad berarti bersungguh-sungguh memperjuangkan hukum Allah.

” .” Imam Muslim dalam Shahih nya pernah meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. sedang perhitungan mereka di tangan Allah. kecuali dengan haknya. maka darah dan harta benda mereka terpelihara dari saya. Apabila mereka telah bersaksi demikian. dari Abu Hurairah ra katanya Nabi SAW bersabda: “Saya diperintah untuk memerangi orang-orang hingga mereka bersaksi (dengan sepenuh hati) bahwa tiada Rabb (yang patut diibadahi) melainkan Allah dan bahwasanya saya adalah Rasul-Nya.Dalam riwayat Bukhari dan Muslim. katanya:“Rasulullah SAW bersabda: “Aku diperintah memerangi orang-orang hingga mereka mengucap “Laailaaha illallah” dan beriman (dengan sepenuh hatinya) kepada-ku serta kepada apa saja yang aku bawa.

”jihad adalah ungkapan tentang pengerahan seluruh kemampuan” sedangkan menurut pengertian syariat. lisan ataupun yang lain. baik dengan jiwa. Madzhab Maliki. Madzhab Hanbali. mendefinisikan jihad dengan “berperang di jalan Allah”. harta. Demikian yang dikatakan oleh Ibn ‘Arafah. AlSiraazi juga menegaskan dalam kitab al-Muhadzdzab. atau dia memasuki wilayahnya (yaitu. dalam rangka menjunjung tinggi kalimat Allah Swt. atau kehadirannya di sana (yaitu berperang). Madzhab as Syaafi’I. sebagaimana yang dinyatakan dalam kitab alIqnaa’. menjaga perbatasan dan celah-celah wilayah Islam . atau berperang melawan kaum Kafir. sesungguhnya jihad itu adalah perang. jihad bermakna pengerahan seluruh kemampuan dan tenaga dalam berperang di jalan Allah. ataupun dalam bentuk sikap berjaga-jaga kaum Mukmin terhadap musuh. baik fardlu kifayah maupun fardlu ain. tanah kaum Kafir) untuk berperang. jihad tidak memiliki makna lain selain yang berhubungan dengan peperangan.Pengertian Jihad dari beberapa mahdzab sebagai berikut : Madzhab Hanafi . adalah perangnya seorang Muslim melawan orang Kafir yang tidak mempunyai perjanjian.

 Bom Bali I tanggal 12 oktpber 2002. 202 tewas dan 300 luka luka. tanggal 9 september 2004.  Bom Buku di Utan kayu. 55 tewas dan ratusan luka luka.Contoh-contoh kasus Bom bunuh diri Beberapa contoh kasus bom bunuh diri di Indonesia diantaranya.  Bom Bali II.5 tewas.  Bom JW. dengan korban 1 tewas dan 29 luka luka. 152 luka luka. Jakarta melukai kasat reskrim polres jaktim.  Bom tentena. 10 tewas dan 90 luka luka  Bom gereja HKBP . . Marriot-Ritz-Carlton.  Bom kedubes Filipina tanggal 1 agustus 2000 dengan korban tewas 2 orang dan 21 luka luka.  Bom Kedubes Australia.  Bom JW.  Bom di BEJ tanggal 13 september 2000 . 22 tewas. 22 tewas dan 102 luka luka. tanggal 1 oktober 2005. tanggal 15 April 2011 . Jakarta timur tanggal 22 juli 2001 . tanggal 17 juli 2009. Marriot tanggal 5 Agustus 2003 11 tewas. sulteng tanggal 28 mei 2005.  Bom di masjid Mapoleresta Cirebon..

Muslim). Al-Baqarah ayat 190 :Janganlah kamu melampui batas. Firman Allah QS. An.” Dalam hadist qudsi Allah juga berfirman “wahai hamba-hambaku sesungguhnya Aku(Allah) mengaharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku mengharamkan atas kalian.maka janganlah kalian saling menzalimi”(HR. kemungkaran dan permusuhan”. dan Allah melarang dari perbuatan keji. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampui batas. • Dalam ajaran Islam Tindak permusuhan dan kezaliman hukumnya haram.Dalil-dalil yang berkaitan dengan Bom bunuh diri • Islam memerintahkan berbuat adil dan kasih sayang serta melarang berbuat kemungkaran dan permusuhan sesuai Firman Allah QS. member kepada kaum kerabat.Nahl ayat 90 “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan. .

dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak dan Allah tidak menyukai kebinasaan. Dan barang siapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya. Firman Allah QS. Dalam islam bunuh diri hukumnya haram. Islam mengaharamkan perbuatan yang sendiri dan membahayakan diri sendiri dan orang lain. ahmad.” Sementara jelas pengeboman termasuk bentuk perusakan di muka bumi.al-Baqarah ayat 205 “dan apabila ia berpaling dari kamu. sesuai firman Allah QS. yang demikian itu adalah mudah bagi Allah” • • . maka kamin kelak akan memasukkannya kedalam neraka. ia berjalan di muka bumi untuk mengadakan kerusakan padanya.anNissa ayat 29-30 “dan janganlah kamu membunuh dirimu. sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu. Abu Dawud dan Ibnu majah). sabda Nabi “barang siapa membahayakan diri sendiri maupun orang lain maka Allah akan membahayakan dirinya dan barang siapa yang memberatkan oranglain maka Allah akan memberatkannya”(HR.• Dalam ajaran islam membuat kerusakan di muka bumi hukumnya haram.

.• Dalam Islam membunuh jiwa seorang muslim kecuali dengan alasan yang benar. Firman Allah QS. kecuali dengan suatu alasan yang benar” • Islam melarang tindakan intimidasi atau menakut nakuti kaum mukminin.al-isra’ ayat 33 “dan janganlah kamu membunuh jiwa yang di haramkan Allah . Sabda Nabi “Tidaklah halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lainnya”.

Jangan mudah terpengaruh dengan bujuk rayu atau iming-iming.Kiat-kiat mengatasi dan mencegah Aksi Bom bunuh diri • Mengembalikan umat islam pada pemahaman ajaran islam yang benar tentang makna jihad • • Meningkatkan Iman dan taqwa kita. selalu berpedoman kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist agar hidup selalu terarah. . Berhati-hati dalam memilih teman atau lingkungan.

atau dapat juga di artikan berperang di jalan Allah.KESIMPULAN • • • Jihad adalah bersungguh-sungguh memperjuangkan hukum Allah. Ulama dan pemerintah Indonesia menegaskan bahwa bom bunuh diri merupakan tindakan kriminalitas. dan pelakunya akan di hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku. Bom bunuh diri bukanlah bagian dari jihad sebagaimana yang di anggap oleh para pelaku bom bunuh diri. .

. sesuai ajaran islam.Saran  Kepada teman-teman dan juga bagi penulis sendiri.  Kepada Ulama-ulama hendaknya lebih gencar lagi dalam mengajarkan pemahaman tentang jihad yang benar.  Kepada pemerintah hendaknya lebih menerapkan hukuman yang lebih berat bagi pelaku maupun penggerak aksi aksi bom bunuh diri ini. hendaknya kita jangan sampai salah mengartikan kata jihad sehingga kita dapat terjerumus dalam aksi bom bunuh diri ini.

SELESAI TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA .