Kelompok 1 Kelas 3-E Pajak

Bayhaqi Nasution (9) Dimas Tunjung Widi Hananto (12) Netadea Aprina (24) Ramonang Situmorang (28) Riyan Prastiyo (33) Yesaya Reforma (36)

Permintaan akan jasa audit dan jasa assurance lainnya

Definisi auditing

Perbedaan auditing dan akuntansi

Aspek ekonomi dalam permintaan auditing

Jasa assurance

Jasa nonassurance dari KAP

Jenis-jenis audit oleh KAP

Jenis-jenis auditor

Pengumpulan dan evaluasi bukti Kesesuaian antara informasi dan kriteria yang ditetapkan Dilakukan oleh orang yang kompeten (ahli) dan independen (tidak dapat dipengaruhi) Laporan audit .

bukti audit. Akuntan mengembangkan sistem Adalah pencatatan. .Auditing Akuntansi Auditor harus memahami dan Adalah pengumpulan data prinsipprinsip akuntansi. Untuk menentukan memahami apakah informasi kesesuaian antara informasi dan tercatat sesuai dengan dilakukan kriteria yang ditentukan. keuangan untuk pengambilan keputusan. untuk informasi. tepat terhadap berkompeten dan oleh orangperistiwa ekonomi serta ahli dalam dan diakhiri dengan independen mengumpulkan dan mengintepretasikan laporan keuangan. klasifikasi dan untuk memastikan peristiwapengikhtisaran atas peristiwaperistiwa ekonomi dicatat secara peristiwa ekonomi secara logis tepat waktu dengan biaya yang untuk menyediakan informasi benar.

Pertimbangan Kreditur •Bunga bebas resiko •Resiko bisnis •Resiko informasi •Jauhnya informasi •Bias dan motif penyedia •Data yang sangat banyak •Transaksi pertukaran yang kompleks •Verifikasi informasi •Membagi resiko dengan manajemen •Laporan keuangan yang di audit sudah tersedia Penyebab Resiko Informasi Cara Mengurangi resiko informasi .

Audit atas laporan keuangan historis Atestasi pengendalian internal atas laporan keuangan Jasa Atestasi Review laporan keuangan historis Jasa atestasi tentang teknologi informasi (secara on-line) Jasa atestasi lain yang dapat diterapkan dalam berbagai masalah .

Akuntansi dan pembukuan Pajak Konsultasi manajemen .

Operasional Ketaatan Laporan keuangan .

Kantor Akuntan Publik Auditor Badan Akuntabilitas Pemerintah Agen Penerimaan Negara Financial Statements Auditor Internal .

PROFESI CPA KAP SarbanesOxley Act & Public Company Oversight Board AICPA Pengen dalian Kualitas Standar Professional Akuntan Public Standar International Audit SEC Peer Review .

Kantor Internasional Empat Besar Penggolongan Kantor Nasional Kantor Regional & Kantor Lokal yang Besar Kantor Lokal Kecil Kegiatan Jasa Konsultasi Manajemen Jasa Perpajakan Jasa Akuntansi dan Pembukuan .

Kebutuhan akan independensi dari klien Faktor Pengaruhi Struktur Pentingnya struktur untuk memicu kompetensi Meningkatnya risiko tuntutan hukum yang dihadapi auditor Proprietorship Korporasi Profesional General Partnership Struktur Limited Liability Company Limited Liability Partnership Korporasi Umum .

Sarbanes-Oxley Act Ditunjuk & Diawasi Membentuk Security and Exchange Comission Public Company Oversight Board mengawasi auditor perusahaan publik atau terbuka menetapkan standar auditing dan pengendalian mutu untuk mengaudit perusahaan terbuka melakukan pemeriksaan atas pengendalian mutu di kantor-kantor yang melakukan audit sendiri .

Fungsi Utama: Memiliki wewenang untuk menyusun standar (panduan) dan aturan-aturan yang wajib dipatuhi oleh semua anggota dan akuntan publik Standar-standar auditing Standar konsultasi Standar kompilasi dan standar review Standar atestasi lainnya Kode etik profesional .AICPA menentukan serangkaian persyaratan profesional bagi akuntan publik. melakukan penelitian dan menenrbitkan artikel tentang berbagai subjek yang berhubungan dengan akuntansi. auditing. jasa atestasi dan assurance. jasa konsultasi manajemen serta perpajakan.

dan objektivitas Manajemen SDM Prosedur 5 Elemen Utama Penerimaan serta kelanggengan klien dan penugasannya Kinerja atas penugasan Pemantauan . integritas.Skala Perusahaan Akuntan Publik Jumlah Kantor Cabang Akuntan Publik Karakterisitik Jasa Yang Disediakan Independensi.

Independensi dalam sikap mental Kemahiran profesional yang cermat dan seksama . •Perencanaan dan supervisi yang pantas . . •Bahan bukti kompeten yang cukup •Apakah laporan keuangan disusun berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum.Standar Umum Standar Pekerjaan Lapangan Standar Pelaporan Keahlian dan pelatihan teknis yang cukup . •Pernyataan pendapat terhadap laporan keuangan secara keseluruhan . •Keadaan dimana standar akuntansi tidak diikuti secara konsisten •Kecukupan pengungkapan informasi . •Pemahaman yang cukup tentang struktur pengendalian intern.

Penetapan standar secara internasional itu diwujudkan pada ISA (internasional standart Auditing) yang diterbitkan oleh Internasional Auditing Practice Commite of the international federation of acountant (IFAC).Karena globalisasi bisnis dan pasar modal upaya penyeragaman standar akuntansi dan audit di seluruh dunia semakin diperlukan. Akan tetapi bisa tidak bisa melangkahi peraturan negara yang berpengaruh kepada audit informasi keuangan. karena tiap negara memiliki kententuan audit yang berbeda-beda .

SEC membantu parta investor dengan memastikan tersedianya informasi yang andal dari para perusahaan publik.SEC adalah suatu lembaga pemerintah federal yang memantau tindakantindakan yang terjadi dipasar modal agar sesuai dengan ketentuan yang terlah ditetapkan. . dalam kaitannya dengan usaha para investor tersebut membuat keputusasn-keputusan investasi.

AICPA Mendirikan Divisi Kantor Akuntan Publik SEC practice section Private companies practice section Tujuan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan KAP agar konsisten dengan standar pengedalian kuyalitas dari AICPA .

Ketaaan pada standar pengendalian kualitas Mandatori peer review Kesinambungan pendidikan Rotasi patner Syarat Patner review (persetujuan daru rekanan) Larangan atas beberapa jasa tertentu Pelaporan atas ketidaksetujuan Pelaporan atas pelaksanaan jasajasa konsultasi manajemen .

Definisi Review yang dilakukan oleh auditor terhadap kepatuhan suatu kantorAKP pada sisitem pengendalian kualitasnya Tujuan untuk menentukan serta melaporkan apakah KAP tersebut telah menyusun kebijakan dan prosedur yang memadai bagi kelima elemen pengendalian kualita serta mempraktikkannya Konsekuensi Jika belum melakukan peer review. maka seluruh anggota perusahaan tersebut akan kehilangan keanggotaan AICPA mereka .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful