Perkembangan islam pada masa bani umayyah

a.Peta Daerah Perkembangan Islam Dengan meninggalnya Khalifah Ali bin Abi Thalib (Khulafaur Rasyidin ke 4), maka bentuk pemerintahan Islam yang dirintis Nabi Muhammad Saw berubah dari sistem demokrasi menjadi monarki (kerajaan) yaitu Dinasti Bani Umayyah.
Dinasti Bani Umayyah didirikan oleh Muawiyah bin Abi Sufyan bin Harb bin Umayyah. Kekhalifahan Muawiyah diperoleh melalui kekerasan, diplomasi dan tipu daya. Kekuasaan Bani Umayyah berumur kurang lebih 90thn. Ibu kota dipindahkan Muawiyah dari Madinah ke Damaskus, tempat ia berkuasa sebagai gubenur sebelumnya. Ekspansi yang terhenti pada masa Khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib dianjutkan kembali oleh dinasti Umayyah.

Tunisia dapat ditaklukkan. Turkmenia. Disebelah Timur. Cordova. pasukan Islam berusaha menaklukkan Perancis. Tentaranya dapat menguasai Balukhistan. dan Jazirah Arab. Dengan keberhasilan ekspansi kebeberapa daerah baik wilayah Timur maupun Barat. Afrika Utara. Rhodes. Maroko. Corsica. Pasukan Islam memperoleh kemenangan dengan mudah karena mendapat dukungan dari rakyat setempat yang sejak lama menderita akibat kekejaman penguasa. Palestina. Elvira dan Toledo yang dijadikan ibukota Spanyol yang baru setelah jatuhnya Cordova. Kirgis dan Asia Tengah. Selanjutnya sebagian Asia kecil. Sind dan daerah Punjab sampai ke Maltan. Creta. Wilayah yang dapat dikuasai yaitu Aljazair. Muawiyah dapat menaklukkan Balkan. . Ekspansi kewilayah Barat ditaklukkan di zaman Walid bin Abdul Malik. wilayah kekuasaan Islam pada masa Bani Umayyah ini meliputi Spanyol. Pulau-pulau yang terdapat dilaut tengah dapat jatuh ketangan pemerintah Bani Umayyah seperti pulau Mayorca.Dizaman Muawiyah. Syiria. Afghanistan. Selain Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair pahlawan yang berjasa menaklukkan Spanyol adalah Tharif bin Malik atau sebut sebagai pahlawan perintis membuka jalan ke Spanyol. Persia. Uzbek. Sevilla. Ferghana dan Samarkand yang ekspansi tersebut dilanjutkan oleh Khalifah Abdul Malik. Sardinia. Di zaman Umar bin Abdul Aziz. Cyprus dan sebagian Sicilia.

mencetak mata uang. penertiban angkatan bersenjata. sehingga syair yang muncul senantiasa menonjolkan sastranya serta isinya yang sangat bermutu.b. yaitu seni baca Al-Qur”an. yaitu dengan didirikan dinas pos. mendirikan masjid-masjid dan mendirikan pabrik-pabrik 2) Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Seni sastra berkembang dengan pesatnya. Qasidah dan seni musik lainnya. Sementara perkembangan seni ukir ayang paling menonjol adalah penggunaan khat Arab sebagai motif ukiran atau pahat. 3) Dalam Bidang Teknologi • Penemuan Pembuatan Kertas • Adanya kompas • Mesiu untuk senjata . sehingga mampu menerobos kedalam jiwa manusia dan berkedudukan tinggi di dalam masyarakat. membangun jalan-jalan. dikenal dengan istilah kaligrafi dan terdapat di dinding masjid dan tembok-tembok istana Sedangkan seni bangunan banyak berkembang di kota-kota besar seperti gedung yang tinggi atau masjid-masjid. Dalam seni suara. menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Bani Umayyah juga banyak berjasa dalam pembangunan di berbagai bidang. diangkatnya Qadhi. mendirikan panti-panti untuk orang jompo. Kemajuan Yang Dicapai 1) Dalam Bidang Administrasi Pemerintahan dan Sarana Prasarana Disamping ekspansi kekuasaan Islam.

latar belakang berdirinya Bani Umayyah yan diperoleh secara licik dan munculnya kekuatan baru yang dipimpin oleh keturunan Abas bin abdul Muthalib. . adanya pertentangan etnis antara suku Arab yang ada di Utara dan Selatan juga antara orang Arab dan non Arab. Faktor-faktor Penyebab Kemunduran Bani Umayyah Faktor-faktor kemunduran Bani Umayyah adalah adanya sistim pergantian khalifah berdasarkan keturunan. kehidupan serba mewah.c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful