LAPORAN PENENTUAN ASAM BASA

Disusun Oleh : Mahasiswa Agribisnis semester pertama

SEKOLAH TINGGI PERTANIAN LABUHA HALMAHERA SELATAN 2012

KATA PENGANTAR
Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah S.W.T. Tuhan yang maha esa kerena berkat rahmat,taufik,hidayah dan inayahNya sehingga penulis dapat menyelsaikan laporan praktikum dengan judul “Penentuan Asam Basa” dengan baik dan benar. Penulis Mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah mencurahkan segala perhatian dan bantuannya demi penyempurnaan laporan ini. Penulis menyadari didalam penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun. Mudah bermanfaat untuk kita semua. mudahan laporan ini dapat

Labuha, 02 – februari – 2012

Penulis

DAFTAR ISI Halaman Depan Kata pengantar Daftar isi BAB I PENDAHULUAN I.2 Rumusan Masalah I.3.3 Prosedur Kerja i ii iii 1 2 2 2 2 2 3 4 7 .1 Maksud praktikum I.2 Uraian Bahan II.3.3 Maksud dan tujuan praktikum I.1 Latar belakang I.4 Prinsip Praktikum BAB II TINJAUAN PUSTAKA II.1 Teori umum II.1 Tujuan Praktikum I.

1 Kesimpulan VI.2 Cara kerja BAB IV HASIL PRAKTIKUM IV.1 Alat dan Bahan III.2 Saran Daftar Pustaka Lampiran 14 14 15 10 8 9 . Tabel hasil praktikum BAB V PEMBAHASAN BAB VI PENUTUP VI.BAB III METODE KERJA III.

membuktikan berbagai konsep dan melakukan penelitian sederhana. Dalam sifat asam dan basa.latrutan yang bersifat asam dan larutan yang bersifat basa. Namun untuk menunjukan keasaman dan kebasaan suatu larutan tidak boleh dengan cara mencicipinya karena banyak diantaranya yang dapat merusak kulit dan besifat racun.larutan dikelompokan kedalam tiga golongan.kita akan mengukur tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan metode indikator universal dan kertas lakmus serta membedakan/ mengelompokan larutan .yaitu dengan menggunakan indikator universal dan kertas lakmus. laboratorium akan membantu memahami konsep – konsep kimia.1 latar belakang Ilmu kimia adalah ilmu yang berlandaskan eksperimen oleh karna itu tidak mungkin belajar kimia tampa laboratorium.BAB I PENDAHULUAN I. . Pada praktikum kali ini.ada cara tersendiri untuk mengukur kesaman dan kebasaan larutan.yaitu bersifat asam basa dan netral.

2 Rumusan Masalah    Bagaimana cara menentukan asam dan basa dengan metode lakmus Bagaimana cara menentukan asam dana basa dengan metode indikator PH Mengapa metode lakmus dipilih pada pengujian ini I.3.1 Maksud praktikum Praktikum ini dimaksudkan agar kita dapat mngetahui dan bisa mwenentukan larutan /zat yang bersifat asam dan basa dengan menggunakan metode lakmus dan indikator PH I.3.4 prinsip praktikum Penentuan asam basa berdasarkan perubahan warna pada lakumus.I.serta metode indikator ph dengan parameter penglihatan pada angka dengan warna spefisik yang ditunjukan oleh indikator PH tersebut.jika pada lakmus merah berubah biru maka ia bersifat basa dan jika pada lakmus biru berubah menjadi merah.maka ia bersifat asam. .3 Maksud dan Tujuan Praktikum I.2 tujuan praktikum o Mengetahui cara penentuan asam basa o Melakukan penentuan asam basa dengan metode lakmus dan indikator PH I.

( Esvandiari.sedangkan basa adalah senyawa yang terlarut dalam air yang menghasilkan ion (OH). ( www.chemistry.BAB II TINJAUAN PUSTAKA II.org ) Larutan yang bersifat asam akan terasa kecut apabila dikecap. ( www chemistry org) .memiliki PH diatas 7 dan dapat mengubah lakmus menjadi biru.sedangkan larutan yang bersifat basa apabila zat tersebutbersifat licin di kulit.ada dua macam kertas lakmus yang biasa digunakan untuk mengenalin senyawa asam atau basa yaitu kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Dalam penentuan asam basa jugan dikenal dengan metode indikator universal yaitu indikator tunggal seperti kertas lakmus yang hanya memberi gambaran tentang sifat larutan dan mempunyai trayek perubahan warna yang berbeda.memiliki PH kurang dari 7 dan dapat mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.1 Teori Umum Asam berasal dari bahasa latin yaitu denfan Achidum yang artinya asam masam menrut arrhenius adalah senyawa yang menghasilkan hidrogen ketika larut dalam pelarut cair kekuatan asam ditentukan oleh banyak sedikitnya ion hidrogen (H+) yang dihasilkan.terasa pahit.2006 ) Menentukan PH dengan menggunakan kertas lakmus.

Kelarutan : mudah larut dalam air.2 Uraian Bahan a. Aquadest Nama resmi Nama umum Rumus kimia Kelarutan Penggunaan Kegunaan Penyimpanan b.II.sangat mudah larut dalam air mendidih dan dalam etanol : Aqua destilasta : Air suling : H2O : Dapat larut dalam etanol dan gliserol : Pelarut umum : ebagai pelarut : dalam wadah tertutup . Larutan gula Nama resmi Nama umum Rumus Pemebrian : Dextrosaa : Glukoesa : C6 H12 O6 : berupa serbuk.granul putih tidak berbau dan rasa manis.

Larutan sabun Nama resmi Nama umum Rumus kimia Kelarutan Kegunaan Penyimapanan :kalii hydroxidum :kalum hidroksida : KOH : larut dalam air dan etanol : sebagai indikator : dalam wadah yang tertutp .Penyimpanan Kegunaan : dalam wadah tertutup baik : sebagai penginduksi c. Lariutan cuka Nama resmi Nama umum Rumus kimia Pemberian : achidum Aceticum : asam : CH 3 COOH : cairan jernih. rasa asam tajam Kelarutan Kegunaan Penyimpanan : dapat larut dengan etanol dan gliserol : sebagian bahan reagen bleberma buchard : dalam wadah tertutup rapat d. bau menusuk.tidak berwarna.

Larutan Garam Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : Natrium Chloridum : Garam Dapur : NaCl : Dapat melarut kecuali minyak : Sebagai bahan homogen : Disimpan ditempat yang sejuk dan kering .e. Air Hujan Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : Air Hujan : Air Hujan : H2O : Dapat melarut kecuali minyak : Sebagai bahan homogen : Terhindar dari sinar matahari g. Larutan Lemon Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : : Air Jeruk : H2O CHO : Dapat Melarut : Sebagai bahan homogen : Disimpan pada tempat kering f.

gula.h. Larutan Kapur Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : : Kapurit : : : Bahan pelapis dinding : Disimpan ditempat kering i. konsentrat :Disimpan ditempat yang sejuk dan kering : Kode produksi dilihat didasar kaleng j. Larutan Coca-cola Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penyimpanan Informasi umum : Coca-cola : Minuman berkarbonasi : : Air berkarbonasi. Larutan Kunyit Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : : Ekstrak Kunyit : H2O : : Sebagai bahan homogen : Disimpan ditempat yang kering .

Larutan Kembang Sepatu Nama Resmi Nama Umum Rumus Kimia Kelarutan Penggunaan Penyimpanan : : Ektrak kembang sepatu : H2O : : Sebagai bahan praktikum : Disimpan ditempat yang sejuk dan kering .k.

II.3 Prosedur Kerja Disiapkan alat dan bahan Dituangkan beberapa larutan pada papan pencampur larutan Dicelupkan kertas lakmus merah pada larutan Dituangkan ekstrak bunga kembang sepatu dan ekstrak kunyit pada papan pencampur Dicampurkan dengan berbagai macam larutan menggunakan pipet tetes Diamati perubahan warna yang terjadi Dibuat laporan praktikum .

Larutanh air gula i.1 Alat dan Bahan III. Larutan aire soda e.2 Bahan yang digunakan a.1 Alat yang digunakan a. Coca cola . Ketas lakmus merah b. Aquadest d. Larutan air kapur g. Larutan air garam c. Tissu III. Cuka kapur h. Larutan air jeruk b.BAB III METODE KERJA III.1. Pipet tetes c.1. Plat tetes d. Larutan air sabun f.

3 cara kerja     Siapkan alat dan bahan Tuangkan berbgai larutan pada papan pencampur larutan Celupkan kertas lakumus merah dan biru pada larutan Tuangkan ekstra bunga kembang sepatu dan ekstra kunyit pada papan pencampur    Camnpurkan dengan berbagai larutan menggunakan pipet tetes Amati perubahan warna yang terjadi Buat laporan praktikum .III.

5 2 Air Garam  _ 7.BAB IV HASIL PRAKTIKUM IV.5 4 Larutan Air soda  BIRU 9 5 Larutan air sabun  BIRU 12 6 Larutan air kapur  BIRU 12 7 Air cuka  _ 7.5 .5 8 Air gula  _ 7.5 3 Aquadest  _ 7.1 TABEL HASIL PENGAMATAN KE-1 NO LARUTAN INDIKATOR PH UNIVERSAL LAKMUS MERAH KET 1 Air Jeruk  _ 7.5 9 Coca-cola  _ 7.

10 Kembang sepatu  _ 7.2 5 Larutan air sabun  BIRU >4.2 TABEL HASIL PENGAMATAN KE-2 NO LARUTAN INDIKATOR LAKMUS MERAH PH UNIVERSAL KET 1 Air Jeruk  _ 2.2 6 Larutan air kapur  BIRU <4.2 3 Aquadest  _ >4.5 2 Air Garam  Biru <4.2 4 Larutan Air soda  >4.5 IV.5 11 Ekstrak kunyit  _ 7.2 .

0 2 Air Garam  - 5.9 9 Coca-cola  BIRU <3.2 IV.0 3 4 Aquadest   _ BIRU 4.7 Air cuka  _ 2.4 7.5 11 Ekstrak kunyit  _ 4.0 10 Kembang sepatu  _ <4.0 Larutan Air soda .3 TABEL HASIL PENGAMATAN KE-3 NO LARUTAN INDIKATOR LAKMUS MERAH PH UNIVERSAL KET 1 Air Jeruk  _ 4.5 8 Air gula  _ 3.

0 7 Air cuka  _ 4.5 Larutan air sabun  BIRU 7.0 8 Air gula  _ 4.0 6 Larutan air kapur  BIRU 7.4 9 Coca-cola  - 4.0 10 Kembang sepatu - _ - 11 Ekstrak kunyit - _ - .

BAB V PEMBAHASAN Ada beberapa metode dalam menentukan keasaman dan kebasaan suatu laporan.kemudian larutan air sabun.ini berarti ketiga larutan tersebut bersifat basa. Larutan yang bersifat asam akan mengubahn kertas lakmus biru menjadi merah. air garam.air kapur dan air soda dapat mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.larutan air sabun dan larutan air kapur mempunyai nilai PH =12 dan larutan soda mempunyai PH 9.5 dan dari beberapa larutan tersebut ketika dicoba pada metode lakmus tidak mengalami perubahan kertas .air gula.sedangkan larutan air jeruk .kembang sepatu.dan larutan yang bersifat basaakan mengubah lakmus merah menjadi biru. Kertas lakmus ada dua macam.indikator unoversal mempunyai trayek perubahan warna yang berbeda beda sesuai dengan angka angka yang ada.aquadest.coca cola.air cuka. Dari hasilpengamatan yang telah dilakukan.sedangkan metode indikator universal menggunakan dengan mencelupkan indikator universal sampai batas warna kedalam larutan yang akan ditentukan PHnya. tetapi dalam praktikum ini hanya menggunakan metode lakmus dan indikator universal.dan larutan kunyit mempunyai nilai PH yang sama yaitu PH = 7. yaitu lakmus merah dan biru.

larutan sabun.lakmus yang berwarna merah tetap berwarna merah. Ini berarti larutan larutan tersebut bersifat asam. dan kurang lamanya kertas lakmus dan indikator universal ketika dicelupkan dalam larutan.chemistry org. . Ini kemungkinan dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya terbatas waktudalam melakukan praktikum. Menrut sumber www.kurang ketelitian dari praktikum. minuman berkarbonasi dan asam klorida. Pada hal ini terjadi perbedaan antara hasil praktikum yang telah kami lalkukan dengan sumber yang ada. larutan NAOH.sedangkan larutan yang bersifat basa terdiri dari larutan garam.larutan cuka.larutan yang bersifat asam terdiri dari larutan air jeruk.dan natrium hidroksida.

sedangkan larutan yang bersifat basa yaitu larutan garam. dalam menentukan tingkat keasaman dan kebasaan suatun larutan dapat menggunakan metode lakmus dan indikator PH yang masing masing mempunyai cara penentuan tersendiri b. karena dapat mempengaruhi hasil yang dicapai dan dalam pengujian asam basa dengan metode indikator universal .maka ketika menentukan nilai PHnya .1 KESIMPULAN a. Pada metode lakmus.larutan cuka. SARAN Sebaiknya pada praktikum asam basa dengan metode lakmus dan indikator universal yang diujikan secara bersamaan.natrium hidrokdisa.harus penuh dengan ketelitian yang tinggi. coca cola.BAB VI PENUTUP VI. larutan yang bersifat asam terdiri dari larutan jeruk.sedangkan apabila kertas lakmus yang berwarna biru berubah merah menandakan larutan yang bersifat asam c. yang diujikan terkebih dahulu yaitu indikator universal barunkemudian kertas lakmus.larutan gula dan NaOH VI. kertas lakmus merah yang berubah biru menandakan larutan yang berisfat basa.2.

zat zat kimia. Labuha . 2006. alfia. rumus kimia SMA.DAFTAR PUSTAKA      Esvandiari.chemistry. labuha www.scribd . yanti. yualiana.14-02-2012. labuha www.org.org. Asam Basa dan garam. 16.08-02-2012.com.org.11-02-2012. indikator universal. Labuha www. fitria.chemistry.02-2012. Jakarta: puspa swara www. Uraian bahan.chemistry.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful