makalah Motherboard

1. Apa itu Motherboard • Motherboard disebut juga dengan mainboard atau system board. • Matherboard merupakan sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. • Sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni : – system CPU (prosesor), – sirkuit clock/timing, – Ram, – Cache, – ROM BIOS, – I/O port seperti port serial, – port pararel, – slot ekspansi, – port IDE. 2. Tujuan motherboard • Tujuan utama diciptakanya motherboard(papan induk) adalah untuk menyediakan koneksi logik dan elektrik antar komponen dalam sebuah komputer 3. Motherboard pada komputer umum • Pada komputer yang umum kita gunakan, microprosesor, memory, kartu grafik dan komponen lain terpasang pada motherboard secara langsung. Sementara penyimpan external (external storage), kartu grafik dan kartu suara serta perangkat periferal lain terhubung dengan motherboad melalui kabel dan konektkor. 4. Motherboard pada komputer modern Pada komputer modern motherboard atau mainboard merupakan PCB yang sangat kompleks. Motherboard berisi komponen dan interkonektor seperti soket dan slot. Minimal motherboard terdiri atas konektor:

Perkembangan motherboard • Beberapa teknologi terbaru yang dimiliki oleh motherboard keluaran terakhir adalah: – PCI Express. Pada beberapa . dan memory. – SATA 3 GB. dan slot tambahan PCI Express.Soket microprosesor (CPU) • Slot ke memori utama • Chipset yang menjadi perantara antara CPU dengan Front-side Bus yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat Input/Output lain. Komponen Motherboard  SATA PORT Serial ATA (SATA) merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan harddisk dengan PC Anda. 6.  NORTHBRIDGE Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express. • Slot untuk kartu tambahan berupa PCI dan AGP • Konektor Daya untuk menerima suplai energi dari power suply 5. processor. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan. biasanya berupa Flash ROM seperti BIOS • Generator waktu yang mengendalikan waktu sistem dan sinkronisasi berbagai macam komponen. – SLI. Ini merupakan pengembangan terbaru dari Paralel ATA (PATA) yang sebelumnya telah lama kita kenal.  CPU SOCKET Socket ini merupakan tempat untuk meletakkan processor. optical drive. – dan beberapa teknologi lainnya. • Chip Memori Non-Volatile (Tetap). USB ports.  SOUTHBRIDGE Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk. maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.

motherboard akan boot dan menjalankan kode yang berisikan Basic Input Ouput system (BIOS). yaitu PCI Express 16x yang berfungsi untuk menggantikan AGP slot dan PCI Express 1x yang berukuran paling kecil dan nantinya digunakan sebagai pengganti slot PCI yang ada sekarang ini untuk menunjang modem dan beberapa input device lainnya. dan kebetulan pada contoh ini motherboard memiliki dua buah BIOS.  KOMPONEN .motherboard terbaru telah menggunakan CPU socket yang cukup mudah digunakan. Namun. Namun. Anda harus tetap berhati-hati karena ada beberapa kapasitor berada cukup dekat dengan socket yang bukan tidak mungkin akan tersentuh dan akan mengakibatkan kerusakan. sehingga Anda tidak membutuhkan obeng untuk memasang ataupun membukanya. dan dua Broadcom Gigabit LAN controller. Sedangkan untuk PCI Express biasanya terdapat dua jenis. BIOS akan menjalankan beberapa tes untuk mempersiapkan semua hardware yang kemudian menjalankan operating system. Texas Instrument FireWire Controller. yaitu DDR2.  BIOS Ketika Anda kali pertama menghidupkan PC. seperti Silicon Image SATA RAID. Sebelumnya mungkin kita mengenal SDRAM sebagai tipe memory yang digunakan. namun kini setelah keluar DDR ada lagi tipe memory terbaru di atasnya. TAMBAHAN Beberapa produsen motherboard biasanya melengkapi motherboard dengan beberapa chipset opsional. bagian yang paling penting diperhatikan darinya adalah jumlah slot memory tersebut.  EXPANSION SLOTS Beberapa motherboard terbaru kini dilengkapi dengan campuran PCI dan PCI Express expansion slot. BIOS itu sendiri tersimpan dalam Flash RAM dengan kapasitas sekitar 2-4 MB.  MEMORY SLOTS Slot memory mungkin salah satu bagian yang cukup lama tidak mengalami perubahan. Beberapa chipset tersebut dapat digunakan untuk menunjang konektivitas yang membutuhkan transfer rate lebih tinggi.

s a t u n y a l a n g k a h y a n g b i s a d i a m b i l a d a l a h d e n g a n melakukan clear CMOS atau bahkan mencabut baterai CMOS kalau jumper untuk melakukan clear CMOS tidak ada. T e k a n e n t e r .Sist em tida k b eker ja ketiga p rim ary gra phic a dap ter d iganti • Diagnosa Ini biasa terjadi pada motherboard yang memiliki fitur VGAonboard. Sekarang reboot PC Anda. Dan bila Anda ingin mereset password pada BIOS tidak terlalu susah 21 untuk mengkoneksikan bateray CMOS nya. Ke tika setting yang dipasang tidak sesuai dengan kondisi nyata. Setelah booting dapat dilakukan. setting fitur ini pada AGPadd on. ketik :DEBUG Tekan enter. makan Anda akan keluar dari DEBUG prompt dan kembali pada C:\> prompt. Anda bisa mereset BIOS tersebut. gunakan pilihan “Command prompt only” Pada C:\> prompt. • Troubleshooting Pertama keluarlah dari Windows atau me -reboot komputer. t e r a k h i r ketik : Q Tekan enter. dengan sedikit trik pada Dos.1KesimpulanKeputusan untuk mereparasi sangat ditentukan oleh tingkat kerusakan y a n g terjadi pada sebuah motherboard. Sementara.• Troubleshooting Cara satu-satunya adalah masuk ke menu BIOS dan matikanfitur yang satu ini.BIOS yang terkunci Password • DiagnosaPassword BIOS biasanya digunakan user untuk melindungi setting BIOS padakomputer. Anda akan melihat tanda () pada DEBUG prompt. Ketika akan diganti dengan kartu grafis add on. masuk pada menu BIOS dan ubahsetting primary graphic adapter sesuai dengan jenis kartu grafis yang dipasang. k e t i k : 7 1 f f T e k a n e n t e r . 10. 9.Apabila Anda memas ang kartu grafis berbasis AGP. dan password untuk memasuki Setup BIOS pun sudah lenyap BAB IVPENUTUP 4. baik yang berebasis PCIataupun AGP. jalankan komputer pada MS -DOS mode. kemudia ketik: o 70 2e Pada DEBUG prompt a k a n d i t a m p i l k a n s e p e r t i – o 7 0 2 e . sistem tidak akan mampu melakukan booting. • Troubleshooting S a t u . Ini untuk memaksa motherboard kembali pada posisi default. tekan tombol del. langkah penggantian sangat tergantung olehtingkat daya dukung .

Kecermatan pendeteksian kerusakan pada motherboard adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh semua pemilik computer. diagnosaumum (routine). Masalahnya adalah bagaimana seanda inyamotherboard itu masih terhitung baru.wikipedia.www.co.google.teknologi motherboard ataupun kemampuan ekonomi Anda dalammembel anjakan barang-barang komputer.co.id23 Leave a Comment . DAFTARPUSTAKA 1.www.2 SaranKecermatan saat membeli motherboard adalah langkah pertama yang harus di lakukan agar kita tidak menyesal.Dari hasil pemeriksaan ini maka akan diketahui lokasi kerusakan dan jenis k o m p o n e n y a n g r u s a k u n t u k k e m u d i a n d i l a k u k a n p e r b a i k a n t e r h a d a p b a g i a n y a n g mengalamai kerusakan tersebut.Pemeriksaan ini meliputi : POST(Power-On Self-Test).Untuk mencari atau menentukan jenis kerusakan yang ada pada PC diperlukan pemeriksaan terhadap kondisi hardware pada komputer.id2. sementara kita tidak mampu mendeteksi kerusakanatau menentukan jalan keluarnya ? ikuti dulu langkah kedua sebelum memutuskan untuk membeli yang baru. Kebersihan juga adalah factor yang sangat menentukanlama atau tidaknya umur suatu motherboard. dan diagnosa mencari dan memecahkankerusakan.22 4.