kesimpulan bahwa arti psikologi adalah jenis ilmu yang mempelajari segala tentang manusia dan hubungannya dengan

lingkungan sekitar, meliputi sifat, mental, maupun perilakunya. Macam-macam psikologi sendiri sebenarnya cukup banyak. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis psikologi. Psikologi Umum Mempelajari tingkah laku dan kejiwaan manusia pada umumnya. Setiap manusia sebenarnya memiliki psikis dan perilaku yang relatif sama, tentang bagaimana ia beradaptasi, bagaimana ia bersosialisasi, atau bagaimana ia bersikap normal dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang dipelajari dalam psikologi umum. Psikologi Khusus Mempelajari tingkah laku dan kejiwaan manusia dalam keadaan yang lebih khusus dan mendetail. Adanya perbedaan kelamin, perbedaan umur, dan segala perbedaan tiap individu pasti memunculkan suatu perilaku tertentu yang berbeda pula, inilah yang kemudian dikaji dalam psikologi khusus. Psikologi khusus sendiri masih terbagi dalam bermacam-macam psikologi yang lain. Berikut penjelasannya. Psikologi perkembangan Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan suatu individu pada kondisi tertentu. Misalnya tentang psikologi anak, psikologi pendidikan anak, maupun yang mempelajari tentang perkembangan seorang remaja yang dalam masa pubertas. Psikologi kepribadian Ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang, seperti sifat, emosi, maupun perilakunya sehari-hari. Psikologi abnormal Salah satu dari macam-macam psikologi khusus adalah psikologi abnormal yang mempelajari kejiwaan manusia dalam situasi yang abnormal atau tidak biasa. Psikologi abnormal terbagi 3 macam, yaitu:
• •

Kriminal: perilaku manusia yang menyimpang dari kebiasaan dan menyalahi hukum karena terdesak oleh sesuatu hal. Psikopat: seseorang yang juga melakukan tindak kriminal namun dilater belakangi oleh gangguan kejiwaan. Ia tidak melakukannya karena terdesak, namun lebih kepada kebiasaan yang menyenangkan dirinya. Patologi sosial: perilaku seseorang yang menyimpang karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang buruk.

Psikologi kelompok Ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan kejiwaan suatu kelompok sosial secara umum, kelompok gender, maupun kelompok sosial secara etnis.

Ia tidak melakukannya karena terdesak. Adanya perbedaan kelamin. yaitu: • • • Kriminal: perilaku manusia yang menyimpang dari kebiasaan dan menyalahi hukum karena terdesak oleh sesuatu hal. bagaimana ia bersosialisasi. tentang bagaimana ia beradaptasi. kesimpulan bahwa arti psikologi adalah jenis ilmu yang mempelajari segala tentang manusia dan hubungannya dengan lingkungan sekitar. Psikologi abnormal terbagi 3 macam. emosi. Psikologi kepribadian Ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang. Itulah macam-macam psikologi yang patut untuk Anda ketahui sebagai penambah wawasan Anda dalam hal ilmu kejiwaan. namun lebih mempelajari tentang individu dalam bersosialisasi dengan lingkungannya dalam suatu kelompok tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis psikologi. Psikologi abnormal Salah satu dari macam-macam psikologi khusus adalah psikologi abnormal yang mempelajari kejiwaan manusia dalam situasi yang abnormal atau tidak biasa. psikologi pendidikan anak. seperti sifat. atau bagaimana ia bersikap normal dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang dipelajari dalam psikologi umum.Psikologi sosial Hampir mirip dengan psikologi kelompok. Psikologi khusus sendiri masih terbagi dalam bermacam-macam psikologi yang lain. Macam-macam psikologi sendiri sebenarnya cukup banyak. Psikologi Umum Mempelajari tingkah laku dan kejiwaan manusia pada umumnya. Setiap manusia sebenarnya memiliki psikis dan perilaku yang relatif sama. perbedaan umur. Berikut penjelasannya. maupun perilakunya. dan segala perbedaan tiap individu pasti memunculkan suatu perilaku tertentu yang berbeda pula. meliputi sifat. inilah yang kemudian dikaji dalam psikologi khusus. maupun yang mempelajari tentang perkembangan seorang remaja yang dalam masa pubertas. . mental. Patologi sosial: perilaku seseorang yang menyimpang karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang buruk. namun lebih kepada kebiasaan yang menyenangkan dirinya. maupun perilakunya sehari-hari. Psikologi perkembangan Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan suatu individu pada kondisi tertentu. Misalnya tentang psikologi anak. Psikopat: seseorang yang juga melakukan tindak kriminal namun dilater belakangi oleh gangguan kejiwaan. Psikologi Khusus Mempelajari tingkah laku dan kejiwaan manusia dalam keadaan yang lebih khusus dan mendetail.

. maupun kelompok sosial secara etnis. Psikologi sosial Hampir mirip dengan psikologi kelompok. namun lebih mempelajari tentang individu dalam bersosialisasi dengan lingkungannya dalam suatu kelompok tersebut. kelompok gender.Psikologi kelompok Ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan kejiwaan suatu kelompok sosial secara umum. Itulah macam-macam psikologi yang patut untuk Anda ketahui sebagai penambah wawasan Anda dalam hal ilmu kejiwaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful