SEJARAH DAN RUANG LINGKUP MIKROBIOLOGI

Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dalam mikrobiologi, sejarah perkembangan mikrobiologi dan ruang lingkup mikrobiologi

Concept Map

A. Pengertian Dasar Mikrobiologi

Mikrobia
 

mikro : sangat kecil; bio : hidup Mikrobia/mikroba/mikroorganisme/jasad renik :
 

jasad hidup yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat tanpa mikroskop. Ukuran : mikron ( 1 µ = 0,001 mm)

Meliputi : 1. Bakteri 2. Arkhaebakteri 3. Sianobakteri 4. Khamir 5. Protozoa 6. Fungi

Mikrobiologi
ilmu yang mempelajari tentang mikrobia atau jasad renik

berbeda dari sel tumb & hewan Mampu melakukan proses untuk kelangsungan kehidupannya tanpa tergantung pada sel-sel lain Terdapat dimana-mana Berperan sebagai dekomposer di alam .Mikrobia      Jasad uniseluler Unik.

B. Sejarah Mikrobiologi Keingintahuan manusia tentang berbagai kejadian alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari perkembangan mikrobiologi   Mengapa daging mudah mengalami pembusukan? Apa penyebab penyakit suatu tanaman atau hewan? dilakukan berbagai percobaan untuk mengungkapkannya .

seorang penguji rasa anggur dari Belanda.mengembangkan lensa menjadi mikroskop sederhana pengamatan berbagai jasad renik yang hidup dalam setetes air . spora.menemukan bakteri dari mulut manusia . bekerja di pabrik tirai dari linen . sel tumbuhan . jamur.~ organisasi ilmiah Royal Society (Inggris) .mendeskripsikan hewan mikroskopik yang disebut animalcules Robert Hooke : protozoa.Penemuan Mikrobia  Antony van Leeuwenhoek (1632 – 1723) .

menemukan mikroskop .seorang peneliti dari Inggris. anggota Royal Society .membuat deskripsi tentang jamur benang mikroskopik yang tumbuh di permukaan kulit .melakukan pengamatan mikroskopi jaringan dengan struktur yang berupa ruang-ruang kecil disebut sel . Robert Hooke (1635-1703) .Micrographia (1664) buku teks mikrobiologi I .

. Paul Ehrlich dan Christian Gram .Paul Ehrlich (1881) : teknik pewarnaan metilen biru . tergantung pada struktur dinding sel bakteri.Christian Gram (1884) : teknik pewarnaan Gram teknik pewarnaan diferensial untuk klasifikasi bakteri.

Teori Generasi Spontan (Generatio Spontanea/Abiogenesis) jasad hidup muncul secara spontan dari bahan tak hidup Tokoh-tokoh generasi spontan :   Lazzaro Spalanzani (1729 – 1799) John Needham (1713 – 1781) adalah .

 Fransisco Redi (1626 – 1697) .menduga bahwa penyakit paru-paru disebabkan oleh animalcules yang ditularkan oleh seorang penderita yang kemudian diangkut ke paru-paru melalui darah.Beberapa tokoh yang menyangkal teori abiogenesis :  Marcus A.ahli fisika yang menduga bahwa suatu penyakit disebabkan oleh mikrobia  Benjamin Martin .Plenzic (1705 – 1786) .belatung yang muncul pada daging yang tidak bungkus berasal dari lalat yang hinggap di daging tersebut .

Percobaan oleh Redi .

anthraks .l. labu leher angsa.Mikrobiologi awal abad 20-an  Louis Pasteur (1822 – 1895)   Ahli kimia ahli mikrobiologi (pasteurisasi) Pasteurisasi :   proses pemanasan cairan secara bertingkat Membantu dlm industri anggur & bir  Mempelajari fermentasi ragi & perkembangan teknik-teknik dalam mikirobiologi  a. rabies. vaksin kolera ayam.

 Louis Pasteur Jasad renik hidup adalah penyebab perubahan kimia yang terjadi selama fermentasi anggur dan kerusakan bahan makanan Menemukan kehidupan mikrobia anaerobik pada fermentasi anggur   Anggur yang baik : mikrobia berbentuk oval bertunas (khamir /yeast) Anggur yang masam (tidak baik) : mikrobia berbentuk batang. Percobaan dengan labu angsa mengetahui kontaminasi . ukuran lebih kecil daripada khamir bakteri penghasil asam Landasan ilmiah : perubahan yang terjadi selama fermentasi adalah akibat metabolisme mikrobia.

Louis Pasteur : pencegahan pertumbuhan mikrobia dengan pemanasan bersifat sementara. John Tyndall (1877) • • bakteri yang tidak tahan terhadap panas (mudah rusak/mati setelah pemanasan) bentuk yang tahan terhadap panas (mampu hidup pada suhu tinggi) Kegagalan pemanasan Tindalisasi :   sterilisasi bahan dengan pemanasan berselang waktu dan berulangulang dapat membunuh bakteri pembentuk spora .

kemudian didinginkan. atau pada suhu 63-66oC selama 30 menit . Awalnya untuk wine Tidak sama dg sterilisasi krn hanya membunuh sebagian mikrobia. Ada pemanasan bertingkat hingga 71oC selama 15 menit. terutama bakteri patogen.Pasteurisasi     Proses reduksi mikrobia yg tidak diinginkan dalam susu & makanan atau produk-sensitif panas.

penyakit kulit dan anthrax dengan menggunakan mikrobia penyebab penyakit non virulen  Robert Koch (1843 – 1910   mengidentifikasi Bacillus anthraxis dan Mycobacterium tuberculosis aturan untuk membuktikan mikrobia tertentu sebagai agen penyakit menular Postulat Koch  Raymond Sabouraud (1890 – 1910) mengembangkan teknik untuk mengisolasi jamur benang penyebab penyakit kulit .Mikrobiologi dan ilmu-ilmu terkait Mikrobiologi dan kesehatan  Louis Pasteur mengembangkan vaksinasi rabies.

Organisme harus diisolasi dari hewan sakit dan dibiakkan dalam kultur murni. tidak pada yang sehat. Organisme tersebut harus diisolasi ulang dari hewan yang dicobakan tersebut    . Organisme yang dikulturkan harus menimbulkan penyakit pada hewan yang sehat.Postulat Koch (Postulat Henle-Koch)  Organisme (parasit) harus ditemukan dalam hewan yang sakit.

Mikrobiologi Tanah  Sergei Winogradsky (1856 – 1953) dan Martinus Beijerinck (1851 – 1931)   ekologi mikrobia medium untuk menumbuhkan mikrobia yang dapat menggunakan CO2 dan ammonium senyawa karbon dan tenaga .

MacLeod and Maclyn McCarty (1944) : DNA merupakan materi genetik dan membawa informasi genetik selama transformasi. Avery. Colin M. Salvadore Luria dan Max Delbruck (1943) : mutasi gen dapat terjadi secara spontan. 1940an berkaitan dengan genetika dan biokimia :    George Beadle dan Edward L.Mikrobiologi pada abad 20   Seakan-akan terpisah dari cabang ilmu biologi lain karena perbedaan fokus yang dipelajari. menggunakan mutan jamur roti Neurospora.Tatum (1941) : hubungan antara gen dan enzim. Oswald T. .

.Mikrobiologi + genetika + biokimia  Perkembangan biologi molekuler berorientasi genetika Mikrobia digunakan pada banyak studi :    kode genetik serta mekanisme sintesis DNA. RNA dan protein regulasi ekspresi gen dan kontrol akitvitas enzim perkembangan teknologi DNA rekombinan dan rekayasa genetika (1970)  Kurang lebih 1/3 hadiah Nobel diberikan pada ilmuwan yang bekerja dalam masalah mikrobiologi.

Mengapa mikrobiologi penting untuk dipelajari?  Mikrobiologi sebagai ilmu biologi dasar Berkaitan dg penyediaan prasarana penelitian untuk penyelidikan proses-proses kehidupan di alam dapat diketahui prinsip-prinsip fisik & kimia dlm proses hidup .

pertanian. tape. dll Contoh :     fermentasi tempe. Mikrobiologi sebagai ilmu biologi terapan Berhubungan dengan masalah-masalah praktis dlm ilmu kedokteran. keju Produksi antibiotika Kesuburan tanah bioteknologi . industri.

Biologi Mikrobia & Aplikasi Mikrobiologi  Biologi Mikrobia 1. 6. 2. 5. 4. 3. 7. Sitologi (struktur & fungsi) Karakter kultur (kenampakan pertumbuhan mikrobia pada medium) Metabolisme Taksonomi Genetika Hubungan mikrobia dg jasad lain dan lingkungan Patogenitas & virulensi .

2. 4. 5. minuman. 3. Aplikasi Mikrobiologi 1. penyakit ternak & tanaman Mikrobiologi perairan & laut : kontrol kualitas air. Kedokteran : diagnosis penyakit Kesehatan umum : pengendalian penyebaran penyakit Industri : fermentasi makanan. penanganan limbah . farmasetikal Pertanian : kesuburan tanah.

fisiologi mikrobia  Berdasarkan fungsi     .Pembagian Mikrobiologi  Berdasarkan taksonomi mikrobia      Bakteriologi Mikologi Fikologi Protozoologi Virologi Mikrobiologi industri Mikrobiologi bahan pangan Mikrobiologi pertanian Ekologi mikrobia.

MIKROBIOLOGI gabungan berbagai bidang studi (imunologi. fisiologi. ekologi. genetika. biologi molekuler) .

berbeda dari sel tumb & hewan Mampu melakukan proses untuk kelangsungan kehidupannya tanpa tergantung pada sel-sel lain Terdapat dimana-mana Berperan sebagai dekomposer di alam .Mikrobia      Jasad uniseluler Unik.

Empat karakteristik penting mikrobia  Menyerap makanan sendiri atau nutrisi Senyawa kimia dari lingkungan senyawa kimia lain dan tenaga  Replikasi Sintesis untuk pertumbuhan dan membentuk dua sel anakan yang identik dengan induknya  Mengalami diferensiasi o o o Sel mikrobia dapat berubah bentuk dan fungsi Dapat dilihat dari substansi atau struktur yang semula tidak ada kemudian terbentuk Biasanya merupakan bagian dari siklus hidup selulernya Contoh : .struktur yang terlibat dalam reproduksi seksual  Memberi tanda Sel mikrobia mampu berinteraksi dengan sel lain melalui perantaraan bahan kimia. .sel membentuk spora .

merakit komponen struktur sel .mempertahankan integritas struktur sel jika gagal - - disintegrasi komponen sel Mikrobia mati .Lingkungan : .Tenaga Mikrobia : .Bahan .

Keanekaragaman jenis . dapat tumbuh dimana saja. kecepatan tumbuh tinggi) .Sel mikrobia sebagai model Untuk mempelajari proses-proses hidup Karena : .Mudah dimanipulasi (ukuran kecil.Kemampuan tumbuh pd berbagai substrat . adaptasi terhadap lingkungan.

Tinggi Memp.Peran Mikrobia  Pembenah alam   Perombakan jasad-jasad yang telah mati penguraian polutan Perubahan kimia yang diinginkan (substrat menjadi produk baru) Produk yang berguna untuk jasad tk. nilai ekonomi tinggi (komersial)  Pabrik kimia/transformasi kimia   Degradasi substansi alami   .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful