P. 1
1 Sejarah&Ruang Lingkup Mikrobiologi

1 Sejarah&Ruang Lingkup Mikrobiologi

|Views: 370|Likes:
Published by Al Musyafa

More info:

Published by: Al Musyafa on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2015

pdf

text

original

SEJARAH DAN RUANG LINGKUP MIKROBIOLOGI

Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dalam mikrobiologi, sejarah perkembangan mikrobiologi dan ruang lingkup mikrobiologi

Concept Map

A. Pengertian Dasar Mikrobiologi

Mikrobia
 

mikro : sangat kecil; bio : hidup Mikrobia/mikroba/mikroorganisme/jasad renik :
 

jasad hidup yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat tanpa mikroskop. Ukuran : mikron ( 1 µ = 0,001 mm)

Meliputi : 1. Bakteri 2. Arkhaebakteri 3. Sianobakteri 4. Khamir 5. Protozoa 6. Fungi

Mikrobiologi
ilmu yang mempelajari tentang mikrobia atau jasad renik

Mikrobia      Jasad uniseluler Unik. berbeda dari sel tumb & hewan Mampu melakukan proses untuk kelangsungan kehidupannya tanpa tergantung pada sel-sel lain Terdapat dimana-mana Berperan sebagai dekomposer di alam .

Sejarah Mikrobiologi Keingintahuan manusia tentang berbagai kejadian alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari perkembangan mikrobiologi   Mengapa daging mudah mengalami pembusukan? Apa penyebab penyakit suatu tanaman atau hewan? dilakukan berbagai percobaan untuk mengungkapkannya .B.

spora.menemukan bakteri dari mulut manusia . bekerja di pabrik tirai dari linen .seorang penguji rasa anggur dari Belanda. jamur.~ organisasi ilmiah Royal Society (Inggris) . sel tumbuhan .mengembangkan lensa menjadi mikroskop sederhana pengamatan berbagai jasad renik yang hidup dalam setetes air .mendeskripsikan hewan mikroskopik yang disebut animalcules Robert Hooke : protozoa.Penemuan Mikrobia  Antony van Leeuwenhoek (1632 – 1723) .

seorang peneliti dari Inggris.melakukan pengamatan mikroskopi jaringan dengan struktur yang berupa ruang-ruang kecil disebut sel .menemukan mikroskop .Micrographia (1664) buku teks mikrobiologi I .membuat deskripsi tentang jamur benang mikroskopik yang tumbuh di permukaan kulit . Robert Hooke (1635-1703) . anggota Royal Society .

. tergantung pada struktur dinding sel bakteri. Paul Ehrlich dan Christian Gram .Christian Gram (1884) : teknik pewarnaan Gram teknik pewarnaan diferensial untuk klasifikasi bakteri.Paul Ehrlich (1881) : teknik pewarnaan metilen biru .

Teori Generasi Spontan (Generatio Spontanea/Abiogenesis) jasad hidup muncul secara spontan dari bahan tak hidup Tokoh-tokoh generasi spontan :   Lazzaro Spalanzani (1729 – 1799) John Needham (1713 – 1781) adalah .

 Fransisco Redi (1626 – 1697) .ahli fisika yang menduga bahwa suatu penyakit disebabkan oleh mikrobia  Benjamin Martin .Beberapa tokoh yang menyangkal teori abiogenesis :  Marcus A.Plenzic (1705 – 1786) .belatung yang muncul pada daging yang tidak bungkus berasal dari lalat yang hinggap di daging tersebut .menduga bahwa penyakit paru-paru disebabkan oleh animalcules yang ditularkan oleh seorang penderita yang kemudian diangkut ke paru-paru melalui darah.

Percobaan oleh Redi .

rabies.Mikrobiologi awal abad 20-an  Louis Pasteur (1822 – 1895)   Ahli kimia ahli mikrobiologi (pasteurisasi) Pasteurisasi :   proses pemanasan cairan secara bertingkat Membantu dlm industri anggur & bir  Mempelajari fermentasi ragi & perkembangan teknik-teknik dalam mikirobiologi  a. labu leher angsa.l. vaksin kolera ayam. anthraks .

Percobaan dengan labu angsa mengetahui kontaminasi . ukuran lebih kecil daripada khamir bakteri penghasil asam Landasan ilmiah : perubahan yang terjadi selama fermentasi adalah akibat metabolisme mikrobia. Louis Pasteur Jasad renik hidup adalah penyebab perubahan kimia yang terjadi selama fermentasi anggur dan kerusakan bahan makanan Menemukan kehidupan mikrobia anaerobik pada fermentasi anggur   Anggur yang baik : mikrobia berbentuk oval bertunas (khamir /yeast) Anggur yang masam (tidak baik) : mikrobia berbentuk batang.

Louis Pasteur : pencegahan pertumbuhan mikrobia dengan pemanasan bersifat sementara. John Tyndall (1877) • • bakteri yang tidak tahan terhadap panas (mudah rusak/mati setelah pemanasan) bentuk yang tahan terhadap panas (mampu hidup pada suhu tinggi) Kegagalan pemanasan Tindalisasi :   sterilisasi bahan dengan pemanasan berselang waktu dan berulangulang dapat membunuh bakteri pembentuk spora .

Awalnya untuk wine Tidak sama dg sterilisasi krn hanya membunuh sebagian mikrobia. Ada pemanasan bertingkat hingga 71oC selama 15 menit. terutama bakteri patogen. kemudian didinginkan.Pasteurisasi     Proses reduksi mikrobia yg tidak diinginkan dalam susu & makanan atau produk-sensitif panas. atau pada suhu 63-66oC selama 30 menit .

penyakit kulit dan anthrax dengan menggunakan mikrobia penyebab penyakit non virulen  Robert Koch (1843 – 1910   mengidentifikasi Bacillus anthraxis dan Mycobacterium tuberculosis aturan untuk membuktikan mikrobia tertentu sebagai agen penyakit menular Postulat Koch  Raymond Sabouraud (1890 – 1910) mengembangkan teknik untuk mengisolasi jamur benang penyebab penyakit kulit .Mikrobiologi dan ilmu-ilmu terkait Mikrobiologi dan kesehatan  Louis Pasteur mengembangkan vaksinasi rabies.

tidak pada yang sehat. Organisme yang dikulturkan harus menimbulkan penyakit pada hewan yang sehat. Organisme tersebut harus diisolasi ulang dari hewan yang dicobakan tersebut    .Postulat Koch (Postulat Henle-Koch)  Organisme (parasit) harus ditemukan dalam hewan yang sakit. Organisme harus diisolasi dari hewan sakit dan dibiakkan dalam kultur murni.

Mikrobiologi Tanah  Sergei Winogradsky (1856 – 1953) dan Martinus Beijerinck (1851 – 1931)   ekologi mikrobia medium untuk menumbuhkan mikrobia yang dapat menggunakan CO2 dan ammonium senyawa karbon dan tenaga .

menggunakan mutan jamur roti Neurospora. Oswald T.Tatum (1941) : hubungan antara gen dan enzim. . Colin M. Salvadore Luria dan Max Delbruck (1943) : mutasi gen dapat terjadi secara spontan. 1940an berkaitan dengan genetika dan biokimia :    George Beadle dan Edward L. MacLeod and Maclyn McCarty (1944) : DNA merupakan materi genetik dan membawa informasi genetik selama transformasi.Mikrobiologi pada abad 20   Seakan-akan terpisah dari cabang ilmu biologi lain karena perbedaan fokus yang dipelajari. Avery.

RNA dan protein regulasi ekspresi gen dan kontrol akitvitas enzim perkembangan teknologi DNA rekombinan dan rekayasa genetika (1970)  Kurang lebih 1/3 hadiah Nobel diberikan pada ilmuwan yang bekerja dalam masalah mikrobiologi.Mikrobiologi + genetika + biokimia  Perkembangan biologi molekuler berorientasi genetika Mikrobia digunakan pada banyak studi :    kode genetik serta mekanisme sintesis DNA. .

Mengapa mikrobiologi penting untuk dipelajari?  Mikrobiologi sebagai ilmu biologi dasar Berkaitan dg penyediaan prasarana penelitian untuk penyelidikan proses-proses kehidupan di alam dapat diketahui prinsip-prinsip fisik & kimia dlm proses hidup .

 Mikrobiologi sebagai ilmu biologi terapan Berhubungan dengan masalah-masalah praktis dlm ilmu kedokteran. keju Produksi antibiotika Kesuburan tanah bioteknologi . pertanian. tape. dll Contoh :     fermentasi tempe. industri.

7.Biologi Mikrobia & Aplikasi Mikrobiologi  Biologi Mikrobia 1. 5. Sitologi (struktur & fungsi) Karakter kultur (kenampakan pertumbuhan mikrobia pada medium) Metabolisme Taksonomi Genetika Hubungan mikrobia dg jasad lain dan lingkungan Patogenitas & virulensi . 2. 3. 4. 6.

Kedokteran : diagnosis penyakit Kesehatan umum : pengendalian penyebaran penyakit Industri : fermentasi makanan. 5. 2. 3. penanganan limbah . farmasetikal Pertanian : kesuburan tanah. 4. penyakit ternak & tanaman Mikrobiologi perairan & laut : kontrol kualitas air. Aplikasi Mikrobiologi 1. minuman.

Pembagian Mikrobiologi  Berdasarkan taksonomi mikrobia      Bakteriologi Mikologi Fikologi Protozoologi Virologi Mikrobiologi industri Mikrobiologi bahan pangan Mikrobiologi pertanian Ekologi mikrobia. fisiologi mikrobia  Berdasarkan fungsi     .

fisiologi. genetika. ekologi. biologi molekuler) .MIKROBIOLOGI gabungan berbagai bidang studi (imunologi.

Mikrobia      Jasad uniseluler Unik. berbeda dari sel tumb & hewan Mampu melakukan proses untuk kelangsungan kehidupannya tanpa tergantung pada sel-sel lain Terdapat dimana-mana Berperan sebagai dekomposer di alam .

struktur yang terlibat dalam reproduksi seksual  Memberi tanda Sel mikrobia mampu berinteraksi dengan sel lain melalui perantaraan bahan kimia. .sel membentuk spora .Empat karakteristik penting mikrobia  Menyerap makanan sendiri atau nutrisi Senyawa kimia dari lingkungan senyawa kimia lain dan tenaga  Replikasi Sintesis untuk pertumbuhan dan membentuk dua sel anakan yang identik dengan induknya  Mengalami diferensiasi o o o Sel mikrobia dapat berubah bentuk dan fungsi Dapat dilihat dari substansi atau struktur yang semula tidak ada kemudian terbentuk Biasanya merupakan bagian dari siklus hidup selulernya Contoh : .

mempertahankan integritas struktur sel jika gagal - - disintegrasi komponen sel Mikrobia mati .merakit komponen struktur sel .Lingkungan : .Tenaga Mikrobia : .Bahan .

Sel mikrobia sebagai model Untuk mempelajari proses-proses hidup Karena : .Keanekaragaman jenis . kecepatan tumbuh tinggi) .Kemampuan tumbuh pd berbagai substrat . dapat tumbuh dimana saja. adaptasi terhadap lingkungan.Mudah dimanipulasi (ukuran kecil.

Peran Mikrobia  Pembenah alam   Perombakan jasad-jasad yang telah mati penguraian polutan Perubahan kimia yang diinginkan (substrat menjadi produk baru) Produk yang berguna untuk jasad tk. Tinggi Memp. nilai ekonomi tinggi (komersial)  Pabrik kimia/transformasi kimia   Degradasi substansi alami   .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->