KELAINAN DAN GANGGUAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA

GROUP 4

ALBUMINURIA

 Penyakit albuminuria adalah suatu penyakit ginjal, dimana ditemukannya protein albumin di dalam urine. Dalam urine normal, protein albumin seharusnya tidak ditemukan. Akan tetapi karena adanya kerusakan pada ginjal, terutama pada bagian glomerulus, maka protein akan lolos dari saringan ginjal dan keluar melalui urine.  Penyebab terjadinya penyakit tersebut : a) kurangnya asupan air ke dalam tubuh sehingga memperberat kerja ginjal. b) Kalsium dan vitamin C yang terlalu berlebihan juga dapat membuat glomerulus harus bekerja lebih keras sehingga resiko terjadinya kerusakan juga akan lebih besar.  Pencegahan : a) Membiasakan diri minum 8 gelas sehari, walaupun sebetulnya tidak merasa haus. b) tidak mengonsumsi hanya salah satu zat gizi saja secara berlebihan (misalnya hanya protein atau kalsium saja). Artinya makanan yang kita makan juga harus seimbang, baik dari segi jumlah maupun kadar gizinya.

Kadar albumin darah yang rendah yaitu kurang dari 3 g/dl. Nefrosis umumnya terjadi pada anak-anak. bisa juga pada perut (ascites). mata. Air dan Natrium berkumulasi dalam tubuh menyebabkan Edem.  Gejala Nefrosis adalah: 1. Edem khususnya terdapat di bagian pergelangan kaki. Kebocoran protein di urin yang tinggi. dan nafsu makan tinggi . Cepat lelah. 4. 5. sulit tidur. lebih dari 3 g/urine 24 jam (Normal 150 mg /urine 24jam). perut dan mata. 2. 3. Kolesterol darah yang tinggi.Nefrosis • Nefrosis adalah kondisi di mana membran glomerulus bocor. Bengkak di tungkai / kaki. sering lapar. menyebabkan sejumlah protein keluar dari darah menuju urine.

seperti mononucleosis infeksiosa. sedangkan 20% karena penyakit lain. penyebabnya terdapat bercak merah pada kulittersebar di seluruh tubuh layaknya digigit serigala. 4. Memberikan obat ramuan yang bersifat menjinakkan keganasan antibody sekaligus memperbaiki gangguan ginjal bocor dan mengoreksi semua gangguan metaboliknya. Diet rendah protein (0.  Pengendalian Pengendalian Nefrosis adalah: 1. Proteinuria. demam kuning. 5. 2. Penyakit Lupus. antara lain Kencing Manis. Ginjal kronis : Penyakit ginjal kronis sering ditemukan oleh semua golongan anakanak dan orang dewasa. Kencing manis 2. dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab Nefrosis adalah: 1. Hipertensi : Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal 6. Fungsinya adalah memperbaiki antibodi yang terlalu kuat merusak ginjal. Kebocoran protein di urine yang terjadi melalui saringan ginjal bersifat nefrotoksis (“racun” terhadap ginjal) artinya secara bertahap akan merusak ginjal. Hepatitis dsb. 3. Hepatitis : Peradangan hati karena berbagai sebab. Penyakit lupus/SLE(Sistematik Lupus Erimatosus) Lupus berarti gigitan anjing serigala. Glomerulo Nephritis • Penyebab Nefrosis 80 % disebabkan penyakit saringan ginjal (Glomerulo Nephritis).8 gr/kg Berat Badan) .

Makan makanan berlemak 2. Kurang berolahraga 4. Minum minuman beralkohol. dan 5. Merokok. Kolesterol dalam darah yang tinggi 3.Gagal ginjal merupakan kelainan pada ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme. . Penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain disebabkan oleh: 1.

HD (Hemodialisis). yakni transplantasi/cangkok ginjal dan dialisis/cuci darah . dialisis melalui rongga perut . Penggantian fungsi tersebut dikenal dengan Renal Replacement Therapy (RRT) atau Terapi Pengganti Ginjal (TPG).Mengatasi Gagal Ginjal : Kemajuan ilmu pengetahuan. dialisis dengan bantuan mesin 2. PD (Peritoneal Dialisis). Dialisis/cuci darah dibedakan menjadi: 1. Ada dua cara TPG. memungkinkan fungsi ginjal digantikan.

. Apabila batu tersebut menyumbat saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih.Batu Ginjal • Batu ginjal merupakan kristal yang terlihat seperti batu yang terbentuk di ginjal. Kristalkristal tersebut akan berkumpul dan saling berlekatan untuk membentuk formasi “batu”. saluran kemih manusia yang mirip selang akan teregang kuat karena menahan air seni yang tidak bisa keluar.

kadang-kadang air seni bercampur dengan darah karena terjadi pergesekan antara batu dengan dinding saluran hingga menimbulkan lecet. • Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul kemudian ke alat kemaluan luar. • Pada waktu ada serangan sakit pinggang. .Gejala yang sering terjadi pada penderita batu ginjal adalah : • Terjadi nyeri hebat pada waktu air seni keluar dari dalam ginjal melalui aliran ginjal kedalam kantong kemih. • Rasa sakitnya hilang timbul pada pinggang dan perut. dan kedinginan. • Penderita batu ginjal juga mengalami panas. • Perasaan mual. muntah dan perut terasa kembung yang disertai dengan rasa sakit yang hebat.

• Sebelum pergi tidur biasakan untuk minum terlebih dahulu. cobalah untuk bergerak sedikit. dan perbanyaklah berjalan disekitar tempat duduk. batupun menjadi lebih sulit mengendap.MENCEGAH TERJADINYA BATU GINJAL: • Jangan menahan buang air kemih terlalu lama. karena dapat menyebabkan kandungan garam dalam urin menjadi pekat • Minumlah air putih yang banyak. karena malam yang panjang memudahkan air seni yang pekat mengendapkan batu. agar urin menjadi lebih encer. minimal 8 gelas sehari. • Apabila kita seorang pekerja yang membutuhkan duduk yang terlalu lama. .

Diabetes insipidus juga bisa terjadi jika kadar hormon antidiuretik normal tetapi ginjal tidak memberikan respon yang normal terhadap hormon ini (keadaan ini disebut diabetes insipidus nefrogenik). Hormon ini unik.• Diabetes insipidus terjadi akibat penurunan pembentukan hormon antidiuretik (vasopresin). karena dibuat di hipotalamus lalu disimpan dan dilepaskan ke dalam aliran darah oleh hipofisa posterior. . yaitu hormon yang secara alami mencegah pembentukan air kemih yang terlalu banyak.

• Diabetes insipidus dapat disebabkan oleh beberapa hal: # Hipotalamus mengalami kelainan fungsi dan menghasilkan terlalu sedikit hormon antidiuretik # Kelenjar hipofisa gagal melepaskan hormon antidiuretik ke dalam aliran darah # Kerusakan hipotalamus atau kelenjar hipofisa akibat pembedahan # Cedera otak (terutama patah tulang di dasar tengkorak) # Tumor # Sarkoidosis atau tuberkulosis # Aneurisma atau penyumbatan arteri yang menuju ke otak # Beberapa bentuk ensefalitis atau meningitis .

Terlalu banyak mengkonsumsi obat ini bisa menyebabkan penimbunan cairan. Tetapi obat-obat ini tidak mungkin meringankan gejala secara total pada diabetes insipidus yang berat.Diabetes insipidus diobati dengan mengatasi penyebabnya yaitu • Vasopresin atau desmopresin asetat (dimodifikasi dari hormon antidiuretik) bisa diberikan sebagai obat semprot hidung beberapa kali sehari untuk mempertahankan pengeluaran air kemih yang normal. klofibrat dan berbagai diuretik (tiazid). pembengkakan dan gangguan lainnya. . karbamazepin. seperti klorpropamid. • Kadang diabetes insipidus bisa dikendalikan oleh obatobatan yang merangsang pembentukan hormon antidiuretik. • Suntikan hormon antidiuretik diberikan kepada penderita yang akan menjalani pembedahan atau penderita yang tidak sadarkan diri.

.• DIABETES MELITUS kurangnya produksi zat insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap zat insulin. Akibatnya kadar gula dalam darah akan terus meningkat. Hal ini akan mengakibatkan kadar glukosa pada makanan tidak dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Nutrisi .• Penyebab diabetes mellitus sebenarnya bisa dengan berbagai macam cara misalnya: 1.Virus 3. Bahan Toksik atau Beracun 4. Genetik atau Faktor Keturunan 2.

karena peningkatan dan penusrunan kada rgula dalam darah selalu berubah.• Cara Mengatasi Diabetes Penyakit diabetes dapat di hindari atau dikurangi dengan cara mengetahui kadar glukosa darah dalam tubuh kita. dan melakukan olah raga secara teratur.lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika kita mampu menjaga kadar gula dalam batasan normal artinya kita dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. . mengontrol tekanan darah tinggi (tensi). menjaga berat tubuh yang stabil. mengoptimalkan kadar kolestrol. Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi komplikasi diabetes adalah: berhenti merokok .

ikan laut. . sangat gatal dan terasa panas.• Eksim(ekzema) Ditandai dengan kulit kemerahmerahan. Penyebabnya karena alergi terhadap rangsangan zatkimia tertentu. terasa gatal terutama pada malam hari. melepuh. dll Pencegahan : Menghindari halhal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi. berwarna merah. bersisik. alkohol. timbul gelembung kecil yang berisi air atau nanah. bengkak. vetsin. pecahpecah. maupun kepekaan terhadap makanan tertentu seperti udang.

berair. dan terasa gatal. lembab. bersisik. Pencegahan : jaga kebersihan kulit terutama di area tengkuk. . dan kulit kepala. leher. kemudian timbul bercak keputihan.• Kurap Penyebab : jamur Gejala : kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran.

Panau paling banyak dijumpai pada remaja usia belasan. . coklat atau merah tergantung warna kulit si penderita. dan dapat diobati dengan obat anti jamur yang dijual di pasaran. dan dapat juga diobati dengan obat-obatan tradisional seperti daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih dan dioles pada kulit yang terserang Panau.• Panu atau panau Panau atau Panu adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.penyakit panu ditandai dengan bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Cara pencegahan penyakit kulit Panau dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih.

bulu. • 3. yaitu kelainan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut. adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara. kromium.Kanker Paru-Paru. yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.• 1. debu atau tekanan psikologis. • 2. produk petroleum dan radiasi ionisasi. Asma atau sesak nafas. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru. .Emphysema.

Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur • 2. diantaranya: • 1.• CARA MENGATASI KELAINAN PADA PARU-PARU Upaya menghindari dan mengatasi kelainankelainan pada paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Berolah raga dengan teratur • 3. minum minuman beralkohol dan narkoba • 5. Istirahat minimal 6 jam per hari • 4. Hindari Stress . Mengindari konsumsi rokok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful