TARIAN DARI SUMATERA SELATAN TARIAN TANGGAI

Tarian Tanggai Tari tanggai merupakan tarian persembahan yang ditujukan kepada tamu yang telah memenuhi undangan. Salah satunya adalah dipersembahkan pada acara perkawinan adat daerah Sumatera Selatan umumnya. Untuk menghormati tamu undangan yang ada serta tersirat ucapan selamat datang. Dengan diiringi lagu Gending Sriwijaya tarian tersebut disajikan membuat acara semakin semarak. Dengan

kelenturan tangan dan lentiknya jemari penari menunjukan betapa tulusnya tuan rumah memberikan penghormatan.

kembang goyang. gerak tari tanggai diambil dari gerak tangan budha dalam relief candi borobudur yang merupakan peninggalan kerajaan sriwijaya yang dahulu berpusat di palembang dengan iringan lagu 6 saudara. kalung. disetiap acarapun tarian ini sering Umumnya tari ini dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah sepertikain songket.Dahulu tarian ini pulalah yang selalu disajikan kepada tamu-tamu raja kerajaan Sriwijaya. tajuk cempako. kembang urat atau rampai.Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai dengan busana khas daerah.Kesenian Daerah Seni Tari dapat menunjukan ciri khas suatu daerah demikian juga Kota Palembang memiliki berbagai tarian baik trandisional maupun modern yang merupakan hasil kreasi dari senimanlocal Tari Tanggai merupakan salah satu tari penyambutan dari Palembang. Tidak hanya pada acara perkawinan saja. menghargai serta menyayangi tamu yang berkunjung ke daerahnya. Disebut tari tanggai karena . dodot. pending. sanggul malang. Sumatra Selatan untuk menyambut para tamu yang datang ke palembang atau suatu acara spt acara pernikahan. Tarianini menggambarkan masyarakat Palembang yang ramah dan menghormati. dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga.

kalung. kembang goyang dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai busana khas daerah para penari kelihatan anggun . kembang urat atau rampai.Umumnya tari ini dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah seperti kain songket. Tarian ini menggambarkan masyarakat Palembang yang ramah dan menghormati. Tidak hanya pada acara perkawinan saja.para penari memakai tanggai yaitu aksesoris jari berbentuk seperti kuku sehingga menambah kesan lentik saat menari. kembang goyang. sanggul malang. pending. menghargai serta menyayangi tamu yang berkunjung ke daerahnya. kalung. pending. Dahulu tarian ini pulalah yang selalu disajikan kepada tamu-tamu raja kerajaan Sriwijaya. Tari tanggai dibawakan pada saat menyambut tamu-tamu resmi atau dalam acara pernikahan. Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai dengan busana khas daerah. dodot. tajuk cempako. tajuk cempako. dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga. disetiap acarapun tarian ini sering dilakukan. kembang urat atau rampai. Umumnya tari ini dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah seperti kaian songket. sanggul malang. dodot.

dengan busana khas daerah. menghargai serta menyayangi tamau yang berkunjung ke daerahnya . Tarian menggambarkan masyarakat palembang yang ramah dan menghormati.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful