P. 1
PERAN SERTA MASYARAKAT

PERAN SERTA MASYARAKAT

|Views: 201|Likes:

More info:

Published by: Desiana Nurindah Sari on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM

)

A. Kegiatan PSM 1. Konsep Dasar Peran Serta Masyarakat ( PSM ) Pada hakikatnya sekolah merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat, khususnya masyarakat publiknya, seperti para orang tua murid / anggota Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan ( BP3), dan atasannya langsungnya. Demikian pula hasil pendidikan pelaksanaan sekolah akan menjadi harapan bahkan dambaan masyarakatnya, maka kegiatan – kegiatan sekolah juga harus terpadu dengan derap masyarakatnya. Sekolah juga menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Tetapi orang tua hanya sebagai pembantu penyelenggara pendidikan, dan tidak berhak untuk mempengaruhi apalagi mengubah arah sasaran pendidikannya. Masyarakat mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi sekolah. Dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal 19 ditegaskan bahwa masyarakat berkewajiban memberikan sumber daya penyelenggaraan pendidikan. Selanjutnya pada PP No. 19 tahun 2005 menyebutkan pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas. Ayat 1 Pasal 54 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas menyatakan bahwa “ Peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan. Kemudian disebutkan lebih lanjut pasal 2 menyatakan bahwa “ masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan “. Penyelenggaraan pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah, orangtua, dan masyarakat. Ketiga komponen tersebut, sesuai dengan fungsi dan peran masing – masing, harus berupaya agar mutu program pendidikan terselenggara secara optimal.

2. Implementasi Peran Serta Masyarakat ( PSM )

Bentuk kontribusinya dengan menyumbangkan dana. Selain itu orang tua juga menerima keputusan program – program yang telah ditetapkan dan akan dilaksanakan sekolah dengan mematuhinya. Yakni masyarakat ikut berpatisipasi dalam pelaksanaan pendidikan di SD N 22 Dauh Puri baik dari kepala dusun. Peran serta sebagai pelaksana kegiatan Yaitu sekolah meminta orang tua/masyarakat untuk memberikan penyuluhan pentingnya pendidikan. Peran serta tersebut antara lain dari tingkatan rendah – tinggi adalah adanya : 1. peran serta masyarakat di SD N 22 Dauh Puri adalah dari Komite Sekolah :  Anggota komite sekolah terdiri dari : . Hal ini terbukti dengan tanggapan masyarakat yang positif terhadap SD N 22 Dauh Puri. 5. misalnya yayasan memberi keputusan jumlah iuran yang harus dibayarkan orang tua murid bagi anaknya yang bersekolah dan orang tua mematuhinya.Peran serta masyarakat dalam pendidikan di SD N 22 Dauh Puri cukup besar. masalah gizi dan lain sebagainya. dan tenaga. Bisa dijadikan nara sumber dalam pembelajaran selama profesi yang digeluti orang tua sesuai dengan materi pembelajaran. ketua adat orang tua murid dan masyarakat lain. Peran serta secara pasif Yaitu masyarakat dalam tingkatan ini menyetujui dan menerima apa yang diputuskan pihak sekolah ( yayasan ). 4. 3. Yakni adanya peran serta massyarakat dengan memanfaatkan jasa sekolah untuk mendidik anak – anak mereka. Peran serta melalui adanya kegiatan konsultasi dengan guru kelas Yaitu orang tua senantiasa berkomunikasi untuk berkonsultasi dengan guru kelas mengenai kemajuan akademik anaknya selain itu juga mengenai permasalahn akademik yang dialami murid di dalam pembelajaran di SD N 22 Dauh Puri. 2. barang dan tenaga. Dalam wawancara dan pengumpulan data. bahan. Peran serta dengan menggunakan jasa pelayanan yang tersedia. Peran serta dengan memberikan kontribusi dana.

Usahawan/industrian 5. yaitu:  Pemberi pertimbangan (advisory agency). dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan baik pendidikan di satuan pendidikan. Mendorong Tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggara pendidikan yang bermutu. Melakukanj kerjasama dangan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha/industri) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu 3.  Pengontrol (Controling Agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas pentelenggaraan dan keluaran (Output) pendidikan di satuan pendidikan  Mediator antara pemerintah (Eksekutif) dan Masyarakat di satuan pendidikan Kegiatan Komite Sekolah Sesuai dengan Fungsinya : 1.  Pendukung (Suporty agency).  Kegiatan Komite sekolah sesuai dengna Peran. tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang di ajukan oleh masyarakat . dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan. Tokoh pendidik 4. Menampung dan menganalisis aspires. Unsur masyarakat: 1. 2. Unsur Dewan Guru  Tujuan Komite Sekolah: a. ide. Wakil alumni b. Organisasi profesi tenaga pendidikan 6. Menciptakan suatu dan kondisi transparan dan akunrabel. Tokoh masyarakat 3. baik berupa financial. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan programdan kewajiban operasional di satuan sekolah b. Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan c. Orang Tua/wali peserta didik 2.a. pemikiran maupun tenagadalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

Membantu dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan potensi dan minat siswa dalam suatu kegiatan. Memberikan dukungan dalam segala progaram – program yang ditetapkan sekolah b. c. program penyelenggara dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan. Membantu segala usaha pemberdayaan siswa yang dilaksanakan sekolah.4. Dengan adanya peran masyarakat di dalam proses pendidikan maka akan memudahkan susatu sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Karena peningkatan mutu pendidikan itu harus senantiasa dilakukan oleh instansi sekolah . motivasi orang tua dan hal – hal penunjang lain. d. Memberikan masukan pertimbangan dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai:  Kebijakan dan program pendidikan  Rencana anggaran pendidikan dan belanja sekolah  Kriteria kinerja satuan pendidikan  Kriteria tenaga pendidikan  Kriteria Fasilitas pendidikan dan  Hal-hal yang terkait dengan pendidikan  Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung mutu pemerataan pendidikan  Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaran pendidikan  Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan. e. Baik di dalam proses pembelajaran ataupun peningkatan kreatifitas siswa melalui berbagai ekstrakurikuler yang dilaksanakan sekolah. berwawasan global. Memberikan dukungan kualitas dan kuantitas infrastruktur sekolah Meningkatkan kualitas belajar siswa dengan segala dukungan sarana dan prasarana pembelajaran di rumah. berbudaya dan menjunjung tinggi etika dalam berperilaku. 3. berkualitas. Dampak Peran Serta Masyarakat ( PSM ) Dampak peran serta masyarakat bagi SD N 22 Dauh Puri adalah : a.

untuk menuju negara yang maju dan berkompeten dalam bersaing dengan negara lain dalam hal yang positif. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->