4.1 4.1.

1

Gambaran Umum Perusahaan Sejarah perusahaan Pada tanggal 20 Februari 1957, PT Astra International Incorporated

(disingkat “Inc” dan sekarang telah dihapus) didirikan oleh Tjia Kian Tie (Alm), Wiliam Soeryajaya dan Liem Peng Hong dengan akte notaris Sie Khwan Djioe No. 67. Pada mula usahanya PT Astra International bergerak dalam bidang pertanian dengan tujuan ekspor. Para pendiri mempunyai visi dan cita-cita jauh ke depan dengan memberi nama perusahaan ini “PT Astra International” dan memakai logo “Globe” (bola dunia). Cita-cita para pendiri mengacu pada sebuah pribahasa latin “Per Aspera As Astra” yang mempunyai arti “bekerja keras untuk mencapai bintang dilangit”. Selain itu para pendiri memberikan nama perusahaan ini “Astra” yang mendapat inspirasi dari sebuah cerita mitologi Yunani Klasik yang mengisahkan tentang seorang Dewi yang hidup dalam zaman keemasan, Putri Dewa Zeus (Dewa Matahari) dan Dewa Themis, bernama “Astrea”. Dalam kisahnya Dewi Astrea merupakan Dewi terakhir yang menarik diri ke angkasa dan kemudian bersinar gemerlapan menjadi bintang dalam konstelasi bintang virgo. Dengan memilih nama “Astra”, para pendiri mencita-citakan bagaikan abadinya bintang di langit. Para pendirinya menambahkan kata “International” dibelakang nama “Astra” karena mereka mempunyai visi dan cita-cita agar perusahaan ini menjadi perusahaan yang tidak hanya menjadi pemain nasional. tetapi juga dapat bermain di dunia International. Pada awal 1960 perusahaan mengalihkan usahanya pada import alat-alat berat dan barang-barang teknik untuk ikut menunjang kenutuhan

1

pembangunan nasional. Izusu. PT Astra International-HSO beralamat di jalan Cokroaminoto No. Perusahaan ini merupakan agen tunggal dalam merakit dan memproduksi sepeda motor Honda di Indonesia. Renault. maka dibentuklah sebuah divisi serta mengangkat perwakilan (dealer) pada beberapa kota besar di Indonesia. Dalam menjalankan aktivitas usahanya. Sebelum PT Astra International-HSO membuka cabangnya di Denpasar maka yang menjadi penyalur sepeda motor Honda di Bali adalah PT Union Motor yang terdiri dari 3 dealer. BMW. Selain itu PT Astra International juga menjadi agen tunggal otomotif produksi Eropa seperti mobil Peugeot. Honda Sales Operation. truk merk Nissan. Daihatsu. yang salah satunya PT Astra International-HSO cabang Denpasar. PT Astra International Tbk. dan Fiat. Terhitung sejak 1 September 1997 PT Astra International-HSO mengalami perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk-HSO. Setelah berjalan sekian lama. PT Astra International mendirikan pabrik perakitan motor Honda dengan nama PT Federal Motor.11 juni 1971. yang menjadi agen tunggal dan Negara Jepang untuk merk mobil Toyota.80 035-029/22-09/SIUP-CAB/X/1989 dan jumlah karyawan delapan puluh empat orang. Dengan adanya kebijaksanaan tersebut maka pada tgl.HSO cabang Denpasar menggunakan falsafah “Prosfer With the Nation” yaitu Sejahtera 2 . Dalam memperluas usahanya perusahaan mulai menerjuni dunia otomotif. Salah satu divisi tersebut yaitu PT Astra International. PT Astra International-HSO mempunyai cabang dibeberapa daerah di Indonesia. sepeda motor Honda.

sedangkan pilosofi perusahaan dalam menjalankan organisasinya adalah “Catur Darma” yang terdiri dari empat bagian sebagai berikut : 1. To be an Asset to the Nation Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara 2. Respect for the Individual and Development of Team Work Saling menghargai dan mengembangkan kerja sama 4. Garis lengkung bumi menggambarkan semangat Astra untuk “go globe” dengan mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki selama ini. Strive of Exelence Berusaha mencapai yang terbaik Dalam upaya untuk mengimplementasikan dan mempertajam strategi baru dalam usahanya guna memperkuat dan meningkatkan daya saing pada Oktober 1999 diluncurkan logo baru. 3 .bersama bangsa. 3. Best Service to Customer Memberikan pelayanan yang terbaik pada para palanggan 3. Empat sudut yang merupakan dasar logo melambangkan falsafah Astra: Catur Dharma. 2. Logo tersebut adalah berupa bintang berekor yang terus menerus menjelajahi langit yang berada dalam empat sudut. di atas garis lengkungan bumi dengan dasar warna biru yang mempunyai makna: 1. Bintang berekor yang terus menerus menjelajahi langit melambangkan semangat Astra dalam menjelajahi dunia usaha dan melakukan inisiatifinisiatif baru untuk meningkatkan pelayanan Astra kepada pelanggannya.

Misi Asta International Tbk-Honda: “Menjadi main dealer retailer sepeda motor Honda yang terbaik. seperti juga kemampuan dan kesempatan Astra yang tidak terbatas.1. dan penyimpanan. pencatatan.1. dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen di Indonesia”.3 Struktur organisasi perusahaan Setiap organisasi tentu memiliki suatu struktur organisasi. karena struktur organisasi merupakan salah satu unsur penting dalam organisasi. Astra International Adapun tujuan dari PT Astra International Tbk-Honda adalah:  Mendistribusikan dan menjual retail sepeda motor Honda beserta suku cadangnya. Dalam struktur organisasi yang baik akan ada pemisahan fungsi yaitu antara fungsi operasional. Adapun struktur organisasi yang 4 .  Menyediakan perawatan purnajual dan berbagai produk yang terkait dengan motor Honda di Indonesia. 4.4.2 Visi dan misi PT. sehingga mereka dapat bekerja sesuai dengan job description di masing-masing level jabatan. Visi Astra International Tbk-Honda: “Menjadi retailer pilihan konsumen dan main dealer terbesar di Indonesia”. Warna biru melambangkan langit yang tidak terbatas. 4. Struktur organisasi merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai pengatur garis wewenang baik secara individu maupun kelompok dari masing-masing level jabatan untuk mempermudah garis komando dari atasan kepada bawahan.

Astra International Tbk – Honda Cabang Denpasar adalah struktur oraganisasi garis.digunakan PT. Untuk lebih jelasnya struktur organisasi PT. Astra International Tbk – Honda Cabang Denpasar disajikan pada Gambar 4. yang berarti wewenang dan tanggung jawab berasal dari atasan.1 berikut ini : 5 .

Wrh Crew Parts / Wrh Cont. Parts Spv. Head Parts Sub Dept. Sales Branch Acc. Wrh Adm. Plan & Continue Processor Parts Salesma n Treasure r A/R Controller. Inspector STNK Control Counter Sales Sales Adm Parts Adm. Wrh Adm.Gambar 4. Sec & Env. Head Adm & Fin Sub Dept. Astra Internasional Tbk-Honda Cabang Denpasar Branch Head Secretary HC3 Marketing Sub Dept.1 Struktur Organisasi PT. Collecting STNK Proces Cashier Build Maint Contr Mai Crew Off Boy Sumber data: PT. Wrh Crew Security Safety. Head Direct Sales Supervisor Unit Sales Supervisor Promotion Supervisor Inventory Spv. Spv. A/R Adm. Tax Officer Wrh. Unit Wrh Cont. Finance Spv. Chief P & GA Officer 45 Bookkeeper Salesma n Inv. Astra Internasional Tbk – HSO Denpasar-Bali 6 .

Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan marketing sepeda motor Honda. c. Kepala Cabang (Branch Manager) a. Dept. b.Dilihat dari struktur organisasinya maka dapat disebutkan tugas dan tanggung jawab (job description) masing-masing bagian adalah sebagai berikut : 1. 2. Secara umum kepala cabang mengelola cabang dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan di kantor cabang sesuai dengan program kerja dan besarnya anggaran yang telah ditetapkan. seperti : menentukan strategi pemasaran sesuai dengan kebijakan dari Head Office. Mewakili direksi dalam mengelola perusahaan d. Melakukan pendelegasian wewenang terhadap pelaksanaan strategi pemasaran kepada bawahan dan melakukan kontrol atas pelaksanaannya. b. menyelaraskan pelaksanaan operasional perusahaan dan bertanggungjawab kepada direktur utama. Marketing Sub Departement Head Marketing Sub. Puncak pimpinan dipegang oleh Kepala Cabang yang ditunjuk oleh direksi (Pimpinan Pusat) dan tanggung jawab atas perkembangan perusahaan serta pelaksanaan operasional perusahaan. Sales Supervisor . Head bertanggung jawab terhadap Branch Manager atas pengembangan serta strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan sepeda motor Honda di wilayah Bali adapun tugas-tugasnya : a. Mengontrol perusahaan.

Tugas dan tanggung jawabnya a. Sales administration yang bertugas dalam kaitannya dengan pelaksanaan administrasi penjualan di Departemen Marketing. adalah : kebijaksanan pemasaran yang Melaksanakan/menerapkan didelegasikan oleh marketing sub.A Officer . Dept. surat-menyurat dan tata usaha pimpinan c. Menentukan kebijaksanaan dan memberikan pengarahan bagi penyelenggaraan tugas di bidang administrasi dan keuangan. Head untuk mencapai sasaran/target yang telah ditentukan. dengan berpedoman pada kepuasan pelanggan/konsumen. Mengesahkan surat-surat permintaan pembayaran 3.head. b. b. P & G. Melakukan supervisi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan bidang marketing.Merupakan bawahan marketing sub.Dept. 3. Memimpin. b. Sales supervisor mempunyai bawahan yaitu : a. Counter Sales dan Salesman bertugas melayani pembeli sepeda motor Honda. misalnya: melakukan pengamatan atas tingkat persaingan harga diantara produk Honda dengan produk sepeda motor merk lainnya. mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan perusahaan di bidang administrasi dan keuangan d. Menyelenggarakan tata usaha. Adm & Fin Sub Dept Head a.a.

c) Mengurus proses pengambilan cuti karyawan P & G.b.Bertanggung jawab terhadap Adm & Fin Sub Dept Head tentang kelancaran pelaksanaan kegiatan yang bersifat umum dan segala hal yang berhubungan dengan kepegawaian. Tugasnya adalah mengawasi semua kegiatan pembukuan yang ada perusahaan cabang. serta penyediaan air minum untuk karyawan. 3. . adapun tugas-tugasnya adalah sebagai berikut : a) Mengecek dan mengontrol semua kegiatan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan b) Melakukan seleksi penerimaan karyawan baru dan memberikan pelatihan kerja.A Officer mempunyai bawahan yaitu : 1) Maintenance bertugas dalam kaitannya dengan pemeliharaan instalasi gedung dan lingkungan perusahaan 2) Security bertugas dalam kaitannya dengan keamanan di lingkungan perusahaan 3) Office girl bertugas dalam kaitannya dengan kebersihan dan peralatan kantor. Branch Accounting Supervisor Bertanggung jawab terhadap Adm & Fin Sub Dept Head atas semua laporan yang dibuat dari operasional perusahaan yang nantinya akan dilaporkan ke Head Office Astra Pusat (Jakarta).

tugasnya. 3.d.Branch Accounting Supervisor mempunyai bawahan. Finance Supervisor Bertanggung jawab terhadap Adm & Fin Sub Dept Head atas laporan penerimaan dan pengeluaran kas yang ada dalam perusahaan.c. . Tax Officer Bertanggung jawab terhadap Adm & Fin Sub Dept Head dalam hal perhitungan pajak yang dikenakan kepada wajib pajak dan masalah perizinan usaha. seperti : 1) Mengecek semua laporan/transaksi yang datang dari bagian lain 2) Melakukan penjurnalan 3) Membuat laporan dari hasil pencatatan dari bagian lain 3. Tugas-tugasnya : a) Mengawasi pelaksanaan penagihan piutang yang dilakukan oleh kolektor. Finance Supervisor mempunyai bawahan : 1) A/R Controller bertanggung jawab terhadap Finance Supervisor atas semua piutang perusahaan yang berasal dari penjualan barang. Tugas-tugasnya adalah sebagai berikut : a) Mengurus perizinan usaha yang diperlukan perusahaan b) Melakukan perhitungan besarnya jumlah pajak yang harus dibayar sesuai dengan UU perpajakan yang berlaku yang nantinya disetor ke kas negara. Tugasnya mengawasi pelaksanaan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. yaitu Bookeeper.

2) Treasury Bertanggung jawab kepada Finance Supervisor mengenai penerimaan dan pengeluaran kas. Tugas : a) Menerima dan mengecek setiap unit sepeda motor yang masuk. b) Mempersiapkan barang yang akan dikirim sesuai dengan surat perintah pengiriman 4) STNK Controller Bertanggung jawab kepada Finance Supervisor mengenai pembuatan faktur dan STNK. Tugas-tugasnya : . Tugasnya adalah mencetak kuitansi tagihan yang telah jatuh tempo. Tugas-tugasnya adalah : a) Menerima pembayaran dari hasil penjualan (penerimaan kas) b) Mengeluarkan uang sesuai dengan yang telah disetujui oleh Adm & Fin Sub Dept Head (pengeluaran kas). 3) Unit Warehouse Controller Bertanggung jawab terhadap Finance Supervisor menerima penerimaan dan pengeluaran unit sepeda motor Honda. b) Controller tugasnya adalah melakukan penagihan piutang yang telah jatuh tempo.b) Membuat laporan mengenai jumlah piutang yang dimiliki oleh perusahaan A/R Controller mempunyai bawahan : a) A/R Adm.

b. 5. Part Supervisor. 2) Bertanggung jawab atas suku cadang yang masuk dan keluar gudang.a.a) Membuat faktur penjualan b) Membuat laporan pembuatan faktur penjualan 4. 4. tugas dan tanggung jawabnya adalah: 1) Menerima dan memeriksa suku cadang yang masuk dan mempersiapkan suku cadang yang dikirim sesuai dengan surat perintah pengiriman. Adapun tugas-tugasnya adalah : merencanakan dan mengkoordinir seluruh kegiatan yang ada hubungannya dengan penjualan suku cadang sepeda motor Honda. tugas dan tanggung jawabnya adalah : 1) Mengatur dan mengkoordinir salesman dalam memasarkan suku cadang sepeda motor Honda 2) Bertanggung jawab atas perputaran persediaan suku cadang sepeda motor Honda. Part Sub Dept Head Bertanggung jawab atas pengembangan dan penjualan suku cadang (spare parts) sepeda motor Honda. 4. Service Sub Dept Head Bertanggung jawab atas perkembangan jaringan servis yang dikenal dengan sebutan AHASS = Astra Honda Autorized Service Station (bengkel . Part Warehouse Controller.

4 Bidang usaha perusahaan . Pusat pelayanan ini dimaksudkan agar konsumen juga mendapatkan tempat yang tepat untuk menyatakan ketidakpuasannya atas pelayanan Astra – Honda.resmi Honda). Service Adm dan Claim. HC3 (Honda Customer Care Centre) Merupakan divisi yang bertugas menerima segala bentuk keluhan dari pelanggan. 5. agar sesuai dengan standard kualitas Astra. Service Supervisor. menjaga dan memelihara peralatan bengkel. 6. Melalui department ini segala bentuk keluhan akan segera diclaim ke pusat. tugasnya adalah : 1) Mengkoordinir kegiatan para mekanik 2) Memberikan training untuk mekanik Service Supervisor mempunyai bawahan yaitu : Mekanik. Service Sub Dept Head dibantu oleh service supervisor dalam menjalankan tugasnya.1. 3) Claim tugasnya mengurus masalah klaim baik dari sub dealer maupun konsumen. 2) Service Administration tugasnya melaksanakan kegiatan administrasi di departemen servis. yang masing-masing mempunyai tugas : 1) Mekanik tugasnya melaksanakan kegiatan service sepeda motor. Tugasnya adalah meningkatkan kualitas mekanik dari bengkel Honda dengan memberikan training secara kontinu kepada setiap mekanik.a. 4.

2. Astra International. Penjualan unit kendaraan (H1) Merupakan bagian penjualan unit kendaraan khususnya untuk sepeda motor bermerek Honda. . Bengkel/Service (H2) Melayani customer dalam hal servis atau perbaikan sepeda motor khususnya merek Honda. Tbk – Honda Cabang Denpasar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. dimana bentuk pelayanan yang diberikan oleh PT.PT. Astra International. khususnya pada sepeda motor merk Honda. Tbk – Honda yaitu : 1. Di samping itu juga pada bagian bengkel ini dapat melayani perawatan berkala dan membantu memberikan informasi tentang segala sesuatu hal yang bersangkutan dengan sepeda motor Honda. Penjualan spare parts (H3) Melayani customer dalam hal penyediaan spare parts untuk kendaraan. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful