P. 1
Pompa Hidrolik

Pompa Hidrolik

|Views: 100|Likes:

More info:

Published by: Hafizh Nazhar Pahlevi on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

Pompa Hidrolik Pompa hidrolik ini digerakkan secara mekanis oleh motor listrik.

Permulaan dari pengendalian dan pengaturan sistem hidrolik selalau terdiri atassuatu unsur pembangkit tekanan, jadi fungsi dari unsur tersebut dipenuhi olehpompa hidrolik. Pompa hidrolik berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik dengan cara menekan fluida hidrolik kedalam sistem.Dalam sistem hidrolik, pompa merupakan suatu alat untuk menimbulkan atau membangkitkan aliran fluida (untuk memindahkan sejumlahvolume fluida) dan untuk memberikan daya sebagaimana diperlukan.Apabila pompa digerakkan motor (penggerak uatama), pada dasarnyapompa melakukan dua fungsi utama: 1) Pompa menciptakan kevakuman sebagian pada sluran masuk pompa.Vakum ini memungkinkan tekanan atmospher untuk mendorong fluida daritangki (reservoir) kedalam pompa. 2) Gerakan meknik pompa menghisap fluida kedalam rongga pemompaan, danmembawanya melalui pompa, kemudian mendorong dan menekannyakedalam sistem hidrolik. 1. Pompa Vane Ada beberapa tipe pompa vane yang dapat digunakan, antara lain : a)Pompa single Stage Ada beberapa jenis pompa single stage menurut tekanan dan diplacement (perpindahan) dan mereka banyak digunakan diantara tipe-tipelain sebagai sumber tenaga hidrolik. Pompa single–stage tekanan rendah

Pompa single-stage tekanan tinggi

b) Pompa Ganda ( Pomap Double) Pompa ini terdiri dari dua unit bagian operasi pompa pada as yangsama.External gear pump . Karena kelebihan-kelebihan itu serta dayatahan yang tinggi terhadap debu. dapat dijalankan dengan sendiri-sendiri dan dibagi menjadi dua tipetekanan rendah dan tekanan tinggi. poma ini dipakai dibanyak peralatankontruksi dan mesin-mesin perkakas. danpengperasiannya juga mudah. Gambar 6. Pompa Roda Gigi (Geare Pump) a. Pompa Roda Gigi External (External Gear Pump) Pompa ini mempunyai konstruksi yang sederhana.

Ukurannya kecil dibandingkan external gear pump. Gambar 7. Pompa Rosa Gigi internal (Internal Gear Pump) Mempunyai keunggulan pulsasi kecil dan tidak mengeluarkan suarayang berisik. Internal gear pump dipakai dimesin injection moulding dan mesin perkakas. Internal gear pump .b. dan ini memungkinkan dipakai dikendaraan bermotor dan peralatan lain yang hanyamempunyai ruangan sempit untuk pemasangan.

Pompa Piston Aksiala. a. Tipe Sumbu Bengkok (Bent Axl Type) .

Dengan mengubah sudutini.dan saluran hisap dan keluar dapat dibalik dengan memiringkan plat pengturkearah berlawanan. Bengkokan sumbu juga dapat dibuatmenjadi berlawanan arahnya sehingga arah hisap dan keluar menjaditerbalik.Pengeluaran minyak dapat disetel dengan bebas dengan mengubah sudut. keluarnya minyak dapat diatur. piston dan silinder blok tidak sejajar dengan aspenggerak tapi dihubungkan dengan suatu sudut. danpelat pengtur yang bisa miring memegang leher piston untuk mengubahstroke atas dan bawah atau kanan dan kiri didalam rotasi silinder blok.Dalam tipe ini. Gambar 9. Gambar 8. Pompa aksial tipe sumbu bengkok (bent axl type) b. Tipe Plat Pengatur (Swash Plate Type) Dalam tipe ini letak piston dan silinder blok sejajar dengan as. Pompa axsial tipe plat pengatur (swash plate type) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->