P. 1
Struktur Cangkang

Struktur Cangkang

|Views: 485|Likes:
Published by dwiretnof

More info:

Published by: dwiretnof on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2014

pdf

text

original

Struktur Cangkang/Shell Structure menurut R.

Sutrisno (1983), adalah plat yang melengkung ke satu arah atau lebih yang tebalnya jauh lebih kecil daripada bentangannya. Gaya-gaya yang harus didukung dalam struktur cangkang disalurkan merata melalui permukaan bidang sebagai gaya-gaya membran yang diserap oleh bentuk strukturnya. Dengan demikian tidak terdapat gaya lintang dan momen lentur.

Kubah di Indonesia

Struktur cangkang pada masa ini sudah digunakan pada kubah restaurant utama dari hotel Indonesia Jakarta, yang dibangun tahun 1960, digunakan kubah yang pertama di Indonesia yang dibangun sebagai konstruksi kerang (shell-construction).

Struktur atap pada bangunan Masjid Istiqlal terdiri dari bagian atap bangunan berlantai lima dibuat kubah kecil dan satu kubah besar berbentuk setengah bola. Aap bangunan utama berbentuk kubah setengah bola dengan kerangka polyhedrons dan dibungkus beton bertulang. Struktur kubah ini Silaban mendapat penghargaan dari pemerintah Jerman Barat dan menjadi hak paten yang disebut dengan nama Silaban Dome. Keistimewaan struktur yang digunakan bangunan MPR - DPR RI yaitu pada gedung sidang utama serta banquet hall. Bentuk atap yang seperti kepakan burung garuda, menggunakan struktur kubah beton paling baru yang untuk pertama kalinya digunakan di Indonesia. Merupakan modifikasi dari struktur kubah murni yang dibelah menjadi dua yang bebannya dipikul oleh dua buah busur beton yang dibangun berdampingan dan nantinya bertemu pada satu titik puncak. Struktur ini mempunyai kesamaan prinsip dengan prinsip struktur sayap pesawat terbang.

Gambar 8. Sumber: Buku Gedung MPR-DPR RI

Struktur sepasang busur beton dengan satu titik temu tersebut kemudian harus diteruskan masuk ke dalam bumi, untuk bisa menyalurkan beban. Dua busur dengan masing-masing balok lebar 1.80 meter , tinggi 2.80 meter bertemu di titik puncak plat beton atap seluas 7000 m2 dengan tebal rata-rata 15 cm.
Gambar 9. Sumber: Buku Gedung MPR-DPR RI

Bentuk gedung utama dengan bentangan 120 meter dan rumah kerang (dome) yang ditelungkupkan, bisa membentuk ruangan tanpa tiang yang menampung seribu tempat duduk di balkon bawah, dalam susunan kursi konferensi. Menggunakan struktur beton pratekan (prestressed concrete structures), ultimate strength

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->