SEJARAH PSIKOLOGI KOGNITIF DEFINISI PSIKOLOGI KOGNITIF Dalam psikologi kognitif, perlu diketahui definisi dari kognisi dan

psikologi kognitif. Kognisi adalah cara manusia berpikir sedangkan psikologi kognitif adalah sebuah bidang studi tentang bagaimana manusia memahami, belajar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. SEJARAH PSIKOLOGI KOGNITIF a. Sejarah Filosofis bagi Psikologi Pendekatan yang digunakan untuk memahami pikiran manusia antara lain filsafat dan fisiologi. Filsafat berusaha memahami hakikat umum dari aspek – aspek dunia, utamanya melalui intropeksi, suatu pengujian terhadap ide – ide dan pengalaman – pengalaman batiniah (dibentuk dari kata intro-ke dalam, di dalam, dan spect-melihat ). Fisiologi mengupayakan sebuah studi ilmiah tentang fungsi – fungsi yang mempertahankan kehidupan di dalam materi hidup atau organik, utamanya lewat metode – metode empiris (berbasis observasi ). Rasionalisme Tokoh rasionalisme yang berpengaruh adalah Plato dan Rene Descartes. Plato (428348 SM ) menyatakan bahwa pengetahuan melalui analisis logis. Rene Descartes (15961650 )memandang metode reflektif dan instropektif sebagai metode yang lebih unggul untuk menemukan kebenaran dari pada metode kaum empiris. Empirisme Selain rasionalisme terdapat empirisme dengan tokoh Aristoteles, John Locke dan Imanuel Kant. Aristoteles ( 384-322 SM ) menyatakan bahwa pengetahuan melalui pembuktian empiris. John Locke ( 1632-1704 ) menyatakan bahwa manusia dilahirkan tanpa pengetahuan, istilah yang lebih dikenal adalah tabula rasa. Immanuel Kant (17241804 ) mensintesis pandangan Descartes dan Locke. b. Sejarah Psikologis bagi Psikologi Kognitif  Strukturalisme berusaha memahami struktur pikiran dan persepsi dengan menganalisis komponen – komponennya yang paling dasar. Wilhelm Wundt (1832-1920 ) mendukung studi tentang pengalaman – pengalaman indrawi melalui instropeksi ( instropeksi adalah cara menatap ke dalam, yaitu kepingan – kepingan informasi yang melewati kesadaran ( Lyons, 2003 )). Pandangan ini diikuti oleh Edward Titchener (1867-1927 ).  Fungsionalisme berusaha memahami apa yang dilakukan manusia dan kenapa mereka melakukannya. Fungsionalisme mengarah ke bentuk – bentuk pragmatisme. Di mana kaum pragmatis yakin kalau pengetahuan disahihkan oleh kegunaanya. William James (1824-1910) menuangkan kontribusinya dalam buku :
Psikologi Kognitif, Pasca Mat 2010 Debora, Ismanto, Beni, Fifi, Zaky

Page 1

Principles of Psychology.John Dewey (1859-1952 ) menyatakan pendekatan pragmatis terhadap ide – ide tentang berpikir dan tentang sekolah.  Asosiasionisme menguji bagaimana kejadian – kejadian atau ide – ide dapat diasosiasikan satu sama lain di dalam pikiran untuk menghasilkan suatu bentuk pembelajaran. Contoh : kontiguitas ( mengasosiasikan hal – hal yang cenderung muncul bersamaan Pada waktu yang sama ), persamaan ( mengasosiasikan hal – hal dengan ciri - ciri atau sifat – sifat yang mirip ), perbedaan ( mengasosiasikan hal – hal yang tampaknya menunjukkan pengkutuban yang berbeda seperti panas/dingin, terang/gelap, siang/malam ). Hermann Ebbinghaus ( 1850-1909 ) mempelajari bagaimana manusia belajar dan mengingat materi melalui latihan berulang – ulang. Edward Lee Thorndike (1874-1949 ) yakin kalau ‗ kepuasan ‗ adalah kunci untuk membentuk asosiasi – asosiasi yang lebih dikenal dengan hukum efek.  Asosiasionisme ke Behaviorisme Behaviorisme adalah sebuah pandangan teoritis yang berpendapat bahwa psikologi mestinya menyoroti relasi antara perilaku yg bias diamati di satu sisi dan peristiwa – peristiwa lingkungan atau stimuli yang mempengaruhi di sisi lain. Ivan Pavlov ( 1849-1936 ) mempelajari perilaku tanpa sadar dalam merespon peristiwa eksternal yang tidak berkaitan. John Watson (1878-1958 ) yakin kalau psikolog seharusnya berkonsentrasi hanya kepada studi tentang perilaku yang bias diamati ( Doyle, 2000 ). BF. Skinner ( 1904-1990 ) meyakini bahwa semua bentuk perilaku manusia bukan hanya pembelajaran tapi dapat dijelaskan oleh perilaku yang mereka pancarkan ketika bereaksi kepada lingkungan. Edward Tolman ( 18861959 ) berpikir kalau memahami perilaku mensyaratkan pemahaman terhadap maksud dan rencana perilaku.  Psikologi Gestalt Psikologi Gestalt menyatakan bahwa kita bisa memahami fenomena psikologis saat kita memandang mereka sebagai keseluruhan yang terorganisasikan dan terstruktur. c. Munculnya Psikologi Kognitif Karl Spenser Lashley ( 1890-1958 ) menentang pandangan kaum behavioris bahwa otak manusia adalah organ pasif yang hanya merespon stimulus dari luar dirinya ( Gardner, 1985 ) tapi sebaliknya menganggap otak sebagai pengorganisasi yang paling aktif dan dinamis bagi perilaku. Donald Hebb (1949 ) mengusulkan sebuah konsep tentang jajaran sel sebagai dasar bagi pembelajaran di dalam otak.

METODE RISET PSIKOLOGI KOGNITIF a. Tujuan Riset  Pengumpulan data  Analisis data
Psikologi Kognitif, Pasca Mat 2010 Debora, Ismanto, Beni, Fifi, Zaky Page 2

 Pengembangan teori  Perumusan hipotesis  Pengaplikasian setting – setting tertentu di lluar lingkungan riset b. Psikologi Kognitif. Kognisi perlu dipelajari lewat beragam metode ilmiah. Data dalam psikologi kognitif dapat dipahami sepenuhnya hanya dalam konteks teori penjelas namun teori – teori menjadi hampas tanpa data empiris. d. Rasionalisme versus empirisme c. c. Riset terapan versus riset dasar g. Metode Riset Obyek penelitian adalah manusia kecuali eksperimen yang melibatkan prosedur – prosedur pembedahan otak. namun tidak di semua kasus. Alamiah versus bentukan b. Ismanto. Semua riset dasar di dalam psikologi kognitif bisa membawa kita kepada pengaplikasian praktis dan semua riset terapan bisa membawa kita kepada pengertian – pengertian yang mendasar. Beni. Fifi. Validitas penyimpulan kausal versus validitas ekologis f. Struktur versus proses d. Metode – metode biologis versus metode – metode behavioral GAGASAN KUNCI DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF a. tidak etis atau tidak praktis. Proses – proses kognitif berinteraksi satu sama lain termasuk dengan proses – proses non-kognitif. Generalitas wilayah versus kekhususan wilayah e. e. Kognisi umumnya bersifat adaptif. Pasca Mat 2010 Debora. Zaky Page 3 .  Eksperimen – eksperimen laboratorium atau eksperimen terkontrol lainnya  Riset psikobiologis  Laporan diri  Studi – studi kasus  Pengamatan alamiah  Simulasi computer dan kecerdasan buatan TEMA DASAR DALAM STUDI PSIKOLOGI Ide utama dalam psikologi kognitif adalah a. cara meneliti yang tidak bias dilakukan pada manusia karena sulit. b.

saraf di kaki . Mereka dihubungkan oleh korpus kalosum. Ismanto. Fifi. studi – studi yang didasarkan pada analisis – analisis computer tentang bidang – bidang magnetis dalam otak. studi – studi yang didasarkan pada penggunaan teknik sinar X. otak tengah. Pada manusia. studi telah mencakup analisis listrik.   Psikologi Kognitif. Kulit otak yang berlipat – lipat mengelilingi bagian dalam otak dan menjadi dasar bagi sebagian besar proses kognisi manusia. Pada kebanyakan orang. Pemrosesan visual berlangsung di lobus oksipitalis. dan keputusan untuk bergerak. Cara meniliti mempelajari proses dan struktur utama otak Selama berabad-abad para ilmuwan telah mempelajari otak dengan cara membedahnya. Sedangkan hemisfer otak sebelah kanan mengontrol pemrosesan visuospasial dan kedua hemisfer ini tampaknya memproses informasi dengan cara yang berbeda. korteks motorik utama mengontrol kemampuan perencanaan. Zaky Page 4 . Wilayah – wilayah spesifik dari dua belahan kulit otak ini bisa dipetakan menjadi wilayah – wilayah khusus tubuh. pengontrolan. Bisa dikatakan. hemisfer otak sebelah kiri tampaknya mengontrol kemampuan berbahasa. Di dalam lobus parietalis kotek somatosensoris utama bertanggung jawab bagi sensasi – sensasi di dalam otot – otot dan kulit kita. Temuan para peneliti setelah mempelajari otak Struktur – struktur utama otak bisa dikategorikan sebagai unsur – unsur yang terdapat di dalam otak depan. Cara lain mempelajari kulit otak adalah mengidentifikasikan perbedaan – perbedaan 4 lobus. Kulit menutupi sisi kanan dan kiri hemisfer otak. dan studi – studi yang didasarkan kepada analisis computer tentang aliran darah dan metabolism di dalam otak. dan otak belakang. Teknik – teknik bedah modern mencakup penggunaan mikroskop electron dan analisis zat kimia canggih untuk menyingkap misteri sel – sel otak individu. lengan dan rongga mulut. Sedangkan wilayah – wilayah asosiasi di dalam lobus merupakan penghubung utama aktivitas korteks motorik dan korteks sensorik. Selain itu teknik – teknik pembedahan terhadap hewan seperti mengiris secara selektif dan perekaman satu sel tunggal seringkali digunakan. Beni.NEUROSAINS KOGNITIF Sistem saraf yang diatur oleh otak terbagi menjadi dua bagian utama Sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan saraf tulang belakang Saraf tepi yang terdiri dari system saraf lain contoh saraf di wajah . Secara umum masing – masing hemisfer mengontrol secara kontra latelaris sisi tubuh yang berlawanan. Pasca Mat 2010 Debora. Sedangkan di lobus frontalis. tempat untuk mewadahi proses – proses kognitif yang lebih tinggi. pemrosesan berpikir dan motorik yang lebih tinggi berlangsung di lobus parietalis. Berdasarkan riset ekstensif tentang kasus otak terbelah banyak peneliti yakin kalau dua hemisfer memiliki fungsi istimewa sendiri – sendiri. Pemrosesan auditoris berlangsung di lobus temporalis.

Otak kita memiliki 100 miliar sel otak. koneksi baru terbentuk di antara sel-sel otak. Psikologi Kognitif. sel otak menciptakan pikiran atas kesan yang keluar dari sel otak dan menyusuri salah satu benang (dendrit). Beni.suara atau sentuhan) mencapai salah satu indra. Setiap kali reaksi berantai terjadi. Ismanto. Fifi. kemudian kesan ini menyeberang ke sel otak yang lain.FUNGSI BELAHAN OTAK KIRI DAN OTAK KANAN Kapasitas otak yang sangat luar biasa baru kita sadari. Pasca Mat 2010 Debora. melainkan jumlah koneksi yang terjadi di antara sel-sel otak kita. Zaky Page 5 . Sebagian ini menjadi koneksi yang permanen jika terjadi berulang-ulang. Proses ini terus berlanjut melibatkan jutaan sel otak yang terhubung sel yang berurutan. Bukan jumlah sel otak yang menentukan hebatnya otak kita. Itulah sebabnya kita dapat mengingat banyak hal tanpa perlu mengerahkan upaya secara sadar. Setiap kali satu stimulus (gambar.

Otak kanan kita memproses irama. Pasca Mat 2010 Debora. Betapa luar biasanya kerja otak kita. Semakin sering kita menggunakan otak. begitu pula dengan pusat emosi otak pada sistem limbik. maka semakin besar pula potensi kita untuk berpikir cerdas.Beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa kecerdasan tidaklah tetap. Kita menghafalnya atau mengingatnya begitu cepat karena otak kiri dan otak kanan kita keduanya terlibat. otak kiri akan memproses syairnya dan otak kanan memproses musiknya‖. sentuh. Secara umum otak kiri kita memproses logika. yang disebut dengan aktivitas kreatif. Beni. Colllin Rose memberikan contoh sederhana tentang bagaimana aspek-aspek otak yang berbeda dapat bekerja sama secara terpadu. yang disebut pembelajaran akademis. ‖Jika kita mendengarkan sebuah lagu. gambar atau imajinasi. Ismanto. tinggal bagaimana cara kita mengoptimalkannya. bau atau apa yang kita lakukan. Fifi. Kita tidak perlu bekerja keras untuk itu. Pusat emosi otak kita juga berhubungan erat dengan sistem penyimpanan memori jangka panjang. Hal ini berarti bahwa sesungguhnya. kata-kata. musik. Oleh karena itu kita perlu mengetahui sedikit cara ingatan bekerja dan cara meningkatkannya. matematika dan urutan. dengar. Bagian otak yang Terangsang Bagian otak yang Tidak terangsang Kita menyerap informasi melalui enam jalur utama : lihat. rima. Semakin banyak koneksi yang terjadi di antara sel-sel otak kita. kecap. KITA ADALAH ARSITEK OTAK KITA SENDIRI. Psikologi Kognitif. Zaky Page 6 . Semua manusia telah dianugerahi ingatan yang sudah bagus. semakin banyak pula koneksi antara sel-sel otak kita.

penyimpanan dan pemanggilan (Brown & Craik. Ismanto.2000). Zaky Page 7 . (Crowder. Memori Eksplisit adalah proses memgumpulkan kembali informasi dari memori yang dilakukan secara sadar. Anda harus mengingat kembali fakta-fakta. Selain itu kita akan bahas model tradisional memori.2000).MEMORI Memori/ingatan adalah cara-cara yang dengannya kita mempertahankan dan menarik pengalaman-pengalaman dari masa lalu untuk digunakan saat ini (Tulving&Craik. Beni. Pasca Mat 2010 Debora. memori mengacu pada mekanisme-mekanisme dinamis yang diasosiasikan dengan aktivitas otak untuk menyimpan. adalah pengenalan kembali ingatan. kita memilih atau mengidentifikasi sebuah hal sebagai sesuatu yang pernah dipelajari sebelumnya. mempertahankan dan mengeluarkan informasi tentang pengalaman di masa lalu. Demikian pula kita akan bahas beberapa perspektif alternative tentang memori. Secara khusus.mnemonis dan amnesia.2003). para psikolog kognitif telah mengidentifikasi tiga operasi memori yang umum : pengkodean. Memori eksplisit adalah proses dimana kita mengumpulkan kembali sesuatu namun dilakukan tanpa kita sadari. Sebagai sebuah proses. dan system penyimpanan memori jangka panjang. Sedangkan Rekognisi. Contoh: pada tulisan BU_GA ANG_REK. kita bisa secara spontan melengkapi dua kata tersebut dengan huruf N pada BU_GA dan huruf G pada ANG_REK sehingga tertulis BUNGA ANGGREK. Recall dan Rekognisi Recall . yang mencakup memori sebagai tempat menyimpan cerapan-indra. gambar ataupun kalimat. 1976). Dalam bab ini akan memperkenalkan sejumlah tugas yang digunakan untuk mempelajari memori. Memori implisit dan memori eksplisit. JENIS-JENIS TUGAS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR MEMORI TUGAS-TUGAS MEMORIEKSPLISIT BAGI PENGETAHUAN DEKLARATIF DESKRIPSI TUGASTUGAS Anda harus mengingat kembali secara sadar informasi tertentu. system penyimpanan memori jangka pendek. Contoh : mengingat kembali peristiwa yang terjadi satu hari yang lalu. berupa fakta-fakta. Para teoritisi memori memilah antara memori implisit & memori eksplisit (Muligan. Fifi. CONTOH TUGAS Siapa yang menulis Hamlet? Tugas-tugas memori eksplisit Tugas-tugas pengetahuan deklaratif Siapa nama pertama Anda? Psikologi Kognitif. pengingatan/pemanggilan kembali ingatan tentang fakta.kata atau hal lain untuk mengisi bagian kosong tentang sebuah hal.

pensil. seperti tiga huruf pertama dari Tugas-tugas memori implisit Anda harus menggambarkan informasi di dalam memori tanpa mengerti secara sadar bahwa anda sedang melakukan. dst. Psikologi Kognitif. (4)retrogrades. anda daftar berdasarkan urutan akan menerima hadiah jika apapun yang bias diingat. (3)menemonis. mengetuk memori-implisit Anda. (2)semantisis. tinju-awan. maka diharapkan Anda langsung mengatakan ―kertas‖ sebagai pasangannya. Kepada Anda diberikan sebuah fragmen kata. Tes-tes pilihan ganda dan benar-salah melibatkan pengenalan kembali ingatan. Ismanto. sebuah kata atau Istilah bagi seseorang yang item-item lain dari memori menderita kerusakan memori yang berat adalah ……. tombol-kertas. Jika kepada Anda diperlihatkan daftar kata-kata Anda harus mengulangi : anjing. penyebutan item-item di dalam rambut. Tugas mengenali-kembali / rekognisi Anda harus memilih atau sebaliknya. itu sepersis urutan. angka-cabang. Contohnya : Istilah bagi individu dengan kemampuan memori yang luar biasa adalah : (1)amnesis. Beni. Fifi.. Pasca Mat 2010 Debora. Anda harus menghasilkan Contoh : sebuah fakta . waktu. buku.Tugas-tugas Recall Tes mengisi titik-titik mensyaratkan anda mengingat item-item dari memori. restoran. Tugas-tugas melengkapi kata. Tugas pengingatan berseri Tugas rekognisi bebas Tugas pengingatan berpetunjuk Anda harus mengingat sebuah daftar berisi pasangan-pasngan item yang berbeda-beda. Kepada Anda pernah diperlihatkan rangkain pasangan kata-kata ini : waktu-kota. Zaky Page 8 . mengidentifikasi sebuah item seperti yang sudah anda pelajari sebelumnya. Anda harus bias mengingat kembali pasangan-pasangannya. Kemudian anda akan diberikan stimulus seperti ―tombol‖. penghargaan-hari. kemudian ketika diberikan salah satu ietm dari pasanganpasangan tersebut. Anda diminta daftar sepersis mungkin setelah untuk mengulangi rangkaian membaca atau mendengarnya. bias mengulangi urutan katakata tersebut dengan benar. Jika kepada anda Anda harus mengulangi diperlihatkan rangkaian angka penyebutan item di sebuah 2-8-7-1-6-4.

Psikologi Kognitif.1965). Semua ikon pada gilirannya menjadi imajinasi-imajinasi visual yang mempresentasikan sesuatu. Fifi. bahkan mungkin untuk waktu yang tak terbatas. Simpanan ikonik merupakan sebuah register pencerapan visual yang sangat unik dalam dirinya sendiri. Anda diharapka lebih sanggup menyediakan tiga huruf m-m-i Untuk mengisi garis kosong itu ketimbang mereka yang tidak diperlihatkan fragmen tiga huruf pertama dari kata tersebut. Contoh. para peneliti psikologi mengusulkan sebuah model memori sebagaimana yang diusulkan William James (1890/1970) yang memilah dua struktur memori menjadi memori primer & memori sekunder. sedangkan memori sekunder adalah memori yang memgang informasi secara permanen atau minimal untuk waktu yang cukup lama (Waugh&Norman. (2) memori jangka pendek. Pasca Mat 2010 Debora. Model-model Memori Tradisional Pada pertengahan tahun 1960-an. (3) memori jangka panjang. Ikonikon biasanya menyerupai apapun yang dipresentasikan. Ismanto. Namanya diambil dari fakta bahwa informasi tersimpan dalam bentuk ikon-ikon. Karena Anda baru saja melihat kata memori. yaitu yaitu kemampuan memori menyimpan informasi persepsi untuk jumlah waktu yang lebih lama namun dengan kapasitas yang relative terbatas. Beni. kemudian Anda diminta melengkapi fragmen kata itu dengan kata pertama yang terlintas. katakanlah anda diminta untuk mengisi tiga huruf yang hilang untuk memenuhi garis-garis kosong dan membentuk sebuah kata yang benar : _r_or. Zaky Page 9 . Tiga tahun kemudian. yaitu kemampuan memori menyimpan sejumlah informasi indra yang relative terbatas untuk periode yang sangat singkat. mengelola informasi untuk periode waktu yang sangat singkat. Rchard Atkinson & Richard Shiffrin (1968) mengusulkan sebuah model alternatif yang mengkonsep memori berdasarkan tiga bentuk simpanannya : (1)memori cerapan-indra. Memori primer adalah memori yang memegang informasi temporer yang sedang digunakan saat ini.sebuah kata. yaitu sebuah kapasitas memori yang sangat besar dalam kemampuannya menyimpan berbagai informasi pengalaman untuk periode yang sangat panjang.

Dalam simpanan jangka panjang. Sebuah Model Yang Integratif : Memori-Yang-Sedang_bekerja. jadwal kegiatan kita sehari-hari. Pasca Mat 2010 Debora. Di sini kita menyimpan memori-memori yang terus tinggal dalam pikiran kita selama periode yang panjang. mungkin yang paling banyak digunakan dan diterima dewasa ini. Sebagian besar dari kita sangat mengandalkan memori jangka panjang ini. Biasanya materi masih tetap bertahan di dalam memori jangka pendek kira-kira 30 detik saja. simpanan jangka pendek hanya bisa mengingat beberapa hal saja. tempat kita menyimpan barang. Namun begitu. dll. Namun ketika sebagian besar dari kita berbicara tentang memori. Beni. kita semua memiliki akses menuju simpanan memori jangka pendek. Kita menahan di dalamnya informasi yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. biasanya kita membicarakan memori jangka panjang. Menurut Atkinson-Shiffrin. Ismanto. Zaky Page 10 . Contohnya nama orang.Kebanyakan dari kita memiliki sedikit saja atau tidak sama sekali introspektif kepada simpanan-simpanan memori cerapa-indra. Ia juga bisa diakses oleh sejumlah proses pengontrolan yang mengatur aliran informasi kepada dan dari simpanan jangka panjang. kecuali ia dilatih untuk mempertahankannya. Secara konstan kita menggunakan memori jangka pendek di seluruh aktivitas seharihari kita. mungkin daolam waktu tak terbatas. Para psikolog yang menggunakan model ini Psikologi Kognitif. Memori ini menahan data memori selama beberapa detik dan kadang sampai beberapa menit. kita bias menahan informasi untuk waktu yang cukup lama. Model memori yang sedang bekerja (working memori). Fifi.

Pasca Mat 2010 Debora. ketika diaktifkan informasi bergerak ke bagian khusus memori yang sedang bekerja dari memori jangka panjang. Beni. Penitikberatan. Cantor & Angle. Informasi bergerak langsung dari memori jangka panjang menuju memori jangka pendek dan kemudian kembali lagi – tidak pernah berada di dua lokasi sekaligus. ―memori‖ adalah sebuah pengalaman mental yang diterima sebagai representasi realistik (sebenarnya) sebuah peristiwa dari masa lalu seseorang. Memori jangka pendek. Informasi masih tetap tinggal di memori jangka panjang. dan berbeda dari memori jangka panjang.1990. Daneman & Carpenter. Metafora bagi hubungan-hubungannya. Memori jangka pendek bias dibayangkan sebagai sesuatu yang berbeda dari memori jangka panjang. yaitu prose4s dimana kita membuat atribusi-atribusi tentang asal usul informasi yang diaktifkan di dalam pengalaman mental. yang secara aktif akan menggerakkan informasi ke dalam dan ke luar simpanan memori jangka pendek yang terkandung di dalamnya. Pemilahan antara memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Aktivasi berperan menggerakkan informasi menjadi meori yang sedang bekerja. dan memori jangka panjang bisa dibayangkan sebagai ruang-ruang konsentrik yang mengumpul.1993. Ismanto.2003) Pandangan-pandangan Tradisioanal Versus Non-Tradisional Mengenai Memori PANDANGAN TRADISIOANL TIGA-SIMPANAN PANDANGAN ALTERNATIF TENTANG MEMORI Terminologi : definisi tentang simpanan-simpanan memori Memori yang sedang bekerja adalah nama lain bagi memori jangka pendek. (Dosher.1980. sementara memori yang sedang bekerja memegang peran utama di dalam prosesproses memori. di dalamnya mengandung hanya seporsi memori jangka panjang yang paling baru diaktifkan.1992). padahal kunci itu tergeletak di ruang tamu) dan dengan cara-cara yang relative besar yang memiliki inplikasi mendalam bagi dirinya dan orang lain ( seperti keliru meyakini seseorang sebagai penggagas pertama sebuah ide). memori bias keliru dengan caracara relative kecil ( seperti yakin telah melohat serangkaian kunci tergeletak di dapur. Menurut MK Johnson. sedangkan memori jangka pendek mengandung hanya seporsi yang sangat keci dan singkat dari memori yang sedang bekerja. Memori yang sedang bekerja menyimpan hanya porsi memori jangka panjang yang diaktifkan paling belakangan. Distorsi-distorsi seperti ini mencerminkan kekeliruan-kekeliruan yang muncul dari proses-proses pemonitoran sumber yang tidak lengkap. Ciri-ciri kunci dari pandangan alternative ini adalah peran dari memori yang sedang bekerja. (Contoh: Baddeley. memori yang sedang bekerja. Zaky Page 11 . Cantor & Carullo. Memori yang sedang bekerja (memori aktif) adalah bagian dari memori jangka panjang yang mengandung semua pengetahuan tentang fakta-fakta dan prosedurprosedur yang baru saja diaktifkan di dalam memori jangka pendek yang cepat dan singkat. Metafora bagi pergerakan informasinya. Psikologi Kognitif. Namun. tetapi bisa juga keduanya jalan bersisian atau berkaitan secara hirarkis.melihat memori jangka pendek dan memori jangka panjang dari perspektif yang berbeda. dan ia menggerakkan elemen-elemen yang aktif ini ke dalam dan ke luar memori temporer yang singkat. Fifi.

Beni. Mnemonis Kondisi seseorang yang memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa disebut mnemonis. Model PDP cocok sekali dengan konsep ―memori yang sedang bekerja‖ sebagai pemandu bagian memori jangka panjang yang diaktifkan. Pasca Mat 2010 Debora.Endel Tulving(1972) kemudian mengusulkan sebuah pemilahan antara dua jenis memori.2003). Penyebaran aktivasi ini melibatkan aktivasi (parallel) yang simultan dari beragam kaitan di antara nodi di dalam jaringan. Mereka yakin kalau perilaku kompleks menunjukkan sebuah tingkat keteraturan dan manfaat yang tidak bias dipadukan model-model koneksionis. Sun. konsep-konsep psikologikognitif kontemporer tentang memori yang sedang bekerja. Banyak psikolog kognitif yang mendukung pandangan terintegrasikan ini menyatakan kalau sebagian dari alas an kenapa kita efisien dalam memproses informasi adalah karena kita dapat menangani banyak pengoperasian sekaligus.2003). Menurut model PDP. Model-model koneksionis juga memilki sejumlah dorongan intuitif dalam kemampuan mereka mengintegrasikan konsepkonsep kontemporer tentang memori : memori yang sedang bekerja memadukan bagian memori jangka panjang yang teraktifkan dan beroperasi lewat sekurang-kurangnya sejumlah pemrosesan parallel. Memori Semantik menyimpan pengetahuan dunia secara umum. Oleh karena itu. Memori Episodik menyimpam kejadian-kejadian atau episodeepisode yang dialami secara pribadi. Zaky Page 12 . Pengaktifan sebuah nodus dapat mendorong pengaktifan nodus lain yang berkaitan. penyebaran aktivasi.2003. Namun tidak semua peneliti menerima model koneksionis. bukan di setiap nodus persatuan. petandaan dan proses-proses parallel saling mengembangkan dan mendukung satu sama lain. Frean. Psikologi Kognitif. Perspektif Koneksionis Model jaringan menyediakan basis structural bagi model koneksionis yaitu model pemrosesan yang didistribusikan secara parallel (PDP: parallel distributed processing. kunci bagi representasi pengetahuan terletak pada hubungan-hubungan di antara berbagai nodi (nodes). Fifi. biasanya hal ini didasari dengan penggunaan teknik-teknik khusus peningkatan memori. model-model jaringan bagi memori. Ismanto. Beberapa yakin kalau pikiran manusia jauh lebih sistematis keyimbang yang diusulkan model-model koneksionis (Matthews. Hal ini adalah ingatan kita terhadap fakta-fakta yang tidak unik bagi kita dan tidak dipanggil dalam konteks temporal khusus apapun.

Seseorang berinisial HM menjalani operasi otak untuk menyelamatkannya dari serangan epilepsy yang berkelanjutan. individunya kehilangan memori yang berguna bagi peristiwaperistiwa yang terjadi sebelum trauma yang menyebabkan hilangnya memori. Kemudian Luria mempelajari S selama 30 tahun. Setelah menjalani operasi. Ada tiga jenis amnesia yaitu : Amnesia retrogrades. Bagi S. Dia bahkan mengaku dia telah mengalami cita rasa dan bobot dunia. Umumnya kita dapat mengingat sedikit saja bahkan tidak sama sekali peristiwa yang terjadi pada kita sebelum usia 5 tahun. Contoh. dengan teknik yangt berbeda dari S. dan S tetap mempunyai kemampuan yang sama. Psikologi Kognitif. Ia datang kepada seorang psikolog Rusia. Ia mengaku bahwa ia telah mengubah angka-angka itu menjadi tanggal-tanggal. Alexander Luria (1968). Fenomena ini disebut sinestesia. S secara otomatis akan mengubah sebuah bunyi menjadi sebuah impresi visual. dapat mengingat serangkaian panjang materi seperti baris dan kolom angka-angka. Amnesia retrogrades. dengan begitu ia tinggal memikirkan apa saja yang terjadi pada hari itu. Amnesia infantile. Memori Yang Menurun : Amnesia dan Alzheimer Beberapa sindrom yang berbeda dari uraian di atas adalah hilangnya memori. Ia mengubah materi yang perlu diingatnya menjadi imaji-imaji visual di otaknya. di laboratoriumnya ia minta untuk diuji memorinya. Ismanto. dan yang paling dikenal adalah amnesia. Amnesia adalah hilangnya sebagian besar memori eksplisit. Biasanya kejadia-kejadian yang mendahului ep0isode setengah sadar tersebut tidak dapat diingatnya dengan baik. Tampaknya HM kehilangan kemampuan untuk mengingat kembali memori baru apapun setelah menjalani operasi. Pasca Mat 2010 Debora. HM hanya dapat mengingat peristiwa sebelum operasi. amnesia infantile dan amnesia anterogradis. adalah pengalaman terhadap cerapan-cerapan indra di dalam sebuah modalitas sensoris yang berbeda dari cerapan indra yang distimulasikan secara fisik.Seorang mnemonis yang cukup dikenal di dunia adalah seseorang yang berinisial S. Fifi. Beni. Zaky Page 13 . ketidakmampuan individu mengingat kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi saat kita masih kecil dulu . yaitu ketidakmampuan mengingat kejadian-kejadian setelah perstiwa traumatic. Ternyata ia dapat mengucapkan kembali serangkaian kata yang sangat panjang yang sudah lama kata-kata itu dibacakan kepadanya. nampaknya S sangat mengandalakan kemampuan mnemonic pembayangan visual. peristiwa setelah operasi tidak dapat diingatnya. Amnesia anterogradis. Setelah diteliti. Mnemonis lain VP. Bentuk halus amnesia retrograde bias umum terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi setengah sadar. sebagian besar imaji visualisasinya di dalam memori diingat tanpa intense apapun. Bahkan ia mengaku bahwa setiap hari adalah hari yang baru.

kepribadian dan pengenalan obyek. Alzheimer didiagnosa ketika memori mengalami kerusakan. Namun diagnosis secara pasti baru dapat dilakukan setelah pasien meninggal.Walaupun amnesia merupakan sindrom yang berkaitan dengan hilangnya memori. Progresi penyakit ini dapat dilambatkan dengan obat. namun amnesia tidak begitu merusak sebagaimana Alzheimer. minimal terjadi disfungsi di wilayah bahasa. Beni. motorik. Psikologi Kognitif. Pasca Mat 2010 Debora. Fifi. atensi. Alzheimer adalah hilangnya fungsi intelektual yang cukup berat yang mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Ismanto. Hilangnya memori dalam penyakit Alzheimer dapat dilihat dari perbandingan pemindaian otak penderita dan yang tidak. Zaky Page 14 . fungsi eksekutif.

Pertama adalah pengulangan informasi. Kedua adalah pengorganisasian informasi. Pengodean mengacu pada cara Anda mentransformasi input fisik indrawi menjadi sejenis representasi mental di dalam memori. selain pengkodean akustik Tranfer infomasi kedalam simpanan jangka panjang bias dibantu oleh beberapa factor. Ketiga adlah penggunaan piranti mnemonik.PROSES-PROSES MEMORI Pengodean dan Pentransferan informasi Para psikolog kognitif umumnya memahami proses-proses memori mengandung tiga operasi umum : pengodean. penyimpanan. Zaky Page 15 . Artinya. dan pengeluaran informasi. Pengeluran iformasi dari memori jangka pendek tampaknya bias berlangsung dalam bentuk pemrosesan total berseri. Beni. adalah teknik-teknik khusus untuk membantu mengingat daftar kata-kata dengan imajinasi interaktif. beberap bukti menunjukkan keberadaan pengkodean visual dalam simpanan jangka panjang. Kita juga sulit membedakan keteraksesan dari ketersediaan informasi. khususnya jika informasi dielaborasikan dengan penuh makna. kita selalu memeriksa secara berurutan semua informasi tentang sebuah daftar. seperti pengkategorian contohnya. Namun ada beberapa pengkodean visual dan semantik terhadap informasi di dalam memori jangka pendek. Fifi. Ismanto. Pasca Mat 2010 Debora. artinya kekeliruan biasanya disebabkan oleh bunyi kata ( entah diucapkan atau dalam hati ). Pengodean informasi dalam memori jangka pendek tampaknya lebih banyak berbentuk akustik. Informasi di dalam memori jangka panjang tampaknya dikodekan utamanya dalam bentuk semantik. Psikologi Kognitif. meski tidak selalu. Penyimpanan mengacu pada cara Anda menahan informasi yang sudah tersimpan di dalam memori. Oleh karena itu pencampuradukan cenderung berkaitan dengan makna lebih dari pada bunyi kata-kata. Dan keempat adalah penggunaan bantun memori eksternal seperti menulis daftar atau membuat catatan-catatan. Pengeluaran mengacu pada cara Anda mengakses informasi yang telah tersimpan di dalam memori. Selain itu. Pengeluaran informasi dari memori jangka panjang sulit dilakukan karena masalahmasalah tertentu seperti membedakan proses pengeluaran ini dari proses-proses memori yang lain. Informasi di dalam memori jangka pendek mudah dikacaukan secara akustik.

Sebagaimana tertulis pada kajian proses mengingat di dalam otak. Pasca Mat 2010 Debora. Teori 4M dapat kita jabarkan dalam bentuk skema berikut : MENGULANG Usaha aktif untuk mengingat MEREKAM Memindahkannya ke dalam memori jangka panjang MENYIMPAN Menjaga ingatan. agar tetap dalam MENGINGAT Mengambil fakta manakala perlu Ada beberapa sifat penyandian yang bisa saling melengkapi. suara. di antaranya : 1) Penyandian Akustik (bunyi. maka rencana pembelajaran yang mengoptimalkan Longterm Memory System seyogyanya mengakomodasi tahap-tahap sebagai berikut . lagu) 2) Penyandian Visual (gambar) 3) Penyandian Fisik/Kinestetik (gerakan) 4) Penyandian Verbal (operasi bilangan dan logika) Teori Memori menyatakan lupa sebagai kegagalan pada satu atau lebih stadium tersebut. Beni. Desain Pembelajaran yang Mengoptimalkan Otak Kiri dan Otak Kanan Mendesain sebuah pembelajaran sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal yang ada pada siswa dan mengacu pada proses berpikir. Empat ”M” Untuk Mengingat. Zaky Page 16 . Ismanto. Psikologi Kognitif.Memori dalam Pembelajaran Ada beberapa teori yang mengkaji tentang hal ini. Fifi.

3) Menyandikan Ini adalah tahap yang paling penting pada pembahasan ini. 5) Mengingat Ini adalah tahap memanggil sandi ketika dihadapkan pada sebuah persoalan yang harus diselesaikan. kemudian mengkonstruksinya hingga menjadi sebuah konsep. Bentuk sandi yang dapat digunakan adalah sandi visual. Fifi. Zaky Page 17 . 4) Menyimpan Menyimpan adalah mempertahankan koneksi-koneksi pada sel-sel otak. Siswa menemukan fakta. Jika dimungkinkan. Pada awalnya sebaiknya guru sesering mungkin mengkondisikan proses ini di dalam kelas walaupun dilakukan hanya beberapa saat ketika mengawali sebuah pembelajaran. sandi audio. Pada saat siswa menemukan sebuah persoalan. semakin sering mengimaginasikannya. diwujudkan dalam sebuah atau beberapa bentuk sandi. kemudian mengimaginasikan sandi yang telah mereka miliki. Tahap ini adalah mengimaginasikan simbul-simbul yang telah dibuat. 2) Mengulang Fase ini adalah mengulang kegiatan eksplorasi sebagaimana pada tahap menemukan fakta baru. karena justru pada tahap ini terjadi proses mempertahankan koneksi-koneksi yang terjadi antara selsel pada otak siswa. Konsep yang telah didapat. sandi fisik/kinestetik. direspon oleh otak sebagai koneksi-koneksi antar sel-sel otak. Pada tahap ini. Ismanto. ataupun sandi verbal. mereka akan mengkaitkan dengan fakta yang telah mereka temukan sebelumnya.1) Fakta Baru Pada fase ini berlangsung proses ‖eksplorasi‖. Pada akhirnya siswa akan dapat melakukannya sendiri sebagai pola belajar di rumah ataupun di sekolah. dan dapat dikemas dengan pengelolaan kelas dalam kegiatan individu ataupun berkelompok. Beni. informasi telah diterima oleh indra siswa kita. semakin permanen simbul itu tersimpan di dalam otak. Pasca Mat 2010 Debora. 6) Menyelesaikan Masalah Psikologi Kognitif. Pendekatan kontekstual penting sekali dalam hal ini. kegiatan ini sebaiknya dilakukan secara individu.

Kita seringkali mengalami bias saat mengingat. Oleh karena itu. Persistensi. Pasca Mat 2010 Debora. Teori kemerosotan menyatakan bahwa informasi menjadi dilupakan karena hilangnya. 3. kita akan mudah untuk berpikir telah melihatnya. 2001 ) : 1. teori kemerosotan memandang potongan asli informasi menghilang secara bertahap. kecuali sesuatu dilakukan untuk menjaganya tetap utuh. Kekeliruan mengaitkan. pembelajaran materi yang diingat. 5. Pencampuradukan retroaktif ( penghambatan retroaktif) disebabkan oleh aktivitas yang terjadi setelah kita mempelajari sesuatu sebelum diminta mengingatnya. Rentan terhadap saran.Masih mengambil contoh persoalan di atas. Pencampuradukan proaktif dan retroaktif berperan penting didalam memori jangka pendek. 2. Pencampuradukan proaktif terjadi ketika campur aduk materi terjadi sebelum. 7. 6. memori bisa hilang dengan cepat. sehingga jika kita disarankan telah melihat sesuatu. Bias. Tanpa berfikir. Fifi. Pencampuradukan terjadi ketika informasi yang sama kuat persaingannya menyebabkan kita melupakan sesuatu. Distorsi memori. Kita kadang memiliki sesuatu yang harus diingat namun tidak bisa mengingatnya. Jadi. yaitu sepeda (sandi visual) dan jari-jari (sandi visual dan sandi verbal). Beni. Zaky Page 18 . Kita terkadang menyikat gigi padahal kita sudah menyikatnya. padahal didalam konteks yang lebih luas tidak demikian Psikologi Kognitif. Kesementaraan. dalam hal ini ada 2 konsep yang diperlukan. pencampuradukan retroaktif tampaknya cukup penting meskipun bukan satu-satunya factor. Proses-proses Lupa dan Distorsi Memori Dua teori utama pelupaan dalam memori jangka pendek adalah teori kemerosotan dan teori pencampuradukan. Ismanto. Oleh karena itu ada dua sandi yang dipanggil dan digunakan. 4. bukannya karena penggatian. manusia cenderung untuk mendistorsi memori mereka. yaitu konsep garis singgung persekutuan luar dua lingkaran dan teorema Pythagoras. Kita terkadang mengingat hal-hal yang berkaitan sebagai hubungan sebab akibat. Penghalangan. Ada tujuh cara spesifik yng didalamnya distorsi-distorsi ini cenderung muncul ( Scharter. Kita sering tidak mengingat kapan mendengar apa yang didengar atau membaca apa yang dibaca. bukannya setelah. kemerosotan terjadi ketika hanya cukup dengan terlalunya waktu telah menyebabkan kita lupa Teori pencampuradukan membedakan antara pencampuradukan retroaktif dan pencampuradukan proaktif.

Anda siap untuk mengorganisasikan informasi yang tersedia dengan suatu cara yang memampukan Anda mengimplementasikan strategi. selain penghalangpenghalang dan bantuan-bantuan yang akan dimiliki bagi pemecahan masalah. kita masih harus mendefinisikan dan merepresentasikan masalah dengan cukup baik agar paham cara menyelesaikannya. Tahap ini melibatkan pengumpulan acuan-acuan atau bahkan pengumpulan ide-ide Anda sendiri. pengidentifikasian apakah situasi tertentu problematis terkadang merupakan langkah yang sulit. Namun. peralatan dan ruang. jika kita tidak bisa mengeluarkan jawaban dengan segera. atau mungkin hanya berperan sebagai tambahan. Anda mengorganisasikan informasi secara strategis. Beni. Sekali saja sebuah strategi (minimal strategi tentatif) dirumuskan. namun karena tidak menyadari informasi apa yang mereka miliki. sebuah upaya untuk mengatasi rintangan yang menghambat jalan menuju solusi dan juga akan dibahas tentang kreativitas dan perannya bagi pemecahan masalah. Selain itu. kebanyakan dari kita menghadapi suatu masalah dengan sumber daya yang terbatas. Tahap ini sangat kritis bagi pemecahan masalah yang baik. Tentunya di seluruh lingkaran pemecahan masalah. Pengalokasian sumber daya: Sebagai tambahan bagi masalah-masalah lain. strategi melibatkan juga proses pelengkap yang disebut sintesis —memadukan bersamasama berbagai unsur dan menyusunnya menjadi sesuatu yang berguna. Strategi mungkin melibatkan analisis — memilah-milahkan seluruh masalah yang kompleks menjadi unsurunsur yang bisa diatur. langkah berikutnya adalah merencanakan strategi untuk menyelesaikannya. Fifi. kita perlu tahu kapan mengalokasikan sumber daya yang mana. 3. Perumusan strategi: Sekali masalah sudah didefinisikan secara efektif. Sementara masalah yang lain sedikit saja menghabiskan sumber daya. 2. Pendefinisian masalah dan perepresentasiannya: Sekali kita dapat mengidentifikasikan keberadaan masalah. Pengorganisasian informasi: Di tahap ini Anda berusaha mengintegrasikan semua informasi yang dianggap perlu untuk mengerjakan tugas secara efektif. Sejumlah masalah menghabiskan banyak waktu dan sumber daya lain. Berikut ini bererapa langkah kunci pemecahan masalah. Zaky Page 19 . Sebaliknya. Kadang-kadang manusia gagal menyelesaikan masalah bukan karena tidak bisa menyelesaikannya. Jika kita bisa mengeluarkan jawaban dari memori. atau apakah solusinya cocok. Pengidentifikasian masalah: Meskipun ganjil seperti kedengarannya. Ismanto. Kita mungkin gagal untuk menyadari bahwa kita memiliki suatu tujuan. Psikologi Kognitif. uang. Anda secara konstan mengorganisasikan dan mengorganisasikan ulang informasi yang tersedia.PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS Pada bagian ini akan dibahas tentang proses pemecahan masalah. 5. Sumber daya ini mencakup waktu. 4. Pasca Mat 2010 Debora. menemukan sebuah perepresentasian terbaik yang memampukan Anda mengimplementasikan strategi. Namun di tahapan ini. kita tidak akan menghadapi masalah tersebut. 1. kita jadi terjebak di dalam masalah yang harus segera dipecahkan. LINGKARAN PEMECAHAN MASALAH Kita terlibat di dalam pemecahan masalah saat kita perlu mengatasi hambatan untuk menjawab sebuah pertanyaan atau mencapai sebuah tujuan.

atau melenceng di langkah sebelumnya. Pemecah masalah yang efektif tidak merancang jalan menuju solusi dan kemudian menunggu sampai meraih tujuan akhir jalan untuk mengecek di mana mereka berada. Masalah-masalah ini juga disebut masalah-masalah yang terdefinisikan dengan baik. Pengevaluasian: Sama seperti Anda perlu memonitor sebuah persoalan saat berada di dalam proses penyelesaian. mereka akan menilai kembali apa yang sedang mereka kerjakan. Pandangan Awal Gestalt Para psikolog Gestalt menekankan pentingnya keseluruhan lebih daripada kumpulan bagian-bagiannya. Fifi. sesuatu yang berbeda total dari pemecahan masalah rutin yang tidak mengandalkan insight. pemecah masalah yang efektif sering memeriksa langkahlangkahnya untuk memastikan semakin dekat dengan tujuan. 2. JENIS-JENIS MASALAH Masalah-masalah bisa dikategorikan menurut apakah mereka memiliki jalan yang jelas menuju solusi atau tidak. Pandangan Tidak-Ada-yang-Istimewa Menurut pandangan tidak-ada-yang-istimewa. Sedangkan masalah yang terstruktur dengan buruk tidak memiliki jalan yang jelas menuju solusi. 3. akan tetapi akan membawa sebuah solusi yang akurat jika diaplikasikan kepada masalah tertentu. Masalah-masalah yang terstruktur dengan baik dapat diselesaikan dengan algoritma. 7. para psikolog Gestalt yakin kalau persoalan-persoalan insight mensyaratkan pemecah masalah memahami persoalan secara keseluruhan. Masalah-masalah ini juga disebut masalah-masalah yang terdefinisikan dengan buruk. Zaky Page 20 . Berikut ini ada beberapa pandangan alternatif tentang cara pemecahan masalah yang memerlukan insight dilakukan. Pemonitoran: Pengalokasian waktu yang bijak mencakup juga pemonitoran proses-proses pemecahan masalah. Jika tidak. Beberapa pengevaluasian bisa langsung dilakukan. Sedangkan masalah-masalah yang terstruktur dengan buruk ini masih memerlukan insight. Beni. Mereka mungkin menyimpulkan sudah membuat langkah awal yang keliru. maka Anda juga perlu mengevaluasi solusi setelah menyelesaikan semua tahapan tersebut. Paham ini berpandangan bahwa insight adalah sebuah proses yang istimewa. yaitu: 1. Hal membosankan. Masalah yang terstruktur dengan baik memiliki jalan-jalan pemecahan yang jelas menuju solusi. Sebaliknya.6. Pasca Mat 2010 Debora. Terkait dengan pemecahan masalah. yaitu: pemahaman yang berbeda dan terkadang muncul mendadak terhadap suatu masalah atau strategi yang membantu penyelesaian masalah. atau melihat langkah baru yang cukup menjanjikan. pengenalan. insight hanyalah perluasan dari penerapan. Ismanto. Psikologi Kognitif. Pandangan Neo-Gestalt Pandangan ini mendukung pandangan Gestalt bahwa memang terdapat sesuatu yang istimewa tentang pemecahan masalah ber-insight. Sisanya bisa menyusul entah dalam waktu singkat atau lama. pembelajaran dan pemahaman yang biasa.

Hambatan dan Bantuan Bagi Pemecahan Masalah Berikut ini ada beberapa faktor yang menghambat pemecahan masalah. Ketika pemecah masalah memiliki sebuah perangkat mental yang dipertahankan. Berikut ada beberapa mekanisme yang memungkinkan bagi efek-efek menguntungkan dari inkubasi. manusia memiliki perangkat-perangkat mental tertentu yang mendorongnya untuk mencocokkan satu aspek sebuah masalah atau sebuah strategi penyelesaian masalah sehingga membuang aspek lain yang cukup relevan. konteks masalah atau prosedur bagi pemecahan masalah. hambatan utamanya bukan kebutuhan untuk menemukan strategi yang cocok bagi pentransferan positif. mereka akan memfiksasi sebuah strategi yang normalnya bekerja baik dalam memecahkan banyak masalah. Pentransferan adalah pengaplikasian pengetahuan atau keahlian dari sebuah situasi masalah ke situasi masalah lain. Kubu Pertahanan dan Fiksasi Sebuah faktor yang dapat menghambat pemecahan masalah adalah perangkat mental — yaitu kerangka pikir yang melibatkan sebuah model yang ada untuk merepresentasikan masalah. Istilah lain bagi perangkat mental ini adalah kubu pertahanan (entrenchment). namun tidak bekerja baik saat memecahkan masalah tertentu. 2. Zaky Page 21 . Pasca Mat 2010 Debora. Proses-proses ini bisa digunakan bahkan dengan insight yangkecil saja. Sebaliknya. Pentransferan bisa negatif atau positif. yaitu: 1. sedangkan pentransferan positif bisa dianggap melibatkan pentransferan pengetahuan atau keahlian faktual dari satu setting ke setting lain.4. kita harus berusaha keras menghindari hambatan yang muncul dari pentransferan negatif. kita akan membiarkan detail yang tidak penting berlalu. Pentransferan negatif terjadi saat kemampuan memecahkan masalah yang sebelumnya tidak berhasil diterapkan untuk memecahkan masalah yang selanjutnya. Perangkat-perangkat Mental. Hal ini melibatkan pengambilan jeda dari tahap-tahap pemecahan masalah. Ketiga jenis insight tersebut berkaitan dengan tiga proses yang berbeda: pengodean selektif. yaitu: 1. Fifi. Pentransferan Negatif dan Positif Sering kali. Dari aspek-aspek yang penuh makna ini. insight terdiri atas tiga jenis. kita Psikologi Kognitif. pembandingan selektif dan pengombinasian selektif. Mereka membawa pengetahuan dan strategi bagi pemecahansuatu jenis masalah yang berbeda dari jenis masalah lain. Inkubasi —menyisihkan persoalan untuk sesaat dengan tidak memikirkannya secara sadar — menawarkan satu cara untuk meminimalkan pentransferan negatif. 3. Ismanto. Saat kita tidak lagi mempertahankan sesuatu di dalam memori-aktif. Inkubasi Untuk memecahkan banyak masalah. Beni. Kita hanya menyimpan aspek-aspek yang lebih bermakna di dalam memori. Pandangan Tiga-Proses Menurut pandangan ini.

berada di tempat tidur. Seiring dengan berlalunya waktu. mungkin malah bermain dengan petunjuk-petunjuk yang dianggap tidak relevan atau bersifat mengalihkan ketika berada dalam kondisi pembangkitan korteks tinggi. mereka melakukan performa lebih baik jika posisi catur ini bisa dipahami berdasarkan permainannya yang aktual.yang-sedang-bekerja— bisa meningkatkan petunjukpetunjuk lebih jauh yang bisa dicerap dan diyakini di dalam memori-aktif secara serentak. Zaky Page 22 . Apa yang menarik para psikolog kognitif adalah alasan bahwa keahlian meningkatkan pemecahan masalah. meningkatkan kemungkinan penyelesaian masalah. Ismanto. Sebuah stimulus internal atau eksternal bisa mengarahkan pemecah masalah untuk melihat sebuah analogi antara masalah saat ini dan masalah lain. Pengorganisasian Pengetahuan Sebuah tim peneliti berencana untuk menemukan apa yang diketahui dan dilakukan para ahli.2. atau mungkin yang hanya bisa diaplikasikan pada solusi yang diketahui (Langley & Jones. saat sedang rileks.. Keahlian adalah kemampuan atau pencapaian unggul yang mencerminkan basis pengetahuan yang dikembangkan dan diorganisasikan dengan baik. memori-memori yang lebih baru menjadi lebih terintegrasikan dengan memori-memori yang sudah ada. Seifert dkk. Pertimbangkan apa yang terjadi ketika pemecah masalah berada di dalam stimulasi rendah pembangkitan korteks. Para pemain diminta untuk mengingat posisi bidak-bidak catur itu. Jika bidak-bidak ini didistribusikan di seluruh papan secara acak. Di salah satu studi. Dari hasil penelitian tersebut dapat dipahami bahwa pengetahuan bisa berinteraksi dengan pemahaman di dalam pemecahan masalah. 3. dalam hal pengelaborasian Psikologi Kognitif. mereka menyajikan kepada pemain ahli dan pemula sebuah tampilan papan catur dengan susunan bidak dalam formasi tertentu. Selain itu. Fifi. para ahli catur tidak lebih baik mengingat posisi bidak-bidak tersebut ketimbang para pemula. Hasilnya. Beni. Namun. Pasca Mat 2010 Debora. pembatasan oleh perangkat mental awal menjadi tersisa lebih sedikit. Peningkatan di dalam jangkauan atensi — dan mungkin juga kemampuan dari memori. Di titik ini. Individu-individu ini. 1995). stimuli baru —baik internal maupun eksternal— bisa mengaktifkan perspektif-perspektif baru mengenai masalah. lalu menjadi bebas untuk merekonstruksi mereka secara baru. 4. atau ketika sedang berjalan. Seiring berjalannya waktu. pemecah masalah bisa siap untuk menemukan sebuah solusi yang bisa diperbandingkan. seperti saat mandi di pancuran. Mereka berusaha menentukan apa yang membedakan pemain catur ahli dari pemain catur pemula. 5. khususnya pengetahuan keahlian. beberapa asosiasi perangkat mental jadi melemah. Keahlian: Pengetahuan dan Pemecahan Masalah Bagi mereka yang tidak memiliki keahlian di dalam psikologi kognitif menyadari bahwa pengetahuan. Selama fase pengintegrasianulang ini. Stimuli ini bisa melemahkan efek-efek dari perangkat mental sebelumnya. Secara umum. 1988. para ahli catur menunjukkan performa sedikit lebih baik ketimbang para pemula.

KREATIVITAS Banyak sekali definisi tentang kreativitas sebanyak yang bisa dipikirkan setiap orang tentang kreativitas. Psikologi Kognitif. Talenta Bawaan dan Kemampuan yang Diasah Meskipun basis pengetahuan yang terelaborasikan secara kaya sangat krusial bagi pencapaian keahlian tertentu di wilayah kemampuan tertentu. Ia bisa berupa sebuah teori. Fifi. Dan juga dalam pengalokasian waktu. Tugas-tugas ini melibatkan produksi yang divergen — pembangkitan berbagai jenis respons yang tepat. Zaky Page 23 . Sedangkan dalm penyusunan masalah. namun masih ada perbedaanperbedaan di dalam performa yang tidak bisa dijelaskan berdasarkan tingkat pengetahuan semata. sebuah cerita. Pasca Mat 2010 Debora. pengorganisasian dan penggunaan pengetahuan. Beni. Ismanto. sebuah simfoni atau apa pun yang lain. Oleh karena itu. Namun individu-individu kreatif tampaknya memiliki beberapa ciri umum. Banyak yang mengamini sudut pandang 'latihan menjadikan seseorang sempurna'. Sesuatu di sini bisa memiliki banyak bentuk.pengetahuan. yang membedakan para ahli dari para pemula adalah jumlah. Kebanyakan peneliti di bidang kreativitas mendefinisikan kreativitas sebagai proses memproduksi sesuatu yang orisinil dan bernilai. perbedaan antara para ahli dan pemula bisa diamati dengan meminta pemecah masalah melaporkan dengan jelas apa yang sedang mereka pikirkan saat berusaha memecahkan berbagai masalah. terkait dengan entah talenta bawaan atau kuantitas dan kualitas praktik di suatu bidang. pengukuran) menekankan performa bagi tugas-tugas yang melibatkan aspek-aspek spesifik kreativitas. sebuah zat kimia. Manusia dapat mengingat hal-hal dengan lebih baik dan menyelesaikan masalah dari apa yang mereka ingat lebih baik jika memiliki dasar pengetahuan yang solid untuk dipakai. sebuah proses atau prosedur. perbedaan antara para ahli dan pemula dalam pengalokasian waktu bisa dilihat berdasarkan fokus dan arah pemecahan masalah mereka. dan di antara para ahli itu sendiri. sebuah tarian. Adalah Seberapa Banyak yang Anda Hasilkan Apakah individu-individu kreatif menghasilkan sesuatu yang lebih banyak? Kita memang tidak bisa mengembangkan sebuah metodeyang lebih canggih untuk mendeteksi individu-individu kreatif dalam sekali pertemuan. Para psikolog yang melakukan pendekatan psikometrik (metrik. kreativitas mencerminkan kemampuan untuk mencipta lebih banyak. Ada sejumlah perdebatan besar seperti tentang apakah perbedaan di antara para ahli dan pemula ahli.

Mereka terus membangun dan melebarkan apa yang mereka ketahui untuk menciptakan pendekatan-pendekatan dan produk-produk inovatif Adalah Siapa Diri Anda Yang penting juga adalah peran filsafat pribadi di dalam kreativitas. percaya diri. hanya setelah berhasil menguasai bidang pilihan tersebut. impulsif. Kita bisa membedakan motivasi intrinsik yang sifatnya internal pada individu. Psikologi Kognitif. Zaky Page 24 . Apakah Anda sudah berada di tempat dan waktu yang benar? "Kita tidak bisa mempelajari kreativitas dengan mengisolasikan individu-individu dan kerjakerja mereka dari lingkungan sosial dan historis tempat perilaku mereka ditampilkan. Semuanya Sama-sama Penting Individu-individu kreatif cenderung memiliki kehidupan keluarga masa kecil yang mendukung. dari motivasi ekstrinsikyang sifatnya eksternal bagi individu. menerima diri. kira-kira setelah satu dekade mempraktikkan keahlian. Individu kreatif juga kurang begitu konvensional sehingga sering terkesan 'melawan arus'. Beberapa peneliti telah berfokus kepada pentingnya motivasi di dalam produktivitas kreatif. Hal ini mencakup keyakinan-keyakinan yang fleksibel dan sikap penerimaan yang luas terhadap budaya-budaya lain. mereka kemudian menjadi sangat ahli di bidangnya. untuk mengikuti terus terobosan ini (dan terkadang sebelum sanggup melakukan terobosan). Namun.Adalah Apa yang Anda Ketahui Beberapa peneliti meyakini kalau yang membedakan individu kreatif dari individu kurang kreatif adalah keahlian dan komitmen mereka kepada upaya-upaya kreatif itu sendiri. Oleh karena itulah. Pasca Mat 2010 Debora. Kebanyakan menunjukkan minat awal kepada bidang tertentu yang sudah dipilih. barulah mereka memiliki sebuah terobosan revolusioner awal. Ismanto. Kebanyakan pencipta tampaknya sanggup meraih minimal beberapa dukungan emosional dan intelektual pada waktu melakukan terobosan itu. ciri-ciri tertentu tampaknya secara konsisten diasosiasikan dengan individu-individu kreatif. Beni. namun cukup ketat dan relatif keras (tidak disayangi dan tidak diasuh dengan baik). Individu-individu yang sangat kreatif bersedia untuk bekerja lama dan keras. individu-individu kreatif cenderung lebih terbuka kepada pengalaman baru. Khususnya. Fifi. Mereka mempelajari karya pendahulu dan rekan-rekan se-zaman mereka. Mereka umumnya cenderung menunjukkan minat awal untuk mengeksplorasi wilayah yang tidak jelas. Dalam mengkaji literatur yang ada. Adalah di Mana Anda Berada Beberapa peneliti memfokuskan pentingnya faktor-faktor eksternal yang memberikan kontribusi bagi kreativitas. ras-ras lain dan kredo iman lain. dominan dan keras ketimbang individu yang tidak begitu kreatif. penuh semangat. Namun.

diabaikan atau dieksploitasi untuk menjalin hubungan intim pada masa dewasa. Teori ini disebut teori investasi kreativitas. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang ke depan menuju arah baru dan berbeda jika diperlukan. bukan tingginya tingkatan faktor tertentu atau kepemilikan sifat bawaan tertentu yang menonjol. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk meredefmisi letak bidang saat ini. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang ke satu titik awal yang berbeda. Namun. 8. Pengarahan ulang. Dia lalu menggerakkan bidang ke arah yang sama sekali baru dari titik tersebut. 4. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang mundur ke tempatnya semula (sebuah perekonstruksian tentang masa lalu) sehingga bidang bisa digerakkan lagi maju dari titik tersebut ke arah yang baru. Pengarahan ulang dari suatu titik di masa lalu. Zaky Page 25 . Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang dengan menyatukan bersama-sama aspek-aspek dari dua atau lebih jenis-jenis kontribusi kreatif di waktu lalu yang sebelumnya dilihat sebagai berbeda atau bahkan bertentangan. Status terkini bidang kalau begitu dilihat dari sebuah sudut pandang yang baru. 3. Sekarang mereka dilihat sebagai sesuatu yang tersintesiskan. Pengintegrasian. Redefinisi. 7. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang ke depan ke farah di mana dia sudah bergerak. Memulai kembali. 6. kontribusi kreatif bergerak lebih jauh lagi di mana bidang yang lain sudah siap beranjak maju juga. Namun. Pasca Mat 2010 Debora. Psikologi Kognitif. terkadang kemampuan kreatif ini ditinggalkan.individu yang kreatif biasanya mendedikasikan seluruh daya upaya yang dimiliki bagi pekerjaan mereka. Pengembangan. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menunjukkan kalau bidang tertentu berada di tempat yang semestinya. Gerakan ke depan. Replikasi. 2. Yang membedakan individu sangat kreatif dari individu kreatif biasa adalah pengaruh dari beragam faktor ini. Fifi. dan kontribusi membawa bidang menuju suatu titik di mana titik yang lain di bidang itu siap beranjak maju. Ismanto. 5. Kontribusi kreatif merepresentasikan sebuah upaya untuk menggerakkan bidang ke depan di mana dia sudah bergerak. Jenis-jenis Kontribusi Kreatif 1. namun belum teraih. Beni.

Bandung : KAIFA Sternberg. 11th. 2008. ( Pengantar Psikologi. Rita L.DAFTAR PUSTAKA Atkinson. J. Pustaka Pelajar: Jakarta Psikologi Kognitif. Edisi Kesebelas. Richard C.Jilid 1). Zaky Page 26 . Batam : Interaksara.Colin. Pasca Mat 2010 Debora. Fifi. R. Psikologi Kognitif. 1953. Beni. Ismanto. Buku Pintar Accelerated Learning. Introduction to Psycology. Kuasai Lebih Cepat . Daryl J Bem. Rose. Edward E Smith.ed. Atkinson. 1999.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful