P. 1
Testing Dan Implementasi Sistem

Testing Dan Implementasi Sistem

|Views: 80|Likes:
Published by rmayfarth

More info:

Published by: rmayfarth on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2012

pdf

text

original

Testing dan Implementasi Sistem Informasi

Testing dan implementasi system informasi Melakukan pengujian terhadap system informasi / program aplikasi/aplikasi sebelum digunakan Menguji dan membandingan dengan system sebelumnya, untuk memunculkan keunggulan pada system yang lama dan mengurangi kesalahan pada system yang baru. System yang baru lebih baik dari pada system yang lama. Mervisi system yang diuji, sampai system benar benar dapat menyelesaikan maslah pada system / organisasi (revisi system sebelum system digunakan) Sestem yang sudah digunakan, berarti sudah melalui pengujian system dan system layak dioperasikan / digunakan. Definisi Pengujian Sistem Suatu proses yang dilakukan untuk menilai apakah yang dirancang telah sesuai dengan apa yang diharapkan Suatu kegian untuk mengevaluasi keunggulan dan kelermahan terhadap sesuatu yang diuji (kwalitas produk) Mengevaluasi terhadap urutan kegiatan yang sistematis dalam mencapai tujuan system Mengevaluasi keseimbangan jumlah pelaksanaan kegiatan dengan beban kerja dalam sesuatu prosedur kegiatan Pengujian dan Mengevaluasi Hala hal yang terlibat dalam suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan untuk sipengguna

pada testing ini bertujuan untuk mendeteksi adanya perbedaan antrar kondisi software yang ada dengan kondisi yang diinginkan. pengelolaan (proses)dan output system Melakukan penilaian dan evaluasi terhadpat komponen system prosedur pelaksanaan kegiatan dan mutu atau kwalitas hasil system Pengujian terhadap system ü Personil Personil ditempakan sudah sesuai dengan skill atau kemampuan yang dimilikinya . untuk melihat kerusakan suatu produk melakukan evaluasi fitur fitur dari software. Testing dilakukan untuk memastikan atau menjaga mutu suatu produk ü Testing merupakan proses analisa dan entitas software. Berdasarkan pengertian diatas testing mempunyai beberapa tujuan : ü Testing dilakukan untuk memastikan mutu dari suatu produk yaitu menguji apakah produk (dalam hal ini system informasi) yang dihasilkan telah sesuai dengan mutu yang dipersyaratkan. Pengujian Sistem Melakukan proses evaluasi terhadap system yang sudah ada apakah system sudah sesuai yang dharapkan user Menilai dan mengevaluasi terhadap output atau ahasil system Menguji terhadpa input.Testing à Proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan adanya ketidak sesuaian hasil sebuah system informasi dengan apayang diharapkan.

Beban kerja yang optimum untuk masing masing personil Loyalitas atau kemamuan bekerja sama untuk menyelesaikan suatu kegiatan Kemampuan personil dalam menyelesaikan masalah ü Pengujian kegiatan Prosedur dan system kerja yang sistematis Perencanaan yang terkontrol dan terjadwal Arah tujuan atau target ang dapat dilaksanakan sesuai dengan perencanaan Hasil kegiatan yang terukur Kesemimbangan kegiatan dengan bersarnya biaya yang digunakan ü Pengujian misi atau tujuan Adanya integrasi antara personil yang terlibat dengan kegiatan yang dilaksanakn dalam mencapai target system Kwaliatas dari kegiatan yang mewujudkan tujuan system Tujuan Testing dan Implementasi Melakukan pengujian terhadap system informasi apakah sudah memenuhi kebutuhan user atau system informasi sudah layak digunakan dengan melalui : Uji analisis .

pengujian output. teknologi dan pengujian kendali terhadap aplikasi system informasi. maka aplikasi system informasi akan terjadi peningkatan : Performance / kinerja Information / nilai mutu informasi Economi / nilai ekonomis Control / pengendalian diri Eficeinsi Service / pelayanan Testing dan Sistem Informasi Elemen kritis dari jaminan kwlitas dan mempresentasikan kajian pokok dari spesifkasi. System informasi yaitu pengujian model. Sehingga memberikan system informasi yang berkwalitas terhadap user. desain dan pengkodean atau pngujian terhadap aplikasi system informasi berdasrkan komonen. database.- Uji perancangan Uji implementasi Sasaran Aplikasi system informasi yang sudah melakukan uji kelayakan system. Testing system informasi atau pengujian system informasi à pengujian terhadap aplikasi system informasi (software application) Program aplikasi Pengujian sintax .

Teknologi Pengujian terhadap kemampuan peralatan yang digunakan. data DOSEN. JADWAL. Contoh KRS (MHS. Contoh menguji flow chart KRS 2. julah database yang sesuai untuk menghaslkan output dan menampung data sesuai dengan form entri 5. Model / proses Menguji hasil rancangan tentang proses atau moder dari suatu system informasi yang akan dbuat dengan program aplikasi. sehingga mampu memberikan informasi yang iteraktiv kepada user. SO. IPK. Pengujian terhadap komponen system informasi 1. Input Pengujian terhadap jumlah atau variable data yang dibutuhkan output. kemapuan software dalam menjalankan aplikasi. Database Menguji atribtu data . dll 4. Output Menguji hasil rancangan dengan laporan yang disajikan aplikasi. Control atau kendali . MTK. keraguan dan kegagalan. contoh data MHS. SA 6. relasi antar file atau hubungan elemen data. apakah sudah memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan user.MTK.DOSEN PA. PA.DOSEN.contoh SS. dll) 3.- Pengujian lgika dan proses Pengujian output Yaitu program bebas dari kesalahan.

Konsep SDLC Indentifikasi / perencanaan Pengujian dan tujuan system –> output Ø Format laporan standar Ø No kd . relasi data dalam menghasilkan laporan informasi kepada user. output. Pengujian terhadap kasus yang dibahas.Menguji terhadap keamanan dan hak akses dari aplikasi dan dapat memonitor Testing dan implementasi system informasi Setelah dilakukan penyusunan system maka dilakukan pengujian system dengan tujuan untuk mengetahui masih ada atau tidak kesalahan program. Pengujian terhadap lgica. 2. 4. Pengjian terhadap keunggulan dan kelemahan software dan hardware yang digunakan 7. Pengujian terhadap tahapan analisis Pengujian tehadap tahapan perancangan 6. kemudian dilakukan implementasi system berupa upload keserver dan publishing. 5. kekurangan atau system yang disusun. Konsep pengujian testing dan implementasi system informasi 1. Pengujian terhadap mosel system informasi Pengujian terhadap model system 3.

output. Tahapan analisis Ø Identity à data. persoel sesuai dengan yang sudah ditentukan pada tahap perancangan .Ø Isi laporan (info pasti) Ø Pemakai (pengguna dari laporan) Ø Jumlah laporan Prosedur atau proses atau program Ø Data Ø Model Ø Kerangka berikir program Ø Media untuk memterjemahkan kenyataan sebenarnya Ø Ujicoba mode Ø Penguraian sudah sesui dengan model Personil Penyusunan jadwal dan pembagian tugas Penyusunan anggraan Analisis Laporan pengujian analisis yang layak untuk dilanjutkan keperancangan system yang disetujui oleh manajemen.

Ø Understand à maslah bias diselesaikan. 1. Teknologi. data pendukung untuk output Ø Analize à pengujian system baru harus lebih unggul dari system lama    Valid data Kosistensi model System lebih interaktif dan familiar Ø Report     Kecocokan model dengan pada terhadap perancangan Terjadi perubahan system pengolahan data Terjadi penyempurnaan laporan Efisiensi penyempurnaan data Analisis à laporan pengujian analisis yang layak untuk dilanjutkan keperancangan system yang disetujui oleh manajemen. Kecokakan format laporan dengan tahap perancangan dan haasil analisisi b. kerangka berfikir program atau flow chart) proses matematis dalam pemakaian rumus d. Kesesuaian model pada perencanaan dan analisis (jumlah data yang mengalir. pengujian untuk dapat menjalan aplikasi yang sudah dibentuk dan pengujian fungsi dari masing . Kesesuaian variable data yang dtuangkan pada format form entri pada tahap perencanaan dan hasil system c. Database dapat menampung jumlah yang dibutuhkan pada perencanaan dan kesesuaian data pada hasil analisis e. Pengujian perancangan a.

storage.Heterogen . alat.Struktur . keamanan dll.     Pengujian Analis Tahapan analis organisasi System kerja bidan ilmu Pola manajemen bidang yang paling mengisi system Gaya kepemimpinan Gaji atau status social karyawan .   Control system Keamanan akses system dan data Kecepatan pengolahan data dan pencarian informasi serta pendristribusian laporan Kpasistas penyimpanan memory Umur system Pengujian terhadap enkripsi data Keamanan ruangan. suhu.Homogen .masing komponen computer (alat I-P-O. keterlitian dan kevalitan angka) f.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->