P. 1
Pentingnya Membudidayakan Tumbuhan Dan Hewan Langka

Pentingnya Membudidayakan Tumbuhan Dan Hewan Langka

|Views: 225|Likes:
Published by Richy Prasetya

More info:

Published by: Richy Prasetya on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2015

pdf

text

original

PENTINGNYA MEMBUDIDAYAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN LANGKA

Tahukah kamu mengapa ada sebagian hewan dan tumbuhan yang langka? Ada beberapa factor yang menyebabkan hewan dan tumbuhan menjadi langka diantaranya adalah: 1. Faktor Alam Faktor Alam ini misalnya bencana alam yang terjadi tidka dsebabkan oleh manusia. Contohnya adalah gunung meletus, tanah longsor, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, gelombang tsunami, dll. Dengan adanya bencana ini hewan tidak mempunyai tempat tinggal. Selain itu tumbuhan yang biasanya tumbuh di daerah tertentu (daerah terkena bencana) akan ikut punah juga. 2. Faktor Manusia Faktor manusia ini meliputi seluruh macam kegiatan yang dilakukan manusia yang menyebabkan punahnya hewan dan tumbuhan. Adapun contohnya adalah: - Penggundulan hutan, gunung, dan bukit dapat menyebabkan erosi, banjir, dll - Perburuan hewan liar dapat menyebabkan punahnya hewan tersebut - Penangkapan ikan dengan cara peledak dan racun dapat menyebabkan tercemarnya sungai tersebut sehingga organisme lain dapat ikut mati. - Pengikisan plasma nutfah diganti dengan tanaman atau hewan unggul CONTOH HEWAN LANGKA 1. Anoa / Anoa depressicornis (Herbivora) dari Sulawesi Tengah

2. Babi rusa / Babyrousea (Herbivora) dari Sulawesi Utara Pulau Baru

Kalimantan 5.3. Badak / Rhinoceros sondaicus (Herbivora) dari Jawa 4. Nusa Tenggara . Banteng/ Bos Sondaecus (Herbivora) dari Jawa. Beo / Gracula religiosa (Omnivora) dari Kalimantan.

Betet/ Psittacula alexandri ( Herbivora) dari Irian 7.6. Buaya senyulong / Tomistoma schlegellii (Karnivora) dari Sumatra. Kalimantan .

Dara Mahkota / Goura goura (Herbivora) dari Irian 9.8. Gajah / Elphas indicus (Herbivora) dari Sumatra. Kalimantan .

Jalak Bali / Leucopsar rothschildi (Herbivora) dari Bali . Harimau / Panthera tigris (Karvivora) dari Sumatra dan Jawa 11.10.

TUMBUHAN LANGKA Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia Welwitschia Mirabilis Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik. tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa. arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir! Tanaman Karnivora Dionaea Muscipula . tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu. cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun. dan satu batang dan sistem akar. tapi tidak meninggi. O ya. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!.

yang adalah habitat asli bunga ini. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita. malah lebih mendekati daging busuk. hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh. Pasangan “Daun” yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari. dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini.Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal. Bunga Terbesar di Dunia Rafflesia Arnoldii Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Begitu rambut di daun ini tersentuh. atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans. yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. dari hasil pembuahan. Tapi masalahnya baunya ndak wangi. atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Tanaman Menari Desmodium Gyrans Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum. Sayangnya. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore .

Plant). yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Karena bentuknya yang lucu. sehingga populasinya rusak berat. karena gerakan daunnya. Tanaman Bola Baseball Euphorbia Obesa Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo. . banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya. hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit. Afrika Selatan. Tanaman ini gampang skeali tumbuh. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai. Nah. Pohon Botol Baobab Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar. Pohon ini disebut pohon botol. karena selain baunya yang memang mirip bangkai. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia. pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun! .. bahkan lebih tinggi dari manusia. karena selain bentuknya yang memang mirip botol.Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum Bunga yang satu ini tinggi besar. Afrika dan Australia. juga warnanya meniru daging yang membusuk.

TUGAS HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA NAMA KELAS NO : PRAMUDIA ANANTA PUTRA : 6 SD : 50 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->