MAKALAH ips

“ dekadensi moral dan upaya penanggulangannya “

Novia ramli mawarni citra pratiwi puang pulana

(104704363) (104704374) (104704385) (104704370)

[Year]

Namun. kami memohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah_Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini memuat tentang “ Dekadensi Moral Dan Upaya Penanggulangannya “. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua teman-teman yang telah memberikan masukan dan berpartisipasi penuh dalam penyusunan makalah ini. Untuk itu. 10 Desember 2011 Penyusun. Parepare. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada pembaca walaupun makalah ini jauh dari kesempurnaan. dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Terima kasih. Kelompok 5 . demi kesempurnaan makalah ini. Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan. baik yang datang dari diri kami masingmasing maupun yang datang dari luar.

....................................................................................................... Kesimpulan.............................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .................. i DAFTAR ISI........................................................................................................ iii .................................................................... ii BAB I PENDAHULUAN a......... d................................. Rumusan Masalah .................................................................................................................... Upaya penanggulangan dekadensi moral ..................................................................................................... c.......................... 13 DAFTAR PUSTAKA ........................................................................... 1 b........................................ Dekadensi moral ........................ 1 BAB II PEMBAHASAN a....... 13 b................... Latar Belakang ....................... Dekadensi moral dan akar ideologisnya............................................ Saran ...................... 2 4 5 9 BAB III PENUTUP a........................... b....................................... Kekuasaan dan politik global ...................................................................................................................................................

di Negaranegara barat khususnya. Tujuan mereka adalah mengabadikan dominasi global mereka. bersama dengan lima kekuatan lebih kecil yaitu. Italia. Tidak hanya itu. Ketiga kekuatan ini. seperti yang telah kita bahas di atas. dan belahan bumi Barat yang berpusat di Amerika Serikat. Bagaimana Itu Dekadensi Moral? 2. Bagaimana itu Dekadensi moral dan akar ideologisnya? 4. dengan masuknya budaya-budaya barat di Indonesia. termasuk bangsa kita bangsa Indonesia. Prancis. dan Rusia sekarang mendominasi dunia. membawa dampak negative bagi bangsa yang terdominasi. Hal itu sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan bangsa kita. yang berarti “ Group Of 7 “. seperti suku bunga. Raksasa-raksasa industry ini menyelenggarakan pertemuan tahunan dimana mereka menentukan cara mereka membagi pasar dunia dan mengatur kebijakan ekonomi global. Bagaimana itu Kekuasaan dan politik global? 3. dengan mengandalkan dominasi mereka. dan pertukaran mata uang. Bagaimana Upaya penanggulangan dekadensi moral? . mereka dengan mudah dan bebasnya mempengaruhi Negara-negara kecil. tarif. salah satunya adalah adanya perubahan moral atau dekadensi moral. suatu penataan ulang kekuatan-kekuatan di dunia ( dinamakan geopolitik ) telah menyebabkan terbentuknya suatu triad dalam dunia: Timur yang berpusat di Jepang. Pada awalnya. Inggris. yaitu Negara yang tidak berindustrialisasi. Tentunya mereka mempunyai tujuan tersendiri terutama agar predikat mereka sebagai bangsa yang mempunyai kekuasaan tidak tergeser dan pastinya selalu mengalami peningkatan. Kanada. maka dengan berbagai cara diluncurkan agar misi mereka dapat tercapai. Begitu bebasnya mereka memasukkan budaya-budaya yang tentu dengan hal itu. LATAR BELAKANG Sejak perang dunia II. Eropa yang berpusat di Jerman. begitu banyak perubahan yang terjadi di Negara kita. mereka menyebut diri mereka G-7. RUMUSAN MASALAH 1. B.BAB I PENDAHULUAN A.

DEKADENSI MORAL Salah satu akibat terbesar pada hidup dan kehidupan manusia serta masyarakat. kemunduran dan kemorosatan yang terus menerus [sengaja atapun tidak sengaja] terjadi serta sulit untuk diangkat atau diarahkan menjadi seperti keadaan semula atau sebelumnnya. Karena paduan kondisi yang buruk dan upaya mencapai semua keinginan hati. norma. dan seterusnya. Tetapi. Dengan demikian. sehingga berdampak pada kerusakan sistem sosial-kultural dan hukum serta norma-norma. Dan ketika seseorang memasuki peralihan tersebut. Dekadensi moral bukan lingkaran kekuatan ataupun lingkungan yang membentuk manusia agar bertindak negatif serta menabrak nilai-nilai standar kebaikan hidup dan kehidupan. normal. Jika upaya pemenuhan itu tidak tercapai dengan hal-hal wajar.BAB II PEMBAHASAN 1. sifat dan sikap negatif manusia lah yang menciptakan atau memperlihatkan dekadensi moral. dekadensi moral merupakan atau bermakna kondisi moral yang merosot [jatuh] atau sementara mengalami [dalam keadaan] mundur atapun kemunduran. motivasi agar memperoleh kepuasan melalui banyak [adanya] harta benda. Pada kondisi tersebut. manusia telah menciptakan ketidakteraturan dengan cara mematahkan rambu-rambu moral dan teguran suci suara harinya. biasa membangun motivasi untuk memenuhinya dengan berbagai cara. serta berbagai faktor dan kejahatan lainnya. yang tidak peduli pada agama [dan TUHAN] adalah adanya suatu kondisi yang oleh para praktisi pendidikan. Dekadensi berasal dari kata dekaden [keadaan merosot dan mundur] dan moral atau akhlak. dan kaum agamawan sebut sebagai dekadensi moral. Di samping ketidakpedulian pada agama. maka ia telah terjerumus ke dalam dekadensi moral. etika. mempunyai andil besar pada dekadensi moral masyarakat di banyak tempat dan pada berbagai bangsa. dan lain sebagainya yang . baik dan benar. maka akan beralih melalui pelanggaran hukum. kondisi sosia-kultural masyarakat yang buruk. sosiolog.

orang-orang berinteraksi di dalamnya. Hal tersebut. namun bisa muncul pula pada masyarakat yang belum maju di pedesaan. bahkan keagamaan. akan bersikap dan berperilaku yang sama. ada juga pada tataran birokrat. perselingkuhan. dan undangundang. peraturan. yang sebetulnya merupakan suatu kemunafikan. Manusia berwajah ganda seperti itu. pemeritah. pelanggaran HAM. ia adalah sosok idola yang bersih. kumpulan ataupun institusi sosial. dipaksa dan terpaksa untuk mengikuti atau ikut terjerumus pada arus kerusakan. ia mempunyai sikap serta tindakan dan perilaku moral yang jauh dari kejujuran. pemegang kekuasaan. perampokan. secara bersama ataupun sendiri-sendiri. Pada satu sisi. kesetiaan dan ketaatan kepada TUHAN. manusia secara individu. Terjadi pada lingkungan rakyat biasa. . juga bermakna bahwa setiap orang [dalam jabatan dan fungsional apapun] berpeluang terjerumus ke dalam sikon dekadensi moral. dan lain-lain. pelanggaran norma. pelacuran. kelompok atau komunitas masyarakat. Namun. tercermin dengan adanya ketidaksidiplin. KKN. kriminalitas. di sisi lain. pemangku jabatan struktural maupun fungsional. Dekadensi moral dapat dan mudah terjadi pada orang-orang tertentu. baik hati. Dan dalam kondisi yang rusak tersebut. Mereka.berlaku dalam komunitas masyarakat. maupun keagamaan. penyalahgunaan kekuasaan dan jabatan. ia penuh dengan kemunafikan. dapat dipahami bahwa tidak sedikit tokoh-tokoh terkenal ataupun pemimpin yang mempunyai tampilan diri ganda. sama-sama memelihara kerusakan. berbagai tindak manipulasi. Hal-hal itu. Dengan itu. dan lain sebagainya. ada di mana-mana. karena berbagai kepentingan. Realitas hidup dan kehidupan manusia yang mencerminkan dekadensi moral dapat terlihat pada kata dan perilakunya sehari-hari. serta berbagai kejahatan dan penyimpangan lainnya. serta ketidakteraturan lainnya agar dapat mencapai keuntungan lalu mampu memenuhi semua keinginan hatinya. Dekadensi moral ada pada masyarakat maju dan berpendidikan di perkotaan. politisi. ramah-tamah. Akibatnya. suku menolong. hampir semua sistem dalam komunitas tersebut menjadi rusak dan mengalami degradasi serta dekadensi. pembunuhan.

Raksasa-raksasa industry ini menyelenggarakan pertemuan tahunan dimana mereka menentukan cara mereka membagi pasar dunia dan mengatur kebijakan ekonomi global.mereka menderita penyakit moral yang menyerang seluruh ekssitensi hidup dan kehidupannya. Tujuan mereka adalah mengabadikan dominasi global mereka. Ketiga kekuatan ini. Pada abad ke-16. serta mudah menjangkiti orang lain. Kemudian. Bangsa yang memiliki teknologi paling maju menjadi kaya dengan menaklukan bangsa lain dan mengeksploitasi sumber dayanya. Bangsa yang baru berindustrialisasi mengeksploitasi sumber daya bangsa yang tidak berindustrialisasi. seperti yang telah kita bahas di atas. terdapat perubahan yang sering tidak kita sadari. beberapa bangsa berindustrialisasi. Italia. mereka dengan mudah dan bebasnya mempengaruhi Negaranegara kecil. Sejak perang dunia II. tarif. membawa . Bangsa yang membuat kemajuan tercepat dan paling bermakna dalam bidang-bidang teknologi ditakdirkan untuk menjadi yang lebih dominan. Begitu bebasnya mereka memasukkan budaya-budaya yang tentu dengan hal itu. Kanada. Tidak hanya itu. pengaturan kekuasaan antar bangsa. Ini jelas merupakan dominasi bangsa paling berindustrialisasi. suatu penataan ulang kekuatan-kekuatan di dunia ( dinamakan geopolitik ) telah menyebabkan terbentuknya suatu triad dalam dunia: Timur yang berpusat di Jepang. dan belahan bumi Barat yang berpusat di Amerika Serikat. pembagian global masa kini telah mulai muncul. di Negara-negara barat khususnya. tidaklah mungkin menunjukkan perubahan yang paling penting. Pada awalnya. dengan mengandalkan dominasi mereka. bersama dengan lima kekuatan lebih kecil yaitu. ini menjadikan bangsa yang tidak berindustrialisasi menjadi tergantung dan tidak mampu mengembangkan sumber daya mereka sendiri. dan pertukaran mata uang. Prancis. Eropa yang berpusat di Jerman. setelah kapitalisme muncul. mereka menyebut diri mereka G-7. yaitu Negara yang tidak berindustrialisasi. dan Rusia sekarang mendominasi dunia. KEKUASAAN DAN POLITIK GLOBAL Dengan semua perubahan yang terjadi di sekeliling kita. Inggris. Namun diantara perubahan-perubahan tersebut. yang berarti “ Group Of 7 “. seperti suku bunga. 2. Menurut teori system dunia.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya istilah-istilah dan terminologi baru tentang penyakit jiwa yang tak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya. diantaranya John Schetineck. akan tetapi tidak memiliki ruhani yang cukup. DEKADENSI MORAL DAN AKAR IDEOLOGISNYA Gaya hidup masyarakat barat yang hedonis telah lama di kritik oleh para pemikir mereka sendiri. maka orang orang zalim itu . dengan masuknya budaya-budaya barat di Indonesia. yang dicapai barat dan selalu mereka banggabanggakan ternyata tak mampu sedikitpun meredam kegelisahan yang menerpa jiwa-jiwa yang berusaha menolak fitrahnya untuk senantiasa beribadat kepada penciptanya. Seandainya saya ingin menghancurkan suatu bangsa saya akan memberinya sesuatu yang lebih banyak dari yang ia butuhkan kekayaan yang melimpah ini membuatnya rakus. salah satunya adalah adanya perubahan moral atau dekadensi moral. maka dengan berbagai cara diluncurkan agar misi mereka dapat tercapai. begitu banyak perubahan yang terjadi di Negara kita. kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka sehingga apabila mereka telah bergembira ria dengan apa yang telah diberikan kepada mereka. tak berdaya.Islam Peradaban Masa Depan) : Problem yang dihadapi Amerika justru kekayaan negeri ini memiliki segalanya dalam jumlah melimpah.dampak negative bagi bangsa yang terdominasi. kami siksa mereka dengan tiba-tiba. termasuk bangsa kita bangsa Indonesia. seorang penulis cerita besar Amerika( Yusuf Qordhowi. peradaban materi. 3. Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka. maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. bangsa kita tidak mungkin dapat hidup lebih lama dengan prinsip prinsip yang dianutnya Kemajuan science. Tentunya mereka mempunyai tujuan tersendiri terutama agar predikat mereka sebagai bangsa yang mempunyai kekuasaan tidak tergeser dan pastinya selalu mengalami peningkatan. dan sakit. Hal itu sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan bangsa kita. Sehingga penyakit kejiwaan di masyarakat barat menjadi merajalela dan semakin menunjukkan trend yang beraneka ragam. Allah SWT.

Mereka menolak tatanan masyarakat barat tentang kesucian seks yang harus di dapat melalui lembaga perkawinan. love disini lebih cenderung dalam pengertian sebagai seks bebas. dapat ditelusuri sejak kemunculan kaum muda yang menamakan diri mereka. dan Janis Joplin. yaitu kapitalis Amerika dan komunis Soviet. yaitu music. Mereka juga memprotes keikutsertaan AS dalam petualangan perang di Vietnam. Akar Budaya Kerusakan Moral Gaya hidup hedonis. Ideologi Hippies. seks bebas dan pengunaan obat-obatan penenang yang marak di kalangan artis dan masyarakat barat. diantaranya: Carlos Santana. Melalui musik mereka menyuarakan tujuannya. Mereka membentuk ideologi tersendiri untuk mencapai tujuan perdamaian yang mereka inginkan. kaum hippies. The Who. di mana lebih dari 500.dibinasakan sampai ke akar-akarnya. Tema-tema musik mereka selain perdamaian adalah menyeru kepada dunia tentang pesan-pesan cinta atau ideologi love. Al An’am: 44-45) A. Ide mereka ini selanjutnya dikenal sebagai sexual revolution.000 kaum muda datang untuk berkumpul dan menggelar konser musi bersama musisi penganut ideologi hippies pada era tersebut. Jimy Hendrix. yaitu perdamaian dunia. salah seorang personel band The Beatles dengan ungkapan “make a love not a war”. Ide ini kemudian di populerkan oleh John Lennon. kaum muda tersebut membentuk sebuah gerakan yang dikenal sebagai hippies atau flower generation. Lennon mengkampanyekan ide ini dengan cara cukup aneh. Ideologi mereka kemudian dikenal bertumpu pada tiga hal yang saling berkaitan. Namun perlu digaris bawahi. Lebih lanjut. Bagi mereka seharusnya seks secara bebas didapatkan tanpa perlu ikatan perkawinan.. Ideologi mereka menunjukkan eksistensinya ketika digelar Woodstock Festival tahun 1969. love and drugs. Mereka muncul di Amerika sekitar awal tahun 60-an yang dilatar belakangi oleh protes kaum muda terhadap perlombaan bom nuklir di era perang dingin antara dua blok penguasa dunia pada waktu itu. segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam (QS. yaitu di tempat tidur dengan pakaian tidur .

bersama istrinya. sehingga untuk bisa tampil harus mendapatkan ijin yang panjang . Hal ini ditandai dengan dikeluarkannya ijin secara mudah atas konser grup rock bercirikan hipppies. Hal ini ditandai ideologi hippies telah menjadi indrustri tersendiri yang menguntungkan. untuk dikonsumsi sebagai bentuk protes terhadap perang dunia dan bentuk pelarian dari ketakutan terhadap perlombaan senjata. Kita bisa melihat bahwa grup grup band liar malah menjadi grup band terkenal dan berubah menjadi mesin penghasil uang. LSD dan alkohol. Yoko Ono. Semua lagu mereka rata rata berisi syair jorok. Kita bisa lihat pada grup musik Gun’s N roses. Ditahun 30-an film film holliwood bisa dikatakan tak berani menampilkan adegan adegan seks secara vulgar. B. Di Woodstock para hippies mempopulerkan penggunaan zat-zat penenang dan minuman keras seperti cannabis (marijuana). dan kebencian. Begitu juga dengan michael jackson yang lagu lagunya tak jauh dari memuja syahwat dan perdamaian dunia telah menjadi icon tersendiri bagi indrustri musik. Satu hal yang sebenarnya aneh bagi iklim politik Indonesia pada saat itu. Deep Purple. Selain itu The Beatles pun menciptakan lagu yang kemudian menjadi credo bagi kaum hippies yaitu All you needed is love. nirvana. Pada awalnya ideologi hippies ini mendapat tantangan keras dari masyarakat barat yang masih memegang moral kristiani. Karena regime Orde Baru di tahun 70-an menerapkan kebijakan politik yang represif terhadap setiap pertunjukan. memuja syahwat. linkin park dll. Budaya hippies ini dapat dikatakan masuk tanpa hambatan berarti dari pemerintah Orde Baru. Namun kini nampaknya ideologi hippies ini telah diterima luas bukan hanya di amerika namun merata diseluruh dunia. Kita Dan Ideologi Hippies Sesungguhnya negara Indonesia sejak awal Orde Baru telah menjadi laboratorium percobaan sekulerisme dan permisivefisme. Sebelum era hippies ini masyarakat barat adalah pemegang teguh moral kristiani yang diantaranya melarang seks bebas dan menghormati institusi keluarga. di Indonesia pada era 70-an.

yaitu lagu bertema cinta yang mendayu-dayu dan tentang perdamaian dunia. terutama para pelajar dan mahasiswa akrab dengan ideologi dan kebudayaan barat terutama ideologi hippies yang sedang trend pada masa tersebut. Kemudian semakin berkembang sejak reformasi melanda negeri ini dimana kemunculan grup band layaknya seperti cendawan yang tumbuh dimusim hujan. clubbing. Seks bebas. disko dan acara maksiat lainnya. dan hal ini secara langsung maupun tidak langsung merupakan pengaruh ideologi hippies Bukan hanya lagu yang terpengaruh gaya hippies. Kemudian muncullah grup-grup musik yang berciri hippies. . Bahkan yang lebih mengerikan adalah munculnya budaya merekam adegan zinah. Kawin cerai. Kampus-kampus mulai akrab dengan pertunjukkan musik yang memang didukung oleh pemerintah Orde Baru dan sponsor dari perusahaan-perusahaan kapitalis. Di lapisan masyarakatpun budaya seks bebas semakin merajalela. perselingkuhan. Sekarang banyak beredar rekaman adegan zinah remaja melalui handphone dan internet. pamer aurat. clubbing. drugs. drugs adalah cerita yang selalu di tampilkan para artis di acara gossip di televisi. Dan perlu dicatat. Sejak saat itulah bangsa ini.dan harus melalui screening institusi ABRI. Tampaknya remaja sekarang sudah beranjak dari zinah sembunyi-sembunyi menuju zinah secara terang terangan. Kaum muda kita mulai akrab sedikit demi sedikit dengan gaya hidup hippies seperti seks bebas. clubbing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa regime Orde Barulah yang paling tahu dan bertanggung jawab terhadap derasnya arus liberalisasi dan ideologi hippies ini. Seks bebas pun tidak hanya terjadi pada kalangan mahasiswa namun juga sudah ke remaja SMP. grup-grup musik tersebut rata-rata menjadikan cinta sebagai tema dalam lagu-lagunya. disko dan drugs perlahan telah menjadi ukuran kemodernan kaum muda kita. bahkan dalam perilaku keseharian pun tidak bisa lepas dari gaya-gaya generation flower ini.

jika orang luar tidak tahu. Keruntuhan akhlak dikalangan remaja hari ini dilihat tidak mempunyai keutuhan moral. Tetapi jika setiap orang teguh keyakinannya kepada Tuhan serta menjalankan agama dengan sungguhsungguh. Sebaliknya dengan semakin jauhnya masyarakat dari agama. Masalah kenakalan remaja dewasa ini menunjukkan kecenderungan meningkat secara kuantitatif bahkan secara kualitatif. dikhawatirkan akan mengakibatkan meluasnya dekadensi moral remaja. Diantaranya adalah sebagai berikut: Pertama. Dan apabila dalam masyarakat itu banyak orang yang melakukan pelanggaran moral. Memantapkan Iman Dan Mengukuhkan Jati diri Keimanan dan kepribadian yang tinggi adalah benteng yang paling ampuh untuk memberantas gejala keruntuhan moral. longgarnya pegangan terhadap agama. sehingga perlu diambil langkah-langkah positif dan lebih terarah. tidak perlu lagi adanya pengawasan yang ketat. Lebih jauh lagi. Jika masalah kenakalan remaja ini tidak segera ditanggulangi. Kalau masalah ini dibiarkan begitu saja. karena setiap orang sudah dapat menjaga dirinya sendiri. Dengan demikian satu-satunya alat pengawas dan pengatur moral yang dimilikinya adalah masyarakat dengan hukum dan peraturanya. Karena pengawasan masyarakat itu datang dari luar. maka dengan senang hati orang itu akan berani melanggar peraturan-peraturan dan hukum-hukum sosial itu. atau tidak ada orang yang disangka akan mengetahuinya. Oleh karena itu. masalah kenakalan remaja harus ditanggapi dan ditanggulangi secara nasional dan dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua lapisan masyarakat. Dengan longgarnya pegangan seseorang peda ajaran agama. akan menimbulkan kehidupan remaja yang . masalah kenakalan remaja menyangkut nasib dan harapan remaja sekarang dan hari depan generasi muda dalam rangka kepentingan nasional. dengan sendirinya orang yang kurang iman tadi tidak akan mudah pula meniru melakukan pelanggaran-pelanggaran yang sama. Namun biasanya pengawasan masyarakat itu tidak sekuat pengawasan dari dalam diri sendiri. maka hilanglah kekuatan pengontrol yang ada didalam dirinya. semakin besar peluang untuk melakukan hal-hal yang menyimpang. Dan langkah pertama untuk membentuk keutuhan moral AKHLAK. tidak mau melanggar hukum-hukum dan ketentuan-ketentuan Tuhan. UPAYA PENANGGULANGAN DEKADENSI MORAL Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku menyimpang dikalangan para remaja.4.

Upaya kuratif yang dapat dilakukan di antaranya: . layak. 6. 4. A. C. dan terhormat. Mendirikan lembaga rehabilitasi untuk memberikan latihan kreativitas kepada anakanak dan para remaja yang membutuhkan. Peningkatan kesejahteraan keluarga. Upaya preventif yang dapat dilakukan dalam rangka mencegah timbulnya kenakalan remaja di antaranya: 1. 5. disertai program yang korektif. sehingga kita dapat memahami jenis kesulitan dan gangguan pada diri remaja. Tujuan pemberian hukuman itu adalah agar timbul efek jera serta pengaruhnya dapat menggugah hati nurani remaja tersebut untuk hidup mandiri. Mendirikan klinik bimbingan psikologi dan edukatif untuk memperbaiki tingkah laku dan membantu kesulitan mereka. Upaya penanggulangan kenakalan remaja menurut Tim sosiologi (1990:109 – 110) dalam buku Panduan Belajar Sosiologi. dibedakan kedalam tiga upaya. 3. Mendirikan badan pengadilan khusus anak dan remaja. 2. upaya represif (pemberian hukuman) dan upaya kuratif (penyembuhan).tidak tertib. Tindakan represif (hukuman) yang dapat diberikan kepada para remaja dilakukan dengan cara menerapkan hukuman yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. B. keamanan dan ketertiban umum terganggu dan selanjutnya akan menimbulkan gangguan dan bahaya terhadap kondisi nasional. Membuat badan supervisi dan pengontrol terhadap kegiatan remaja (remaja yang nakal). yaitu preventif (pencegahan). Jika seorang remaja sudah terlanjur melakukan tindakan kenakalan. maka perlu diadakan upaya kuratif (penyembuhan). Menyelenggrarakan diskusi kelompok dan bimbingan kelompok untuk usaha membangun kontrak manusiawi di antara para remaja dengan masyarakat luar.

Orang tua juga seharusnya mengetahui rekan-rekan anak mereka dan sentiasa memastikan anak-anak mereka berkawan dan bergaul dengan mereka yang mempunyai kedudukkan moral yang baik. tertib dan disiplin. mewujudkan sikap positif terhadap masalah.1. 1. atau ke tengah lingkungan sosial yang baik. motivasi. 3. “Keluarga mempunyai tugas menanamkan sifat keberagamaan. emosi dan keputusan. Selain itu tingkatkan penghayatan anak-anak terhadap agama. moral. ekonomi dan adat-istiadat atau budaya. Memberikan latihan bagi para remaja untuk hidup teratur. dan sosial yang harus ditunaikan sebaik-baiknya dalam rangka memperoleh kehidupan yang mulia. keberanian. Orang tua mestilah memperhatikan setiap gerak-gerik atau pergerakan anak-anak mereka. Menghilangkan sebab musabab timbulnya kejahatan remaja. Menggiatkan organisasi pemuda dengan program-program latihan keterampilan (vokasional) untuk mempersiapkan anak remaja itu bagi pasaran kerja dan hidup di tengah masyarakat. . Selain itu orang tua hendaklah menghabiskan sebahagian daripada masa seharian bersama anak-anak mereka dengan memberikan keyakinan. keluarga. melatih anak cara bersopan. Memperbanyak lembaga latihan kerja dengan program kegiatan pembangunan. 5. sehat. tepati janji. Orang tua hendaklah sentiasa mengetahui dan mengenal pasti masalah yang dihadapi oleh anak mereka serta sanggup meluangkan waktu untuk mengatasai masalah tersebut. menunjukkan keperibadian yang mulia. berketerampilan. Memindahkan anak-anak atau remaja nakal ke sekolah yang lebih baik. nilai-nilai murni. 2. Mendirikan klinik psikologi untuk meringankan dan memecahkan konflik emosional dan gangguan kejiwaan lainnya. amanah. masyarakat. sanggup menerima kelemahan diri serta menggali potensi anak. baik yang bersifat pribadi. Peranan orang tua adalah amat penting dalam memberikan perhatian yang serius terhadap anak-anak mereka. 4.

maka lingkungan sosial pun perlu memberikan kontribusi yang nyata terhadap pencegahan kenakalan remaja. Upaya pencegahan kenakalan remaja memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. rasa sosial yang sehat. Pihak yang turut berperan dalam upaya pencegahan kenakalan remaja selain keluarga dan masyarakat yaitu lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. penyesuaian psikologis dengan diri sendiri dan orang lain. serta cinta tanah air” (Imi Khuzami. Penciptaan kondisi sosial tersebut dapat berupa adanya pengajian-pengajian khusus remaja atau pendirian lembagalembaga keagamaan yang melibatkan seluruh kalangan masyarakat. Dengan terciptanya kondisi sosial yang religius.penuh dengan kebijaksanaan. Dengan komitmen bersama antara keluarga. dan sekolah maka setidaknya diharapkan akan mampu mencegah meluasnya permasalahan kenakalan remaja. Institusi pendidikan seperti sekolah dapat mereduksi tingkat kenakalan remaja dengan cara meningkatkan efektivitas maupun intensitas pendidikan yang berorientasi pada moral dan etika. akal dan logika. Setelah terwujud suasana keluarga yang harmonis dan orang tua mampu memberikan bimbingan maupun pengawasan yang kuat terhadap anak. maka kecil kemungkinan para remaja untuk melakukan perbuatan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. . Masyarakat dapat berperan serta dengan menciptakan kondisi sosial yang religius. masyarakat. Usaha yang dapat dilakukan misalnya dengan mengadakan kegiatan ekstra kurikuler keagamaan baik yang bersifat rutin maupun tahunan seperti penyelenggaraan pesantren kilat setiap bulan Ramadhan atau penyediaan jam pelajaran khusus untuk bimbingan kepribadian siswa. 2004:29). Hal tersebut dapat dilakukan baik pada waktu jam belajar maupun di luar jam belajar.

bisa saja diatasi atau paling tidak diminimalisir oleh pemerintah dengan memberikan tugas atau mengamanahkan kepada para guru dalam mendidik atau menanamkan sikap moral yang baik kepada para pelajar tentunya.BAB III PENUTUP A. Upaya pencegahan kenakalan remaja memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. kemunduran dan kemorosatan yang terus menerus [sengaja atapun tidak sengaja] terjadi serta sulit untuk diangkat atau diarahkan menjadi seperti keadaan semula atau sebelumnnya. dekadensi moral merupakan atau bermakna kondisi moral yang merosot [jatuh] atau sementara mengalami [dalam keadaan] mundur atapun kemunduran. masyarakat. . peran orang tua disini pun sangat berpengaruh terhadap bagaimana karakter daripada anak. damai. dan tentunya kehidupan yang dimaksudkan adalah kehidupan yang sejahtera. Masalah dekadensi moral ini. dan sekolah maka setidaknya diharapkan akan mampu mencegah meluasnya permasalahan kenakalan remaja. Kemerosotan moral yang dialami oleh bangsa ini sudah sepantasnya lah mendapat perhatian khusus dari pemerintah karena hal ini menyangkut masalah kehidupan manusia. SARAN Jika kita melihat realita sekarang tentunya di Negara kita ini. sangatlah memprihatinkan. Tetapi tidak lepas dari hal itu. Dengan komitmen bersama antara keluarga. karena ajaran-ajaran moral yang paling pertama diterima oleh anak adalah dari lingkungan keluarga. dan religius. Dengan demikian. B. KESIMPULAN Dekadensi berasal dari kata dekaden [keadaan merosot dan mundur] dan moral atau akhlak.

kompasiana. Drs. James.Henslin.eramuslim.com/urban/2011/06/20/dekadensi-moral/ http://www. Jakarta Rineka Cipta 2007 http://lifestyle. Erlangga 2006 Al-Qur’an Dan Terjemahannya.DAFTAR PUSTAKA Magnis Frans-Suseno. Al-Hikmah Ahmadi Abu.htm . Jakarta 1985 M. Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Sosiologi Pendidikan.com/suara-kita/pemuda-mahasiswa/muhammad-herry-karyawan-swastadekoadensi-moral-dan-akar-ideologisnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful