ALAT MUSIK TRADISIONAL ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dar Tanah Sunda, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.

ini yang pernah mau di curi gan

baik besar maupun kecil. terbuat dari bambu. yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2. sampai 4 nada dalam setiap ukuran. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog. 3.Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dar Tanah Sunda. BEDUG Spoiler for "BEDUG" .

sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional. tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. bedug menimbulkan suara berat. Bila ditabuh. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. Di Indonesia.Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. bernada khas. baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. rendah. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. BONANG Spoiler for "BONANG" .

biasanya di akhiran kalimat lagu. wilayah oktaf. Pada teknik tabuhan pipilan. diletakkan di atas tali yang direntangkan pada bingkai kayu. Khususnya dalam teknik tabuhan pipilan. bonang panerus berkecepatan dua kali lipat dari pada bonang barung. memegang tabuh berbentuk bulat panjang di setiap tangan. bonang panerus tidak berfungsi sebagai . ia membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus. bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun. beroktaf tengah sampai tinggi. Walaupun mengantisipasi nada-nada balungan. Ada tiga macam bonang.gong kecil berposisi horisontal yang disusun dalam dua deretan. bonang barung memainkan pembuka gendhing (menentukan gendhing yang akan dimainkan) dan menuntun alur lagu gendhing. BONANG BARUNG : Bonang berukuran sedang. dan pada aksen aksen penting bonang boleh membuat sekaran (lagu-lagu hiasan). pola-pola nada yang selalu mengantisipasi nada-nada yang akan datang dapat menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya. Pada jenis gendhing bonang. beroktaf tinggi. dan fungsinya dalam ansambel. BONANG PANERUS Bonang yang paling kecil. dibeda-bedakan menurut ukuran. Pemain duduk di tengah-tengah pada sisi deretan gong beroktaf rendah.Satu set sepuluh sampai empat-belas gong. adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka dalam ansambel. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan.

ada juga yang dibuat ancak "dudukan" khusus . Komposisi alatnya ada yang satu deretan dan ada juga yang dua deretan (calung indung dan calung anak/calung rincik). == Calung Rantay == Calung rantay bilah tabungnya dideretkan dengan tali kulit waru (lulub) dari yang terbesar sampai yang terkecil. cara menabuh calung adalah dengan mepukul batang (wilahan. Cara memainkan calung rantay dipukul dengan dua tangan sambil duduk bersilah. Dalam teknik tabuhan imbal-imbalan. biasanya calung tersebut diikat di pohon atau bilik rumah (calung rantay Banjaran-Bandung). Udah ada yang ngakui aja gan CALUNG Spoiler for "CALUNG" orang sunda pasti tau Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). jumlahnya 7 wilahan (7 ruas bambu) atau lebih. yakni calung rantay dan calung jinjing. Pengertian calung selain sebagai alat musik juga melekat dengan sebutan seni pertunjukan. Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam). karena kecepatan dan ketinggian wilayah nadanya. bonang panerus memainkan pola-pola lagu jalin menjalin. Ada dua bentuk calung Sunda yang dikenal. namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). bekerja sama dengan bonang barung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan.lagu tuntunan.

Siter dan celempung masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar. sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodik berdasarkan balungan). calung rantay di Banjaran dan Kanekes/Baduy. Siter dan celempung dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersama (panerusan). dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar. yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris "zither". Baik siter maupun celempung dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang (temponya cepat). "Celempung" berkaitan dengan bentuk musikal Sunda celempungan. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda. Nama "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer". Ciri khasnya satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. direntang kedua sisinya di antara kotak resonator. . sedangkan celempung panjangnya kira-kira 90 cm dan memiliki empat kaki. Jari kedua tangan digunakan untuk menahan. misalnya calung tarawangsa di Cibalong dan Cipatujah. ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. Tasikmalaya. serta disetel satu oktaf di bawah siter.dari bambu/kayu. Senar siter dimainkan dengan ibu jari. sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik. Umumnya sitar memiliki panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak ketika dimainkan. CELEMPUNG Spoiler for "CELEMPUNG" Siter dan celempung adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa.

Ketika sedang dalam kondisi imbal. SULING Spoiler for "SULING" . sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah. maka ditabuh cepat dan keras. demung ditabuh lambat namun keras. nada yang imbal. keduanya memiliki versi pelog dan slendro. atau menabuh bergantian antara demung 1 dan demung 2. dengan bentuk seperti palu. DEMUNG Spoiler for "DEMUNG" Demung adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan. Pada gendhing Gati yang bernuansa militer. meskipun juga dipakai dalam berbagai jenis gamelan lain. Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu. menghasilkan jalinan nada yang bervariasi namun mengikuti pola tertentu. demung ditabuh dengan keras dan cepat.Siter dan celempung dengan berbagai ukuran adalah instrumen khas Gamelan Siteran. dengan ukuran fisik yang lebih besar. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya. Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. lebih besar dan lebih berat daripada tabuh saron. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar daripada wilahan saron.

Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak. GONG/GO'ONG Spoiler for "GONG/GO'ONG" . Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak. Ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi. atau logam yang dilapisi perak. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Suling konser standar ditalakan di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Akan tetapi. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes. hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. emas atau campuran keduanya. Piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar.

Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini.Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Timur. Apabila nadanya masih belum sesuai. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Tetapi kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. . karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan. gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis. Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Di Korea Selatan disebut juga Kkwaenggwari. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus.

rendah. BONANG Spoiler for "BONANG" . bedug menimbulkan suara berat. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih.BEDUK Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. Di Indonesia. yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh. Bila ditabuh. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. bernada khas.

Walaupun mengantisipasi nada-nada balungan. adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka dalam ansambel. Ada tiga macam bonang. beroktaf tinggi. dibeda-bedakan menurut ukuran. BONANG PANERUS Bonang yang paling kecil. beroktaf tengah sampai tinggi. wilayah oktaf. Pemain duduk di tengah-tengah pada sisi deretan gong beroktaf rendah. BONANG BARUNG : Bonang berukuran sedang. ia membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus.gong kecil berposisi horisontal yang disusun dalam dua deretan. memegang tabuh berbentuk bulat panjang di setiap tangan.Satu set sepuluh sampai empat-belas gong. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan. pola-pola nada yang selalu mengantisipasi nada-nada yang akan datang dapat menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya. bonang panerus tidak berfungsi sebagai . diletakkan di atas tali yang direntangkan pada bingkai kayu. bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun. Pada jenis gendhing bonang. Pada teknik tabuhan pipilan. biasanya di akhiran kalimat lagu. bonang panerus berkecepatan dua kali lipat dari pada bonang barung. dan pada aksen aksen penting bonang boleh membuat sekaran (lagu-lagu hiasan). Khususnya dalam teknik tabuhan pipilan. bonang barung memainkan pembuka gendhing (menentukan gendhing yang akan dimainkan) dan menuntun alur lagu gendhing. dan fungsinya dalam ansambel.

Ada dua bentuk calung Sunda yang dikenal. == Calung Rantay == Calung rantay bilah tabungnya dideretkan dengan tali kulit waru (lulub) dari yang terbesar sampai yang terkecil. Udah ada yang ngakui aja gan CALUNG Spoiler for "CALUNG" Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Cara memainkan calung rantay dipukul dengan dua tangan sambil duduk bersilah. ada juga yang dibuat ancak "dudukan" khusus . bekerja sama dengan bonang barung. Dalam teknik tabuhan imbal-imbalan. bonang panerus memainkan pola-pola lagu jalin menjalin.lagu tuntunan. Komposisi alatnya ada yang satu deretan dan ada juga yang dua deretan (calung indung dan calung anak/calung rincik). yakni calung rantay dan calung jinjing. bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). biasanya calung tersebut diikat di pohon atau bilik rumah (calung rantay Banjaran-Bandung). karena kecepatan dan ketinggian wilayah nadanya. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan. namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih). jumlahnya 7 wilahan (7 ruas bambu) atau lebih. Pengertian calung selain sebagai alat musik juga melekat dengan sebutan seni pertunjukan. Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam). cara menabuh calung adalah dengan mepukul batang (wilahan.

CELEMPUNG Spoiler for "CELEMPUNG" Siter dan celempung adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. calung rantay di Banjaran dan Kanekes/Baduy. . Jari kedua tangan digunakan untuk menahan. sedangkan celempung panjangnya kira-kira 90 cm dan memiliki empat kaki. Senar siter dimainkan dengan ibu jari. Umumnya sitar memiliki panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak ketika dimainkan. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda. Nama "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer". Tasikmalaya. sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik. sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodik berdasarkan balungan). serta disetel satu oktaf di bawah siter. yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris "zither".dari bambu/kayu. Ciri khasnya satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. "Celempung" berkaitan dengan bentuk musikal Sunda celempungan. direntang kedua sisinya di antara kotak resonator. Siter dan celempung masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar. Siter dan celempung dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersama (panerusan). Baik siter maupun celempung dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang (temponya cepat). dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar. ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. misalnya calung tarawangsa di Cibalong dan Cipatujah.

Pada gendhing Gati yang bernuansa militer. Ketika sedang dalam kondisi imbal. dengan bentuk seperti palu. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya.Siter dan celempung dengan berbagai ukuran adalah instrumen khas Gamelan Siteran. demung ditabuh dengan keras dan cepat. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu. keduanya memiliki versi pelog dan slendro. Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung. demung ditabuh lambat namun keras. menghasilkan jalinan nada yang bervariasi namun mengikuti pola tertentu. dengan ukuran fisik yang lebih besar. lebih besar dan lebih berat daripada tabuh saron. DEMUNG Spoiler for "DEMUNG" Demung adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. maka ditabuh cepat dan keras. atau menabuh bergantian antara demung 1 dan demung 2. Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan. Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada. nada yang imbal. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar daripada wilahan saron. sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah. SULING Spoiler for "SULING" . meskipun juga dipakai dalam berbagai jenis gamelan lain.

emas atau campuran keduanya. hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak. Akan tetapi. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes. Piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. atau logam yang dilapisi perak. pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Suling konser standar ditalakan di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi. GONG/GO'ONG Spoiler for "GONG/GO'ONG" . Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu.

gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Timur. karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus. Di Korea Selatan disebut juga Kkwaenggwari. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini. Tetapi kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Apabila nadanya masih belum sesuai. . Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya.