P. 1
Mekanisme kopling

Mekanisme kopling

|Views: 113|Likes:
Published by Marwan Faturahman

More info:

Published by: Marwan Faturahman on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2012

pdf

text

original

Mekanisme penggerak

Kopling terdapat dua jenis yang dibedakan dari cara kerjanya : Kopling hidraulis (menggunakan Cairan), dan Kopling mekanis (menggunakan kabel) Click to edit Master subtitle style

4/23/12

Pada type ini pengemudi dapat dengan mudah mengoperasikan kopling dengan tekanan pedal yang ringan. 4/23/12 .Jenis kopling hidraulis Konstruksi kopling seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Pada jenis ini pergerakan pedal kopling diubah oleh master silinder menjadi tekanan hidraulis kemudian diteruskan ke garpu pembebas melalui silinder pembebas.

Jenis kopling mekanis Kopling mekaninis terdiri dari bagian-bagian seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini. Pada jenis ini perpindahan tekanan pedal kopling di teruskan ke rumah kopling secara langsung melalui kabel kopling 4/23/12 .

cylinder cup.Master silinder kopling Master silinder kopling terdiri dari reservoir . katup dan lainlain. piston. dalam hal ini tekanan hidraulis ditimbulkan oleh gerakan piston akibat dari penekanan pedal kopling 4/23/12 .

dan Type menyetel sendiri 4/23/12 Type yang dapat di stel .Silinder pembebas kopling (release Silinder pembebas kopling dibagi dalam dua cylinder) type : Type yang dapat di stel.

Pada umumnya gangguan yang terjadi pada unit kopling menyebebkan tenaga berkurang. harus dapat berfungsi dengan baik (sempurna). hal ini di rasakan apabila kendaraan terasa terjadi perubahan dari biasanya. suara abnormal atau kendaraan terasa bergetar dan sebagainya. 4/23/12 Jenis – jenis gangguan yang terjadi pada sistim kopling dan Kopling yang berpungsi sebagai pemutus . Dalam kenyataan yang sebanarnya tidak jarang pengemudi mengeluh kerena fungsi kopling tidak sempurna.penghubung tenaga putar mesin ke transmisi yang diteruskan ke masing-masing roda penggerak.

4/23/12 . untuk menekan putaran pegas diaprahma atau lengan pembebas pada jenis pegas coil dan membebaskan kopling.Bantalan pembebas Bantalan pembebas memudahkan garpu pembebas bergerak maju dan mundur sepanjang penopang bantalan transmisi.

Daftar gangguan Tenaga mesin terasa berkurang Kemungkinan penyebab 1) Plat kopling slip 2) Plat kopling aus 3) Penyetelan tidak baik 4) Dya tekan plat penekan tidak baik 4/23/12 .

Kendaraan mulai melaju timbul suara abnormal. saat Pedal kopling dilepas KEMUNGKINAN PENYEBAB Diaprahma aus tidak merata (tipe Diaprahma/membran) Lidah penyetel tidak rata (tipe pegas coil) Bantalan pembebas rusak/aus 4/23/12 .

Kendaraan mulai melaju terasa bergetar. saat pedal kopling dilepas KEMUNGKINAN PENYEBAB : 1) Plat kopling bengkok 2) Pegas torsi lemah/tidak berfungsi 3) Plat penekan cacat/ retak-retak 4) Permukaan roda gila cacat/retak 4/23/12 .

Rivet cushion plate longgar Pegas torsi rusak Kendaraan sedang melaju atau mulai melaju setiap pedal kopling dilepas terasa terhentak Clucth hub (splin kopling) longgar 4/23/12 .

Ciri-ciri plat kopling aus Pedal kopling tersa berat saat di injak Tercium bau terbakar (angus) Bahan bakar boros Panas mesin berlebihan (over heating) 4/23/12 .

4/23/12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->