P. 1
PENGERTIAN LAHAN VULKANIK

PENGERTIAN LAHAN VULKANIK

|Views: 659|Likes:
Published by Aisyah Nurhasanah

More info:

Published by: Aisyah Nurhasanah on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/31/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN LAHAN VULKANIK Tanah vulkanis meliputi 1% dari permukaan bumi namun dukungan 10% dari dunia populasi

, termasuk beberapa dari manusia kepadatan penduduk tertinggi. Hal ini biasanya dikaitkan dengan kesuburan tinggi alami mereka. Namun hal ini benar hanya sebagian. Jelas seperti tanah merupakan daerah permukaan planet kita yang sedang diisi ulang dengan yang baru, mineral keluar dari bagian dalam Bumi. Namun, beberapa dalam magmatik menyebabkan ketidakseimbangan unsur-unsur dalam bahan induk tanah vulkanik yang dapat berdampak terhadap kesehatan tanaman dan hewan yang tumbuh di dalam atau pada mereka. In contrast, all Sebaliknya, semua tanah lainnya mengungkapkan berbagai tahapan degradasi (pelapukan) dari mineral.

Penggunaan Tanah dan Batasan Penggunaan Keterbatasan fisik untuk Tanaman Pertumbuhan di Tanah Vulkanik Keterbatasan pertumbuhan tanaman di tanah vulkanik, mungkin iklim, fisik atau kimia. Iklim ekstrim termasuk kekeringan, yang diakui di tanah vulkanik yang memiliki aridic atau xeric moisture regimes. kelembaban rezim. Tanah ini terjadi di berbagai negara seperti Suriah, Yunani, Peru, dan Chile. keterbatasan iklim lainnya termasuk dingin parah (Cryands dalam Taksonomi 49, 1999). Tanah ini yang terutama terbatas pada utara belahan bumi utara seperti vulkanik dan tanah di Alaska, Islandia, dan Semenanjung Kamchatka Rusia timur. Banyak sifat fisik tanah yang sangat baik yang membuat mereka sangat diinginkan untuk berbagai penggunaan lahan. Namun, di beberapa daerah tanah tertentu sifat fisik dapat membatasi produktivitas. Diantaranya tabel air yang tinggi (Aquands dalam Tanah Taxonomy, 1999).Dalam beberapa lingkungan gunung berapi, seperti di bidang puing-puing longsoran dengan depresi tertutup banyak atau di teras rendah di cekungan seperti niadi dari Chile, mungkin ada atau tidak sempurna drainase (buruk) yang mengarah ke tanah vulkanik yang terendam air. Sementara ini mungkin menguntungkan untuk padi sawah, kehadiran meja air yang tinggi untuk waktu yang lama. Dengan drainase yang mengarah ke bawah tanah kadar oksigen, sangat membatasi perakaran tanaman yang mendalam. Jenis drainase bervariasi sesuai dengan ekonomi dari perusahaan penggunaan lahan. Cara mereka berbeda dari memotong saluran air terbuka, pemasangan baik dengan tangan atau peralatan penggalian. Untuk pemasangan ubin tanah liat (pipa berongga), atau pipa berlubang

plastic. Sebuah fitur yang berbeda dari drainase miskin di tanah vulkanik adalah kurangnya memutih berbeda (gleying) dari lapisan tanah seperti yang terlihat di tanah lain. Hal ini disebabkan kandungan besi yang tinggi dari banyak bahan induk vulkanik yang menghambat pengangkatan besi dalam proses gleying. Untuk mengatasi situasi ini, dalam Taksonomi Tanah (1999) dilakukan penentuan ferrous besi menggunakan α, dipyridyl uji lapangan-α'. Untuk membatasi kedua tanah properti fisik adalah proporsi tinggi batu apung atau scoria (disebut juga abu) ditemui di beberapa profil tanah. Hal ini tidak hanya membuat tekstur menjadi kasar tetapi juga menyiratkan dominasi kaca vulkanik unweathered sebagian besar sifat tanah dalam fraksi pasir dan lumpur. Tekstur kasar mengurangi air tanah. Kapasitas penyimpanan dalam kondisi kering (menurunkan kapasitas lapang dan titik layu). Namun demikian, telah diakui bahwa batu apung tidak berperilaku seperti pasir dan bahwa sering ada sebuah film air yang disimpan dalam vesikel mikro-batu apung yang dapat diakses pohon atau tanaman perakaran yang dalam.

Keterbatasan Pastura dan rangeland Daerah besar tanah vulkanik yang digunakan untuk pertanian padang rumput (untuk sapi peradan untuk domba, rusa tingkat lebih rendah, dan kuda) di Islandia, Amerika Serikat, Chile, Argentina dan Selandia Baru. Dalam pengaturan ini terdapat beberapa keterbatasan fisik tanah (except for tolerance to cold), dan kelompok utama keterbatasan kimia. 1. Keterbatasan dalam pertumbuhan tanaman, 2. Untuk kesehatan hewan : Nitrogen cukup untuk rumput sehat Ini tidak selalu tersedia, terutama pada vulkanik muda, bahan di mana waktu tidak cukup untuk membangun nitrogen dalam tanah. Di alam ada spesies tanaman asli yang memperbaiki nitrogen. Di padang rumput, cengkeh merupakan tanaman yang dapat memperbaiki nitrogen yang baik untuk pertumbuhan rumput. Namun, untuk memastikan pertumbuhan rumput yang memadai ada baiknya menambahkan fosfor. Karena tanah vulkanik yang paling menunjukan retensi fosfat tinggi dan dapat terjadi persaingan antara akar dengan tanah maka dibutuhkan jenis pupuk dalam bentuk “Superfosfat” yang mudah larut.Superfosfat dapat menyediakan fosfat untuk tanah dan tanaman dalam periode waktu yang lebih lama.

. K. dan bunga potong tumbuh dengan baik pada tanah vulkanik yang menawarkan beberapa batasan lain dari beberapa N dipilih. Keterbatasan Kehutanan Kepadatan bulk rendah pada tanah vulkanik yang membuat media ideal untuk pertumbuhan pohon. lobak untuk terus berkembang tanpa batas. belerang. Kentang ditanam di tanah vulkanik di Jawa membutuhkan sejumlah besar bahan organik. Keterbatasan Estate Tanam Di Jawa. Terdapat kekurangan di tanah tinggi vulkanik ini termasuk nitrogen. fosfor. Tomat juga banyak ditanam di tanah tersebut. Hal ini mendorong sayuran termasuk kentang. lebih dipilih tanaman dengan perakaran yang lebih dalam karena dapat menembus tanah lebih dalam ntuk mendapatkan nutrisi dan uap air. Keterbatasan Hortikultura Tanah vulkanik ideal untuk produksi sayuran ("pasar berkebun") karena memiliki subsoil macroporosity tinggi. Dalam abu vulkanik dari letusan Gunung Galunggung yang memberikan cukup magnesium untuk satu atau dua musim sebelum penambahan pupuk Mg lebih lanjut yang diperlukan di perkebunan teh di sekitar Bandung di Jawa.pepaya (misalnya di seluruh Pasifik Selatan). jahe. dan seng. P. Buah-buahan tropis tradisional seperti nanas (misalnya di Filipina). kalium. Kesulitan yang dihadapi di tanah vulkanik termasuk kekurangan Boron pada tanah batu apung dan kekurangan kalium dalam area kecil dan kekurangan air. Kelebihan utama yang diperoleh dari tanah tersebut adalah kurangnya hambatan ke akar tanaman dan bulk density rendah (macrospores tinggi) memungkinkan untuk penetrasi akar terbatas. khususnya pada subur tanah (yaitu di mana mesin pertanian dapat digunakan). pisang (misalnya di Ekuador). yang diperkirakan untuk melawan toksisitas aluminium. bawang. wortel. magnesium.Keterbatasan Direkayasa Tanam Tanah vulkanis memiliki sifat yang sangat baik untuk luas tanam. teh ditanam di tanah tinggi vulkanik. mangga. Peningkatan bidang tanah vulkanik tropis ditanam di kelapa sawit. Untuk mengatasi kondisi-kekurangan air. Mg-pupuk aplikasi dan kadang-kadang irigasi.

diharapkan lahan pertanian masih dapat berproduksi dengan gangguan minimal. seperti curah rendah . . muncul risiko vulkanik lebih lanjut. tanah terlalu berharga untuk produksi makanan bagi kehutanan ekonomi untuk bertahan. tanah vulkanik sangat unik untuk teknik purposes. Secara khusus itu mencakup nilai pemetaan bahaya vulkanik. membuat mereka juga sangat cocok untuk tanaman pengakaran yang mendalam. termasuk mereka dengan sifat vitric (Karena vesikula mikro-). keterbatasan fisik untuk pertumbuhan pohon termasuk kedalaman yang dangkal ke batuan dasar. Mengurangi Resiko Vulkanik Untuk strategi bahaya vulkanik manajemen efektif.Namun. tetapi dengan tanaman berkelanjutan. terutama di daerah curah hujan tinggi. untuk membuat bahan lebih cocok untuk teknik purposes. Bagian ini menguraikan cara-cara di mana pemahaman yang lebih baik dapat diperoleh tentang bahaya vulkanik dan risiko. khususnya di bukit.kepadatan dan perubahan retensi air antara lapangan dan sampel kering. Sifat ini telah diidentifikasi sebelumnya. Biasanya. pengurangan kedalaman. kelembaban tinggi kapasitas dari tanah. Keterbatasan untuk Rekayasa tanah vulkanik bersifat tanah andic. hanya Vitric Andosol atau mereka yang terletak di pegunungan yang diawetkan untuk kehutanan. dan bagaimana mungkin resiko ditangani. tetapi dapat diatasi dengan pengeringan. di banyak negara. Kurangnya hambatan dalam tanah vulkanik yang paling memungkinkan akar pohon untuk menembus sampai kedalaman 6 m untuk mengakses air dan nutrisi. Interaksi ini akan selalu ada. Sedangkan varians juga ditandai kadar air dapat menyebabkan untuk landsliding dan. bahaya dan risiko yang ditimbulkan oleh gunung berapi perlu dipahami dengan baik. Selain itu. yang mendorong tinggi tingkat produksi pangan dan pertumbuhan penduduk. Sungguh ironis bahwa sebagian dari tanah nilai tertinggi di Bumi juga terjadi berada di yang paling vulkanik berbahaya daerah di dunia. Tanah vulkanik menunjukkan compactability miskin. peran pemantauan gunung berapi. peran sistem peringatan dan peran potensi perencanaan penggunaan lahan. Ditambah dengan relatif kesuburan tanah vulkanik dunia. Besar perubahan kohesi dan gesekan sudut dapat diinduksi pada pengeringan.

misalnya. semua skenario potensial. dan Okataina Vulkanik Pusat. aliran piroklastik.000) bukan pada skala yang sesuai untuk perencanaan penggunaan lahan (seperti 1:10. kerentanan sosial mereka dan keadaan saat gunung berapi. Sebagian besar peta bahaya gunung api cenderung ditarik pada skala regional (misalnya. Beberapa bahaya gunung api skala yang lebih kecil lapisan yang telah dibuat untuk beberapa daerah. Ruapehu. bahaya adalah peristiwa berpotensi berbahaya. peta bahaya Okataina adalah 1:100. Untuk daerah ski Ruapehu. seperti aliran lava. bukan hanya yang dikenal . 2008. termasuk skala waktu tersebut (misalnya. telah ada sedikit penggunaan yang terbuat dari peta ini untuk tujuan perencanaan penggunaan lahan. Auckland City (Olsen & Williams. Tetapi penggunaan aktual peta bahaya untuk menginformasikan keputusan penggunaan lahan telah dibatasi (Kauahikaua & Trusdell. Pemetaan baik bahaya fisik dan eksposur dan kerentanan masyarakat terhadap bahaya vulkanik dapat membantu keputusan panduan tentang mana untuk mencari infrastruktur dan pemukiman manusia (misalnya. Di Selandia Baru bahaya vulkanik telah diidentifikasi dan dipetakan..). termasuk pusat vulkanik di Taranaki. atau jatuh abu yang berpotensi untuk mempengaruhi masyarakat Risiko adalah kemungkinan seseorang atau properti yang dirugikan atau rusak oleh peristiwa seperti itu. Banyak peta bahaya gunung berapi didasarkan pada masa lalu tertentu atau skenario proyeksi dari pada berbagai bahaya probabilistik diajukan. menghindari pembangunan di daerah berisiko tinggi) dan tindakan mitigasi lain yang mungkin cocok.Definitions Definisi 'Risiko' sering disalahpahami dan bingung dengan 'bahaya. Pemetaan bahaya telah dilakukan di Hawaii. dengan maksud menuntun keputusan perencanaan penggunaan lahan. waktu yang dihabiskan di zona berbahaya). Hazard Maps Peta bahaya sangat penting untuk memahami apa lokasi memiliki bahaya vulkanik dan risiko yang ditimbulkan.Vulkanik risiko akan tergantung pada sejumlah aspek. sesuai contoh Hawaii. bagaimanapun.yaitu. dan Taupo. peta evakuasi skematik telah dikembangkan untuk membantu memahami apa yang harus dilakukan jika peringatan lahar diterbitkan (Leonard et al. tetapi ini telah dirancang untuk proyek-proyek spesifik pada penilaian bahaya dan perencanaan darurat dan tidak untuk tujuan perencanaan penggunaan lahan. 2007).000) (Saunders & Glassey. lokasi orang dan aset mereka. Peta harus mewakili berbagai kemungkinan bahaya yang dapat diharapkan peluang disepakati . 2005). US Geological Survey. misalnya. 2005. 2004).

dan mengukur deformasi tanah (GeoNet.).. skenario individu mungkin tidak menunjukkan risiko penuh bahaya gunung berapi kepada masyarakat karena mereka hanya fokus pada dampak spesifik dari skenario itu sendiri Peta yang menunjukkan bahaya probabilistik keseluruhan. 2009). seperti risiko agregat untuk semua skenario yang potensial. pemantauan Gunungapi meliputi pengamatan visual. 2004. Peringatan untuk Bahaya Gunung Berapi Sebuah Volcano Alert Level sistem penomoran digunakan untuk mencerminkan status dari setiap gunung berapi yang diberikan di Selandia Baru. Kesempatan yang ada untuk lebih memanfaatkan pengetahuan tradisional dan praktek untuk mengatasi risiko vulkanik. diverifikasi untuk memastikan mereka mencakup dikenal skenario terakhir.. Sistem ini nomor 0-5 (none atau kegiatan rendah melalui letusan penuh) dan ilmuwan mengalokasikan nomor yang sesuai tergantung pada . 2009). peta bahaya Probabilistik sehingga memberikan dasar yang lebih baik untuk perencanaan strategi mitigasi.dari masa lalu. Masyarakat adat sering memiliki pemahaman mereka sendiri dan cara mengartikulasikan proses sebuah gunung berapi. memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang risiko yang sebenarnya diajukan ke lokasi yang berbeda. Pemantauan Bahaya vulkanik gunung berapi Selandia Baru terus-menerus dipantau sebagai bagian dari proyek pemantauan GeoNet nasional. terutama ketika sejarah geologi atau tertulis dari gunung berapi adalah terbatas (Cronin dkk. Gunung berapi dipantau sehingga perubahan perilaku gunung berapi 'dapat dideteksi. Perubahan ini memberikan indikasi ilmuwan dari apa gunung mungkin dilakukan di masa depan. gas menganalisis dan kimia air. Mereka juga mungkin memiliki sistem tradisional perencanaan penggunaan lahan dan praktik manajemen darurat. Pengetahuan Tradisional Pengetahuan tradisional dapat berkontribusi untuk memahami risiko vulkanik.. Hal ini juga penting untuk kerentanan peta sosial terhadap bahaya vulkanik untuk memastikan bahwa pengurangan risiko dan tindakan-tindakan kesiapan ditargetkan tepat. dan dengan demikian bahaya apa yang mungkin atau mungkin tidak diantisipasi. analysing gas and water chemistry. and gauging ground deformation (GeoNet. mendeteksi gempa bumi dan tremor dengan seismograf.

yaitu Timur Ruapehu Lahar Alarm & Peringatan System (ERLAWS) dan Letusan Detection System (EDS). latihan. kerjasama. diskusi dan komunikasi. perencanaan. Internasional. Sistem ERLAWS ditaruh di tempat untuk memantau pelanggaran bendungan alami dari Danau Kawah yang terjadi pada tahun 2007. Taupo). 2008. Sistem tingkat siaga adalah cara praktis untuk menunjukkan otoritas pemerintah lokal.). 2009).). Untuk memiliki sistem peringatan yang efektif adalah penting bahwa tidak hanya perangkat keras seperti EDS dan ERLAWS adalah di tempat. khususnya untuk bahaya lahar. pendidikan dan partisipasi. The EDS memantau letusan dan siaran pesan peringatan otomatis lahar di daerah ski Whakapapa (Leonard et al. Tarawera . White Island. dan mereka dapat menggunakan informasi ini untuk menentukan jenis dan lingkup respon mereka (GeoNet. Walikota Island. Okataina.tingkat aktivitas. Sistem peringatan yang efektif harus memastikan bahwa komponen-komponen berikut ini di tempat: hardware. regional dan pusat. daripada tindakan khusus untuk mempromosikan respon yang efektif terhadap peringatan (Basher. yang merespon menurut tindakan manajemen darurat yang direncanakan. Auckland. Ruapehu. Kermadec Islands) atau kebangkitan kembali (yaitu. penelitian dan saran ilmu pengetahuan. Ketika ERLAWS dipicu oleh lahar secara otomatis alert responden darurat. sistem ini cenderung berfokus pada teknologi pemantauan dan generasi waspada. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan tingkat berbeda-beda tergantung pada apakah gunung berapi sering aktif (misalnya. Pada Ruapehu di Tongariro Taman Nasional. misalnya. sistem peringatan lain untuk aktivitas gunung berapi yang ada. 2008. Taranaki. Northland. Peran perencanaan penggunaan lahan dalam mengurangi risiko vulkanik perencanaan penggunaan lahan dapat memberikan kontribusi yang berbeda untuk pengurangan risiko vulkanik dengan menyediakan sebuah proses akuntabilitas publik yang memungkinkan masyarakat untuk mengurangi risiko vulkanik dengan menghindari atau membatasi eksposur . dan evaluasi efektivitas (Leonard et al. ada dua sistem peringatan lahar. tetapi bahwa perilaku manusia juga dianggap sehingga masyarakat menerima peringatan yang dapat bereaksi dengan tepat. media dan masyarakat jika ada perubahan perilaku gunung berapi. Rotorua. tetapi tetap di tempat untuk lahar masa depan di saluran Sungai Whangaehu. Tongariro-Ngauruhoe. 2006). industri penerbangan dan pariwisata. Menanggapi lembaga di Selandia Baru akan diberitahu ketika perubahan tingkat siaga.

341. Proses perencanaan memfasilitasi pertimbangan dan tindakan untuk mendamaikan bersaing kepentingan publik dan swasta dalam pembangunan di daerah berisiko relatif terhadap keselamatan masyarakat dan keberlanjutan. "Mengingat sudah mulai musim tanam. Tak ada masalah dengan abu vulkano. Kepala Seksi Peramalan Hama Penyakit dan Dampak Fenomena Iklim Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Dinas Pertanian Sumut Ruth Kristina kepada MedanBisnis. Lahan pertanian yang selama ini menjadi lahan produksi bisa langsung diolah karena tidak ada ditemukan racun yang bisa berdampak buruk bagi tanaman maupun lahan pertanian yang terkena semburan debu vulkanik." ujar Ruth menegaskan. Selasa (12/10) mengatakan. infrastruktur dan aset berharga terhadap bahaya vulkanik." tutur Ruth.orang. petani Karo tidak perlu khawatir. Sekitar 15. Ruth juga mengimbau petani Tanah Karo untuk tidak khawatir untuk melakukan pengolahan lahan dan menanam tanaman sesuai dengan jenis tanamannya.44 hektar lahan pertanian yang berada di lima kecamatan di Kabupaten Karo yang terkena semburan letusan Gunung Sinabung tidak berdampak buruk bagi masa tanam petani. semburan debu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Sinabung sama sekali tidak bermasalah. masyarakat khususnya petani yang berada di kawasan Gunung Sinabung tidak perlu perlu melakukan pengolahan dan perawatan khusus jika hendak bertanam. Kandungan abu vulkanik ini justru dapat menyuburkan lahan pertanian karena mampu meningkatkan pH (tingkat kemasaman) tanah. MedanBisnis – Medan. “Jadi. . Pengalaman dari seluruh dunia menggambarkan bagaimana perencanaan penggunaan lahan bersama dengan langkah-langkah mitigasi lainnya akan dapat membantu mengurangi risiko vulkanik.

Pasalnya." ujar Abdul Rauf. "Akan berbahaya jika kenaikan pH tanah terlalu tinggi.5 sampai 5. meningkat menjadi 6 sampai 7." jelas Abdul Rauf sembari yang mengaku sampai saat ini pihakya masih melakukan uji lab terhadap unsur debu vulknik untuk mengetahui secara pasti jumlah masing-masing unsur semburan vulkanik tersebut. Semburan vulkanik dapat meningkatkan pH tanah yang baik bagi tanaman. Hasil survei di lapangan yang telah dilakukannya baru-baru ini justru hasilnya akan menguntungkan masyarakat petani. Menurutnya. Sementara unsur lain yang bisa membahayakan adalah Cu atau logam. dikatakannya pula secara teori mengandung mineral primer yang isinya merupakan unsur hara tanah yang menyuburkan tanah. Rabu (13/10) mengatakan hal yang sama. Petani tidak usah khawatir untuk melakukan penanaman. unsur hara yang terkandung dalam abu vulknaik tersebut telah mencukupi untuk kebutuhan nutrisi tanaman. saya kuatir konsentrasi . petani bisa langsung mengolah lahan tanpa perlu perawatan khusus. itupun bila terdapat dalam jumlah yang terlalu banyak. "Jika petani melakukan pemupukan. Terkait kandungan abu vulkanik semburan Sinabung. namun sampai sejauh ini. ketika dihubungi MedanBisnis. hasil riset menunjukkan peningkatan pH tanah masih dalam batas ambang normal. "Selagi dalam batasan normal tidak akan membahayakan bagi tanah dan tanaman.Ahli pertanahan Sumut Prof Abdul Rauf. Diterangkannya pula. ada kenaikan pH tanah dari sebelumnya berkisar antara 4. untuk tanah pertanian yang terkena semburan abu vulkanik untuk satu kali musim tanam ini para petani tidak perlu melakukan pemupukan terutama pupuk kimia. Dalam mineral primer tersebut terkandung unsur sulfur dan silika. Semburan abu vulkanik Sinabung tidak mengakibatkan dampak buruk bagi lahan pertanian. dari hasil riset.

unsurnya akan terlalu tinggi dan kondisi seperti ini akan merusak tanaman itu sendiri. jenis di Indoesia ada yang subur dan . tergantung ketebalan abunya agar bisa mengolah lahannya." terangnya. petani bisa melakukan perlambatan pengolahan lahan selama sebulan atau lebih. Petani. Pendapat yang sama juga dikatakan Dosen Ilmu Tanah Universitas HKBP Nommensen Medan. untuk sementara waktu tidak perlu melakukan pemupukan lagi. Tanah terbentuk secara alami yaitu dari hasil pelapukan dan pengendapan batuan bahan-bahan organik. petani bisa mempertahankan tanaman yang biasa ditanam. lanjut Yanto. tidak perlu menukar jenis tanaman untuk lahan yang terkena semburan abu vulkanik tersebut.com/news/read/2010/10/14/3688/abu_vulkanik_sinabung_tak_ beracun_petani_karo_boleh_menanam/ Jenis Tanah dan Pemanfaatannya di Indonesia Tanah merupakan lapisan kulit bumi paling atas. Kepada MedanBisnis Yanto mengatakan. tanah yang terkena semburan abu vulkanik tidak membahayakan selagi dalam batas ambang yang wajar. Dan. (w 01) http://www.medanbisnisdaily." ujar Guru Besar Fakultas Pertanian USU ini." jelas Yanto yang saat ini menjabat sebagai supervisor IOF pada lembaga CDRM dan CDS Nommensen. baru bisa membahayakan bagi tanaman. tidak perlu menukar dengan tanaman lain. Yanto Raya Tampubolon. “Karena kondisi tanah tidak ekstrem. jika terjadi kenaikan pH tanah yang terlalu tinggi. “Secara kasuistik. Jika pH tanah terlalu tinggi akibat semburan tersebut.

c. Kalimantan dan Papua. Jenis tanah yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut : 1. Struktur tanahnya baik. b. Tanah vulkanik merupakan tanah yang sangat subur karena banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Jenis tanah ini banyak terdapat di daerah rawa-rawa Sumatera. Jenis tanah ini banyak ditemukan di lereng gunung api. Tanah Vulkanik (tanah gunung api) Tanah vulkanik adalah tanah yang terbentuk dari hasil material letusan gunung api yang telah mengalami pelapukan. Tanah ini tergolong sangat subut dan baik untuk daerah pertanian padi. Banyak mengandung unsur hara (zat yang dibutuhkan tanaman).ada juga yang tidak subur. Tanah Alluvial (tanah endapan) Tanah Alluvial adalah tanah yang terbentuk dari hasil pengendapan lumpur sungai yang terdapat di dataran rendah. . 3. 2. Suatu tanah dikatakan subur apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : a. Tanahnya kurang subur. Tanah Organosol (tanah gambut) Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk dari pengendapan bahan-bahan organik terutama pembusukan tumbuhan rawa-rawa. Cukup mengandung air. Tanah yang subur banyak dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan pertanian yang berguna untuk memenuhi kubutuhan hidup manusia.

Di Indonesia jenis tanah ini terdapat di daerah pegunungan. Nusa Tenggara dan Maluku. Tanah Laterit Tanah laterit adalah tanah yang terbentuk unsur-unsur hara yang ada di dalam tanah telah hilang. dan sifat tanah ini sangat subur. Tanah Pasir Tanah pasir terbentuk dari pelapukan batuan beku dan batuan sedi. akan tetapi cocok untuk tanaman jati. 8. Ciri tanah pasir ialah berkerikil dan butirannya kasar. 7.men. Tanah podzolit tergolong subur. Jenis tanah ini terdapat di Jawa Tengah. banyak terdapat di Kalimantan Barat. Tanahnya tidak subur. Tanahnya tidak subur. Tanah Podzolit Tanah podzolit adalah tanah yang terbentuk di daerah yang memi. Jawa Timur.4. larut oleh curah hujan yang tinggi. Tanahnya tidak subur.liki curah hujan tinggi dan suhu udara rendah. . dan Sulawesi Tenggara. 6. 5. Tanah Mediteran (tanah kapur) Tanah mediteran adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur. sehingga kurang baik untuk pertanian. Lampung. Tanah Humus Tanah humus dari pelapukan tumbuh-tumbuhan terutama di daerah hutan yang masih lebat.

jika tanah vulkanis diberi tambahan pupuk organik atau kotoran hewan. Manfaat yang dapat diperoleh dari abu vulkanik antara lain : • Abu yang mengandung beberapa unsur kimia seperti belerang ternyata cukup efektif untuk secara alamiah memberantas hama tanaman sayuran berupa ulat dan serangga. Silikon dioksida kristalin . SiO2) merupakan senyawa yang umum ditemui dalam kehidupan seharihari dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri elektronik. SALAH SATU PEMANFAATAN ABU VULKANIK MERAPI Filed under: All About News !! by mbahbakrie — Tinggalkan komentar Desember 15.http://devoav1997. Namun.com/news/jenis-tanah-dan-pemanfaatannya-di-indonesia/newscbm_30419/380/ Manfaat Abu Vulkanik Abu vulkanik merupakan hasil dari peleburan dan pembakaran Lapisan tanah yang dilapisi abu tersebut kemudian menjadi sangat kaya mineral dan bisa menumbuhkan aneka tanaman dengan baik tanpa memerlukan tambahan pupuk.webnode. kondisinya akan semakin prima. • untuk jangka panjang adalah meningkatnya unsur hara tanah akibat pengkayaan oleh abu vulkanik yang menimbulkan meningkatnya kesuburan tanah. 2010 Silikon dioksida (silika. • material berupa pasir dan batu yang mengendap di sungai merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai penambang pasir tradisonal.

Istilah foam (gelembung) . tetapi jika terlalu lama maka hambatan yang terjadi semakin besar yang menyebabkan hasil proses tersebut bersifat isolatif. Selain itu. endapan lapisan tipis. Proses tersebut menyebabkan adanya kesanggupan pelapis untuk dapat mengalirkan listrik (konduktor) atau menghambat aliran listrik (isolator). menunjukkan bahwa semakin banyak penambahan polyacetilen maka akan meningkatan sifat kekonduktifitasnya. Pasir di pantai juga banyak mengandung silika. Titik lebur silika 750C menjadi 1000C. Proses dip-coating ini terdiri dalam empat tahapan. Pada pencampuran tersebut akan di berlakukan proses dip-coating. perlakukan dalam keadaan panas keseluruhannya. Mengalirnya aliran listrik ini disebabkan oleh polyacetilen yang merupakan polimer konduktif dan silika itu sendiri merupakan semikonduktor. Ember merupakan bahan yang sangat mudah dicari.diantaranya adalah persiapan atau pilih sampel. serta memiliki struktur lokal yang jelas: empat atom oksigen terikat pada posisi sudut tetrahedral di sekitar atom pusat yaitu atom siliko. Salah satu produk jadi silika adalah silika sand. kristobalit dan tridimit.dapat ditemukan dalam berbagai bentuk yaitu sebagai quarsa.selain itu relatife lebih murah dan efisien.maka HDPE diselimuti oleh silika yang sudah tercampur dengan polyacetilene. Hal ini. HDPE (High Density Polyethylene) merupakan bahan plastik yang memiliki tingkat kerapatan 0. Silikon dioksida terbentuk melalui ikatan kovalen yang kuat. Pada lelehan tersebut dicampurkan polyacetilene kedalam lelehan tersebut yang diharapkan terjadi campuran yang bersifat konduktif.96 (kg/liter) dan kekerasannya 9 (DKK/kg). Pada proses dip-coating yang sudah dikerjakan. berupa ember. pembentukan lapisan. PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Berdasarkan percobaan Maria Evita dkk (Evita.tingkat kekerasan pada ember tidak terlalu kuat. meneliti peningkatan efektivitas defoamer silika (SiO2) dengan coating pada HDPE (High Density Polyethylene). sehingga mudah dipecahkan. Ember juga merupakan bahan yang mudah ditempelkan dengan senyawa lain. oleh karena sifatnya yang kadang konduktif atau isolatif maka bahan tersebut merupakan bahan semikonduktor.2009).

dkk (1438) telah mendemontrasikan efek defoaming dari silika.yaitu defoaming (menghancurkan) dan anti foaming (mencegah terjadinya). serta pengolahan limbah air. cat. Penelitaian berikunya adalah mengkarakterisasi defoamer silika (SiO2) yang di campur dengan polyacetilen pada HDPE (High Density Polyethylene) dengan metode dipcoating.google. Pada literatur.com. 2009) melakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan peningkatan efektivitas defoamer silika dengan cara di-coating pada HDPE (High Density Polyethylene) jika dibandingkan dengan silika yang tidak di-coating. seperti yang telah dibuktikan oleh Jose Guitan. Dalam kehidupan sehari-hari fenomena foam sering terjadi dalam berbagai bidang. Penelitian tidak berhenti sampai disitu. pada awalnya mampu menyisakan 5%-86% menjadi 0%-50%. dkk (1997). Fungsi silika sebagai defoamer akan meningkat ketika dicampur dengan bahan plastik pada sistem foam. fermentasi. diantaranya: pemrosesan makanan. pelapisan dan resin. tinta printer. karena itulah penulis ingin melakukan penelitian yang berjudul ” Pemanfaatan defoamer silika (SiO2) yang dicampur Polyacetilen pada HDPE (High Density Polyethylene) dengan metode dip-coating sebagai bahan semikonduktor “. Pada berbagai variasi konsentrasi silika pada foam dengan konsentrasi deterjen yang bervariasi pula. Ada dua cara untuk mengontrol foam. (Maria Evita. Salah satu bahan defoamer adalah silika (SiO2) (www. Peningkatan Efektivitas Defoamer Silika (SiO2) dengan Coating pada HDPE (High Density Polyethylene). Tujuan dan Manfaat Penulisan Tujuan penulisan antara lain: . diakses 14 Pebruari 2009). disebutkan bahwa Fang.tentu terdengar tidak asing lagi karena masyarakat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada penelitian itu belum diketahui karakteristik dari hasil yang diperoleh. produksi bahan kimia. produksi bahan perekat. Foam tersebut harus dikontrol supaya tidak megganggu proses. Hasil karakteriasi tersebut belum diketahui dengan pasti. Karena itulah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut seperti kekerasan hasil di-coating tersebut dan daya hantar listriknya. dkk. tekstil. Bahan yang digunakan untuk mengontrol foam ini adalah defoamer.

Atom oksigen bersifat elektronegatif dan kerapatan elektron pada atom silikon sebagian ditransfer pada atom oksigen.16 nm). Silikon dioksida kristalin dapat ditemukan dalam berbagai bentuk yaitu sebagai quarsa. karya tulis ini dapat digunakan sebagai masukan dalam pembelajaran Fisika. khususnya fisika material sehingga mengetahui sifat karakteristik pelapisan pada HDPE tersebut. Pasir di pantai juga banyak mengandung silika. kristobalit dan tridimit. Silikon dioksida terbentuk melalui ikatan kovalen yang kuat. dan juga sebagai bahan semikonduktor baru. serta memiliki struktur lokal yang jelas: empat atom oksigen terikat pada posisi sudut tetrahedral di sekitar atom pusat yaitu atom silicon. Mengetahui potensi campuran silika dengan polyacetilene pada HDPE untuk dijadikan sebagai bahan semikonduktor. jarak antara atom Si-O sebesar 1.1. Adapun manfaat penulisan antara lain: 1.61 Å (0. yang terkadang ditemukan dalam beberapa literatur. Secara umum. Mengetahui proses dip-coating untuk dijadikan sebagai teknik baru pada pembuatan bahan semikonduktor. Untuk memahami hal ini maka dapat dilihat melalui arah ikatan (momen dipol) pada struktur silika. SiO2) merupakan senyawa yang umum ditemui dalam kehidupan seharihari dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri elektronik. GAGASAN Kondisi Kekinian Pencetus Gagasan Silikon dioksida (silika. tetapi tidaklah tepat jika silika dikatakan sebagai garam yang terdiri dari ion Si4+ dan ion O2-. Silikon dioksida memiliki ikatan yang disebut “jembatan” oksigen yang terdapat diantara atom silikon. 2. Sudut ikatan di sekitar O-Si-O merupakan sudut tetrahedral yaitu sebesar 1090. hal inilah yang memberikan sifat unik pada silikon . sebagai wadah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pendekatan memaparkan karakteristik campuran silika dengan polyacetilen dengan metode dip-coating pada HDPE 2. Bagi Penulis.

Variasi sudut yang terbentuk sangat memungkinkan terbentuknya struktur kristalin yang berbeda-beda pada silikon dioksida. tetapi nilai ini sangat bervariasi antara 10001700 yang dipengaruhi oleh perubahan energi ikatan. pasar HDPE global mencapai volume lebih dari 30 juta ton. Helmr Schubert. plastik juga merupakan bahan yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan seharihari. Struktur SiO2 terbentuk melalui kelompok-kelompok SiO4 yang saling berikatan melalui atom oksigen pada sudut-sudut tetrahedralnya. 2004). High-density polyethylene (HDPE) atau polyethylene high-density (PEHD) adalah polyethylene thermoplastic terbuat dari petroleum. Salah satunya. ketahanan abrasi. High-density polyethylene (HDPE) atau high density polyethylene (PEHD) adalah polietilen termoplastik yang dibuat dari minyak bumi. Silika dalam ultrasonic silika sebagai kekuatan beton. dan memiliki nomor “2″ sebagai simbol daur ulang. Pada tahun 2007.2 H2O + 4 HCl Properti silica: SiO2 + 2NaOH ==> Na2SiO3 + H2O Penggunaan dalam ultrasonik silica: SiO2 + Na2CO3 ==> Na2SiO3 + CO2 Bentuk/produk dari silica diantaranya: guci. stabilitas termal yang tinggi (Markus Pohl. Sudut ikatan pada Si-O-Si sekitar 1450. drum. Silikon dioksida memiliki 35 bentuk kristalin dengan berbagai kerapatan yang berbeda-beda (17 sampai 43 unit SiO2 per 100 Å3). kalikan kantong kertas. . HDPE biasanya didaur ulang.dioksida. Persiapan silica: SiCl4 + 4 H2O ==> SiO2. Cara yang cukup mudah untuk mengamati struktur SiO2 adalah dengan menggunakan model Zachariesen-Warren. dan dapat dengan mudah membentuk struktur amorfous. sehingga sangat memungkinkan terjadinya rotasi ikatan secara bebas. Diperlukan 1. listrik isolasi.75 kilogram minyak bumi (dalam hal energi dan bahan mentah) untuk membuat satu kilogram HDPE. ember. Selain itu. tas. ikatan ini dapat terbentuk dalam berbagai variasi sudut.

Akhirnya.bersifat kuat dan elastis Jika dibandingkan dengan Plastik PP maupun Plastik PE. misalnya pembungkus snack. Umumnya digunakan sebagai penampung cairan. Sejak zaman dahulu manusia sudah menggunakan berbagai jenis material untuk menopang hidup mereka. warnanya tetap lebih putih seperti warna putih susu. jika penjualan dengan lem akan dihitung per lembar.(www. agak kaku. dan peningkatan kebutuhan menusia akan material. * Plastik HDPE (High-Density Polyethylene).google. peperangan yang berkepanjangan. dan jika tidak ada lemnya dihitung per kg. Jenis material yang mereka gunakan adalah wol. Solusi Yang Pernah Ditawarkan Polimer organik merupakan salah satu cabang dari fisika material. manusia mulai mengembangkan polimer semi sintetik. Plastik PE (Poly Ethylene). bubur kayu yang dikembangkan karena menipisnya kapas. Polimer-polimer yang didapatkan secara alami ini disebut polimer alami atau biopolimer. kulit.htm. diakses 14 Pebruari 2010). Beberapa macam plastik yang dikenal dipasaran antara lain: * Plastik PP ( Plastik Poly Propylene) yang berciri-ciri jernih . umumnya memiliki warna putih susu maupun tranparan. Umumnya.elastis dan tahan panas. Biasa juga digunakan untuk pembungkus produk atau shopping bag untuk dibawa pulang pada minimarket/supermarket / toko dll. karena berbagai bencana alam yang terjadi baik secara fisik maupun biologis. * Plastik OPP (Oriented Polypropylene). Plastik PP umum digunakan sebagai pembungkus barang-barang kering. kapas sebagai bahan pakaian dan kanji yang digunakan sebagai bahan perekat.com: HDPE. Polimer organik merupakan polimer yang terdiri dari ikatan karbon yang panjang. Biasa digunakan untuk pembungkus cairan yang panas. Plastik OPP cocok untuk memperindah penampilan product antara lain packaging pakaian. kaos maupun celana baik untuk pria dan wanita . berciri-ciri kurang jernih dibandingkan Plastik PP. Sebagai contoh sutera buaatan yang dikembangkan karena adanya pada ulat sutra yang tidak terkendali. bangunan. untuk melindungi agar tetap bersih. berwarna terang transparan tembus pandang. .

pada awal 1900-an. Gagasan yang diajukan Pada penelitian ini penulis ingin melakukan kajian mengenai pemanfaatan defoamer silika (SiO2) yang dicampur polyacetilen pada HDPE (High Density Polyethylene) dengan metode dip- .Pengembangannya dilakukan secara empirik pada awalnya karena belum adanya teknologi dan instrumen yang memadai. lebih murah dan lebih banyak keuntungan daripada kalau memakai polimer organik (www. Akhirnya.google.com: web edukasi. 2. dan serat (fiber). dan masalah lingkungan (limbah industri dan limbah plastik yang tidak dapat didaur ulang). Pada akhir perang dunia II. May 10th.Membantu kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan material yang semakin bertambah. karet. DAMPAKNEGATIF Mempunyai efek samping yang buruk terhadap lingkungan. 2009). Karena kelemahan-kelemahan yang dipunyainya maka perkembangan dari polimer organik ini mengalami kemunduran di masa-masa sekarang ini. Dimana polimer anorganik merupakan polimer yang ramah lingkungan. perkembangan sains dapat mendukung untuk pengembangan molekul organik menjadi polimer sintetik. Memacu manusia untuk berpikir menemukan sesuatu hal yang baru. sebagai contoh adalah limbah pabrik dan limbah plastik yang tidak bisa didaur ulang. Sunday. DAMPAK POSITIF 1. timbul revolusi di bidang material ditandai dengan kemajuan polimer sintetik seperti plastic. Kelemahan utama yang dimiliki oleh polimer organik adalah stabilitas termal dan resistansi oksidasi yang rendah. Para ilmuwan mengembangkan polimer anorganik untuk menutupi kelemahan-kelemahan polimer organik. elastomer.

5 50 67. cara dopping. Polyacetilen merupakan polimer terkonjugasi sederhana yang mempunyai dua bentuk: yaitu bentuk cis dan trans polyacetilen. Semakin banyak pelapisan lelehan silika pada HDPE pastinya akan meningkatkan kekonduktifitasan bahan tersebut.6 18 40.Temperatur (oC) % trans 150 100 100 92. tetapi tidak menghilangkan sifat semikonduktifannya walaupun sangat kecil. . Masih banyak karakteristik yang belum diketahui. Hasil karakterisasi tersebut belum diketahui dengan pasti.7 0 21. Pada temperatur tinggi.6 -78 1. Sedangkan pembuatan polyacetilen dapat dilakukan dengan dua cara. Katalis Ti(O-nC4H9)4-(C2H5)3Al. Hal ini sangat diperlukan sebagai masukan data untuk meningkatkan fungsi dan kegunaannya. Semakin konduktif bahan maka semakin kecil sifat semikonduktifannya.coating sebagai bahan semikonduktor. Karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. karena itulah penulis ingin melakukan penelitian yang berjudul ” Pemanfaatan defoamer silika (SiO2) yang dicampur polyacetilen pada HDPE (High Density Polyethylene) dengan metode dip-coating sebagai bahan semikonduktor”. Pihak/ Hal Yang Membantu Terlaksananya Gagasan Beberapa metode yang dapat membantu terlaksananya gagasan ini adalah: * Poliacetilen Polimer konduktif dapat dibuat dari polyacetilen. sehingga sangat penting untuk dilakukan eksperimen. cara pemanasan * 2. Bentuk cis secara termodinamika kurang stabil dibandingkan dengan bentuk trans.9 Temperatur yang menunjukan proses isomerisasi irreversibel dengan bentuk cis terjadi pada temperatur yang lebih tinggi pada 145 oC menghasilkan bentuk trans. dan secara spontan isomer cis dapat berubah menjadi trans. Pada solusi yang ditawarkan sebelumnya bahwa semakin banyak pelapisan silika yang dicampur polyacetilen pada HDPE maka akan meningkatkan sifat kekonduktifitasannya. Karena masih merupakan sesuatu hal yang baru.4 -18 4. yaitu * 1. Polyacetilen bentuk trans dibuat dengan kondisi temperatur yang berbeda.

Langkah-Langkah Pengambilan Data . Proses ini tentunya mempunyai tehnik sendiri dan berbeda dengan tehnik coating.comip-coating. endapan lapisan tipis. diperlukan empat langkah. Adanya resonansi pada polyacetilen menyebabkan material dapat menghantarkan arus listrik. start-up. * Metode Dip-coating Pada eksperimen yang akan dilakukan. tetapi reaksi adisi klorin menghasilkan spektrum polyacetilen yang jelas. diantaranya: a. Perlakukan dalam keadaan panas keseluruhannya dipcoati gambar 1: langkah-langkah mengdip-coating proses. dengan cepat.coatingalam persiapan tekhnik dip-coating ini. Figure 1 menunjukkan proses dip-coating. deposition. Dalam metode dip-coating sampel dimasukkan pelan-pelan dan mengambil dari kotak yang berisi sol. 1288 dan 888 cm-1.Bila klorin ditambahkan pada film.google.Konduktifitas polyacetilen dapat ditingkatkan dengan proses halogenasi. b. absorbsi kuat jelas dibanding undoped polymer. pembentukan lapisan. c. ternyata tidak menghasilkan spektrum garis. persiapan atau pilih sampel. walaupun memiliki maksud yang sama dengan coating yaitu pelapisan. evaporation and drainage. d. diakses 14 Pebruari 2010). Struktur polyacetilen dapat mengalami resonansi sehingga konduktifitasnya menjadi lebih besar. yang ditunjukkan dengan 5 langkah: immersion.htm. digunakan dengan cara proses dip-coating. agar menempel pada sampel (www. Berikut tekhnik dip. Sekarang dikenal doping-induced pita IR yang disusun dari 3 pita yaitu pada 1397. Pada tehnik dip-coating ini bahan yang akan dilapisi hanya tinggal dicelupkan saja ke dalam tempat pelelehan bahan yang telah leleh. yaitu proses pelapisan.

Atom oksigen memiliki sifat Atom oksigen bersifat elektronegatif dan kerapatan elektron pada atom silikon sebagian ditransfer pada atom oksigen.15%. penimbangan bahan. Pada bahan HDPE (High Density Polyethylene) dibuat bentuk persegi dengan ukuran 5×5 cm. 3. 2.16%. tetapi tidaklah tepat jika silika dikatakan sebagai garam yang terdiri dari ion Si4+ dan ion O2-. pemanasan. silika tersebut dilelehkan dengan suhu 1000-1200C. Untuk menentukan massa bahan (diukur dengan neraca timbangan) dengan varisi konsentrasi silika yakni 0. potongan HDPE dicampur dalam satu pemanas sampai 30 menit dengan 10 menit terakhir suhu dinaikkan pada 750C menjadi 1000C. b.com/2010/12/15/salah-satu-pemanfaatan-abu-vulkanik-merapi/ . Kemudian dengan konsentrasi polyacetilen yang dibuat tetap 0.04%.Langkah pertama yang dilakukan adalah penyiapan bahan. Setelah itu.wordpress. Bahan yang digunakan pada silika berbentuk pasir. 0. Mengukur tingkat kekerasan hasil bahan dari alat ukur Pressing.01%.08%.02% dan 0. serta memiliki struktur lokal yang jelas: empat atom oksigen terikat pada posisi sudut tetrahedral di sekitar atom pusat yaitu atom silicon. kemudian sampel di dip-coating. jika sudah leleh maka dicampurkan polyacetilen. Hal ini menunjukkan bahwa bahan silika mudah dicari dan didapatkan di alam. 0. 0. Adapun langkah-langkah yang dilakukan : a. Menguji bahan percobaan dengan galvanometer untuk mengetahui bahan bersifat kelistrikan Indro Wicaksono. Silika merupakan bahan yang menarik karena silikon dioksida terbentuk melalui ikatan kovalen yang kuat. KESIMPULAN 1. Dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik campuran silika yang dicampur polyacetilen menggunakan metode dip-coating pada HDPE dengan variasi massa campuran yang telah ditentukan. Muhammad Ribut http://mbahbakrie.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->