RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)Sekolah : SMPN 1 MALANG Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas/Semester

: VIII/1 Pertemuan Ke:Alokasi Waktu : 2 x 40 menit Standar Kompetensi : Mendengarkan5. Mengapresiasi pementasan drama Kompetensi Dasar : 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama Indikator : 1. Mampu mengidentifikasi karakter tokoh dalam pementasan drama2. Mampu mencatat kelebihan/kekurangan pemeran tokohdalam pementasan drama3. Mampu mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasandrama dengan memberikan alasan yang logis I. Tujuan Pembelajaran 1.

sedangkan kekurangan ataukelemahannya harus dihindari. Siswa mampumengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama denganmemberikan alasan yang logis II. Dengan demikian. Kompetensi dasar ini harus dimiliki agar ketika menjadi pemeran dapatmemerankan tokoh dalam pementasan drama lebih baik dan lebih sempurna. Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasandrama berarti menunjukkan kelebihan atau kekurangan pemeran dalam pementasan itu. Kelebihan atau kekurangan itudapat dijadikan dasar untuk melaksanakan kegiatan serupa pada waktu-waktu berikutnya. . Materi Suatu kegiatan yang sudah selesai dilakukan perlu dievaluasiatau ditinjaukembali mengenai kelebihan atau kekurangannya. pelaksanaan kegiatan berikutnyaakan semakin baik dan sempurna. (1) Mengidentifikasi Karakter Tokoh dalam Pementasan Drama Hal-hal yang dapat diidentifikasi dalam sebuah pementasan drama antaralain:a. Kelebihan yang ada harus ditingkatkan. Siswa mampu mencatat kelebihan/kekurangan pemeran tokoh dalam pementasan drama 3.Siswa mampu mengidentifikasi karakter tokoh dalam pementasan drama2.

sedangkan suasana sedih cenderung berintonasi menurun. Dalam bahasa lisan.1. Jeda juga dapat memengaruhi pengertianatau makna kalimat. (2) Mencatat Kelebihan dan Kekurangan Pemeran Tokoh dalam PementasanDrama Kelebihan atau kekurangan pemeran dapat ditinjau dari:a. Menurut pemeriksaan dokter Joko Susanto memang sakit Kalimat ini dapat mengandung pengertian yang berbeda jika jedanya berubah. b. Intonasidipengaruhi oleh suasana yang tergambar dalam naskah drama. bagaimana watak atau karakter tiap tokoh ceritanya. penggunaan intonasi yang baik dapat ditentukan pula oleh penjedaankalimat yang tepat. tanda hubung [-]. Jeda juga berhubungan denganintonasi.tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.Misalnya. Untuk kalimat panjang penempatan jeda dalam pengucapan menentukan ketersampaian pesan. siapa di antara tokoh-tokoh cerita yang telah diperankan dengan baik. b. Pada bahasa tulis jeda ditandai dengan spasi atau dilambangkan dengan garismiring [/]. jeda ditandai dengan kesenyapan. Kalimat yang diucapkan denganintonasi akhir menurun biasanya bersifat pernyataan. intonasi.].d.Penggunaan jeda yang tidak baik membuat kalimat terasa janggal dan tidak dapat dipahami. jeda adalah penghentian atau kesenyapan.c. enggunaanintonasi menandakan suasana hati penuturnya.intonasi yaitu tinggi rendahnya nada dalam pelafalan kalimat. tanda koma [. jeda. tanda titik koma [. atau tanda pisah [--]. Dengan jeda yang tepat pendengar dapat memahami pokok-pokok isi kalimat yang diungkapkan. sedangkan yang diakhiridengan intonasi menaik umumnya berupa kalimat tanya. Dalam keadaan marahseseorang sering menyatakan sesuatu dengan intonasi menaik dan meninggi. karakter tokoh mana yang telah sesuai dan karakter tokoh mana yang belumsesuai.]. . Intonasi juga dapatmenandakan ciri-ciri sebuah kalimat. tanda titik dua [:]. Perhatikan contoh di bawah ini.

Inquiri b.(yang memeriksa bernama dokter Joko. III.(yang sakit dokter Joko Susanto)2. atau dengan kalimat lain.(yang memeriksa dokter dan yang sakit ialah Joko Susanto)3. Menurut pemeriksaan dokter / Joko Susanto / memang sakit. Menurut pemeriksaan dokter Joko/ Susanto/ memang sakit.Menurut pemeriksaan / dokter Joko Susanto / memang sakit. Biasanya kata yang mengalami tekanantertentu adalah kata yang dipentingkan agar mendapat pemahaman secarakhusus bagi pendengar. tekanan. (3) Mengevaluasi Pemeran Tokoh dalam Pementasan Drama denganMemberikan Alasan yang Logis Setelah mengidentifikasi karakter tokoh dalam pementasan drama. atau keraslembutnya suara atau pengucapan.tekanan yaitu gejala yang ditimbulkan akibat adanya pengkhususan dalam pelafalan sebuah suku kata atau kata. Evaluasi dapat dilakukan dengan menunjukkan kelebihan-kelebihan atau kekurangan-kekurangan dalam bermain peran disertai dengan alasanyang logis. kemudianmenunjukkan kelebihan dan kekurangan pemeran. yang sakit Susanto)c. Tanya jawab . Tekanan juga bisa berarti bentuk tinggi rendahnya. Diskusid. Metode Pembelajaran a. terakhir yaitu evaluasi terhadap pemeran dalam drama itu. panjang pendeknya. Unjuk kerjac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful