P. 1
TEKNIK PERSIDANGAN

TEKNIK PERSIDANGAN

|Views: 363|Likes:
Published by Tengku Usman

More info:

Published by: Tengku Usman on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2015

pdf

text

original

BIODATA

  

NAMA : Usman, S. Pd TTL : 12 JUNI 1975 ALAMAT : SEBUAH VILLA DI BEKASI PENDIDIKAN : SMAN 4 BEKASI Universitas ITB ORGANISASI : PEKERJAAN :

LDKS SMAN 4 BEKASI

1

TEKNIK DAN TATA CARA PERSIDANGAN LDKS SMAN 14 BEKASI 2 .

LDKS SMAN 14 BEKASI 3 . Sidang Komisi Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisi saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebih terfokus. Keputusan pada sidang komisis bersifat non permanen (dapat berubah) kemudian dibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.Macam-macam Sidang 1.

LDKS SMAN 4 BEKASI 4 . dan LPJ menggunakan sidang jenis ini. Sidang pleno dilakukan untuk memberi keputusan final agenda sidang yang telah dirumuskan sebelumnya pada sidang komisi.  Sidang Pleno Biasa disebut sidang besar yang diikuti oleh seluruh peserta sidang tanpa kecuali.. tatib. Pembahasan agenda.

LDKS SMAN 14 BEKASI 5 .

Perangkat Sidang 1. 5. 4. 3. 2. 6. Pimpinan Sidang/presidium Peserta Sidang Notulensi Palu Sidang Quorum Draft Materi Sidang LDKS SMAN 14 BEKASI 6 .

bijaksana. Kriteria yang harus dimiliki oleh pimpinan sidang sbb :  Cerdik.tegas.kharismatik Pimpinan sidang dipilih oleh peserta sidang dan biasanya berjumlah ganjil LDKS SMAN 4 BEKASI 7 .KRITERIA PIMPINAN SIDANG  Pimpinan sidang berperan sebagai pengatur jalannya sidang agar menghasilkan keputusan yang disepakati bersama. Pimpinan sidang tidak boleh berpihak pada salah satu pihak peserta dan hanya boleh memutuskan sesuatu atas persetujuan peserta sidang.berwawasan luas Humoris.

Seluruh hak dan kewajiban peserta diatur di tatib. LDKS SMAN 4 BEKASI 8 .PESERTA SIDANG  Peserta sidang ditentukan berdasarkan tatib yang telah disepakati. Biasanya terdiri dari peserta aktif dan peserta peninjau.

LDKS SMAN 4 BEKASI 9 .NOTULEN  Bertugas untuk mencatat jalannya persidangan PALU SIDANG  Demi kelancaran maka diperlukan palu sidang yang telah disepakati bersama baik bentuk maupun wujudnya.

2 x : pertukaran pimpinan sidang. pencabutan penundaan (baik untuk lobby. LDKS SMAN 14 BEKASI 10 .ATURAN KETUKAN PALU SIDANG     1 x : mengukuhkan kesepakatan. Berkali-kali : untuk menenangkan peserta sidang atau meminta peserta memperhatikan jalannya sidang. atau penundaan sidang untuk beberapa lama) 3 x : menetapkan keputusan. membuka dan menutup sidang. istirahat. penundaan sidang.

semakin tinggi pula tingkat representasi dari sidang tersebut. karena tingkat qauorum menunjukkan sejauh man tingkat representasi dari peserta sidang. LDKS SMAN 14 BEKASI 11 .QOURUM  Adalah syarat sahnya sidang untuk dapat diadakan. Semakin tinggi jumlah quorum.

PPO. AD/ART. GBHK. LDKS SMAN 14 BEKASI 12 . Biasanya terdiri dari draft tatib.DRAFT MATERI SIDANG  Meliputi bahan-bahan yang akan dibahas dalam persidangan. dll yang disusun sebelumnya oleh tim perumus sidang atau panitia khusus.

INTERUPSI memotong/menyela pembicaraan dikarenakan ada hal-hal yang sagat penting untuk diungkapkan LDKS SMAN 14 BEKASI 13 .

saran Point of order : interupsi yang digunakan untuk meminta pimpinan sidang meluruskan jalannya sidang apabila keluar dari konteks.JENIS – JENIS INTERUPSI 1. LDKS SMAN 14 BEKASI 14 . usulan. 3. Point of clarification : interupsi untuk menjernihkan/meluruskan permasalahan atau isi pembahasan. atau sidang dianggap janggal. Point of view : interupsi yang digunakan untuk menyampaikan pendapat. tanggapan. 2.

Point of solution : interupsi untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dibahas. LDKS SMAN 14 BEKASI 15 . Point of information : interupsi untuk memberikan informasi. baik tentang pembicaraan yang tidak sesuai atau informasi yang berkaitan dengan kondisi yang menjadi pokok pembahasan atau hal-hal yang dipandang urgen untuk diinformasikan. 5.4.

6.Point of privilege (rehabilitation) : interupsi yang berfungsi untuk membersihkan nama baik atau kehormatan seseorang/kelompok karena dipandang pembicaraan tersebut menyimpang dari etika atau menyinggung perasaan. LDKS SMAN 14 BEKASI 16 .

HAL – HAL PENTING DALAM PERSIDANGAN         Tempat/ruangan Waktu Agenda acara/pembahasan Perlengkapan dan peralatan Peserta Tata tertib Pimpinan sidang/rapat Keputusan/kesimpulan sidang/rapat LDKS SMAN 14 BEKASI 17 .

WASSLAMUA’ALAIKUM WR WB LDKS SMAN 14 BEKASI 18 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->