BIODATA

  

NAMA : Usman, S. Pd TTL : 12 JUNI 1975 ALAMAT : SEBUAH VILLA DI BEKASI PENDIDIKAN : SMAN 4 BEKASI Universitas ITB ORGANISASI : PEKERJAAN :

LDKS SMAN 4 BEKASI

1

TEKNIK DAN TATA CARA PERSIDANGAN LDKS SMAN 14 BEKASI 2 .

LDKS SMAN 14 BEKASI 3 . Keputusan pada sidang komisis bersifat non permanen (dapat berubah) kemudian dibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.Macam-macam Sidang 1. Sidang Komisi Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisi saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebih terfokus.

  Sidang Pleno Biasa disebut sidang besar yang diikuti oleh seluruh peserta sidang tanpa kecuali. tatib. LDKS SMAN 4 BEKASI 4 . Pembahasan agenda. Sidang pleno dilakukan untuk memberi keputusan final agenda sidang yang telah dirumuskan sebelumnya pada sidang komisi. dan LPJ menggunakan sidang jenis ini..

LDKS SMAN 14 BEKASI 5 .

2.Perangkat Sidang 1. 6. 4. Pimpinan Sidang/presidium Peserta Sidang Notulensi Palu Sidang Quorum Draft Materi Sidang LDKS SMAN 14 BEKASI 6 . 5. 3.

Kriteria yang harus dimiliki oleh pimpinan sidang sbb :  Cerdik.kharismatik Pimpinan sidang dipilih oleh peserta sidang dan biasanya berjumlah ganjil LDKS SMAN 4 BEKASI 7 .bijaksana.berwawasan luas Humoris.tegas. Pimpinan sidang tidak boleh berpihak pada salah satu pihak peserta dan hanya boleh memutuskan sesuatu atas persetujuan peserta sidang.KRITERIA PIMPINAN SIDANG  Pimpinan sidang berperan sebagai pengatur jalannya sidang agar menghasilkan keputusan yang disepakati bersama.

Seluruh hak dan kewajiban peserta diatur di tatib. Biasanya terdiri dari peserta aktif dan peserta peninjau.PESERTA SIDANG  Peserta sidang ditentukan berdasarkan tatib yang telah disepakati. LDKS SMAN 4 BEKASI 8 .

LDKS SMAN 4 BEKASI 9 .NOTULEN  Bertugas untuk mencatat jalannya persidangan PALU SIDANG  Demi kelancaran maka diperlukan palu sidang yang telah disepakati bersama baik bentuk maupun wujudnya.

membuka dan menutup sidang. Berkali-kali : untuk menenangkan peserta sidang atau meminta peserta memperhatikan jalannya sidang. atau penundaan sidang untuk beberapa lama) 3 x : menetapkan keputusan. pencabutan penundaan (baik untuk lobby. 2 x : pertukaran pimpinan sidang.ATURAN KETUKAN PALU SIDANG     1 x : mengukuhkan kesepakatan. LDKS SMAN 14 BEKASI 10 . istirahat. penundaan sidang.

semakin tinggi pula tingkat representasi dari sidang tersebut.QOURUM  Adalah syarat sahnya sidang untuk dapat diadakan. Semakin tinggi jumlah quorum. karena tingkat qauorum menunjukkan sejauh man tingkat representasi dari peserta sidang. LDKS SMAN 14 BEKASI 11 .

LDKS SMAN 14 BEKASI 12 . GBHK.DRAFT MATERI SIDANG  Meliputi bahan-bahan yang akan dibahas dalam persidangan. Biasanya terdiri dari draft tatib. PPO. dll yang disusun sebelumnya oleh tim perumus sidang atau panitia khusus. AD/ART.

INTERUPSI memotong/menyela pembicaraan dikarenakan ada hal-hal yang sagat penting untuk diungkapkan LDKS SMAN 14 BEKASI 13 .

3. Point of clarification : interupsi untuk menjernihkan/meluruskan permasalahan atau isi pembahasan. saran Point of order : interupsi yang digunakan untuk meminta pimpinan sidang meluruskan jalannya sidang apabila keluar dari konteks. tanggapan. atau sidang dianggap janggal. LDKS SMAN 14 BEKASI 14 . usulan.JENIS – JENIS INTERUPSI 1. Point of view : interupsi yang digunakan untuk menyampaikan pendapat. 2.

Point of information : interupsi untuk memberikan informasi. Point of solution : interupsi untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dibahas.4. baik tentang pembicaraan yang tidak sesuai atau informasi yang berkaitan dengan kondisi yang menjadi pokok pembahasan atau hal-hal yang dipandang urgen untuk diinformasikan. 5. LDKS SMAN 14 BEKASI 15 .

6.Point of privilege (rehabilitation) : interupsi yang berfungsi untuk membersihkan nama baik atau kehormatan seseorang/kelompok karena dipandang pembicaraan tersebut menyimpang dari etika atau menyinggung perasaan. LDKS SMAN 14 BEKASI 16 .

HAL – HAL PENTING DALAM PERSIDANGAN         Tempat/ruangan Waktu Agenda acara/pembahasan Perlengkapan dan peralatan Peserta Tata tertib Pimpinan sidang/rapat Keputusan/kesimpulan sidang/rapat LDKS SMAN 14 BEKASI 17 .

WASSLAMUA’ALAIKUM WR WB LDKS SMAN 14 BEKASI 18 .