2. Penyelesaian Persamaan Linear Dua Variab Perhatikan persamaan x+y=5.

Persamaan x+y=5 masih merupakan kalimat terbuka, artinya belum mempunyai nilai kebenaran. Jika nilai x kita ganti bilangan 1 maka nilai y yang persamaan tersebut, maka persamaan x+y=5 menjadi kalimat yang benar . Dalam hal ini di katakan bahwa (1,4) merupakan salah satu penyelesaian dari persamaan x+y=5. Apakah hanya (1,4) yang merupakan penyelesaian x+y=5? Untuk menentukan himpunan penyelesaian dari x+y=5 dengan x+y variabel pada himpunan bilangan cacah maka kita harus mencari nilai x dan y yang memenuhi persamaan tersebut. Untuk mencari nilai x dan y yang memenuhi persamaan x+y=5 akan lebih mudah dengan membuat tabel seperti berikut.

Jadi, himpunan penyelesaian dari persamaan x+y=5 adalah {(0,5),(1,4),(2,3),(3,2),(4,1),(5,0)}. Gambar grafik persamaan x+y=5 pada bidang cartesius tampak seperti Gambar 4.1 berikut

Jika x dan y variabel pada himpunan bilangan cacah maka grafik penyelesaian persamaan x+y=5 berupa noktah/titik-titik. Adapun, jika x dan y variabel pada himpunan bilangan real maka titik-titik tersebut dihubungkan sehingga membentuk garis lurus seperti Gambar 4.2. Jika kalian ambil pasangan bilangan (2,1) dan disubstitusikan pada persamaan x+y=5 maka diperoleh 2+1/=5 (kalimat salah). Karena pasangan bilangan (2,1) tidak memenuhi persamaan x+y=5 maka bilangan (2,1) disebut bukan penyelesaian persamaan x+y=5

2.3. Penyelesaian Untuk mempermudah dalam menggambar grafik persamaan 2x-y=4 dibuat tabel berikut. Gambar grafik himpunan penyelesaian persamaan 2x-y=4 untuk x.y variabel pada himpunan bilangan cacah adalah {(0. Semua titik-titik yang terletak pada garis tersebut merupakan himpunan penyelesaian dari persamaan 2x-y=4 .y) yang memenuhi persamaan x+2y=4.(2.maka grafik himpunan penyelesaiannya berbentuk garis lurus.y variabel pada himpunan bilangan cacah.2).(4.CONTOH 1. Jadi himpunan penyelesaian dari pesamaan x+2y=4 dengan x. Penyelesaian : Buatlah tabel untuk menentukan pasangan bilangan (x.4.1). Grafik seperti tampak pada Gambar 4.0)}.y variabel pada himpunan bilangan real.seperti tampak pada gambar 4. Gambarlah grafik himpunan penyelesaian persamaan x+2y =4 untuk x.y variabel pada himpunan bilangan real. Karena x.

.000 kedua persamaan tersebut dikatakan membentuk sistem persamaan linear dua variabel Apabila terdapat dua persamaan linear dua variabel yang berbentuk ax+by=c dan dx+ey=f atau biasa ditulis ax+by=c dx+ey=f maka dikatakan dua pesamaan tersebut membentuk sistem persamaan linear dua variabel.(4. {(4. ia harus membayar Rp120.Bagaimana penyelesaian dari dua buah persamaan linear dua variabel? Agar kalian lebih mudah memahaminya . SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Kalian telah mempelajari penyelesaian dari sebuah persamaan linear dua variabel. Dea membeli sebuah baju dan 2 buah kaos.(0. Dapat kah kalian menentukan harga dari sebuah baju ? Diskusikan lah ini dengan teman sebangku mu Misalkan x=harga satu baju dan y=harga satu kaos. Dapatkah kalian menentukan harga dari sebuah baju dan sebuah kaos ? Perhatikan bahwa selisih uang yang mereka bayarkan adalah Rp20.000.000. buatlah tabel seperti itu 2x+y=8 x-2y=4 X y x y 0 8 0 -2 4 0 4 0 1 6 6 1 Dari tabel di atas tampak bahwa himpunan penyelesaian dari persamaan 2x+y=8 adalah {(0.(1.000.00.C .000.0).6).2).00.1)}.8).y) yang memenuhi kedua persamaan tersebut. Adapun Butet membeli sebuah baju dan 3 buah kaos.y variabel pada himpunan bilangan real. Misalnya kalian akan menentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan 2x+y=8 dan x-2y=4 dengan x.pehatikan ilustrasi berikut. ia harus membayar Rp100.1) dikatakan bukan penyelesaian dari sistem persamaan tersebut.000 x+3y=120. x+2y=100. Kalian dapat menentukan penyelesaiannya dengan mencari nilai x dan y yang memenuhi kedua persamaan tersebut.0).00.6)}.(1.2).00. maka ilustrasi di atas dapat di tulis kan sebagai berikut.(4. sedangkan selisih banyaknya kaos yang mereka beli adalah sebuah. Dengan demikian. Adapun {(0. dapat disimpulkan bahwa harga sebuah kaos adalah Rp 20.(6. Dari dua himpunan penyelesaian tersebut. Untuk memudahkan kalian menentukannya. sedangkan himpunan penyelesaian dari persamaan x-2y=4 adalah {(0.(6.0)} adalah himpunan penyelesaian yang memenuhi sistem persamaan 2x+y=8 dan x-2y=4.8). Penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel tersebut adalah pasangan bilangan(x.

Contoh Dengan metode grafik. himpunan penyelesaian dari sistem persamaan x+y=5 dan x-y=1 adalah {(3. Penyelesaian untuk memudah kan menggambar grafik dari x+y=5 dan x-y=1.subtitusi.5. Dari gambar tampak bahwa koordinat titik potong kedua garis adalah (3.titik (4.-1) (1. 1. dan metode gabungan. Metode Grafik Pada metode grafik.eliminasi.2)} .6 adalah grafik sistem persamaan dari x+y=5 dan x-y=1.5) (5.0) Gambar 4. X+y=5 x-y=1 x 0 5 x 0 1 y 5 0 y -1 0 (x.2) Jadi. buat lah tabel nilai x dan y yang memenuhi kedua persamaan tersebut. seperti tampak pada gambar4.jika garis-garisnya tidak berpotongan di satu titik tertentu maka himpunan penyelesainnya adalah himpunan kosong.tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel x+y=5 dan x-y=1 jika x.y variabel pada himpunan bilangan real.y) (0.y) (0. himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel adalah koordinat titik potong dua garis tersebut. Untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dapat di lakukan dengan metode grafik .0) (x.Jika dibuat grafik dalam sebuah bidang koordinat cartesius.0) merupakan titik potong persamaan 2x+y=8 dan x-2y=4.

untuk selanjutnya menentukan variabel tersebut. untuk mengeliminasi variabel x. jika variabelnya x dan y. sehingga persamaan 2x+3y=6 di kalikan 1 dan persamaan x-y=3 dikalikan 3. untuk selanjutnya menentukan variabel yang lain. koefisien y harus sama. himpunan penyelesaiannya adalah {(3.0)}. . 6tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan 2x+3y=6 danx-y=3 Penyelesain : 2x + 3y=6 dan x-y=3 Langkah I (eliminasi variabel y) Untuk mengiliminasi variabel y. perhatikan contoh berikut. Contoh Dengan metode eliminasi. untuk menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel.2. Jadi . untuk menentukan variabel x kita harus mengiliminasi variabel y terlebih dahulu. Langkah II (eliminasi variabel x) Seperti pada langkah I. caranya adalah dengan menghilangkan (mengiliminasi) salah satu variabel dari sistem persamaan tersebut . koefisien x harus sama. atau sebalik nya Perhatikan bahwa jika koefisien dari salah satu variabel sama maka kita dapat mengeliminasi atau menghilangkan salah satu variabel tersebut. Agar kalian lebih mudah memahaminya. Metode Eliminasi Pada metode eliminasi. sehingga persamaan 2x + 3y=6 dikalikan 1 dan persamaan x-y=3 dikalikan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful