SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI 1.

Latar belakang masalah Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin berkembang sangat pesat, t erutama perkembangan software software dengan aplikasi aplikasinya. Tentunya hal ini dapat bermanfaat untuk pengembangan sistem dalam suatu institusi. Karena me njadi solusi suatu institusi yang menginginkan semua sistem yang ada berjalan de ngan cepat dan tepat, sesuai dengan tujuan dari perencaaan sistem yaitu untuk ef isiensi waktu, tenaga dan biaya. Pengelolaan perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Islam 45 Bekasi, khususnya da lam pelayanan peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan masih dilakukan s ecara manual. Pada realitasnya pelayanan perpustakaan baik kepada komponen kampu s ataupun bukan. Baik sebagai anggota ataupun bukan anggota perpustakaan menjadi kurang efektif. Misalnya untuk menemukan sebuah koleksi perpustakaan, kita tida k dapat langsung mengetahui keberadaannya dan statusnya. Karena harus mencari pa da kartu katalog koleksi perpustakaan. Sedangkan bagian administrasi perpustakaa n harus mencatat satu persatu data koleksi perpustakaan yang akan dipinjam dan d ikembalikan secara manual. Baik itu judul, pengarang, penerbit, tahun penerbitan dan juga nama peminjam. Sehingga hal ini memperlambat pelayanan kepada anggota. Dan dari sisi administrasi perpustakaan sering mengalami kerugian yaitu karena banyak koleksi perpustakaan yang tidak diketahui keberadaannya. Melalui perkembangan teknologi yang terus meningkat ada baiknya pengelolaan perp ustakaan dilakukan secara terkomputerisasi. Untuk mendukung usaha tersebut, maka penulis mencoba merancang suatu sistem yang bertujuan untuk membantu kelancaran proses pelayanan perpustakaan pada Fakultas Teknik Universitas Islam 45 Bekasi. D engan sistem terkomputerisasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan, seh ingga dapat memenuhi kebutuhan para anggota, pengunjung dan administrasi perpust akaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, perpustakaan Fakultas Teknik Universitasi I slam 45 (Unisma) Bekasi memerlukan suatu sistem yang dapat menunjang kinerjanya. D engan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi pada saat ini, diharapkan da pat menghasilkan suatu sistem yang terkomputerisasi. Pemanfaatan teknologi infor masi tersebut diantaraya penggunaan WEB yang dapat dijadikan sumber daya informa si. Sumber daya informasi ini dapat digunakan untuk kepentingan internal dari su atu institusi dan menggunakan jaringan komputer yang ada. Maka dari itu penulis berkeinginan menulis masalah ini dengan judul SISTEM INFOR MASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI 2.Rumusan Masalah Dari uraian 1.Bagaimana 2.Bagaimana 3.Bagaimana latar belakang permasalahan, maka dirumuskan masalah tentang : membuat kartu katalog koleksi perpustakaan berdasarkan jenisnya ?. membuat media sirkulasi koleksi perpusatakaan ?. membuat suatu sistem informasi perpustakaan ?.

3.Batasan Masalah Dengan adanya perumusan masalah yang telah diuraikan dan mengingat keterbatasan, maka dilakukan pembatasan masalah yaitu perancangan sistem informasi perpustaka an dengan menggunakan PHPTriad (PHP, Apache, dan MySQL). 4.Tujuan dan Manfaat Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini yaitu membuat kartu katalog koleksi perpus takaan berdasarkan jenisnya, membuat media sirkulasi koleksi perpustakaan, dan m embuat sistem informasi perpustakaan. Manfaat dari pembuatan Tugas Akhir ini yaitu : 1. Dapat memberikan masukan yang berarti untuk Universitas Islam 45 unit perpustak

guna melengkapi bahan penulisan agar le bih tepat.Sistematika Penulisan Pada penulisan Tugas Akhir ini disusun dalam beberapa bab sesuai dengan pokok pe rmasalahan. 2. rumusan masalah.Studi Pustaka Dengan metode studi pustaka ini penulis mencari informasi dari buku bacaan yang ada keterkaitan dengan judul sistem ini. 5. tenaga dan waktu.Metode Rekayasa Sistem 5. 5. Tingkatan terakhir tahapan implementasi yaitu audit kemud ian. kejelasan. sistematika penyusunan Tugas Akhir ini terdiri dari beberapa bab den gan penyusunan sebagai beriku : BAB.Metode Penelitian Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu men ganalisa sistem manual yang ada dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan d ata yang telah terkumpul.Observasi Dengan metode ini penulis langsung keobjek penelitian yaitu perpustakaan Fakulta s Teknik Universitas Islam 45 Bekasi. 5. Sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum dan generalisasi. Dapat memperkaya konsep atau teori yang mendukung perkembangan ilmu pengetahu an teknologi informasi khususnya dengan sistem informasi perpustakaan. metode penelitian dan metode pengumpulan d ata serta sistematik penulisan. 5. Guna melihat dan mengamati sistem yang sedan g berjalan untuk memperoleh data data umum yang akurat. BAB. BAB.5. Metode Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : a. I PENDAHULUAN Pada bab ini diuraikan mengenai latar belakang pemilihan judul.2.Instalasi Proses menyatukan komponen komponen sistem yang dimulai dari hardware ke softwar e yang akan dibuat sehingga terbentuk suatu sistem yang baru.II LANDASAN TEORI Pada bab ini membahas tentang teori teori yang menjadi dasar dan mendukung penul isan Tugas akhir.III ANALISA DAN HASIL REKAYASA SISTEM Pada bab ini menguraikan mengenai analisa sistem berjalan dan rekayasa sistem. batasan masalah.Analisa Sistem Proses penyelidikan kebutuhan kebutuhan sistem didalam suatu organisasi agar dap at menetapkan tujuan dan spesifikasi untuk desain suatu sistem. Sehingga m enambah efisiensi biaya. BAB. P ada bab ini juga diuraikan tentang hasil rekayasa sistem. Metode ini bertujuan untuk menggambark an sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan meme riksa sebab sebab dari suatu masalah tertentu. . diuji demi kelengkapan.IV PENUTUP Pada bab ini berisi kesimpulan dari hasil laporan Tugas Akhir dan saran dari pen ulis yang dirasa perlu untuk penyempurnaan Sistem Informasi Perpustakaan berbasi s web.4. b. 6.Implementasi Sistem Setelah prosedur dinyatakan secara tertulis.3.aan dalam hal memberikan pelayanan perpustakaan yang cepat dan mudah. tujuan dan manfaat.1. dan kemudahan dipakai. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful