Singkong mempunyai komposisi kandungan kimia ( per 100 gram ) antara lain : Kalori 146 kal Protein 1,2 gram

Lemak 0,3 gram Hidrat arang 34,7 gram Kalsium 33 mg Fosfor 40 mg Zat besi 0,7 mg Buah singkong mengandung ( per 100 gram ) : Vitamin B1 0,06 mg dan Vitamin C 30 mg 75 % bagian buah dapat dimakan. Daun singkong mengandung ( per 100 gram ) : Vitamin A 11000, Vitamin C 275 mg dan Vitamin B1 0,12 mg Kalsium 165 mg Kalori 73 kal - Fosfor 54 mg Protein 6,8 gram Lemak 1,2 gram Hidrat arang 13 gram Zat besi 2 mg 87 % bagian daun dapat dimakan. Kulit batang singkong mengandung tanin, enzim peroksidase, glikosida dan kalsium oksalat. Beberapa Khasiat dan Indikasi Singkong : 1. Reumatik a. Bahan: 5 lembar daun ubi kayu, 1/4 sendok kapur sirih. Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Penggunaan: sebagai bedak/bobok pada bagian yang sakit. b. Bahan: 1 potong batang ubi kayu. Cara membuat : direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 4 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Penggunaan : diminum 2X sehari, pagi dan sore. 2. Demam a. Bahan: 1 potong batang daun ubi kayu. Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Penggunaan: diminum 2X sehari, pagi dan sore. b. Bahan: 3 lembar daun ubi kayu. Cara membuat: ditumbuk halus. Penggunaan: sebagai kompres. 3. Sakit Kepala Bahan: 3 lembar daun ubi kayu. Cara membuat: ditumbuk halus. Penggunaan: sebagai kompres. 4. Diare Bahan: 7 lembar daun ubi kayu.

Cara membuat: direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Penggunaan: diminum 2X sehari, pagi dan sore. Bila anak yang masih menyusui yang kena diare, ibunya yang meminum. 5. Mengusir cacing perut Bahan: kulit batang ubi kayu secukupnya. Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Penggunaan: diminum menjelang tidur malam. 6. Mata sering kabur Bahan: daun ubi kayu secukupnya. Cara membuat: direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya. Penggunaan: dimakan bersama nasi setiap hari. 7. Menambah nafsu makan Bahan: daun ubi kayu secukupnya. Cara membuat: direbus, diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya. Penggunaan: dimakan bersama nasi dan sambal tomat. 8. Luka bernanah a. Bahan: batang daun ubi kayu yang masih muda. Cara membuat: ditumbuk halus. b. Bahan: 1 potong buah ubi kayu. Cara membuat: diparut. Penggunaan: dibobokan pada bagian tubuh yang luka 9. Luka yang diakibatkan terkena barang panas (misal kena wajan waktu masih panas) Bahan: 1 potong buah ubi kayu. Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya, dan dibiarkan beberapa saat sampai sari/tepungnya mengendap. Penggunaan: tepung dioleskan pada bagian yang luka.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan
Singkong ternyata memiliki manfaat beragam untuk kesehatan kita. Silakan Anda simak manfaatnya di bawah ini: 1. Singkong baik untuk diet rendah kalori Anda. Mengapa begitu? Ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

2. Singkong baik untuk kesehatan pencernaan Anda Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap

dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.

Sebagai obat demam. Untuk luka garukan. 25 gram kencur. hidrat arang. Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar. protein. luka. pakar tanaman obat Menurut beliau. disentri. Umbi singkong memiliki kandungan kalori. hidrat arang. 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. dan kalsium oksalat. Obat luka karena terkena benda panas. sakit kepala. kalori. diare. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. dan bisa meningkatkan stamina. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan. tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. glikosida. batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. 100 gram batang singkong. lemak. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. Selain sebagai makanan. zat besi. Pada pemakaian dalam. dan amilum. fosfor. vitamin B dan C. daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres. Manfaat Singkong menurut Prof. Lakukan dua kali sehari. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. 30 gram jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc.3. Daun mengandung vitamin A. Obat cacingan. beri-beri. singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban. beli di toko obat/makanan china) yang telah dibuang bijinya. sebanyak lima lembar daun singkong. lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka. diblender dengan menambahkan air . Untuk meningkatkan stamina. Hembing Wijayakusuma. Lakukan dua kali sehari. dan 15 gram jahe direbus dengan 1. 15 gram jahe merah. Mengatasi diare. 60 gram batang pohon singkong. 100 gram singkong. tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. singkong diparut lalu diperas. antikanker. enzim peroksidase. 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap. satu batang sereh. forfor. cacingan. Di antaranya obat rematik. Mengatasi beri-beri. antitumor. rabun senja. kalsium. Setelah diaduk. demam. kalsium. mengandung tannin. Lakukan dua kali sehari. lemak. Mengatasi luka bernanah. protein. Mengatasi sakit kepala. dan kapur sirih secukupnya. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap. B1 dan C. dan zat besi. Pada pemakaian luar. dan lima butir angco (kurma merah.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu. ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. dan menambah napsu makan. Sementara kulit batang.

seng . A.Fosfor .Vitamin B5.Kolin . Akar singkong salah satu sorces terbesar karbohidrat di dunia.Dietary Fiber . mungkin menyebabkan timbulnya penyakit yang disebut Konzo (meski jarang ditemukan).Omega 3 Asam Lemak .Lemak Alami .Vitamin B1.Karbohidrat (Bagus Jumlah) . Folat.Selenium .Natrium .Vitamin B9.Kalori .Vitamin E. Kandungan gizi singkong takaran 206 gram atau cangkir akar singkong mentah: . Konzo atau Mantakassa merupakan penyakit lumpuh epidemi biasanya disebabkan oleh proses pengolahan yang tidak cukup pada Singkong pahit.Vitamin B2.Tembaga .dan K .Gula Alam . Lalu tambahkan madu dan diminum Tanaman singkong adalah tanaman yang sangat populer dunia. Riboflavin . Pyridoxine .Protein .Vitamin B6. Niacin .Asam Lemak Omega 6 . Thiamin .secukupnya.Vitamin B3.(Jumlah Baik) Mangan . Jika pengolahan Sayur Singkong tidak benar. Singkong dapat diklasifikasikan sebagai singkong yang dapat dimakan atau beracun. Asam folat .Vitamin C (Jumlah Besar) .Besi .Betaine . Nigeria merupakan produsen singkong supposably terbesar di dunia.Kalsium .Kalium . Penyakit apa?? Kita harus tahu bagaimana cara mengolah Singkong dengan tepat.Magnesium . Pantothenic Acid .

Membantu mencegah pusing .Menjaga Warna rambut . Manfaat daun singkong – Tanaman singkong banyak tumbuh di sekitar kita ini ternyata memiliki khasiat lain selain cita rasanya yang enak sebagai masakan.menormalkan kadar kolesterol .Meningkatkan Sistem kekebalan .Mendukung tulang yang kuat .Membantu melindungi dari mual . Inilah yang terbukti dari daun singkong ini. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. Selain sebagai makanan. antitumor.Mendukung kesehatan tulang .Meningkatkan kesehatan gusi . tanaman .Mencegah dari sering pilek Manfaat kandungan singkong: .Meningkatkan kesehatan saraf .Vitamin C: . ingatlah singkong dimasak dengan benar dalam rangka untuk mendetoksifikasi ubi kayu sebelum memakannya.Menurunkan Resiko dari beberapa Kanker . dan menambah napsu makan.Melindungi dari infeksi sering .Melindungi dari radikal bebas .Meningkatkan penyembuhan luka .Mendukung reproduksi sehat Karena manfaat singkong. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan.Melindungi dari radikal bebas .Mengurangi ruam kulit . Sebagai masakan sudah enak apalagi manfaatnya. antikanker. Namun mengenai penyakit konzo sendiri saya baru mendengar.menormalkan kadar gula darah . singkong dijadikan makanan pokok di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Sebagaian besar dari tanaman ini bisa dimanfaatkan dari ujung akar sampai ujung daunnya.Meningkatkan kesehatan gigi . Prof Hembing Wijayakusuma.Mencegah sel dari kerusakan .muntah Mengurangi . Menurut pakar tanaman obat.Meningkatkan penyerapan Besi .Mendukung kelenjar tiroid sehat .Mengurangi Penuaan . Jadi.Meningkatkan kesehatan paru .Membantu mencegah hilangnya pendengaran .

000 cc air hingga tersisa 400 cc. jagung atau gandum. Klorofil dalam daun singkong juga memiliki daya antioksidan dan antikanker. membantu pemulihan kulit dan tulang. 2011 | In: Kesehatan Manfaat Daun Singkong – Singkong atau dalam bahasa latin disebut Manihot esculenta merupakan tanaman “rakyat” yang bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Dan tunggulah sampai air tersebut berkurang hingga setengah/ tinggal 450cc. perlu diperhatikan jangan sampai tubuh merasa kekurangan. singkong adalah makanan pokok masyarakat kuno sebelum ditemukan budidaya beras. sakit kepala. ketika suatu saat berniat untuk membatasi asupan protein. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan. tanggul ataupun sawah. Caranya dengan siapkan beberapa daun singkong dan rebuslah dalam air sekitar 900cc. mood. disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. dan kapur sirih secukupnya.Obat diare Daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. dan 15 gram jahe direbus dengan 1. Lakukan dua kali sehari. Lalu. . beri-beri. Setelah diaduk. . Jaman dulu. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Yang tak kalah penting. saringlah rebusan tadi dan kemudian minumlah 2 kali sehari. satu batang sereh. Pada pemakaian dalam : 100 gram batang singkong. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan stek dari batang singkong tua. kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Karenanya.Obat rematik Pada pemakaian luar : sebanyak lima lembar daun singkong. ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. .singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. cacingan. di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan oleh tubuh baik untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Dari berbagai analisis disebutkan. demam. luka. dan bisa meningkatkan stamina. Di antaranya obat rematik. disentri. kandungan serat pada daun singkong cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar. Manfaat Daun Singkong October 13. 15 gram jahe merah. Setelah itu. meningkatkan daya ingat. Daun singkong yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mencegah aterosklerosis – penimbunan lemak di dinding pembuluh darah yang bisa berdampak padsa serangan jantung. rabun senja.

2. satu batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1. vitamin dan protein. Caranya yaitu rebuslah daun singkong di air kira kira 900 cc. a. Lalu tumbuklah sampai halus. Kemudian minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaitu asam glutamik. meningkatkan daya ingat. kalori. 15 gram jahe merah. Karena daun singkong mengandung vitamin (A. kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Kandungan proteinnya yang tinggi merupakan sumber energi yang setara dengan karbohidrat. 3. Mencerdaskan otak Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. lemak. phenilalanin. b. kalsium. Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran merupakan sumber zat gizi yaitu mineral. tirosin dan triptophan. Setelah itu kompreskan pada bagian yang dirasa sakit. Pemakaian dalam caranya yaitu : Sediakan 100 gram batang singkong. Berikut ini merupakan manfaat daun singkong untuk kesehatan : 1. protein. Mengatasi rematik Daun singkong dapat digunakan untuk mengatasi rematik. Setelah diaduk.000 cc air hingga tersisa 400 cc. namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat. membantu pemulihan kulit dan tulang. dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Hal ini bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar. Caranya yaitu coba sekali kali kompres dengan daun singkong.Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas. dan C). B17. Kemudian disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Ambilah beberapa lembar daun. hidrat arang dan zat besi. ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. . dan kapur sirih secukupnya. fosfor. Pemakaian luar caranya yaitu : Sediakan 5 lembar daun singkong. 4. maka daun singkong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. di antara berbagai sayuran kandungan gizi daun singkong termasuk baik. Kemudian saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi. lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. Untuk mengobati diare Daun singkong ternyata juga mampu mengobati diare. Lakukan dua kali sehari. Mengobati sakit kepala Anda dapat memanfaatkan daun singkong untuk mengobati sakit kepala.

Jaman dulu. Manfaat dan Khasiat Daun Singkong. B1. jagung. Umumnya. Kini terbukti bahwa salah satu jenis umbi-umbian ini ternyata berkhasiat dalam mencegah kanker dan tumor.amilum vitamin (A. atau gandum.Lemak .mencegah tumor Rasionalisasinya. penyakit manusia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah.Hidrat arang . B17.Fosfor . Khasiat: Secara empiris singkong berfungsi untuk kesehatan tubuh. antara lain untuk: . Dengan demikian masyarakat kita perlu sering mengonsumsi daun singkong agar tercipta masyarakat yang cerdas dan sehat.Kalori .Melihat begitu banyak manfaat daun singkong bagi tubuh kita dan apalagi daun ini harganya cukup ekonomis dan bahkan bisa dipetik begitu saja di kebun.mencegah kanker . Perlu dicatat. kasus kanker jarang terjadi.Kalsium . dalam beberapa etnis yang terbiasa mengkonsumsi singkong. Manfaat dan Khasiat Daun Singkong Kandungan: * . kandungan B17 dalam daun dan umbi singkon merangsang hemoglobin sel darah merah.Protein . . Umbi C) kalsium kalori fosfor protein lemak * Daun . dan C) .Vitamin (A. Singkong (Manihot esculenta) merupakan makanan purba.Zat besi. singkong adalah makanan pokok masyarakat kuno sebelum ditemukan budidaya beras.

setelah itu kompreskan pada bagian yang dirasa sakit. Betakaroten semacam provitamin A dan bersifat anitoksidan. Konsumsi ubi jalar yang kaya provitamin A tersebut dilaporkan sebagai faktor pencegah kebutaan akibat kurang vitamin A pada balita di darah lembah Balim dan ubi singkong yang biasa dibuat kolak waktu bulan puasa tersebut juga mampu mengobati sakit jantung dan melancarkan aliran darah kita.. kemudian minumlah. daun singkong yang jadi salah satu menu wajib rumah makan padang itu mempunyai khasiat yang sangat luar biasa. adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.. dipagi hari dan sorenya Ingsyaalloh diare akan sembuh Dan tahukah agan kalau ubi singkong yang berwarna kuning jingga menurut buku kesehatan tradisional menyebutkan. ambilah beberapa lembar daun. maka jangan sepelekan daun singkong atau ubi singkong makanan khas rakyat tersebut. dan ubi singkong atau daun singkong tersebut juga mudah didapatkan dipasar tradisional. lalu saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi.lalu tumbuklah sampai halus. Untuk mngobati diare rebuslah daun singkong tersebut di air kira kira 900 cc.Manfaat dan Khasiat Daun Singkong Daun Singkong Pernahkah kita berpikir. sakit diare juga sakit kepala Kalau anda mengalami sakit kepala. coba sekali kali kompres dengan daun singkong. Singkong Singkong juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. caranya. bahwa daun singkong tersebut kaya kandungan bakarotennya. . Daun singkong tersebut dipercaya mampu mengusir Reumatik atau encok. lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc.

Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.01 miligram Siapa tak kenal singkong? Tanaman ‘rakyat’ ini bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. .70 miligram Lemak 0.00 miligram Vitamin C 0. Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm.Klasifikasi singkong: Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Ordo: Malpighiales Famili: Euphorbiaceae Upafamili: Crotonoideae Bangsa: Manihoteae Genus: Manihot Spesies: M.20 gram Besi 0. namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat.50 gram Fosfor 40. esculenta Memiliki nama latin manihot utilissima.00 gram Karbohidrat 34. tergantung dari jenis singkong yang ditanam.00 gram Kalsium 33. Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:           Kalori 121 kal Air 62. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.30 gram Vitamin B1 0. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.00 miligram Protein 1.

umbi singkong diminati hampir di semua wilayah di Tanah Air. dan amilum. Menurut The U. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan. Dalam sebuah studi yang digelar oleh Kansas State University pada tahun 2003. protein. saluran kencing. ubi masak yang dimakan beserta kulitnya menyediakan lebih banyak serat daripada seporsi oatmeal. dan dipublikasikan di The American Society for Nutritional Sciences. ditemukan hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (infeksi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas).Sebagai penganan. dan kalsium oksalat. yang memberikan warna kuning oranye pada ubi. kalsium. kalsium. kalori. Sedangkan vitamin A. Vitamin A sendiri memberi manfaat untuk penglihatan. enzim peroksidase. Sweet Potato Council Inc. Menurut Prof Hembing Wijayakusuma. Mudah dicerna Kandungan patinya yang tinggi membuatnya kurang bekerja untuk sistem pencernaan. Salah satu sumber terbaik vitamin A Ubi digelari sebagai makanan super oleh Center for Science in the Public Interest berkat kandungan nutrisinya. dan mangaan. C. B. dan masalah sejenis karena manfaat antiperadangannya. dan paru-paru. dan lain-lain. vitamin B6. Umbi singkong memiliki kandungan kalori. seperti ubi kayee (Aceh). glikosida. dan zat besi. 3. tembaga. Vitamin ini muncul dalam bentuk beta karoten.S. Daun mengandung vitamin A. bebas lemak . singkong (Manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama. dan menambah napsu makan. Karbohidrat alternatif untuk yang sedang berdiet Ubi berukuran sedang yang tidak dimasak mengandung 112 kalori. 1. vitamin B dan C. Ubi juga kaya serat. protein. zat besi. fosfor. yang menghilangkan penyebab sakit perut. lame kayu (Makassar). Sebutir ubi ukuran sedang menyediakan lebih dari 200 persen kebutuhan harian akan vitamin A. B1 dan C. kasapen (Sunda). dan potasiumnya membantu meringankan radang perut. membantu mencegah infeksi dalam pencernaan. zat besi. kalsium. Di beberapa daerah. mengandung tannin. dan tulang. 2. Ubi juga berfungsi sebagai antioksidan. tela belada (Madura). antikanker. kalsium. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu. Sementara kulit batang.. lemak. hidrat arang. lemak. tela pohong (Jawa). pangala (Papua). 4. fosfor. antitumor. hidrat arang. Seratnya yang tinggi mampu mencegah sembelit (dan penyebab penyakit perut lainnya). potasium. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. kulit. Vitamin dan mineral lain Ubi juga merupakan sumber terbaik vitamin C (sepotong ubi memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari).

Namun ingat jika anda pernah mengalami maag. ubi bisa diolah dengan cara apa saja. tergantung cara Anda memasaknya. Tetapi ingat jangan ketela pohon yang pahit. harus habis 1 gelas. Padahal. Gejala sakit maag adalah timbul karena makan tidak teratur.[BR]Biasakanlah minum air putih yang hangat setelah bagun tidur. makanlah singkong mentah yang sudah dikupas dan sudah dicuci dengan air matang secukupnya. Austria.shvoong. ubi juga menjadi pilihan yang baik untuk pengidap diabetes yang butuh karbo. atau faktor lain yang mungkin akan mempengaruhi. Ubi memiliki kadar Glycemic Index (GI) yang rendah. namun dengan sedikit kalori. Bisa diolah dengan cara apa saja Anda mungkin hanya mengenal ubi dalam bentuk ubi goreng (dengan tepung). Kandungan ini tentu akan berubah. Mengukus atau merebus ubi akan memunculkan rasa manisnya yang alami. yakni dengan cara meminum air rebusan campuran irisan kunyit dan kayu manis yang telah dicuci terlebih dahulu. Ketika gejala sakit maag terasa. 5. Studi yang digelar oleh University of Vienna. serta rendah sodium. namun yang tidak mempengaruhi kadar insulin. Sumber: http://id. Skala GI akan menilai makanan berdasarkan berapa banyak dan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Sakit maag bisa diobati secara tradisionil. Sakit maag terasa pada lambung yang terasa perih. Rebuslah dari 3 gelas menjadi 1 gelas dalam bejana yang tidak terbuat dari aluminium. Dengan dirutinkan minum air rebusan tadi. jangan minum kopi. mual kadang-kadang kembung. makan yang terlalu asam. bisa juga makan ketela pohon (singkong) yang mentah. Karena pengaruhnya terhadap gula darah relatif kecil. kebanyakan makan yang manis.dan bebas kolesterol.[BR]Jika anda kesulitan mendapatkan kayu manis atau kunyit. insya Allah maag anda bisa sembuh. bisa juga karena stres. Selamat mencoba. membuktikan bahwa pengidap diabetes melitus tipe II yang mengonsumsi ubi dosis tinggi menunjukkan penurunan terbesar resistensi insulin tanpa perbedaan dalam berat badan. inipun akan mengurangi gejala sakit maag. pada tahun 2003.com/medicine-and-health/1650445-obat-maagtradisional/#ixzz1rWncVyGK . dan kolak. janganlah makan yang terlalu pedas. asam. Irislah 5 jari kunyit ukuran besar kira-kira 1 mm kemudian tambahkan 2 potong kayu manis kira-kira masing-masing 5 cm. selain itu makanlah yang teratur dan biasakanlah pola hidup yang teratur agar jauh dari stres. Air rebusan dari bening akan berubah menjadi merah. Minumlah air rebusan tadi pada saat sakit maag terasa. khususnya bila dibandingkan dengan roti putih atau nasi.

Sejarah dan pengaruh ekonomi Jenis singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay. Dari umbi ini dapat pula dibuat tepung tapioka. yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Rasanya sedikit manis. ada pula yang pahit tergantung pada kandungan racun glukosida yang dapat membentuk asam sianida. tergantung dari jenis singkong yang ditanam. proses pemasakan sangat diperlukan untuk menurunkan kadar racunnya. dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan doni | February 7.1 juta ton dan 33. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.Singkong. Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm. setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810. Proses pembuatan Umbi akar singkong banyak mengandung glukosa dan dapat dimakan mentah. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Deskripsi Memiliki nama latin manihot utilissima.2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. Pada jenis singkong yang manis. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. . Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. esculenta dapat dibudidayakan. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi akar yang masih segar. semua varitas M. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99. Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. 2012 | no comments Singkong. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Sebagai penganan. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan stek dari batang singkong tua.30 gram Vitamin B1 0.00 miligram Vitamin C 30. . singkong (Manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh.20 gram Besi 0.50 gram Fosfor 40. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum. seperti ubi kayee (Aceh). tanggul. Direbus untuk menggantikan kentang. tela pohong (Jawa). Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan. baik untuk pengidap alergi. dan lain-lain.00 gram Karbohidrat 34. umbi singkong diminati hampir di semua wilayah di Tanah Air. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu.00 gram Kalsium 33. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas. lame kayu (Makassar). dan pelengkap masakan.01 miligram Manfaat Singkong Siapa tak kenal singkong? Tanaman „rakyat‟ ini bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.Penggunaan Dimasak dengan berbagai cara. Di beberapa daerah.00 miligram Protein 1.70 miligram Lemak 0. namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat. kasapen (Sunda). ataupun sawah. singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Kadar gizi Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi: Kalori 121 kal Air 62. tela belada (Madura). pangala (Papua).

zat besi. 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap. Sementara kulit batang. diare. dan bisa meningkatkan stamina. protein. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. dan amilum. rabun senja. protein. Selain sebagai makanan. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap. batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan. 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Pada pemakaian luar. lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka. luka. Mengatasi diare. tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. B1 dan C. 100 gram batang singkong. . tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Lalu. daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres. kalsium. dan menambah napsu makan. mengandung tannin. enzim peroksidase. Lakukan dua kali sehari. Pada pemakaian dalam. dan kapur sirih secukupnya. Sebagai obat demam. Prof Hembing Wijayakusuma. 15 gram jahe merah. Setelah diaduk. demam. sebanyak lima lembar daun singkong. singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban. disentri. lemak. singkong diparut lalu diperas. fosfor. dan zat besi. Umbi singkong memiliki kandungan kalori. Mengatasi beri-beri. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Daun mengandung vitamin A. antitumor. 30 gram jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. antikanker. dan 15 gram jahe direbus dengan 1. glikosida. hidrat arang. vitamin B dan C. lemak. Di antaranya obat rematik. cacingan. fosfor. dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Obat luka karena terkena benda panas. dan kalsium oksalat. Obat cacingan. Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Untuk luka garukan. Mengatasi sakit kepala. Lakukan dua kali sehari. ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. sakit kepala.Menurut pakar tanaman obat. kalsium. beri-beri. satu batang sereh. Mengatasi luka bernanah. kalori. Lakukan dua kali sehari. 60 gram batang pohon singkong. hidrat arang.

Singkong sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu sumber terbaik vitamin A Ubi digelari sebagai makanan super oleh Center for Science in the Public Interest berkat kandungan nutrisinya. dan masalah sejenis karena manfaat antiperadangannya. Dalam sebuah studi yang digelar oleh Kansas State University pada tahun 2003. 3. Mudah dicerna Kandungan patinya yang tinggi membuatnya kurang bekerja untuk sistem pencernaan. dan dipublikasikan di The American Society for Nutritional Sciences. Vitamin A sendiri memberi manfaat untuk penglihatan. yang memberikan warna kuning oranye pada ubi. ditemukan hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (infeksi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas). khususnya bila dibandingkan dengan roti putih atau nasi. Mengukus atau merebus ubi akan memunculkan rasa manisnya yang alami. zat besi. Untuk lebih jelasnya mari simak manfaat singkong : 1. pada tahun 2003. Ubi memiliki kadar Glycemic Index (GI) yang rendah. Vitamin dan mineral lain Ubi juga merupakan sumber terbaik vitamin C (sepotong ubi memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari). Sedangkan vitamin A. yang menghilangkan penyebab sakit perut. kulit. Karbohidrat alternatif untuk yang sedang berdiet Ubi berukuran sedang yang tidak dimasak mengandung 112 kalori. vitamin B6. ubi masak yang dimakan beserta kulitnya menyediakan lebih banyak serat daripada seporsi oatmeal. dan potasiumnya membantu meringankan radang perut. kalsium. dan paruparu. Sebutir ubi ukuran sedang menyediakan lebih dari 200 persen kebutuhan harian akan vitamin A. dan mangaan. saluran kencing. Kandungan ini tentu akan berubah.Untuk meningkatkan stamina. Salah satu manfaat singkong bagi kesehatan yang paling popular adalah singkong sebagai salah satu sumber terbaik vitamin A. Lalu tambahkan madu dan diminum. membantu mencegah infeksi dalam pencernaan. 4. potasium. dan tulang. Karena pengaruhnya terhadap gula darah relatif kecil. namun dengan sedikit kalori. kalsium. namun yang tidak mempengaruhi kadar insulin. membuktikan bahwa pengidap . Ubi juga berfungsi sebagai antioksidan. Austria. serta rendah sodium. Vitamin ini muncul dalam bentuk beta karoten. C. 2. B. Skala GI akan menilai makanan berdasarkan berapa banyak dan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Ubi juga kaya serat. Studi yang digelar oleh University of Vienna. tergantung cara Anda memasaknya. bebas lemak dan bebas kolesterol.S. Seratnya yang tinggi mampu mencegah sembelit (dan penyebab penyakit perut lainnya). Sweet Potato Council Inc. diblender dengan menambahkan air secukupnya.. tembaga. 25 gram kencur. Menurut The U. ubi juga menjadi pilihan yang baik untuk pengidap diabetes yang butuh karbo. 100 gram singkong. dan lima butir angco yang telah dibuang bijinya.

sehingga tekstur feses menjadi lunak. Serat terdiri atas berbagai substansi yang kebanyakan di antaranya adalah karbohidrat kompleks. Serat secara alami terdapat dalam tanaman. Kandungan Kandungan gizi singkong takaran 206 gram atau cangkir akar singkong mentah: . tapi juga mengurangi masalah pencernaan. Jika kurang minum. wasir.diabetes melitus tipe II yang mengonsumsi ubi dosis tinggi menunjukkan penurunan terbesar resistensi insulin tanpa perbedaan dalam berat badan. dan kolak. Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh. dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Beberapa penelitian menunjukkan. Asupan serat tinggi terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung. Beberapa makanan yang banyak mengandung serat diantaranya adalah jeruk. konsumsi serat harus diimbangi dengan asupan air yang cukup. Serat makanan adalah komponen dalam tanaman tercerna secara enzimatik menjadi bagianbagian yang dapat diserap di saluran pencernaan. pepaya. Ini karena pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Serat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah konstipasi karena menyerap air ketika melewati saluran pencernaan. atau faktor lain yang mungkin akan mempengaruhi. Agar terbebas dari masalah sembelit. Serat yang cukup membantu kerja usus. termasuk memangkas resiko kanker kolon. serat akan memperparah sembelit atau gangguan pada usus besar.Protein .Kolin . serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan. Ini sebabnya. mengurangi resiko divertikulosis. sereal (padi-padian ) dan sayuran. Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas. Banyak sekali manfaat serat bagi tubuh kita. Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. 5. Beberapa manfaat serat untuk tubuh kita :         Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh. Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka mengalami iritasi pada usus. ubi bisa diolah dengan cara apa saja. orang yang sering mengkonsumsi serat cenderung lebih langsing. Padahal.Betaine . Bisa diolah dengan cara apa saja Anda mungkin hanya mengenal ubi dalam bentuk ubi goreng (dengan tepung). sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.

Lemak Alami . A.Kalium .Meningkatkan kesehatan gusi .Vitamin B6. Riboflavin .Karbohidrat (Bagus Jumlah) .Mencegah dari sering pilek Manfaat kandungan singkong: .Melindungi dari infeksi sering .menormalkan kadar gula darah . Thiamin .Fosfor .Meningkatkan penyerapan Besi .Magnesium .Menurunkan Resiko dari beberapa Kanker .Meningkatkan kesehatan paru .Mendukung tulang yang kuat .Mengurangi Penuaan .(Jumlah Baik) Mangan .Mendukung kesehatan tulang .Dietary Fiber .Vitamin B5.Gula Alam .Melindungi dari radikal bebas .Vitamin E.Meningkatkan penyembuhan luka .Mendukung kelenjar tiroid sehat . Folat..Meningkatkan kesehatan gigi .Meningkatkan Sistem kekebalan .Vitamin B3.Vitamin B1.dan K . Pantothenic Acid . Asam folat .Vitamin B2.Mencegah sel dari kerusakan .Asam Lemak Omega 6 .Kalsium .Besi .Selenium . Niacin .Tembaga . Pyridoxine .seng Vitamin C: .Kalori .Vitamin C (Jumlah Besar) .Natrium .Omega 3 Asam Lemak .Vitamin B9.

dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama. 3. ubi jalar memiliki sifat kimia manis dan dingin. Betakaroten merupakan provitamin A dan bersifat anitoksidan. Bagian yang .Melindungi dari radikal bebas . Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. antitumor. khasiatnya pun tak bisa diabaikan.Membantu mencegah pusing .Meningkatkan kesehatan saraf . abu. Kedua bahan ini sangat mudah dikombinasikan dengan bahan lain. C. Hembing Wijayakusuma. Singkong baik untuk kesehatan pencernaan Anda Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. pakar tanaman obat Menurut beliau.Cegah Kebutaan.menormalkan kadar kolesterol . Tetapi yang layak diprhitungkan adalah khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. dan ungu. karbohidrat. Menurut pakar tanaman obat Prof. provinsi Irian Jaya. karoten. Hmbing Wijakusumaya. kalori. Padahal bukan cuma rasanya yang istimewa..Kandungan kimia pada ubi jalar cukup kaya. vitamin B1. Konsumsi ubi jalar yang kaya provitamin A tersebut dilaporkan sebagai faktor pencegah kebutaan akibat kurang vitamin A pada balita di darah lembah Balim. sehingga pencernaan Anda menjadi sehat. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar. menyehatkan jantung dan mengendalikan darah adalah sebagian manfaatnya. zat besi. Ubi hidup liar menjalar. Silakan Anda simak manfaatnya di bawah ini: 1. tetapi justru itulah sisi istimewanya.Membantu mencegah hilangnya pendengaran . dan menambah napsu makan. 2.Membantu melindungi dari mual muntah . kalsiu. Singkong baik untuk diet rendah kalori Anda. antikanker.Menjaga warna rambut . antara lain protein. fosfor. Kolak ubi-singkong disukai karena rasanya yang manis dan ringan. Apa keistimewaan lain ubi-singkong? Rasanya memang sederhana. lemak. dan asam nikotinat. Yang lebih baik adalah yang berwarna kuning jingga karena kaya kandungan bakarotennya. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan. Mengapa begitu? Ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti. serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus.Mendukung reproduksi sehat Singkong ternyata memiliki manfaat beragam untuk kesehatan kita. kuning kemarahan (jingga).Mengurangi ruam kulit . Tak terhitung kreativitas menu berbahan ubi dan singkong. Efek farmakologisnya berkhasiat sebagai tonik (meningkatkan stamina) dan menghentikan pendarahan. yaitu ubi berumbi putih. serat. Manfaat Singkong menurut Prof. Ada tiga jenis ubi jalar. B2.

Khusus untuk rabun senja.efek farmalogis dari singkong adalah sebagai antioksidan. B1. Cuprfilin pada daun singkong terdapat pada klorofilnya. dan menambah nafsu makan. sebaiknya pengukusan singkong harus dilakukan hingga benar – benar empuk. Banyak orang memilih singkong dari tanah yang membungkusnya. pasti belum ada noda. Untuk menghaluskannya bisa menggunakan garpu atau ditumbuk dalam cobek (batu lumpang). zat besi. sehingga apabila akan diubah menhadi penganan musti diolah terlebih dahulu seperti dikukus atau diparut. vitamin B dan C. Daun maengandung vitamin A. glikosida. dan zat besi. pegal linu. Saat diolah singkong harus dicuci bersih untuk menghilangkan tanah yang menempel di umbi singkong. Semua penyakit ini dapat diatasi dnga mminum air rebuasan ubi jalar merah dicampur bahan-bahan lain. Hembing Wijayakusuma. kalsium. rendam singkong terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa unik. konon yang warnanya kekuningan lebih baik daripada yang putih. Lihat warnanya. antikanker. Ubi jalar dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning. selain air rebusannya yang diminum. protein. kalsium. Nah untuk membuat penganan dari singkong kita harus pandai memilih dan mengolahnya. Kalau tanahnya belum kering berarti berarti singkongnya masih baru. dan pegal linu. Sementara kulit batang. melainkan ubinya yang dimakan. lemak. Apabila belum diolah. kalau ada bagian yang membiru sebaiknya jangan dipilih. kerat saja bagian tengahnya singkong secara memanjang. Singkong yang telah lama disimpan memang cenderung mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun. Bagian yang biasa dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. Kulit Singkong Lezat. dan C. Yang mesti diingat. dan rabun senja. Memilih dan Mengolah Singkong Penganan singkong seakan tak pernah habis. fosfor. darah tidak bisa disalurkan ke jantung dan penderita menjadi anfal. fosfor. singkong sebaiknya dihaluskan selagi masih panas.bisa dimanfaatkan adalah umbi dan daun. AntipenyumbatanSingkong sama populernya dengan ubi. kalori. Cara mengupasnya cukup mudah. Akibat tersumbatnya aorta (saluran darah besar). asam urat. Ada saja kue – kue yang bisa dibuat dari singkong. asam urat. Bergizi dan Bernilai Jual Tinggi . lalu tarik bagian yang terkelupas hingga lepas sama sekali dari singkong. hidrat arang. namun daun singkong pun bisa disulap menajadi sayuran yang sangat nikmat. singkong adalah umbi akar yang teksturnya cukup keras. enzim peroksidase. Klorofil dan beberapa turunannya memiliki daya antioksidan dan antikanker. Setelah itu singkong bisa dikupas. Umbi singkong memiliki kandungan kalori. Patahkan sedikit ujungnya. Penyakit aterosklerosis atau timbunan lemak di dinding pembuluh darah dapat dicegah dengan hanya makan daun singkong. mengandung tannin. dan amilum. ubi rebusnya juga di makan. Cuci kembali singkong supaya bersih. pengbengkakan. Anda bisa memilih dan mengolah singkong yang bisa dilakukan dengan beberapa cara ini :        Kupas kulit singkong dengan kuku Anda. perhatikan baik – baik. antitumor. Menurut pakar tanaman obat Prof. lemak. trigliserida. protein. Khusus untuk rematik. Yang mesti diingat. dan kalsium oksalat. rematik. Pada penelitian daun singkong mengandung cuprofilin yang mampu menurunkan kolesterol. bukan air rebusannya yang diminum. hidrat arang. lipida serum darah secara nyata. Apabila singkong hendak dihaluskan seperti untuk membuat getuk.

Setelah bumbu meresap. sebelum keripik kulit singkong ini digoreng. dengan air rendaman diganti tiap harinya. padahal kulit singkong ini juga masih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. bergizi dan bernilai jual tinggi inilah peluang bisnis Anda. demikian juga dengan daun singkong yang telah dimanfaatkan sebagai bahan makanan kita karena mengandung protein dan zat besi. merupakan salah satu bentuk untuk mengatasi limbah kulit singkong. dalam mengolah menjadi keripik kulit singkong. karena sampah ini dapat terdegradasi (membusuk atau hancur) secara alami. Anda dapat memasarkannya di supermarket bahkan sampai diimpor ke luar negeri. rasanya mirip seperti keripik paru ataupun keripik ubi singkong. Butuh dua hari dalam proses pengeringan. makan ternak. Di tangan seorang yang kreatif limbah kulit singkong ini. Pemanfaatan tersebut dikarenakan kulit singkong yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. karena masih jarang yang mengetahui tentang manfaat dan pengolahan dari limbah kulit singkong. biasanya dimanfaatkan untuk ragam masakan. Olahan kulit singkong lezat.Pemberdayaan limbah singkong. Bagian yang dimakan dari tanaman singkong selain bagian umbi atau akarnya juga daunnya. Cara pembuatan keripik kulit singkong. Keripik kulit singkong yang sudah digoreng. Beberapa makanan yang di buat dari singkong: * keripik singkong original . Lalu bagaimana dengan kulit singkong? Bagian dari kulit singkong (bukan kulit ari) sering kali disepelekan dan dianggap sebagai limbah dari tanaman singkong. bergizi dan memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk pengolahan limbah singkong selama ini biasanya dimanfaatkan sebagai kompos. mudah dan praktis. Kulit singkong kemudian di cuci kembali. kulit singkong di masak hingga berwarna kecoklatan. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Setelah dicuci. Kulit singkong yang telah di kupas kemudian dibersihkan dan dicuci hingga bersih. Kulit singkong ini termasuk dalam kategori sampah organik. Singkong merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika yang dapat ditanam sepanjang tahun. rasa pahit yang dihasilkan dari getah singkong tidak terasa akibat proses rendaman selama 3 hari. dan direndam dengan air garam dan campuran penyedap rasa. Selain gurih dan renyah. dan karena kandungan inilah maka dapat juga dikonsumsi oleh manusia. Jika selama ini kita telah mengetahui bahwa umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat. dapat diubah menjadi olahan kuliner yang lezat. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin akan protein. Apabila hasil olahan Anda bagus dan enak. kulit singkong yang direndam kemudian di keringkan di bawah terik matahari. dan sebagai bio energi. Merendam kulit singkong biasanya antara dua hingga tiga hari.

blogspot.com/…/manfaat-dan-kandungan-singkong http://id.cobadulu.shvoong.html http://bisnisukm.htm .com/2009 https://yourtubes.com/27-kingkong-kripik-singkong.com/medicine-and-health/1675679-ubi-singkong-sehatkan-jantungdarah/#ixzz1lgDMFrWx http://eemoo-esprit.html Sumber : http://sobatsehat.info/kandungan-gizi-singkong.com/2010/10/kandungan-gizi-singkong-cassava.com/kulit-singkong-lezat-bergizi-dan-benilai-jual-tinggi.* keripik opak * keripik alen-alen * keripik gethuk * singkong keju http://www.wordpress.idcc.html http://resepmasakanindonesia.