P. 1
Kebutuhan Dasar Ibu Pada Masa Nifas

Kebutuhan Dasar Ibu Pada Masa Nifas

|Views: 124|Likes:
Published by Shin Alfian

More info:

Published by: Shin Alfian on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

KEBUTUHAN DASAR IBU PADA MASA NIFAS

NUTRISI DAN CAIRAN
Pada masa nifas masalah diet perlu mendapat perhatian yang serius, karena dengan nutrisi yang baik dapat mempercepat penyembuhan ibu dan sangat mempengaruhi susunan air susu. Diet yang diberikan harus bermutu, bergizi tinggi, cukup kalori, tinggi protein, dan banyak mengandung cairan. Ibu yang menyusui harus memenuhi kebutuhan akan gizi sebagai berikut. 1. Mengkonsumsi tambahan 500 kalori tiap hari. 2. Makan dengan diet berimbang untuk mendapatkan protein, mineral, dan vitamin yang cukup. 3. Minum sedikitnya 3 liter setiap hari. 4. Pil zat besi harus diminum untuk menambah zat gizi, setidaknya selama 40 hari pascapersalinan. 5. Minum kapsul vitamin A 200.000 IU agar dapat memberikan vitamin A kepada bayiny melalui ASI.

AMBULASI
Ambulasi dini (early ambulation) ialah kebijaksanaan agar secepat mungkin bidan membimbing ibu postpartum bangun dari tempat tidurnya dan membimbing ibu secepat mungkin untuk berjalan. Sekarang tidak perlu lagi menahan ibu postpartum telentang di tempat tidurnya selama 714 hari setelah melahirkan. Ibu postpartum sudah diperbolehkan bangun dari tempat tidur dalam 24-48 jam postpartum. Keuntungan early ambulation adalah sebagai berikut. 1. Ibu merasa lebih sehat dan kuat dengan early ambulation. 2. Faal usus dan kandung kemih lebih baik. 3. Early ambulation memungkinkan kita mengajarkan ibu cara merawat anaknya selama ibu masih di rumah sakit. Misalnya memandikan, mengganti pakaian, dan memberi makan. 4. Lebih sesuai dengan keadaan Indonesia (sosial ekonomis). Menurut penelitianpenelitian yang seksama, early ambulation tidak mempunyai pengaruh yang buruk, tidak menyebabkan pendarahan yang abnormal, tidak mempengaruhi penyembuhan

Penambahan kegiatan dengan early ambulation harus berangsur-angsur. Oleh karena itu. dan lingkungan sangat penting untuk dijaga. Jika dalam 8 jam postpartum belum dapat berkemih atau sekali berkemih belum melebihi 100cc. terutama perineum. Buang Air Besar Ibu postpartum diharapkan dapat buang air besar (defekasi) setelah hari kedua postpartum. Otot-otot perut masih lemah.luka epiostomi atau luka di perut. seorang ibu sangat rentan terhadap infeksi. kebersihan diri sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi. Berikut ini sebab-sebab terjadinya kesulitan berkemih (retensio urine) pada ibu postpartum. . tidak perlu menunggu 8 jam untuk katerisasi. Kebersihan tubuh. memasak . 1. tempat tidur. dan sebagainya. jadi bukan maksudnya ibu segera setelah bangun dibenarkan mencuci. pakaian. Dinding kandung kemih kurang sensitive. maka dilakukan katerisasi. Anjurkan kebersihan seluruh tubuh. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri ibu postpartum adalah sebagai berikut. Edema dan uretra. ELIMINASI Buang Air Kecil Ibu diminta untuk buang air kecil (miksi) 6 jam postpartum. 2. 1. penyakit paru. 3. penyakit jantung. maka dilakukan klisma (huknah). demam. 4. misalnya anemia. Jika setelah pemberian obat pencahar masih belum bisa BAB. Personal Hygiene Pada masa postpartum. maka perlu diberi obat pencahar per-oral atau perrektal. serta tidak memperbesar kemungkinan prolapsusatau retrotexto uteri. Berkurangnya tekanan intraabdominal. Early ambulation tentu tidak dibenarkan pada ibu postpartum dengan penyulit. dan sebagainya. kalau kalau ternyata kandung kemih penuh. Akan tetapi. Jika hari ketiga belum juga BAB.

Sebagai akibat kehamilan dinding perut menjadi . Mengajarkan ibu bagaimana membersihkan daerah kelamin dengan sabun dan air. Secara fisik aman untuk memulai hubungan suami istri begitu daraj merah berhenti dan ibu dapat memasukan satu-dua jarinya kedalam vagina tanpa rasa nyeri. Involusi ini sangat jelas terlihat pada alat-alat kandungan. 3. 5. serta untuk tidur siang atau beristirahat selagi bayi tidur. maka ibu aman untuk memulai melakukan hubungan suami istri kapan saja ibu siap. Keputusan ini bergantung pada pasangan yang bersangkutan. Anjurkan ibu agar istirahat cukup untuk mencegah kelelahan yang berlebihan. misalnya setelah 40 hari atau 6 minggu setelah persalinan. Kadin dapat digunakan ulang jika telah dicuci dengan baik dan dikeringkan di bawah matahari dan disetrika. sarankan kepada ibu untuk menghindari menyentuh daerah tersebut. 1. Jika ibu mempunyai luka episiotomy atau laserasi. Sarankan ibu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah membersihkan daerah kelaminnya.2. dari depan ke belakang. Sarankan ibu untuk mengganti pembalut atau kain pembalut setidaknya dua kali sehari. ISTIRAHAT DAN TIDUR Hal-hal yang bisa dilakukan pada ibu untuk memenuhi kebutuhan istirahat dan tidur adalah sebagai berikut. Memperlambat proses involusi uterus dan memperbanyak pendarahan. 1. Aktivitas Seksual Aktivitas seksual yang dapat dilakukan oleh ibu masa nifas harus memenuhi syarat berikut ini. Mengurangi jumlah ASI yang diproduksi. c. Pastikan bahwa ibu mengerti untuk membersihkan daerah sekitar vulva terlebih dahulu. Kurang istirahat akan mempengaruhi ibu dalam beberapa hal: a. b. Sarankan ibu untuk kembali pada kegiatan-kegiatan rumah tangga secara perlahan-lahan. 4. kemudian membersihkan daerah sekitar anus. Banyak budaya yang mempunyai tradisi menunda hubungan suai istri sampai masa waktu tertentu. 3. 2. Menyebabkan depresi dan ketidakmampuan untuk merawat bayi dan dirinya sendiri. 2. Nasihati ibu untuk membersihkan vulva setiap kali selesai buang air kecil atau besar. Latihan Dan Senam Nifas Setelah persalinan terjadi involusi pada hampir seluruh organ tubuh wanita.

Oleh karena itu. tahan sampai 5 hitungan. angkat dagu ke dada. sehingga mengurangi rasa sakit pada punggung. 3. 2. Mulai mengerjakan 5 kali latihan untuk setiap gerakan. Jelaskan bahwa latihan tertentu beberapa menit setiap hari sangat membantu. 1. mereka akan selalu berusaha untuk memulihkan dan mengencangkan keadaan dinding perut yang sudah tidak indah lagi. Dengan tidur telntang dan lengan di samping. Cara untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi indah dan langsing seperti semula adalah dengan melakukan latihan dan senam nifas. a. Pada minggu ke-6 setelah persalinan ibu harus mengerjakan setiap gerakan sebanyak 30 kali. Kencangkan otot bokong dan pinggul. Untuk itu beri penjelasan pada ibu tentang beberapa hal berikut ini. tahan mulai hitungan 1 sampai 5. Rileks dan ulangi sebanyak 10 kali. Berdiri dengan tungkai dirapatkan.lembek dan lemas disertai adanya striae gravidarum yang membuat keindahan tubuh akan sangat terganggu. Untuk memperkuat tonus otot jalan lahir dan dasar panggul lakukanlah latihan Keagel. tahan nafas dalam. tarik otot perut selagi menarik nafas. karena hal ini akan membuat ibu merasa lebih kuat dan ini juga menjadikan otot perutnya menjadi lebih kuat. Diskusikan pentingnya otot-otot perut dan panggul agar kembali normal. b. Setiap minggu naikkan jumlah latihan 5 kali lebih banyak. 4. Relaksasi otot dan ulangi latihan sebanyak 5 kali. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->