MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASYARAKAT

Disusun Oleh : Nama : Muhammad Prasetyo Utomo NIM : A11.2011.06218 Program Studi : Teknik Informatika

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

MT. selaku dosen mata kuliah “Metodologi Penelitian”  Teman-teman mahasiswa Teknik Informatika. karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat penulis selesaikan sesuai yang diharapkan. Drs. untuk itu rasa terima kasih yang sedalamdalamnya penulis sampaikan kepada :  Bapak Supriyadi. Dalam makalah ini penulis membahas tentang “Dampak Kemajuan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Masyarakat”. . Universitas Dian Nuswantoro yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini. Dalam proses pendalaman materi ini. Makalah ini dibuat dalam rangka tugas yang merupakan syarat pemberian nilai untuk mata kuliah Metodologi Penelitian. tentunya penulis mendapatkan bimbingan. arahan. Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat. koreksi dan saran.KATA PENGANTAR Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah.

2 Rumusan Masalah (1.1) Mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi informasi di masyarakat.2) Bagaimanakah pandangan masyarakat mengenai teknologi informasi? (1.3. Oleh karena itu. (1.3.3 Tujuan Penulisan (1.2) Dapat menyikapi kemajuan teknologi informasi secara tepat.2) BAB II PEMBAHASAN  Teknologi Informasi  Masyarakat Dan Teknologi Informasi  Dampak Kemajuan Teknologi Informasi  Menyikapi Kemajuan Teknologi Informasi (1.BAB I PENDAHULUAN 1.4. email maupun dengan menggunakan jaringan informasi social yang sekarang sedang sering digunakan semisal facebook. 1.4. Teknologi informasi ini juga dapat mempunyai dampak positif dan dampak negatif.4) Bagaimana cara kita menyikapi kemajuan teknologi informasi? 1.1) BAB I PENDAHULUAN  Latar Belakang Masalah  Rumusan Masalah  Tujuan Penelitian  Sistematika Penulisan (1.3) BAB III PENUTUP  Kesimpulan  Saran . 1.3) Apa sajakah dampak yang ditimbulkan oleh teknologi informasi? (1.2. Teknologi informasi ini sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang perangkat-perangkat informasi baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan informasi maupun menyampaikan suatu informasi tersebut ke perangkat informasi lainnya.1 Latar Belakang Masalah Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sudah menjadi elemen penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan berinteraksi.2. Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita mengadakan suatu interaksi sosial baik secara langsung maupun dengan menggunakan media perantara seperti alat komunikasi portabel atau handphone.4. positif misalnya kemudahan dalam berkomunikasi melalui telepon seluler dan internet.2. dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini kita harus mengetahui seberapa besarkah pengaruh yang ditimbulkan oleh teknologi komunikasi dalam kegiatan sehari-hari dalam masyarakat. sedangkan dampak negatifnya adalah maraknya kasus penipuan via sms.2.4 Sistematika Penulisan (1.1) Apakah yang dimaksud dengan teknologi informasi? (1.

Pelanggaran terhadap hak-hak privasi c. email. 2) Dampak negatif teknologi informasi: a. Penyebaran hal-hal yang berbau sara dan pornografi semakn cepat . Sebagian individu akan merasa sangat khawatir bila ia tidak membawa telepon genggamnya karena ia akan dihantui rasa bersalah apabila ketinggalan informasi terbaru dan sebagian lagi ada yang bersikap tidak peduli karena baginya telepon genggam hanyalah alat komunikasi saja tidak lebih. video call. Seiring dengan perkembangan zaman. Komunikasi jarak jauh pun menjadi sangat cepat dan praktis c. 2. karena dengan adanya media informasi tersebut kita akan semakin cepat mengetahui kabar terbaru dari lingkungan sekitar kita maupun semakin menambah wawasan kita terhadap berbagai pengetahuan umum yang ingin kita ketahui melalui perangakat informasi tersebut.BAB II PEMBAHASAN 2. instant message. ada yang sangat mendukung tetapi ada pula yang bersikap tidak peduli dan hanya mengikuti tren yang berlaku. informasi yang ingin disampaikan dari maupun kepada masyarakat pun akan semakin akurat dan cepat. teknologi informasi pun semakin berkembang sehingga memudahkan kita untuk bertukar informasi dengan sesama tanpa waktu yang lama. b. 2. Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan kita d. Hal ini terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. penyadapan email. Media-media yang berperan dalam pertukaran informasi tersebut antara lain adalah televisi. pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi.1 TEKNOLOGI INFORMASI Teknologi Informasi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana suatu informasi dapat diolah dan disampaikan secara mudah cepat dan efektif. Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat. Informasi yang disampaikan lebih up to date dan akurat karena prosesnya cepat b. Pandangan masyarakat yang bermunculan terhadap teknologi informasi pun beragam. Pembajakan lagu dan film d. misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank. Munculnya kejahatan jenis baru. virus computer. dsb.3 DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI Kemajuan teknologi informasi telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan kita baik dampak positif maupun dampak negatif yang diperoleh akibat kemudahankemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi kepada kita untuk bertukar informasi dan meminimalisir waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan pertukaran informasi tersebut.2 MASYARAKAT DAN TEKNOLOGI INFORMASI Kemajuan dalam berkomunikasi semakin lama semakin mudah dan cepat. telepon genggam. 1) Dampak positif teknologi informasi: a. Kehidupan tiap individu dan teknologi informasi dalam masyarakat pun akan menjadi sangat erat hubungannya. dsb.

Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi akan dapat ditekan secara maksimal. .4 MENYIKAPI KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI Kemajuan teknologi informasi telah banyak membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita.2. menggunakan manfaat teknologi informasi secara bijak dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku dan hukum agama kita. Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan teknologi informasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan informasi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi informasi. oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan teknologi informasi tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi informasi. mengetahui sejauh mana privasi yang kita miliki dan menghargai privasi milik orang lain. merubah cara pandang kita supaya peduli akan kemajuan teknologi informasi dan dampak yang ditimbulkannya.

BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan makalah mengenai dampak kemajuan teknologi informasi diatas.2 SARAN Suatu perubahan haruslah disikapi dengan pengetahuan dan arif. 3. begitu pula dengan kemajuan teknologi informasi agar kemajuan tersebut dapat membatu dan memudahkan kita dalam mendapatkan maupun bertukar informasi bukannya malah membawa kita ke dalam hal-hal yang negatif. . dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi informasi telah mencapai suatu masa dimana perangkat informasi memiliki peranan yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan masyarakat yang juga dapat menimbulkan dampak-dampak positif maupun negatif sebagai konsekuensi dari bagaimana cara kita menggunakannya dan sikap yang kita terapkan pada teknologi informasi tersebut.

wordpress.com/2007/03/10/ http://eufrasia.wordpress.com/2010/12/11 / http://lenijuwita.wordpress.com/2011/01/04/ .DAFTAR PUSTAKA http://abra139210.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful