LibreOffice Calc

LibreOffice calc adalah salah satu komponen LibreOffice yang sangat berfungsi penting bagi pekerjaan perkantoran. Komponen ini berfungsi sama seperti Excel pada Microsoft Office. Komponen ini digunakan untuk membuat data dan menghitung data secara cepat. Keuntungan utama dari spreadsheet elektronik adalah data sanga mudah untuk diganti. Jika fungsi dan formula benar telah digunakan, program akan perubahan ini secara otomatis. Pengolah lembar kerja LibreOffice Calc Untuk membuat suatu lembar kerja, Anda bisa menggunakan aplikasi LibreOffice Calc. Aplikasi ini sangat mirip dan memiliki fitur yang setara dengan padanannya, Microsoft Excel. Aplikasi ini juga sangat kompatibel dengan berkas yang dibuat dengan Microsoft Excel. Ataupun untuk menjalankan lembar kerja/spradsheet pilih apliasi perkantoran open office.org spreadsheet. menerapkan

Memulai bekerja Untuk membuka LibreOffice Calc, klik menu Applications > Office > LibreOffice 3.2 Calc. Beberapa detik kemudian, Anda akan melihat jendela aplikasi LibreOffice Calc yang sangat mirip dengan aplikasi Microsoft Excel. Untuk membuka suatu lembar kerja, klik menu File > Open. Berikut adalah format file yang didukung oleh LibreOffice Calc : • • • • • Open Document Spreadsheet (format Default yang telah menjadi standar ISO), Microsoft Excel 97/2000/XP, Microsoft Excel 2007, StarOffice Dan Masih Banyak yang Lain

Pengenalan Antarmuka

Menu Bar

Toolbar Standard & Formatting Toolbar Formula

BAGIAN UTAMA

Navigasi Sheet

Gambar LibreOffice Calc

Antarmuka LibreOffice memiliki beberapa bagian, yaitu (dari atas ke bawah) :

• • •

Menu bar, menampilkan daftar perintah untuk bekerja berupa menu. Toolbar standard, berisikan ikon-ikon perintah utama untuk LibreOffice Calc. Toolbar formatting, berisikan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan formatting pada lembar kerja.

• • •

Toolbar formula, berfungsi untuk mengatur formula/rumus pada setiap sel. Bagian utama, disinilah Anda bekerja untuk membuat lembaran kerja/worksheet. Navigasi sheet, berfungsi untuk berpindah dari suatu sheet ke sheet yang lainnya dalam satu buku kerja atau workbook.

Selain toolbar tersebut, Anda juga bisa menambahkan toolbar lainnya melalui menu View > Toolbars > Toolbar yang ingin ditambahkan. Setiap toolbar memiliki fungsi masing-masing dan berguna sekali untuk mempercepat pengerjaan lembar kerja.

Setiap pengerjaan sebuah dokumen spreadsheet. Untuk itu Open Office Calc ini menyediakan pengaturan Format Sel. Namun berpindah ke menu Format > Page. kalangan yang berkecimpung di bidang ini.Pengaturan Lembar Kerja Pada Open Office. ◦ Kita dapat mengatur letak koma desimal pada pilihan Decimal Places ◦ Untuk pemisah satuan ribuan bisa kita atur pada checkbox Thousand Separator ◦ Untuk inisialisasi nominal negatif pada pilihan Negative Numbers Red . Untuk pengaturan halaman ini perubahannya hanya pada letak menunya saja. sekarang pada aplikasi Open Office Calc tidak lagi berada di menu File. Tentang Format Sel Dalam pengolahan sebuah lembar kerja spreadsheet. Di dalamnya terdapat berbagai macam pengaturan yang secara umum sama dengan aplikasi pengolah lembar kerja spreadsheet lainnya. Hanya saja di sini terdapat perubahan yang cukup terlihat pada letak pengaturan halaman atau menu Page Setup. Pada bagian ini akan dibahas beberapa macam contoh kasus beserta penyelesaiannnya yang berhubungan dengan pengaturan sebuah Sel. namun pengaturan di dalamnya tetap sama. dibutuhkan sebuah pengaturan yang lebih spesifik lagi saat kita mengolah sebuah dokumen dengan kebutuhan yang lebih kompleks. ✔ Contoh 1 : Mengatur Format Satuan Mata Uang ◦ Masuk ke menu Format > Cells. Untuk menggunakan pengaturan ini. di sini kita dapat mengatur format satuan mata uang setiap negara. kita dapat menuju menu Format. lalu lihat di bagian Number ◦ Lalu pada bagian 'Category' kita pilih “Currency”.org Calc ini secara umum pengaturan lembar kerja beserta pengaturan format sel hampir sama dengan aplikasi padanannya. yaitu Microsoft Excel. bagi anda yang membutuhkannya. lebih banyak bekerja pada pengaturan Sel yang terdapat di menu Format > Cells. Pada menu ini. disediakan berbagai macam pengaturan yang sangat berguna untuk mengatur tata letak maupun format yang lainnya pada dokumen kita. Bila pada Microsoft Excel pengaturan halaman terletak pada menu File > Page Setup.

✔ Contoh 2 :Mengatur Tata Letak Teks ◦ Masuk ke menu Format > Cells. lalu kita lihat pada menu Alignment ◦ Kita dapat mengatur tata letak teks pada bagian Text Alignment ◦ Kita dapat mengatur posisi huruf pada bagianText Orientation ✔ Contoh 3 : Menyatukan isi antar sel / Merge Cells ◦ Sorot sel yang akan kita satukan isinya .

nah di sini bisa kita sesuaikan besar kecil dari suatu dokumen. lalu masuk menu File > Page Preview ◦ Maka akan tampil seperti ini.◦ Lalu kita bisa masuk ke menu Format > Merge Cells. untuk dapat di cetak menjadi 1 halaman. lihat di bagian Scaling Gauge. atau menekan ikon ◦ Apabila terdapat pilihan ◦ Pilih Yes ✔ Contoh 4 : Membuat agar dokumen dari beberapa halaman dapat dicetak menjadi satu halaman ◦ Siapkan dokumen yang akan di cetak. .

maka setelah itu apabila kita ingin mengedit isi dari suatu sel. Membuat grafik/chart . cukup dengan menekan tombol Enter. lalu pilih yang menu General ◦ Di bagian kanan.Scaling Gauge ✔ Contoh 5 : Mengedit isi sel dengan menekan tombol Enter ◦ Masuk ke menu Tools > Options. kita cari Input Settings. lalu kita centang pada pilihan Press Enter to Switch to Edit Mode ◦ Lalu klik OK.org Calc ◦ Klik tanda '+' di bagian kiri. lalu pada bagian kiri kita cari pilihan Open Office.

Penggunaan Fungsi Dalam Calc Di sini saya akan membawa anda langsung pada penyelesaian pengolahan data dengan berbagai macam fungsi yang ada dalam LibreOffice Calc ✔ Menambahkan Jenis Fungsi pada Sel 1. klik saja tombol “Next”. Selain itu. Jika tidak perlu kustomisasi. klik menu Insert > Chart pada menu bar. Anda bisa memberi tanda centang pada “First row as Label” jika ingin baris pertama dijadikan label data dan/atau memberi tanda centang pada “First collumn as Label” jika ingin kolom pertama dijadikan label data. Langkah ketiga. tentukan urutan data dengan memilih opsi “Data series in row” jika data ada di setiap baris (memanjang ke kanan). Setelah Anda mengisi data anda pada sel. pilih jenis dari grafik/chart yang Anda inginlkan. atau “Data series in collumn” jika data ada di setiap kolom (memanjang ke bawah). 2. Setelah itu klik sel B4 . lalu memblok sel yang diinginkan. Langkah terakhir. Contoh : Gambar di bawah. tentukan judul grafik beserta opsi-opsi lainnya yang diberikan. 3.Untuk membuat grafik/chart. Kemudian. Masukkan/ketik Jenis Fungsi ( = ) pada sel B7. Setelah itu. Anda bisa klik ikon di sebelah kanan kotak teks. klik tombol “Next”.Gambar Pembuatan grafik atau chart Pada kotak teks “Data Range”. klik tombol Next. Kemudian. Klik di sel B7. Anda bisa mengkustomisasi data yang akan ditampilkan pada chart. klik tombol “Finish”. Setelah selesai. tentukan sel data yang akan dijadikan sumber data. Pada langkah pertama.

4. Kemudian klik pada sel B5 6. Masukkan /ketik Jenis Fungsi ( + ) pada sel B7. . Masukkan Jenis fungsi ( + ) pada sel B7. 5.

Selanjutnya Klik di sel G4. Masukkan Jenis fungsi ( = ) pada sel G4. . Klik di sel G3. Masukkan /ketik Fungsi Jenis ( Laba Per Costume ) 2.7.Kemudian klik pada sel B6 8.38 Subtract 1.Lalu Tekan Enter pada Key board Untuk memastikan apakah hasil anda benar maka total dalam sel B7 harus 10.

Kemudian klik di sel B7 5.) di sel G4 4. Klik di sel E6.86 . Lalu tekan tombol enter pada Key Board Jika Langkah anda benar maka hasil laba per costume harus 8. Masukkan/ketik Jenis Fungsi ( .3.

Klik di sel G4. Formula Bar akan terlihat seperti ini: Melihat bagaimana perubahan profit margin beserta harga sel E4 yang digunakan dalam rumus: 7.6. Perubahan harga yang Costume kembali ke 17. . Klik ikon untuk menyimpan data anda. 8.99.

Klik pada sel A9 dan ketik: Sales Penjualan 2.Multiply 1. Dalam sel A11. Dalam sel B9. ketik: 2250 4. Harus memindahkan kursor ke sel B9. ketik: Profits Keuntungan . Tekan tombol TAB pada keyboard Anda. 3.

kemudian tekan tombol ENTER. kemudian ketik: * 7.5. Jika hasil anda benar maka pada B11 Profits harus19935 . Klik sel B9. Klik sel G4. Dalam sel B11. ketik: = 6.

kemudian ketik: Subsidi . Formula Bar harus =B9*G4 Average 1. Klik sel B11.8. Klik di sel A13.

Dari sel A15 sampai sel C15. ketik: 2003 1000 2004 800 2005 1200 4. Dari sel A14 sampai pada sel C14 ketik: 2003 2004 2005 3.2. ketik: Rata-rata . Dalam sel E14.

Tekan tombol ENTER. Rata-rata subsidi harus 1000: .5. 7. Jika Hasil anda benar. Dalam sel F14. Sorot sel A15 sampai C15. ketik: =Average( 6.

Klik sel F14. Formula bar harus menunjukkan: = Average (A15: C15) .8.

.

kemudian ketik: Maximum 2. . Tekan ENTER. Klik di sel E15. Klik di sel F15.Menemukan nilai maksimal 1. kemudian ketik: = MAX (A15: C15) 3.

klik icon Masukkan data berikut: Sebuah Buying an HDTV untuk membuka workbook baru. B C D E F GG . Click the Klik ikon 5. Klik ikon untuk menyimpan.Dan hasilnya harus seperti ini: 4. ✔ Contoh 2 • • No 1 Pada Toolbar. untuk menutup Partai Istana spreadsheet.

Dalam sel B9. menghitung perkiraan untuk pembayaran bulanan LCD televisi. menghitung biaya keuangan untuk LCD TV. Dalam sel G7.2 3 4 5 6 7 8 9 • • • • • • • • • • An Old Radio Dream Television Harga Pembayaran Suku Bunga Keuangan Chg Amt dibiayai Est Mouths Pmt Dalam sel D4. menghitung harga rata-rata dari kedua televisi. Dalam sel F4. menghitung jumlah dibiayai. Dalam sel E5. Dalam sel E4.12 Total Diff Ratarata Max • • Menyimpan workbook sebagai HDTVs Praktek Calc di folder File.11 Plasma 17000 24 24 . worksheet yang akan terlihat seperti ini: LCD 4000 36 36 . . menghitung perbedaan antara jumlah pembayaran. Setelah selesai. menghitung biaya maksimum keuangan.12 .11 . jumlah yang dibiayai. dan diperkirakan pada pembayaran bulanan Plasma televisi. menghitung perbedaan harga antara kedua televisi. Menghitung biaya keuangan. menghitung total harga dari kedua televisi bersama. Dalam sel B8. Di sel B7. menghitung total pembayaran yang dilakukan untuk kedua televisi. Dalam sel D5.

• Divide Setelah itu Menutup workbook. kemudian ketik: = 3. Klik sel I3. kemudian ketik: '/' 4. kemudian tekan tombol ENTER. Klik sel G4. kemudian ketik: Profit Margin 2. Klik sel E6.46: . Profit Margin yang harus 0. Klik sel I4. 1.

Perubahan harga Costume kembali ke 17.99. . Melihat bagaimana perubahan profit margin beserta harga (E4 sel) yang digunakan dalam rumus: 7.97. Formula Bar harus baca: = G4/E6 6. Mengubah harga the costume ke 15. Klik sel I 4. lalu tekan tombol ENTER.5.

Sekian dulu petunjuk penggunaan Open Office Calc ini. Akhir kata dari penulis kami mengucapkan Selamat Menggunakan Open Office Calc .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful