MEMEBAK BILANGAN MENGGUNAKAN KALKULATOR Berikan kepada dua orang teman Anda selembar kertas dan pena.

Minta keduanya untuk mengambil sebuah bilangan antara 1 dan 99 dan tulis secara tersembunyi dalam selembar kertas. Anda harus menebak bilangan-bilangan tersebut dengan suatu perhitungan. Berikan sebuah kalkulator kepada salah satu teman Anda tadi dan minta dia untuk mengikuti langkah sebagai berikut : 1. Masukan bilangan yang dipilihnya, kalikan dengan 2. Tekan '=' 2. Tambahkan 4, dan tekan '=' 3. Kalikan dengan 5 dan tekan '=' 4. Tambahkan 12 dan tekan '=' 5. Kalikan dengan 10, dan tekan '=' 6. Tanpa menghapus hasil dari kalkulator, minta teman Anda untuk menambahkan hasil perhitungan tadi dengan angka yang dipilih oleh teman Anda yang satu lagi, lalu tekan '=' Ambilah kalkulator dari teman Anda, kemudian lakukan langkah berikut : 7. Kurangi hasil perhitungan tadi dengan 320. Tekan '=' 8. Bagi dengan 100. Tekan '=' 9. Lihatlah oleh Anda dalam kalkulator. Digit-digit di sebelah kiri dari koma desimal akan menunjukkan bilangan yang disembunyikan oleh teman pertama Anda, dan angka setelah koma desimal adalah bilangan yang disembunyikan oleh teman kedua Anda. Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/mathematics/2134620-permainan-matematikamenebak-angka/#ixzz1MU9r2JfH

MENEBAK BILANGAN 2 ANGKA Suruhlah seseorang memilih sebuah lambang bilangan yang terdiri dua angka . Ia supaya merahasiakanya kepada kita. Suruhlah ia mengalikan angka puluhannya dengan dua, hasilnya kurangi dengan 3, lalu kalikan dengan 5 dan akhirnya tambahkan angka satuan dari bilangan asal. Mintalah hasil perhitungan itu. Dari hasil perhitungan itu kita dapat menerka lambang bilangan yang dipilih tadi oleh si anak ( Jawaban : hasil perhitungan +15 = Bilangan yang ditulis dengan lambang bilangan yang dirahasiakan ) MENEBAK SALAH SATU BILANGAN YANG DISEMBUNYIKAN jalan permainan Pertama, minta seseorang memilih bilangan empat angka (misal: 8552). Lalu, minta dia mengurangi bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya (contoh: 8552 – 8 – 5 – 5 – 2 = 8532). Selanjutnya, dari hasil yang diperoleh (8532), mintalah dia untuk menyembunyikan sebuah angka dan menyebutkan angka sisanya. Lalu buatlah dia terkejut dengan menyebutkan angka yang dia sembunyikan dengan cepat. (contoh: dia menyembunyikan angka 5 dari 8532, lalu menyebutkan tiga angka sisanya: 8, 3, dan 2. Lalu Anda dengan cepat berkata, “Angkanya 5 kan….”). trick Bagaimana? Apakah Anda cukup terkejut dengan “sulap” di atas? Triknya ternyata mudah saja… Bagaimana? Jumlahkanlah angka yang diberikan (8 + 3 + 2 = 13), lalu cari bilangan kelipatan sembilan yang terdekat dengan angka tersebut tetapi lebih besar atau sama dengan angka itu (dalam hal ini bilangan kelipatan 9 yang terdekat dan lebih besar atau sama dengan 13 adalah 18). Lalu, kurangkan 18 dengan 13 dan Anda akan mendapatkan jawabannya: LIMA!

Suruh anak menambahkan hasilnya dengan 4. sudah. berarti angkanya 0 dan kalau responnya positif. Jika itu terjadi. sudah. Anak menghitung 20 + 4 = 24. Pertama.””Tambahkan hasilnya dengan 4. ”Sudah. “Angkanya besar kan…?”.Sebagai catatan. Anda dapat mengakalinya dengan bertanya. 0 atau 9. Tidak percaya? Coba saja: 81 habis dibagi 9. 8421 tidak habis dibagi 9 karena 8 + 4 + 2 + 1 = 15 tidak habis dibagi 9. anak-anak dengan senang hati berlatih aritmetika.” ”Berapa hasilnya sekarang?” ”Sembilan. mengurangkan bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya berarti (1000a + 100b + 10c + d) – a – b – c – d = 999a + 99b + 9c = 9(111a + 11b + c). Persamaan aljabar yang dipakai adalah: (2n + 4)/2 = n + 2 Jika hasil akhir dari perhitungan adalah 9 maka 9 ini adalah nilai dari n + 2. Anak menghitung 24/2 = 12. Anak menghitung 10 x 2 = 20. Suruh anak membagi hasilnya dengan 2. apakah Anda penasaran mengapa trik di atas bisa berjalan? Saya akan menjelaskannya. maka angka yang disembunyikan ada di antara 2 kemungkinan. hasilnya pastilah sebuah bilangan yang habis dibagi 9. Kita kembali pada permainan di atas. Ketika permainan berlangsung. Kita peroleh dari 12 – 2 = 10. Misalnya gunakan rumus aljabar berikut: (10n + 30)/10 = n + 3 . 87651 habis dibagi 9 karena 8 + 7 + 6 + 5 + 1 = 27 habis dibagi 9.”Kalikan angka kamu tadi dengan 2.” ”Berarti angka yang kamu bayangkan pertama adalah 7. Q. Sehingga kita peroleh: n+2=9 n=9–2 n=7 Jadi. Mencoba yang lebih menantang.D MENEBAK ANGGKA ”Iva. maka 8 + 1 = 9 habis dibagi 9 juga. maka jumlah angka-angka penyusun dari hasilnya pun habis dibagi 9. Betulkan?” Bagaimana cara kerja permainan aljabar di atas? Prinsip permainan di atas adalah persamaan aljabar sederhana. Misalkan bilangan yang dipilih adalah “abcd”. Suruh anak menyebutkan hasil akhirnya. Artinya. Sudah?” ”Ya. Kalau responnya negatif.” kata Iva. Anak menyebutkan 12. yang harus Anda ketahui adalah ciri-ciri dari sebuah bilangan yang habis dibagi 9 adalah jumlah angka-angka penyusunnya habis dibagi 9 juga. Sudah?” ”Ya. Kita tinggal menebak bahwa angka yang ia bayangkan semula adalah 10. coba kamu bayangkan sebuah angka! Sudah?” . Anda akan mengalami sedikit kesulitan jika jumlah dari tiga angka yang diberikan adalah kelipatan 9. Sudah?” ”Bagilah hasilnya dengan 2.E. yang mereka bayangkan adalah hasil akhir dikurangi 2 (dalam contoh di atas = 7). berarti angkanya 9. Sekarang Anda sudah tahu ciri dari bilangan yang habis dibagi 9. Anda bisa berkreasi dengan cara lain… penjelasan Nah. Lalu. Suruh anak untuk mengalikannya dengan 2. Bilangan ini bisa dituliskan menjadi 1000a + 100b + 10c + d. Ini hanya salah satu cara. Sekarang mari kita coba angka yang lain! Misalnya seorang anak membayangkan angka 10 (ini adalah n yang akan kita tebak).

Pertama-tama disusun hitungan aljabar oleh yang mengajak bermain. 6). sehingga hasilnya berupa : satu atau dua angka per tama menunjukkan bulan kelahiran dan dua angka berikutnya adalah umur . Sebutkan (ucapkan ) hasil terakhir. yaitu misalnya “menebak bulan kelahiran dan umur lawan bermain” kita. MENEBAK BULAN KELAHIRAN DAN UMUR Permainan ini bisa dikembangkan lagi menjadi yang lebih keren. Kemudian tambah lagi dengan 4 5. Hasilnya kalikan 2 4. Kalikan 2 4. dengan perjanjian bahwa umur lawan bermain kita tidak lebih kecil dari 10 tahun. (atau n = 8 – 3 = 5). Maka tebakannya adalah 6. Pertama-tama yang kita pikirkan membuat hitungan aljabar. 16 : 2 = 8. Marilah kita mualai membuat hitungan aljabar. maka kita sebagai yang mengajak bermain menebak : Bilangan yang kau pikirkan adalah 5. misalnya (2X + 5) * 50 + Y supaya menghasilkan 100X + Y hitungan tersebut harus dikurangi 250. Tambah dengan 3 3. lawan bermain kita menyebut 8 Karena hasil hitungan yang untuk bermain adalah n + 3 . hitungan aljabar yang kita buat harus menghasilkan 100X + Y . dan 5 + 3 = 8. Misalnya n adalah sebuah bilangan yang disebutkan dalam batin seseorang. Tambahkan bilangan tersebut dengan 1 3. 5 + 1 = 6 3). Sebutkan dalam batinmu sebuah bilangan. nah yang – 250 ini kita buat seolah-olah . 6 x 2 = 12 4). maka tebakannya n = (13 – 1) : 2 yang sama dengan 6. misalnya (2(n + 3) – 6) + 1 = 2n + 1. Sebutkan hasil terakhir ini Misal lawan bermain kita memikirkan bilangan 5. Kita tahu bahwa 13 = 2 x 6 + 1. Sebutkan dalam batinmu sebuah bilangan 2. MENEBAK ANGKA Kita boleh membuat hitungan lain yang. menyebut (dalam batin) 5 2). Bagilah hasilnya dengan 2 6. Diumpamakan lawan bermain kita menyebut dalam batin bilangan 6. Selanjutnya tambah lagi dengan 1 6. 6+3=9 9 x 2 = 18 18 – 6 = 12 12 + 1 = 13 Lawan bermain kita menyebutkan bilangan 13. Atau karena kunci tebakan adalah 2n + 1. 2. Kurangi dengan 6 5. Pemainan dimulai : 1.MENEBAK ANGKA Permainan ini dimulai dari mempersiapkan sebuah atau lebih hitungan aljabar yang akan digunakan untuk permainan . 12 + 4 = 16 5). Sebutlah bulan kelahiran adalah X dan umur adalah Y. Hitungan berubah menjadi : (2X + 5) * 50 + Y – 250 ini sudah menghasilkan 100X + Y. umpama: {2(n + 1) + 4} : 2 = n + 3 Kemudian lawan bermain kita diminta untuk melakukan perintah-perintah berikut : 1. dalam merespon perintah kita yang mengajak bermain 1).

sesuatu yang misterius. misalnya menjadi : (2X + 5) * 50 + Y + 30 – 12 + 97 – 365 = 100X + Y. 205 berarti 2 Mei. Kurangi 12 8. lahir bulan 1. dikaitkan lagi 1 tahun = 12 bulan. Selanjutnya tambah dengan 5.Sebutkan hasil hitungan mu. Kurangi dengan 12 (komentar: 1 tahun = 2 bulan) 8. Kemudian hitungan tersebut diubah lagi. dengan perintah : 1. Tambah lagi dengan 30 (Komentar : 1 bulan = 30 hari) 7. Selanjutnya tambah dengan 5 4. Tambahkan dengan umurnu 6. lahir bulan 1. Ingat-ingat bulan kamu dilahirkan dan sekarang umurmu berapa. Catatan untuk yang mengajak bermain : Yang perlu diketahui oleh penebak adalah bahwa dua angka terakhir menunjukkan umur. Sebutkan hasil terakhir yang kamu peroleh. Misalnya dikaitkan dengan bulan. dimana satu bulan sama dengan 30 hari. misal bulan Februari adalah bulan 2. umur 10 tahun. dan Y adalah bulan. Kalikan dengan 50 5. Tambah dengan bulan dalam ulang tahunmu. 1). Selanjutnya tambah dengan 97 9. lahir bulan 1. Dimulai perjanjian bahwa yang dimaksud bulan adalah bulan dalam bilangan. Catatan : perlu diketahui bahwa dua angka terakhir menunjukkan bulan. 2. Terakhir kurangi dengan 365 10. 1490 + 97 = 1587 9). Kita mulai bersiap-siap untuk permainan kita. 1 tahun = 365 hari. Kalikan bulan kamu dilahirkan dengan 2 3. 2. 1502 – 12 = 1490 8). umur 22 tahun. Yang perlu diingat lahir bulan 12. Hitungan diatas yaitu (2X + 5) * 50 + Y +30 – 12 + 97 -365 bisa juga diartikan X adalah tanggal. misalnya dalam hitungan menghasilkan 111 berarti 1 November. yang lahir di bulan Desember. Kalikan tanggal dalam ulang tahunmu dengan 2 3. 1. Terakhir kurang dengan 365 (komentar : 1 tahun =365 hari) 10. artinya dia lahir bulan 12 (Desember) dan umur yang diajak bermain 25 tahun. Sehingga hitungan tersebut bisa digunakan untuk menentukan “Ulang Tahun” seseorang. 29 x 50 = 1450 5). 1450 + umur = 1450 + 22 = 1472 6). misalnya bulan Februari itu adalah bulan 2 dan seterusnya. Diposkan oleh Sulkifli Matematika Blog di 17:42 Label: Seputar Matematika . Apabila hasil terakhir 110 . 6. Apabila hasil terakhir 1222 . bulan kali 2 yaitu 12 x 2 = 24 3). Kalikan dengan 50 5. umur 22 tahun. Tambahkan 30 7. 1587 – 365 = 1222 Jadi umurmu 22 tahun dan kamu lahir dalam bulan Desember. 1472 + 30 = 1502 7). Apabila hasil terakhir 122 . lahir bulan 12. Apabila hasil terakhir 127 . Kita bermain dengan seseorang yang berumur 22 tahun. 2005 berarti 20 Mei. bulan disini dinyatakan dalam bilangan. 24 + 5 = 29 4). umur 27 tahun Apabila hasil terakhir 101 . dikaitkan lagi dengan tahun. hitungan pasti salah. Ulang Tahun dinyatakan dalam tanggal dan bulan. Tambah lagi dengan 97 9. umum 22 2). 4. Jadi. Jadi apabila hasil terakhir 1225.

Selanjutnya hasil akhir ini dicocokan dengan sifat-sifat berikut : 1. contoh : LUTHFIFARHANA 3108696198151 Selanjutnya. Bingung ? oke gini nih ilustrasi huruf – angkanya : A-1 B-2 C-3 D-4 E-5 F-6 G-7 H-8 I-9 J-1 K-2 L-3 M-4 N-5 O-6 P-7 Q-8 R-9 S-1 T-0 U-1 V-2 W-5 X-6 Y-7 Z-8 Terus kita coba tulis nama orang itu.. cita-cita. kreativitas. Yang harus anda lakukan adalah membagi 7 bilangan yang diperoleh pada nomor 3 (623 : 7 = 89). Minta ia membaginya dengan 1443 (898989 : 1443 = 623) dan menyebutkan bilangan tersebut pada anda. Orang bernomor ini sangat kukuh. perpaduan. pilihan. artistik. Minta ia mengetikkan angka tersebut tiga kali di kalkulator (898989) 3. Tindakan segitiga ==> surga – manusia – bumi . Dalam permainan kali ini kita harus mengkonversikan setiap huruf yang merupakan simbol dari bilangan tertentu. (Misal : 89) 2.. tindakan. Bilangan konversi itu kemudian dijumlahkan dengan ketentuan khusu. dan suruh ia memikirkan 2 digit angka. Bilangan itu mewakili sifat atau karakter tertentu. sehingga pada akhirnya diperoleh satu bilangan yang kurang dari 10. maka anda akan dapat menebak 2 digit bilangan yang dipikirkan oleh sang sukarelawan. 4. kali ini aq akan coba ngasih tahu ilmu meramal orang pake matematika. Orang bernomor ini bertipe lemah lembut. beri ia sebuah kalkulator. Hal keduniaan.Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz MENEBAK 2 DIGIT ANGKA Effects : Anda mampu menebak dua digit angka yang dipikirkan oleh penonton dengan perhitungan matematis. sensitif. Dari nama diatas maka jumlahnya bakal diperoleh : 3 + 1 + 0 + 8 + 6 + 9 + 6 + 1 + 9 + 8 + 1 + 5 + 1 = 58 Angka-angka yang membentuk bilangan hasil penjumlahan selanjutnya harus dijumlahkan antara puluhan dan satuan sehingga membentuk satu angka saja gini nih caranya : 58 ===> 5 + 8 = 13 13 ===> 1 + 3 = 4 Pokoknya bilangan hasilnya akhirnya nanti harus jadi satuan. kestabilan. dualitas. mempunyai dua sifat yang bertentangan. dan cenderung bersedih. kejahatan. tinggal kita jumlahkan aja. terus konverskan aja huruf ama angka yang sesuai. orang bernomor ini sangat berbakat. Penyatuan. Polaritas. intuitf. Orang nomor ini sangat berpotensi menjadi pemimpin besar atau penjahat besar 2. setia dengan peraturan / tatatertib. empat musim – empat arah. Namun mereka sangat suka mendominasi dan menguasai orang lain. praktis. Panggil seorang sukarelawan. . Prosedur : 1. MERAMAL MENGGUNAKAN ARITMATIKA Oke. kekuatan. sintesis. Setelah tulis namanya. 4. jadi harus terus dijumlahkan terus sampe jadi satuan . Tapi kita perlu hati-hati dengan orang ini karena merupakan penipu yang sangat handal 3.jumlahkan aja bilangan hasil konversi itu. ego.

Nama itu kan penting ! Oh iya. Kalikan 5 4.. Namun sikapnya sangat introvert sehingga membuat orang lain disekitarnya merasa tidak nyaman 8. Namun orang ini suka sekali meng-gosip dan mudah terlena dengan keberhasilannya sehingga mudah pula untuk jatuh. Memiliki rasa sosial dan kemanusiaan yang sangat tinggi. gimana ? keren kan ! Caranya gimana ? gini nih . keselarasan... Sedangkan banyak anggota keluarga adalah digit satuan-nya. cenderug memberontak dan tidak pernah patuh pada aturan tradisionil 5. Namun harus berhati-hati jika bergaul dengan orang ini karena sangat pemarah 6... Pikirkan umurmu ( misalnya : 17 ) 2. Meskipun dari luar terlihat dingin namun di dalamnya sangat ingin memberontak 9. Sedangkan banyak anggota keluarga adalah digit satuan-nya. Kalikan dengan dua ( 17 x 2 = 34 ) 3. Orang ini hebat dan syik dalam bergaul. lemot. seperti misalnya : 1. terserah kamu – yang penting have fun aja . permainan di atas tadi sifatnya Cuma untuk menghibur – jadi gak usah dipikiin banget. Cenderung berbipikir orisional. Kerohanian. Coba minta teman mengalikan umurnya dengan 2 2. cerdas. Orang bernomor ini sangat romantis. Orang ini sangat aktif. kurang gizi. karena sangat bersemangat. Tambahkan dengan banyak anggota keluarga ( 220 + 5 = 225 ) (misalnya jumlah anggota keluarga 5) 6. Orang bernomor ini cenderung menyukai filsafat dan religius. Masih bingung ? oke gini nih ilustrasinya : Umur teman kita adalah bilangan dari digit ratusan dan puluhan. keindahan. Pengembangan. biar lebih hebat lagi sekarang aq kasih tahu juga caranya menebak umur plus menebak jumlah anggota keluarga dengan aritmatika. tambahkan dengan 10 3. senang mencari kenikmatan. kurangi 50 Tanyakan hasilnya pada temanmu tadi Umur teman kita adalah bilangan dari digit ratusan dan puluhan. Contoh : 1. dan sangat ceroboh 7. benci perselisihan. Mereka selalu melihat segala hal dari segi bertentangan. Kejayaan dunia. menyukai sesuatu yang abstrak..dan realistis. Kalikan dengan 5 ( 44 x 5 = 220 ) 5. dan daya imaginasi/ khayalan tingkat tinggi. kurangilah dengan 50 ( 225 – 50 = 175) . Tambahkan dengan 10 ( 34 + 10 = 44 ) 4. 1. Nah. Orangnya aktif dan berani. suka ngutang dikantin dan lain sebagainya. pancaindra. Terus. Nah.. kalau kamu mau kamu juga bisa mengkreasi nomer-nomer diatas supaya lebih menghibur.”.. Terakhir. MENEBAK UMUR DAN JUMLAH ANGGOTA KELUARGA Tadi kan udah tau caranya menebak pikiran and menebak umur. Toh ini Cuma permainan yang niatnya murni untuk have fun aja . and sekaligus buat numbangin pendapatnya Shakespeare yang katanya “Apalah arti sebuah nama Bla bla bla . Kreatifitas. tetapi tidak bisa mencari keseimbangan ( plin-plan). Selanjutnya. minta dia untuk menambahkan dengan jumlah anggota keluarga 5.

buat loe yang pengen tahu berapa duit saku temen tanpa membuat dia sewot.. hasil temen loe itu harus bener – soalnya hasil ini gwe jamin gak akan salah kecuali temen loe itu yang salah itung ) bilangan pada digit ribuan dan ratusan menunjukan umur temanmu itu..Nah dari contoh di atas 175. Tahu gak kenapa ? Diposkan oleh Felton Lynwood di 21:29 . angka 17 adalah umur tman kamu tadi (digit ratusan dan puluhan) terus yang 5 itu tadi adalah jumlah keluarganya..000 ) Tapi inget ! ini hanya berlaku untuk uang saku dibawah 100. nah duit sakunya kan 50. contohny kao 5. Terus. Gini nih rumusnya : 1. Tambahkan 10 ( 60 + 10 = 70 ) 4..000. Kalikan dengan 5 ( [2n + 10] x 5 = 10n + 50 ) 5. Tuliskan umurmu ( 15 ) 2. Selamat mencoba ! Diposkan oleh Felton Lynwood di 21:33 MENEBAK UANG SAKU TEMAN Mungkin kita sering penasaran dngan uang saku teman kita. Nah. Gini nih caranya . Tambahkan dengan 10 ( 2n + 10) 4. sedangkan dua bilangan pada digit puluhan dan digit satuan menunjukkan uang saku temanmu dalam ribuan.000 tulis 5 aja atau kalo 35. ada caranya. angka 15 ini menunjukkan umur teman kamu – terus 50 ini adalah uang saku temen kamu ( 50. misal umur temen kita itu 15 terus di dompetnya ada duit 50. Terakhir tambahkan dengan 115 ( 1435 + 115 = 1550 ) Setelah temen loe selesai melakukan serangkaian operasai tersebut. Tambahkan dengan banyak anggota keluarga (10n + 50 + k) (misalnya jumlah anggota keluarga 5) 6. Kurangi dengan jmlah hari dalam setahun [365] ( 1750 – 365 = 1385 ) 6. Dari contoh diatas.. Tambahin dengan duit kamu sekarang ( 1385 + 50 = 1435 ) 7. kurangilah dengan 50 (10n + 50 + k – 50 = 10n + k) 7. Pengen tahu and ngintip uang saku yang ada di dompet temen kita ? Tapi kan nggak ethis bangetlah kalau kita tanya-tanyain soal duitnya. aq sarankan jangan langsung tanya yang menjurus ke duit. Hasilnya (10n +k) Bilangan 10n + k ini yang merupakan hasil akhir perhitungan menunjukkan bilangan umur n dan bilangan anggota keluarga itu bilangan k.000 .. Pikirkan umurmu ( n ) 2.000 tulis aja 35. Tapi biar ethis. suruh juga dia inget-inget duit yang ada di dompetnya atau sakunya saat ini (kalau mau suruh dia periksa dulu aja tapi jangan sampe keliatan sama kamu). tanyain dulu umur temen kamu itu. Kalikan 4 ( 15 x 4 = 60 ) 3.. Nah gitu deh rumusnya .. Berapa sih uang sakunya ? kok tiap hari nraktir temen terus ? atau kenapa sih temen kita yang satunya lagi gak pernah makan di kantin ? masa sih dia nggak punya duit sama sekali ..000 tapi ntar kita tulis tanpa ribuan-nya. hasil akhirnya 1550 maka. Kalikan dengan 25 ( 70 x 25 = 1750 ) 5. mending pakai tebakan umur sekalian. bisa-bisa malah ntar kita disewotin lagi dikira matre . Kalikan dengan dua ( n x 2 = 2n) 3. Pertama. Contohnya yah. coba tanyakan hasil akhirnya ( tapi inget satu hal. Ikuti aja instruksi berikut : 1.

terserah kamu bebas ..) 2... kurangi dengan bilangan yang dipikirkan semula. .Kurangi 2 (X + 3 – 2 = X + 1) Setelah langkah ini. Nah. Di kiri adalah perintah yang kita berikan pada orang lain. anggap saja tadi bilangan X. seperti menjumlah.Tambah 9 (3X + 9) 4..X = 5 6.. Penasaran apa hubunganya sama aritmatika ? Oke begini nih penjelasannya. coz yang dibutuhin cuma 2 digit. maka hasilnya diperoleh 2X + 10 / 2 = X + 5 5. dalam matematika bilangan yang belum kita ketahui namanya variabel. Pikirkan sebuah bilangan tertentu (Boleh pilih bilangan berapapun. mengalikan. Penasaran ?.. seperti tanggal ulang tahun temen atau semacamnya. Kok bisa yah !?. Hasilnya ditambah tiga belas. kita bisa meminta orang tadi untuk menyebutkan hasil akhirnya. Ini nih contohnya : 1. Dan operasi hitungan yang sangat dasar itu sudah bisa kita gunakan untuk mengetahui apa yang dipikirkan Orang lain ! Nah lo .. Misalkan hasil akhirnya 9.Kalikan dengan 3 (3X) 3. karena kalo diatas 100 ribu ... Terus. Hasilnya Tambah dengan tiga belas 4. kurangi dengan bilangan yang kamu pikirkan tadi .. sehingga diperoleh angka yang istimewa. caranya biasa aja kok.. Lalu dibagi Dua. hasil akhirnya gak bener . Gitu deh caranya . N . maka kita bisa menebak bilangan yang dia pikirkan tadi adalah 8..Anonim mengatakan. kita bakalan menebak apa yang dipikirkan orang laen dengan cara berikut ini. Kalu hitunganmu benar pasti hasil akhirnya lima ! (kalo gak percaya coba cek pake kalkulator) Hebat kan .3 = 2X + 10 4. Apalagi kalau kamu jago aritmatika. Gini nih kuncinya : 1. jadinya 2X + 13 3... Coba kalikan variabel itu dengan dua maka hasilnya 2X 2. Terakhir.. Kali bilangan tersebut dengan dua 3. kan hasilnya 5 MENEBAK PIKIRAN ORANG Mudah bukan ? Kalo kamu mau. biar saya kasih tahu ... Oke biar kamu gak mati penasaran.. mengurangi. Lalu bagi dengan dua 6.Pikirkan sebuah bilangan (anggap X . maupun membagi.Bagi sama 3 (3X + 9 / 3 = X + 3) 5. 12 Juli. Terus dikurangi tiga. kamu bisa mengkreasikan sendiri dengan menambah atau membuat beberapa operasional hitungan baru. Sekarang. 2009 MENEBAK PIKIRAN ORANG Permainan ini hanya membutuhkan kemampuan kita dalam operasional hitungan dasar. ikuti instruksi berikut ini : 1. : Aku gak tau bilangan yang kamu pirikan tadi..... Nah. atau yang manapun. Kemudian kurangi dengan tiga 5.. maka X + 5 . jadinya 2X + 13 .. atau apa lah!) 2. di sebelah kanan adalah apa yang mesti kita sendiri lakukan.

dan andaikan saja loe belum tau bilangan itu . Nah..Pikirkan sebuah bilangan (123.. Kok mesti angka 2 . Kali ini kita bakal menggunakan sistem bilangan bunder. Bagi 2 ( 10 : 2 = 5 ) 7. banyaknya bilangan kan ada 5 dan lagi bilangan itu berurutan dengan selisih antara bilangan sebelumnya 1.. temen kita tadi harus bisa aja itung-itungan jangan kamu kasih ke anak TK. angka 5 ini lah yang dipikirkan oleh temanmu tadi Jadi saat akhir sesi "ngibulin" teman kita tadi. Kuadaratkan Bilangan tersebut ( 5x5 = 25) 3.. kita akan mencoba mengorbankan bilangan bulat ini untuk uji coba trik kita Oke misalkan temen kamu milih bilangan 123. Tapi. Kuadartakan bilangan berikutnya ( bilangan berikutnya 6 --> 6x6 = 36 ) 4. Ikuti Instruksi berikut : 1. And jangan lupa aja sama formulanya. Trik ini cukup bisa membuat kita kelihatan keren . terus tanyakan ke teman kita maka dia akan menjawab hasilnya 125. Oke deh. Syaratnya.. bukan 3 atau 4 atau yang laen ? Gini nih penjelasannya.jumlah bilangan yang dipikirkan harus ganjil dan ditambah dengan bilangan genap selanjutnya( contohnya tadi kan. Karena selisih setiap bilangan adalah 1. Terus.Kalau mau.Tambahkan dgn 4 blngan selanjutnya (123 + 124 + 125 + 126 + 127 = 625) 3. maka selisih bilangan pertama dan ketiga adalah 2.. Setiap bilangan dipikirkan yang oleh temanmu tadi pasti hasilnya sama dengan Hasil akhir dikurangi dengan 2.. coba kamu melakukan operasional hitungan kayak gini : 1. kamu bisa mengkreasikan sendiri berbagai macam perintahnya. yaitu 1 bilangan yang dipikirkan ditambah 4 bilangan berikutnya )... Maka itulah hasil akhir dari angka yang teman kita pikirkan tadi. Pikirkan suatu bilangan ( contoh : 5) 2. (walaupun rada ada unsur ngibulin orang sich ^^) MENEBAK PIKIRAN ORANG Masih mau trik yang lainnya lagi ? . Bilangan rata-rata inilah yang pasti menjadi hasil akhir dari perhitungan kamu tadi. harus di ingat .. Kemudian.Bagi dengan angka 5 (625 : 5 = 125) Nah.) 2. kurangi 1 ( 11 . Nah. Silahkan mencoba .25 = 11 ) 5. jumlah bilangan diatas 5. dengan begitu kita bisa tau kalo angka awal yang di pikirkan tadi adalah hasil dari pengurangan angka 1(pada nomer 5) terus dibagi 2. tak kasih tau lagi. Untuk mengetahui bilangan itu. Kurangi hasil kuadratnya ( 36 . kan tadi .. eh bulat. kalo genap gimana ? Biar Triknya lengkap and komplit aku kasih sekalian aja deh.1 = 10 ) 6. ntar malah kamu yang pusing sendiri. Trik diatas bisa kita terapkan pada bilangan yang jumlahnya besar. Oleh karena itu rata-rata dari kelima bilangan ituadalah bilangan yg terletak di tengah-tengah.. kita tanyain dulu hasilnya setelah dikurangi angka 1. .