PROPOSAL KERJA PRAKTEK

PT. TELKOM Jl. Supratman No.66A , Bandung Jawa Barat

Disusun oleh:
Nurul Azizah Dewi Manshuroh Septiwi Fitriana Dewi

INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA BANDUNG 2010

PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Laju perkembangan industri pertelekomunikasian yang begitu pesat. pengetahuan serta pengalaman-pengalaman praktis yang Kami inginkan. TELKOM I. Hal ini yang mendasari Kami untuk melakukan Kerja Praktek di PT TELKOM ini. Disamping itu mahasiswa dapat memperluas wawasan dan penerapan teori yang telah diterima selama di bangku kuliah sebelum memasuki dunia industri telekomunikasi yang nyata. Maka dari itu Kami percaya bahwa PT TELKOM mampu memberikan ilmu.perusahaan yang bergerak dalam bidang pertelekomunikasian atau perusahaan yang didukung dengan teknologi perusahaannya.PROPOSAL KERJA PRAKTEK PT. telekomunikasi dalam menjalankan roda . Dengan adanya kerja praktek ini diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikannya setelah menyelesaikan studi atas pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama Kerja Praktek. terampil dan profesional terutama berpengalaman di bidang teknologi telekomunikasi. perlu didukung tenaga-tenaga ahli yang terdidik. Untuk itu dalam kurikulum Program Sarjana Jurusan Teknik Informatika IT Telkom memasukkan mata kuliah Kerja Praktek dengan beban akademis 4 Sistem Kredit Semester (SKS). Mata kuliah Kerja Praktek ini bersifat wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Bandung yang telah memenuhi persyaratan dengan melakukannya ke perusahaan .

pelaksana. pengaturan.2. serta mampu menguasai pengalaman praktis selama Kerja Praktek di PT TELKOM. Ditinjau dari Mahasiswa yang melaksanakan kerja praktek:  Mendapatkan ilmu. pengetahuan. .2. I.  Membina hubungan baik antara perguruan tinggi dan dunia kerja khususnya Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom Bandung dengan PT TELKOM.2.1 Tujuan Umum  Mengenal sistem kerja dan sistem organisasi perusahaan serta memperluas wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang akan digeluti.I. Masalah-masalah yang sering terjadi pada operasional dan metoda penyelesaiannya.   I. merumuskan.2 Tujuan Khusus Mampu menguasai dan menjelaskan tentang :    Sejarah Perusahaan Manajemen Perusahaan Teknologi yang digunakan perusahaan dalam menunjang kinerja Industri PT TELKOM.2 Tujuan dan Manfaat I. dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam dunia kerja secara sistematis. dan pengendalian di bidang teknik dan Manajemen Informatika serta mampu mengantisipasi.3 Manfaat Ditinjau dari PT TELKOM  Mendapatkan sumber daya manusia baru dalam membantu menyelelesaikan permasalahan yang ada di lapangan. Peralatan-peralatan yang menunjang operasional. sehingga dihasilkan sarjana teknik Informatika yang mampu bekerja sebagai tenaga perencana.

Disamping itu juga terdapat beberapa laboratorium khusus bidang Informatika. Laboratorium Basis Data. Memiliki keahlian dalam melakukan perbaikan dan optimasi sistem komputer. Dalam Kurikulumnya ada beberapa mata kuliah khusus bidang Informatika yang diajarkan selain mata kuliah wajib yang ditetapkan oleh pemerintah. mulai dari Pemrograman Komputer. Laboratorium Multimedia. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak. diharapkan profil dari lulusan Teknik Memiliki pengetahuan dasar teknik bidang IT. yaitu : Laboratorium Artificial Intellegent. Teknik Elektro. Selain itu. Teknik Fisika. yaitu jurusan Teknik Telekomunikasi. Semua riset mahasiswa laboratorium membentuk Kemampuan praktis ini ditunjang lagi dengan mata kuliah Geladi pada PT TELKOM selama dua bulan pada akhir semester empat. di diharapkan ataupun mahasiswa dengan dapat membandingkan suatu studi dan grup. Dengan melaksanakan dilaksanakan praktikum. Sehingga Informatika :    secara keseluruhan. Jaringan Komputer. serta memiliki sikap untuk selalu mencari pemecahan terbaik dengan menerapkan metodologi. dan Laboratorium Open Source. mengoperasikan. Teknik Komputer. dan memperbaiki system integral tersebut. . dan mata kuliah lainnya. alat analisis. Sistem Informasi. agar pengetahuan dan kemampuan di bidang Informasi dan Teknologi bisa lebih terfokus. mengembangkan teori-teori yang didapatkan di bangku kuliah. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dibentuk agar memiliki keahlian dalam bidang Informasi dan Teknologi. Laboratorium Jaringan dan Perangkat Keras. Sampai saat ini terdapat 8 (delapan) jurusan di IT TELKOM yang keseluruhannya berorientasi pada bidang Informasi dan Teknologi. menginstalasi. Teknik Informatika. diharapkan seluruh mahasiswa Teknik Informatika IT TELKOM memiliki pengetahuan dan wawasan untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang timbul pada system integral secara sistematis. serta prinsip-prinsip optimasi sistem. dan Ilmu Komputasi. memiliki pengetahuan untuk merancang. Teknik Industri. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan di bidang IT. DESKRIPSI KEILMUAN Institut Teknologi Telekomunikasi (IT Telkom) Bandung yang berdiri sejak tanggal 28 September 1990 merupakan suatu lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang berorientasi pada bidang Informasi dan Teknologi. sedangkan IT itu sendiri memiliki aspek yang sangat luas sekali.II. Laboratorium Pemrograman.

III.     IV. maka kami berharap dapat ditempatkan di bagian yang sesuai dengan peminatan kami dengan gambaran kerja sebagai berikut :  Mengenal pembangunan system dalam rangka memahami penerapan ilmu pemrograman. Konsultasi dengan staf dan karyawan perusahaan. MATA KULIAH PENUNJANG                   Pemrograman Komputer Algoritma dan Struktur Data Interaksi Manusia dan Komputer Sistem Berkas dan Basis Data Pemrograman Berorientasi Objek Organisasi dan Arsitektur Komputer Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Basis Data Sistem Operasi RPL: Teknik Berorientasi Objek Web Engineering Data Mining Jaringan Komputer Teori Komputasi Management Proyek IT Desain Analisa Algoritma Kecerdasan Mesin dan Buatan . BIDANG YANG DIINGINKAN Menimbang peminatan yang akan saya ambil dalam kuliah di Jurusan Teknik Informatika adalah peminatan dalam bidang Web Programming. Diskusi dengan pembimbing yang telah ditunjuk oleh PT TELKOM. melihat dan mengamati secara langsung system informasi yang terdapat pada perusahaan secara menyeluruh di PT TELKOM. Menjalin hubungan baik antara perguruan tinggi dan dunia kerja khususnya Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom dengan PT TELKOM dan jika mungkin mahasiswa dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah teknis perusahaan. Menyusun laporan kerja praktek.  Studi lapangan.

Telekomunikasi No. Masa antara 1 Mei 2010 sampai dengan 31 Mei 2010. Buah Batu – Bandung 40257 . NB: Alamat surat kembali: Administrasi Jurusan Teknik Informatika IT TELKOM Gedung F lantai 1 Jl.V. VI. Ters. Bandung. WAKTU PELAKSANAAN Kami sangat mengharapkan waktu pelaksanaannya pada Bulan Mei 2010 selama minimal 1 (satu) bulan.28 April 2010 Hormat Kami.1. PENUTUP Demikian proposal program Kerja Praktek ini Kami buat dengan harapan Bapak/Ibu dapat menerima Kami untuk dapat melakukan Kerja Praktek di Perusahaan ini.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.