P. 1
Dasar Stratifikasi Sosial

Dasar Stratifikasi Sosial

|Views: 117|Likes:
Published by Nisa Anis

More info:

Published by: Nisa Anis on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2012

pdf

text

original

Dasar Stratifikasi Sosial

Segala sesuatu dapat dijadikan dasar stratifikasi sosial jika sesuatu itu dianggap bernilai atau berharga dibandingkan dengan yang lain. Stratifikasi sosial dapat terbentuk berdasarkan : kekayaan (ekonomi), pendidikan, kekuasaan, atau keturunan. Masyarakat masih lebih menghargai orang yang memiliki kekayaan berlimpah daripada orang yang tidak memiliki kekayaan sama sekali. Jika ini yang terjadi maka dikatakan dasar stratifikasi sosial adalah kekayaan atau ekonomi. Stratifikasi seperti ini disebut kelas sosial. Kelas sosial adalah stratifikasi sosial berdasarkan ekonomi (Barger, 1980). Kita tidak dapat melepaskan dimensi ekonomi dari dimensi pekerjaan dan pendidikan. Pekerjaan dengan penghasilannya merupakan bagian penting dari ekonomi. Pendidikan menjadi syarat bagi pekerjaan. Ketiga hal tersebut saling berkaitan (Jeffriws, 1980).

Jika anda diminta memilih menjadi presiden atau tukang parkir, mana yang anda pilih? Tentu anda memilih menjadi presiden karena anda memandang kekuasaan. Tukang parkir memiliki kekuasaan seluas wilayah parkir, sedang presiden memiliki kekuasaan seluas negara. Kalau kita lihat masyarakat Yogya dan Solo, penghormatan terhadap raja dan keluarganya sangat besar. Keadaan ini memperlihatkan dasar stratifikasi sosial adalah keturunan raja. Dapatkah anda sebutkan dasar stratifikasi sosial yang ada di masyarakat anda?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->