RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Indikator : IPA/ Biologi : XI/ II : Ke-1 : 1 X 45 Menit : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/ atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas. : Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses pada sistem koordinasi pada manusia. : 1. Mengetahui struktur, fungsi dan proses yang terjadi pada alat indra. 2. Mengaitkan struktur, fungsi dan proses yang terjadi pada alat indra. 3. Menjelaskan struktur, fungsi dan proses yang terjadi pada alat indra.

I. II.

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengetahui, mengkaitkan, serta menjelaskan struktur, fungsi dan proses yang terjadi pada alat indra Materi Ajar : 2.1 Alat Indra Tubuh Manusia, dilengkapi dengan reseptor penerima rangsangan dari lingkungan yang berupa system indra. Rangsangan fisik, kimia, biologi dan mekanik akan diterima oleh alat indra sebelum diteruskan ke bgain otak. Pada umumnya manusia memiliki lima indra sehingga disebut pancaindra, yaitu indra penglihatan, pendengaran, peraba, pengecap, dan pembau. Indra mempunyai reseptor khusus untuk mengenali perubahan lingkungan. Selain itu dengan reseptor-reseptor yang dimiliki oleh alat indra manusia mampu mengadakan respons yang dapat digunakan sebagai upaya proteksi terhadap gangguan-gangguan dari luar tubuh. Mata mempunyai reseptor khusus untuk menangkap cahaya. Telinga mempunyai reseptor khusus untuk getaran dan keseimbangan. Kulit mempunyai

1

reseptor khusus untuk tekanan, sentuhan panas, dingin dan nyeri. Hidung dan lidah mempunyai reseptor khusus untuk zat kimia. Panca indra manusia berfungsi untuk mengenali perubahan yang terjadi di lingkunag luar tubuhnya. Fungsi ini akan berjalan dengan baik apabila system saraf atau otak tidak mengalami ganguan atau kelainan. 2.2 Bagian-bagian Alat Indra 2.2.1 Indra Penglihatan (Mata) Indra penglihatan didukung oleh alat indra yang berupa mata. Secara keseluruhan, mata manusia berbentuk seperti bola sehingga disebut bola mata. Di luar bola mata terdapat kelopak mata, kelenjar air mata dan saluran keluar air mata. Bola mata dibatasi olehdinding yang terdiri atas tiga lapisan, yaitu: a. Sklera. Merupakan lapisan paling luar berwarna putih. Sklera adalah lapisan pelindung yang disusun oleh jaringan ikat fibrosa. Sklera dilengkapi oleh kornea. Kornea berfungsi untuk memfokuskan bayangan objek pada retina. Bagian kornea dilindungi oleh selaput transparan yang disebut Konjungtiva. b. Koroid. Merupakan lapisan tengah yang terdiri dari jaringan ikat yang berpembuluh darah. Koroid berfungsi untuk menyediakan makanan untuk bagian-bagian mata yang lainnya. Bagian depan koroid memiliki lapisan pigmen yang disebut iris. Iris menyebabkan adanya perbedaan warna mata. Pada bagian tengah iris terdapat satu celah yag disebut dengan pupil. Ukuran pupil dapat berubah secara reflex yang dikendalikan oleh otot-otot melingkar dalam iris. Apabila ada cahaya terang maka pupil akan mengecil atau mengalami kontraksi sedangkan apabila cahaya redup pupil akan melebar c. Retina. Retina merupakan lapisan terdalam dari mata yang peka terhadap cahaya. Bagain retina yang peka terhadap cahaya disebut dengan bintik kuning. Sedangkan yang tidak peka disebut dengan bintik buta. Pada retina terdapat sel-sel fotoreseptor yang dapat dibedakan

2

Sel batang pek terhadap cahaya redup sedangkan sel kerucut peka terhadap rangsangan cahaya terang. Aqueues humor. 3. kemudian impuls saraf meneruskannya ke serabut saraf yang jumlahnya sangat banyakdan 3 . Berbentuk bikonkaf sehingga bersifat mengumpulkan cahaya. adalah cairan kental yang terdapat di belakang rongga mata. terletak di belakang pupil. berfungsi untuk membantu menjaga bentuk Mekanisme Melihat Benda Cahaya yang masuk ke dalam mata secara berturut-turut akan melalui kornea aqueues humor-pupil-lensa mata-vitreus humor-dan akhirnya sampai pada fotoreseptor yang ada di retina. 2. Vitreus humor. Di dalam mata terdapat alat-alat mata yaitu : 1. Cairan ini membantu mata untuk menjaga bentuknya. Apabila pasangan cahaya sudah mengenai fotoreseptor maka impuls saraf akan menuju ganglia yang terdapat pada retina bagian depan. Lensa mata. memiliki daya akomodasi (kemampuan untuk memipih atau mencembung). mata. adalah cairan yang mengisi rongga mata antara kornea dengan lensa mata.menjadi dua yaitu sel batang dan sel kerucut.

2. Cahaya dari sebuah benda yang masuk pada mata membentuk bayangan kecil yang terbalik pad mata. Impuls dari mata kanan diteruskan ke lobi oksipetal kiri dan impuls dari mata kiri diteruskan ke lobi iksipetal kanan. 2. 4 . Indra Pendengaran (Telinga) Telinga merupakan alat pendengaran yang mempunyai reseptor khusus yang mampu mengenali gelombang bunyi. Reseptor pendengaran berupa sel-sel berbentuk rambut. Dari bagian belakang setiap bola mata saraf optik berlanjut ke lobi oksipetal. Pada kedua lobi tersebut impuls diinterpretasikan. Sel-sel ini berfungsi menerima rangsangan getaran dan mengubahnya menjadi impuls sensorik yang kemudian dikirim ke pusat pendengaran di otak. Bunyi adalah hasil dari getaran suatu benda akan tetapi tidak semua getaran yang menghasilkan bunyi dapat kita dengar.2.akhirnya sampai ke saraf optik. Bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah 20-20000 Hz.

saluran gelum (kanalis semi sirkularis) dan rumah siput (koklea). bagian tengah dan bagain dalam. lubang telinga. selaput gendang. telinga dan saluran telinga. Dinding saluran telinga dapat menghasilkan minyak serumen.Secara garis besar teling manusia terdiri dari tiga bagian yaitu bagain luar. Labirin selaput terdiri dari tiga membrane yaitu membrane vestibularis. Impuls dari ujung saraf kemudian diteruskan ke pusat saraf pendengaran di otak akhirnya otak 5 . Getaran pada koklea menstimulasi ujung saraf. tulang-tulang pendengaran (tulang martil. Telinga Bagian Tengah (Ruang Timpani/ The Middle Part Ear) Berfungsi untuk meneruskan gelombang bunyi ke telinga dalam. landasan dan sanggurdi. membrane tektorial dan membrane basilaris. Bagain-bagian terdapat di ruang timpani yaitu: selaput pendengaran atau membrane timpani. Getaran di tingkap bulat menyebabkan cairan limfa koklea juga ikut bergetar. Mekanisme pendengaran Suatu objek yang bergetar akan menggetarkan molekul udara sehingga menimbulkan gelombang suara. b. Labirin terdiri atas dua bagian yaitu labirin tulang dan labirin selaput. Telinga Bagain Luar (Outer Part Ear) Telinga bagian luar berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi. a. Labirin tulang terdpat serambi atau vestibulum. tulang landasan dan tulang sangurdi) dan pembuluh eustachius. Telinga Bagian Dalam (Labirin/Inner Part Ear) Telinga bagian dalam berfungsi menerima rangsangan bunyi dan mengirimkannya ke otak untuk diolah. c. kemudian dilanjutkan ke tingkap bulat. Bagain depan ruang timpani dibatasi oleh membrane timpani dan bagian belakangnya dibatasi oleh tingkap oval dan tingkap bulat. Getaran dari membrane timpani diteruskan ke tulang martil. Apabila gelombang tersebut sampai ke telinga maka akan masuk melalui telinga luar sampai ke membran timpani sehingga membrane timpani bergetar. Terdiri atas daun telinga. Saluran gelum berfungsi untuk menjaga kesetimbangan.

2. tekanan. yaitu saraf yang khusus untuk Ujung saraf ruffini. yaitu saraf yang khusus merespon Ujung saraf Paccini.besar akan memproses dan menterjemahkan sehingga timbul persepsi suara. yaitu saraf yang khusus merespon Ujung saraf Krause. kulit dilengkapi dengan reseptor saraf yang peka terhadap rangsangan seperti reseptor rasa sakit.2. yaitu saraf yang khusus merespon Ujung saraf tanpa selaput. Rangsangan tersebut di teruskan ke otak melalui beberapa ujung saraf yang tertanam didalam epidermis kulit. yaitu saraf khusus yang merespon merespon rangsangan berupa sentuhan (rabaan). dn sentuhan.4 Indra Pengecap (Lidah) 6 . rangsangan berupa panas rangsangan dingin rangsangan tekanan rangsangan sakit 2. Beberapa ujung saraf yang penting yaitu : a b c d e Ujung saraf meissner.3 Indra Peraba (Kulit) Sebagai indara perba.2.

asin. merupakan papilla peraba yang menyebar di seluruh permukaan lidah Papilla yang dilingkari saluran ( papilla circumalata). Kuncup pengecap adalah kumpulan saraf pengecap yang peka terhadap rangsangan rasa. Lidah memiliki tiga macam papilla yaitu: a b Papilla berbentuk benang (papilla filiformis). yaitu rasa manis. merupakan papilla pengecap yang terdapat di tepi lidah 7 .Lidah merupakan indara pengecap yang peka terhadap rangsangan rasa berupa larutan. Pada lidah terdapat tonjolan-tonjolan (papilla) yang didalamnnya terdapat kuncup pengecap. c Papilla berbentuk martil. Indra pengecap manusia hanya mampu mengecap empat cita rasa. terdapat tujuh sampai Sembilan buah di dekat pangkal lidah. pahit. Papilla terdapat di permukkaan lidah sebelah atas. asam. merupakan papilla pengecap.

Reseptor pengecap rasa pahit merupakan reseptor yang terpeka. 2. Apabila system olfaktori dihambat.zat-zat kimia berupa gas masuk kedalam rongga hidung pada saat kita menghirup udara. 8 . Indra pembau ini didukung oleh kemoreseptor yang terdapat di dalam hidung. sebaliknya reseptor pengecap rasa manis merupakan reseptor yang paling kurang peka.2. Saraf olfaktori peka terhadap rangsangan kimia berupa gas.5 Indra Pembau (Hidung) Indra pembau terdapat pada selaput lendir rongga hidung. persepsi rasa pada lidah juga akan berkurang. Pada umumnya sensasi rasa dari indra pengecap memiliki keterkaitan dengan sensasi aroma indra pembau. Di dalam rongga hidung zat-zat kimia tersebut larut di dalam lendir dan merangsang ujung saraf kemudian impuls diteruskan kepusat saraf (otak) melalui serabut saraf pembau. Bagian tengah lidah tidak memiliki reseptor. Hal ini mungkin sebagai mekanisme peringatan karena pada umumnya racun berasa pahit.Ujung lidah peka terhadap rasa manis. sedangkan tepi-tepi nya peka terhadap rasa asam dan asin dan bagian belakangnya peka terhadap rasa sakit. Hubungan atara indra pembau dan indara pengecap dapat menaikan selera makan. Di dalam otak. Hidung dilengkapi juga dengan saraf olfaktori (saraf pembau) yang berhubungan dengan otak. impuls tersebut diterjemahkan menjadi suatu bau.

Langkah-Langkah Pemblajaran Kegiatan Pembelajaran Kegiatan awal Kegiatan Guru 1. Cek absensi siswa 3. Menjawab pertanyaan guru. 9 . 1. 3. Menyatakan kehadiran.Mengecek pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan disajikan melalui pertanyaan: pernahkah kalian mencium bau kentut seseorang? Bagaimana baunya? Pernahkah kalian mencium bau parfum teman kalian? Bagaimana baunya? Pernahkah kalian makan cermai? Bagaimana rasanya? Pernahkah kalian mendengar suara kelelawar? Bagaimana bunyinya? Pernahkah kalian di cubit oleh Kegiatan Siswa 1.III.Ceramah 2. Model Pembelajaran: Kooperatif Jigsaw Metode Pembelajaran: 1. Salam pembuka 2.Tanya jawab V.Diskusi 3. IV. Memberi Waktu 5 menit salam 2.

2. sehingga ada ahli mata. siswa untuk membentuk kelompok. Mendengarkan penjelasan guru. materi pelajaran dalam bentuk teks dan LKS 4. dengan jumlah 5 kelompok. Pengenalan meteri melalui penyampaian SK. Guru memberikan 2. siswa masing-masing di dalam kelompok untuk membagi dirinya menjadi 5 bagian yang akan membentuk kelompok ahli. Mendengarkan penjelasan guru. 4. Bertanya kepada guru. Berdiskusi didalam kelompok ahli. Guru menyuruh 4.KD dan pokok-pokok materi Kegiatan inti 1. kesempatan bertanya kepada siswa jika ada yang belum dipahami. Guru menyuruh 3. 3. Guru memberikan 5. ahli telinga. 5. 1.seseorang? Bagaimana rasanya? Kenapa kita bisa melihat warna? 4. Membentuk kelompok. 35 menit 10 . ahli hidung. ahli lidah. Guru menjelaskan secara singkat tentang panca indra. dan ahli kulit. Membentuk kelompok asal dann kelompok ahli.

Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa jika ada Kegiatan akhir yang belum dipahami 1. 2. 2. dan siswa melakukan diskusi di dalam kelompok ahli.pada masing-masing kelompok ahli. Siswa memberikan salam penutup 5 menit 5 7. Guru menyuruh siswa untuk kembali ketempat duduk masingmasing. Guru mengintruksikan untuk kembali kedalam masingmasing kelompok asal dan melakukan diskusi di dalam kelompok asal. penutup Guru memberikan salam 1. 8. 6. Menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Kembali ke tempat duduk masingmasing. Guru 9. Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan pelajaran. mrngintruksikan siswa untuk mengerjakan LKS 9. Mengajukan pertanyaan. 8. 11 . Siswa mengerjakan LKS 6. 7. Kembali ke kelompok asal dan menjelaskan materi kepada teman-teman di kelompok asal.

Kognitif : a Laporan hasil diskusi LKS b Evaluasi 2. LKS (Lembar Kerja Siswa) VII.VI. bertanya dan memberikan tanggapan Ketrampilan dalam diskusi Ketrampilan bertanya 3. Sumber Belajar: 1.Prikomotor 12 . Penilaian 1.Afektif a b a b Partisipasi aktif dalam kelompok Berani berpendapat. Teks bacaan 2. Buku siswa 3.

yaitu: a. Sel batang pek terhadap cahaya redup sedangkan sel kerucut peka terhadap rangsangan cahaya terang. Di dalam mata terdapat alat-alat mata yaitu : 1. Di luar bola mata terdapat kelopak mata. Bola mata dibatasi olehdinding yang terdiri atas tiga lapisan. memiliki daya akomodasi (kemampuan untuk memipih atau mencembung).Materi kelompok Ahli Ahli Mata Indra penglihatan didukung oleh alat indra yang berupa mata. Retina merupakan lapisan terdalam dari mata yang peka terhadap cahaya. kelenjar air mata dan saluran keluar air mata. Sklera dilengkapi oleh kornea. Lensa mata. Apabila ada cahaya terang maka pupil akan mengecil atau mengalami kontraksi sedangkan apabila cahaya redup pupil akan melebar c. Berbentuk bikonkaf sehingga bersifat mengumpulkan cahaya. Merupakan lapisan paling luar berwarna putih. Merupakan lapisan tengah yang terdiri dari jaringan ikat yang berpembuluh darah. Retina. Koroid berfungsi untuk menyediakan makanan untuk bagian-bagian mata yang lainnya. b. Kornea berfungsi untuk memfokuskan bayangan objek pada retina. Ukuran pupil dapat berubah secara reflex yang dikendalikan oleh otot-otot melingkar dalam iris. mata manusia berbentuk seperti bola sehingga disebut bola mata. Iris menyebabkan adanya perbedaan warna mata. Sklera adalah lapisan pelindung yang disusun oleh jaringan ikat fibrosa. Bagain retina yang peka terhadap cahaya disebut dengan bintik kuning. 13 . Sklera. Bagian depan koroid memiliki lapisan pigmen yang disebut iris. Pada retina terdapat selsel fotoreseptor yang dapat dibedakan menjadi dua yaitu sel batang dan sel kerucut. Secara keseluruhan. Bagian kornea dilindungi oleh selaput transparan yang disebut Konjungtiva. terletak di belakang pupil. Pada bagian tengah iris terdapat satu celah yag disebut dengan pupil. Sedangkan yang tidak peka disebut dengan bintik buta. Koroid.

Aqueues humor. adalah cairan kental yang terdapat di belakang rongga mata. 14 . Dari bagian belakang setiap bola mata saraf optik berlanjut ke lobi oksipetal. Mekanisme Melihat Benda Cahaya yang masuk ke dalam mata secara berturut-turut akan melalui kornea aqueues humor-pupil-lensa mata-vitreus humor-dan akhirnya sampai pada fotoreseptor yang ada di retina. adalah cairan yang mengisi rongga mata antara kornea dengan lensa mata. Vitreus humor. kemudian impuls saraf meneruskannya ke serabut saraf yang jumlahnya sangat banyakdan akhirnya sampai ke saraf optik. Cairan ini membantu mata untuk menjaga bentuknya. Pada kedua lobi tersebut impuls diinterpretasikan. Impuls dari mata kanan diteruskan ke lobi oksipetal kiri dan impuls dari mata kiri diteruskan ke lobi iksipetal kanan. Apabila pasangan cahaya sudah mengenai fotoreseptor maka impuls saraf akan menuju ganglia yang terdapat pada retina bagian depan. Cahaya dari sebuah benda yang masuk pada mata membentuk bayangan kecil yang terbalik pad mata. 3. berfungsi untuk membantu menjaga bentuk mata.2.

bagian tengah dan bagain dalam. telinga dan saluran telinga. Telinga Bagian Tengah (Ruang Timpani/ The Middle Part Ear) 15 . Bunyi adalah hasil dari getaran suatu benda akan tetapi tidak semua getaran yang menghasilkan bunyi dapat kita dengar. Bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah 20-20000 Hz. b. Secara garis besar teling manusia terdiri dari tiga bagian yaitu bagain luar. Sel-sel ini berfungsi menerima rangsangan getaran dan mengubahnya menjadi impuls sensorik yang kemudian dikirim ke pusat pendengaran di otak. lubang telinga. a. Dinding saluran telinga dapat menghasilkan minyak serumen.Materi Kelompok Ahli Ahli Telinga Telinga merupakan alat pendengaran yang mempunyai reseptor khusus yang mampu mengenali gelombang bunyi. Telinga Bagain Luar (Outer Part Ear) telinga bagian luar berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi. Terdiri atas daun telinga. selaput gendang. Reseptor pendengaran berupa sel-sel berbentuk rambut.

Impuls dari ujung saraf kemudian diteruskan ke pusat saraf pendengaran di otak akhirnya otak besar akan memproses dan menterjemahkan sehingga timbul persepsi suara. Mekanisme pendengaran Suatu objek yang bergetar akan menggetarkan molekul udara sehingga menimbulkan gelombang suara. tulang-tulang pendengaran (tulang martil. membrane tektorial dan membrane basilaris.Berfungsi untuk meneruskan gelombang bunyi ke telinga dalam. saluran gelum (kanalis semi sirkularis) dan rumah siput (koklea). landasan dan sanggurdi. 16 . Bagain depan ruang timpani dibatasi oleh membrane timpani dan bagian belakangnya dibatasi oleh tingkap oval dan tingkap bulat. Getaran dari membrane timpani diteruskan ke tulang martil. Bagain-bagian terdapat di ruang timpani yaitu: selaput pendengaran atau membrane timpani. Labirin selaput terdiri dari tiga membrane yaitu membrane vestibularis. Labirin tulang terdpat serambi atau vestibulum. Telinga Bagian Dalam (Labirin/Inner Part Ear) Telinga bagian dalam berfungsi menerima rangsangan bunyi dan mengirimkannya ke otak untuk diolah. Apabila gelombang tersebut sampai ke telinga maka akan masuk melalui telinga luar sampai ke membran timpani sehingga membrane timpani bergetar. Getaran di tingkap bulat menyebabkan cairan limfa koklea juga ikut bergetar. Labirin terdiri atas dua bagian yaitu labirin tulang dan labirin selaput. Getaran pada koklea menstimulasi ujung saraf. tulang landasan dan tulang sangurdi) dan pembuluh eustachius. kemudian dilanjutkan ke tingkap bulat. Saluran gelum berfungsi untuk menjaga kesetimbangan. c.

Rangsangan tersebut di teruskan ke otak melalui beberapa ujung saraf yang tertanam didalam epidermis kulit. tekanan. Ujung saraf ruffini. Beberapa ujung saraf yang penting yaitu : a b c d e Ujung saraf meissner.Materi Kelompok Ahli Ahli Kulit Sebagai indara perba. yaitu saraf yang khusus merespon rangsangan dingin Ujung saraf Paccini. dn sentuhan. yaitu saraf yang khusus merespon rangsangan tekanan Ujung saraf tanpa selaput. kulit dilengkapi dengan reseptor saraf yang peka terhadap rangsangan seperti reseptor rasa sakit. yaitu saraf khusus yang merespon rangsangan sakit 17 . yaitu saraf yang khusus merespon rangsangan berupa panas Ujung saraf Krause. yaitu saraf yang khusus untuk merespon rangsangan berupa sentuhan (rabaan).

Materi Kelompok Ahli Ahli Lidah Lidah merupakan indara pengecap yang peka terhadap rangsangan rasa berupa larutan. yaitu rasa manis. Lidah memiliki tiga macam papilla yaitu: a b Papilla berbentuk benang (papilla filiformis). c Papilla berbentuk martil. merupakan papilla pengecap yang terdapat di tepi lidah Ujung lidah peka terhadap rasa manis. merupakan papilla pengecap. sedangkan Bagian tengah lidah tidak memiliki reseptor. asin. Kuncup pengecap adalah kumpulan saraf pengecap yang peka terhadap rangsangan rasa. pahit. 18 . Pada lidah terdapat tonjolan-tonjolan (papilla) yang didalamnnya terdapat kuncup pengecap. Papilla terdapat di permukkaan lidah sebelah atas. tepi-tepi nya peka terhadap rasa asam dan asin dan bagian belakangnya peka terhadap rasa sakit. Indra pengecap manusia hanya mampu mengecap empat cita rasa. merupakan papilla peraba yang menyebar di seluruh permukaan lidah Papilla yang dilingkari saluran ( papilla circumalata). asam. terdapat tujuh sampai Sembilan buah di dekat pangkal lidah.

Materi Untuk Kelompok Ahli Ahli Hidung 19 . Pada umumnya sensasi rasa dari indra pengecap memiliki keterkaitan dengan sensasi aroma indra pembau. Hal ini mungkin sebagai mekanisme peringatan karena pada umumnya racun berasa pahit. sebaliknya reseptor pengecap rasa manis merupakan reseptor yang paling kurang peka.Reseptor pengecap rasa pahit merupakan reseptor yang terpeka.

zat-zat kimia berupa gas masuk kedalam rongga hidung pada saat kita menghirup udara. Hubungan atara indra pembau dan indara pengecap dapat menaikan selera makan. Saraf olfaktori peka terhadap rangsangan kimia berupa gas. persepsi rasa pada lidah juga akan berkurang. Di dalam otak. impuls tersebut diterjemahkan menjadi suatu bau. Hidung dilengkapi juga dengan saraf olfaktori (saraf pembau) yang berhubungan dengan otak. Indra pembau ini didukung oleh kemoreseptor yang terdapat di dalam hidung. Di dalam rongga hidung zat-zat kimia tersebut larut di dalam lendir dan merangsang ujung saraf kemudian impuls diteruskan kepusat saraf (otak) melalui serabut saraf pembau. Apabila system olfaktori dihambat. LKS I Judul : Mata Sebagai Organ Sistem Koordinasi Tujuan: Mengetahui Mata Sebagai Organ Sistem Regulasi 20 .Indra pembau terdapat pada selaput lendir rongga hidung.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1. Sebutkan dan jelaskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia! Jelaskan proses melihat oleh mata? LKS II Judul : Telinga Sebagai Organ Sistem Koordinasi Tujuan: mengetahui telinga Sebagai Organ Sistem Regulasi 21 . 2.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1. Sebutkan dan jelaskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia! Bagaimana proses mendengar oleh telingga? LKS III Judul : Kulit Sebagai Organ Sistem Koordinasi Tujuan: mengetahui kulit Sebagai Organ Sistem Regulasi Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 22 . 2.

1. Sebutkan dan jelaskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia! Sebut dan jelaskan 5 macam ujung saraf yang terdapat pada kulit? LKS IV Judul : Lidah Sebagai Organ Sistem Koordinasi Tujuan: Mengetahui Lidah Sebagai Organ Sistem Regulasi Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 23 . 2.

2. Sebutkan dan jelaskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia! Sebutkan jenis-jenis papilla yang terdapat pada lidah? LKS V Judul : Hidung Sebagai Organ Sistem Koordinasi Tujuan: Mengetahui Lidah Sebagai Organ Sistem Regulasi 24 .1.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1. Sebutkan dan jelaskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia! 2. Mengapa penderta flu nafsu makannya berkurang? Contoh Instrumen Evaluasi Mata pelajaran : IPA 25 .

Kelainan mata karena tidak dapat melihat benda yang jauh disebut …. Sanggurdi 5. Kelopak mata b.. Organ yang tidak termasuk kedalam alat indera … a. Bagian mata yang berfungsi sebagai membiaskan cahaya yang masuk . kecuali . Sebagai penangkap getaran suara c. Landasan c. Martil b. a.Kelas/semester Pokok bahasan Waktu : VIII/1 : Sistem Koordinasi : 10 menit Pilihlah salah satu jawaban yang benar! 1. Telinga d.. Eustacius d.. Lambung 2. Rabun jauh b. Pupil d. Untuk menambah daya dengar d. Presbiopi 4. Rabun dekat c. Hidung b. Retina 3.. Fungsi dari daun telinga adalah . Lensa mata c.. a. Rabun senja d. a. Untuk melindungi lubang telinga b.. a. Tiga tulang yang berada pada telinga bagian tengah adalah. Mata c.. Sebagai pengantar suara 26 .

Sebagai alat bantu menelan d. Samping 7. B 3. a.. A 4. Krause 10. Epidermis c. Lusidum d.. Pangkal d. Sebagai pengaduk makanan di mulut c. Sebagai alat bantu pernapasan d. D 2..6. Tepi c. Pacini b. Dermis b. Kelenjar keringat terletak bagian kulit .. a.. Sebagai indera pengecap b. Sebagai pengatur keluar masuknya udara 9. Ujung b. a.. Sebagai pembunuh kuman b.. Fungsi dari rambut dan lendir pada hidung adalah . a. Simpul saraf perasa panas yaitu .. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi lidah adalah . a. C 5. Meisner c. B 6. Rufini d.. Korneum Kunci Jawaban 1. Sebagai pencerna kimia makanan 8.. Sebagai penyaring udara yang masuk c. Bagian lidah yang mengecap rasa pahit terletak pada . C 27 .

D 8. B 9. A SKOR TOTAL = 100 28 . C 10.7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful