P. 1
KB

KB

|Views: 866|Likes:
Published by Chue' V Yani

More info:

Published by: Chue' V Yani on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2013

pdf

text

original

KB (KELUARGA BERENCANA) DAN TUJUANNYA

A. Keluarga Berencana 1. Pengertian Keluarga Berencana Keluarga berencana menurut WHO (1970) adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan suami istri untuk : a. Mengatahui kelahiran yang tidak diinginkan. b. Mendapatkan kelahiran yang memang diinginkan. c. Mengatur interval di antara kehamilan. d. Mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami-isteri. e. Menentukan jumlah anak dalam keluarga. (Hartanto, 2004). 2. Tujuan Keluarga Berencana Tujuan keluarga berecana menurut BKKBN adalah : 1) Meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak serta keluarga dan bangsa pada umumnya. 2) Meningkatkan martabat kehidupan rakyat dengan cara menurunkan angka kelahiran sehingga pertambahan penduduk tidak melebihi kemampuan untuk meningkatkan reproduksi.

6. Bertambahnya kelompok BKB percontohan di setiap kecamatan. 6. Tersedianya data mikro keluarga di tingkat desa. Menurunnya pasangan usia subur yang tidak ingin anak tapi belum menjadi peserta KB ( unmetneed ). Bertambahnya cakupan anggota kelompok BKL dan kelompok BKR percontohan. Bertambahnya jumlah IMP ( PPKBD dan Sub PPKBD ) yang aktif melaksnakan Komunikasi. secara mikro mewujudkan ketahanan keluarga dan kesejahteraan masyarakat. 4. 5.TUJUAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA KABUPATEN MALANG Tujuan Program Keluarga Berencana secara makro untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka kelahiran.1. Meningkatnya jumlah kelompok bina keluarga balita ( BKB ). Teredianya alat dan obat kontrasepsi bagi keluarga Pra Sejahtera dan KS. Jumlah Bidan Praktek Swasta ( BPS ) yang melayani KB. Meningkatnya cakupan dan kualitas data mikro keluarga dan data hasil pencapaian program. Sasaran : Adapun sasarannya adalah sebagai berikut : 1. 3. Meningkatnya kualitas kelompok bina keluarga ( BKB. . Meningkatnya peran stakeholder dan masyarakat dalan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana 2. Bertambahnya cakupan anggota kelompok BKR dan kelompok BKR percontohan. Bertambahnya jumlah rumah sakit/rumah bersalin/klinik swasta yang melayani KB. Bertambahnya median usia kawin pertama wanita. Informasi & Edukasi ( KIE) KB. Bertambahnya jumlah Dokter Praktek Swasta ( DPS ) yang melayani KB. 8. 5. BKR. 4. BKL dan UPPKS. 7. 3. yang diwujudkan dalam kegiatan sebagai berikut : 1. Tersedianya alat dan obat kontrasepsi bagi pra sejahtera dan keluarga sejahtera 1 ( Pra S dan KS. Bertambahnya jumlah kelompok UPPKS dan cakupan anggota UPPKS. Meningkatnya pelayanan keluarga berencana yang terintegrasi dengan pelayanan kesehatan reproduksi lainnya. 10.1 ). 9. 11. 2. 7. Bertambahnya cakupan anggota kelompok Bina Keluarga Balita ( BKB ) serta anggota BKB yang menjadi peserta KB.

Jadi. dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan reproduksi. Mengurangi angka kelahiran untuk menaikkan taraf hidup rakyat dan bangsa. mengontrol waktu saat kehamilan dalam hubungan dengan umur suami istri. B. (5) Keluarga berketahanan. bayi. (6) Keluarga yang terpenuhi hak-hak reproduksinya. mengatur interval diantara kehamilan. Tujuan KB Adapun tujuan dari pelaksanaan program KB antara lain : (1) Tujuan umum adalah membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan social ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak. 2003 : 87) Keluarga Berencana (KB) adalah suatu upaya manusia untuk mengatur secara sengaja kehamilan dalam keluarga secara tidak melawan hukum dan moral Pancasila untuk kesejahteraan keluarga. karena di benak masyarakat masih ada mitos yang menyatakan bahwa banyak anak banyak rejeki. mendapatkan kelahiran yang memang diinginkan. bahagia dan sejahtera. KB adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan suami istri untuk mendapatkan objektifobketif tertentu. KB (Family Planning. Lalu apa sebenarnya pengertian Keluarga Berencana itu? Dan apa tujuan Keluarga Berencana itu? A.Pengertian dan Tujuan Keluarga Berencana (KB) Program Keluarga Berencana (KB) mulai dicanangkan pada tahun 1970-an oleh presiden Soeharto. (3) Keluarga berpendidikan.shvoong. (3) Kesimpulan dari tujuan program KB adalah: Memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan ibu. maka banyak anak banyak masalah. Pengertian Keluarga Berencana (KB) Menurut Entjang (Ritonga.com/social-sciences/sociology/2185080-pengertian-dan-tujuankeluarga-berencana/#ixzz1rdVwpJAX . anak. Tujuan KB berdasar RENSTRA 2005-2009 meliputi: (1). peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Menurut WHO (Expert Committe.id/2009). Planned Parenthood) adalah suatu usaha untuk menjarangkan atau merencanakan jumlah dan jarak kehamilan dengan memakai alat kontrasepsi. pendewasaan usia perkawinan. Memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan KB yang berkualitas. keluarga dan bangsa. (7) Penduduk Tumbuh Seimbang (PTS) Sumber: http://id. Keluarga dengan anak ideal. Sebagian masyarakat banyak menentang kebijakan pemerintah atau presiden di kala itu.go. (2) Keluarga sehat. dan menentukan jumlah anak dalam keluarga. termasuk upaya-upaya menurunkan angka kematian ibu. menghindari kelahiran yang tidak diinginkan. 1970). agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. .(bkkbn. untuk mewujudakan keluarga kecil. (4) Keluarga sejahtera. (2) Tujuan lain meliputi pengaturan kelahiran. Kalau dikaitkan dengan kondisi saat ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->