P. 1
RPP UANG PERBANKAN

RPP UANG PERBANKAN

|Views: 593|Likes:
Published by rosita_ambarsari

More info:

Published by: rosita_ambarsari on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2014

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu

: SMA Negeri 2 Surakarta : Ekonomi : X/2 : 3-6 : 8 x 45 menit

STANDAR KOMPETENSI : 7. Memahami Uang dan Perbankan

A. KOMPETENSI DASAR 7.1. Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang 7.2.Membedakan peran bank umum dan bank sentra 7.3.Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

B. INDIKATOR 7.1. a. Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang b. Mengidentifikasikan factor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang 7.2. a. Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah, dan bank perkreditan rakyat b. Mengidentifikasikan cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari 7.3. a. Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga b. Mendeskripsikan kebijakan moneter 7.4.Nilai Karakter a. Mencintai sesama b. Kedisiplinan c. Taggungjawab

Mencintai lingkungan C. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah selesai pembelajaran diharapkan siswa dapat:       Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang Menguraikan fungsi bank sentral. Pertemuan Ketiga Kebijaka Moneter   Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga Mendeskripsikan kebijakan moneter .d. Pertemuan Kedua Bank    Pengertian bank Peran bank umum dan bank sentral Lembaga keuangan bukan bank 3. MATERI POKOK 1. bank umum. bank syariah dan bank perkreditan rakyat Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari Menentikan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga Mendeskripsikan kebijakan moneter D. Pertemuan Pertama Permintaan dan penawaran uang   Pengertian permintaan dan penawara uang Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang 2.

Bagian Inti A. Pertemuan Pertama No. SKENARIO PEMBELAJARAN 1.E. Pendahuluan    Salam dan tegur sapa Mengabsen siswa Memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan Metode sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan  Menyampaikan pembelajaran yang tujuan akan diajarkan dan besarnya kriteria ketuntasan minimal  Memberikan gambaran tentang Permintaan dan penawaran uang o Pengertian permintaan dan penawaran uang o Faktor-faktor mempengaruhi yang permintaan dan penawaran uang 2. Eksplorasi:  Menggali tentang pengertian Permintaan siswa dan penawaran uang: o Pengertian permintaan dan penawaran uang . Kegiatan Alokasi Waktu 1.

yang dilakukan dengan berhitung sesuai dengan urutan tempat duduk masing-masing dan mempersilahkan  siswa untuk bergabung dengan kelompoknya Memberikan petunjuk kepada siswa dalam setiap kelompok tentang informasi. Elaborasi:  Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil antara 4-6 siswa (dinamakan kelompok asal).o Faktor-faktor mempengaruhi yang permintaan dan penawaran uang B. atau kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Jigsaw  Membagikan lembar pertanyaan kepada masing-masing kelompok asal yang berisi beberapa topik pertanyaan berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. konsep. yaitu: Permintaan dan penawaran uang: o Pengertian permintaan dan penawaran uang o Faktor-faktor mempengaruhi yang permintaan .

Memanggil siswa kelompok dari beberapa nomor masing-masing asal untuk hasil mempresentasikan diskusinya di depan kelas. dan meminta siswa dari kelompok .dan penawaran uang  Meminta masing-masing siswa dalam kelompok asal unuk topik berbagai mempelajari permasalahan  satu dari sumber belajar selama 5 menit Meminta masing-masing siswa dari setiap kelompok asal yang mempelajari topik bahasan yang sama untuk berkumpul dan berdiskusi selama 10 menit dan menuliskan hasil diskusinya dalam kertas HVS (kelompok ini disebut kelompok ahli)  Mengawasi. membimbing dan mengarahkan jalannya kegiatan diskusi  kelompok agar tetap terkontrol Meminta masing-masing siswa dalam kelompok ahli untuk kembali ke kelompok asal mereka dan menjelaskan hasil diskusinya kepada  anggota kelompoknya selama 10 menit.

Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa dengan pekerjaan membenarkan siswa yang hasil masih kurang tepat dan memberikan tambahan materi yang belum jelas. Konfirmasi  3.lain untuk menanggapi C. Penutup  Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum paham      Menyimpulkan pembelajaran Melakukan penilaian dan atau refleksi Merencanakan selanjutnya Menyampaikan rencana tindakan hasil kegiatan pembelajaran yang akan datang Menutup pelajaran dengan salam .

Kegiatan Alokasi Waktu 1. Pertemuan Kedua No. Pendahuluan    Salam dan tegur sapa Mengabsen siswa Memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan Metode sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan  Menyampaikan pembelajaran yang tujuan akan diajarkan dan besarnya kriteria ketuntasan minimal  Memberikan gambaran tentang Bank o Pengertian bank o Peranan bank umum dan abnk sentral o Lembaga bank 2.2. keuangan bukan Bagian Inti A. Eksplorasi:  Menggali pengertian siswa tentang Bank: o Pengertian bank o Peranan bank umum dan abnk sentral o Lembaga keuangan bukan .

konsep. atau kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Jigsaw  Membagikan lembar pertanyaan kepada masing-masing kelompok asal yang berisi beberapa topik pertanyaan berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Elaborasi:  Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil antara 4-6 siswa (dinamakan kelompok asal). yaitu tentang Bank yang meliputi: o Pengertian bank o Peranan bank umum dan abnk sentral o Lembaga bank  Meminta masing-masing siswa dalam kelompok asal unuk keuangan bukan .bank B. yang dilakukan dengan berhitung sesuai dengan urutan tempat duduk masing-masing dan mempersilahkan  siswa untuk bergabung dengan kelompoknya Memberikan petunjuk kepada siswa dalam setiap kelompok tentang informasi.

mempelajari permasalahan  satu dari topik berbagai sumber belajar selama 5 menit Meminta masing-masing siswa dari setiap kelompok asal yang mempelajari topik bahasan yang sama untuk berkumpul dan berdiskusi selama 10 menit dan menuliskan hasil diskusinya dalam kertas HVS (kelompok ini disebut kelompok ahli)  Mengawasi. dan meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi C. Konfirmasi . Memanggil siswa kelompok dari beberapa nomor masing-masing asal untuk hasil mempresentasikan diskusinya di depan kelas. membimbing dan mengarahkan jalannya kegiatan diskusi  kelompok agar tetap terkontrol Meminta masing-masing siswa dalam kelompok ahli untuk kembali ke kelompok asal mereka dan menjelaskan hasil diskusinya kepada  anggota kelompoknya selama 10 menit.

 Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa dengan pekerjaan membenarkan siswa yang hasil masih kurang tepat dan memberikan tambahan materi yang belum jelas. Penutup  Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum paham      Menyimpulkan pembelajaran Melakukan penilaian dan atau refleksi Merencanakan selanjutnya Menyampaikan rencana tindakan hasil kegiatan pembelajaran yang akan datang Menutup pelajaran dengan salam . 3.

Pertemuan Ketiga No. Kegiatan Alokasi Waktu 1.3. Eksplorasi:  Menggali pengertian siswa tentang Kebijakan Moneter: o Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat bunga o Mendeskripsikankebijakan . Bagian Inti A. Pendahuluan    Salam dan tegur sapa Mengabsen siswa Memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan Metode sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan dan besarnya kriteria ketuntasan minimal  Memberikan gambaran tentang Kebijakan Moneter o Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat bunga o Mendeskripsikankebijakan moneter 2.

moneter B. yaitu tentang Kebijakan Moneter yang meliputi: o Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat bunga o Mendeskripsikankebijakan moneter  Meminta masing-masing siswa . konsep. yang dilakukan dengan berhitung sesuai dengan urutan tempat duduk masing-masing dan mempersilahkan  siswa untuk bergabung dengan kelompoknya Memberikan petunjuk kepada siswa dalam setiap kelompok tentang informasi. Elaborasi:  Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil antara 4-6 siswa (dinamakan kelompok asal). atau kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Jigsaw  Membagikan lembar pertanyaan kepada masing-masing kelompok asal yang berisi beberapa topik pertanyaan berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

Memanggil siswa kelompok dari beberapa nomor masing-masing asal untuk hasil mempresentasikan diskusinya di depan kelas. dan meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi . membimbing dan mengarahkan jalannya kegiatan diskusi  kelompok agar tetap terkontrol Meminta masing-masing siswa dalam kelompok ahli untuk kembali ke kelompok asal mereka dan menjelaskan hasil diskusinya kepada  anggota kelompoknya selama 10 menit.dalam kelompok asal unuk topik mempelajari permasalahan  satu dari berbagai sumber belajar selama 5 menit Meminta masing-masing siswa dari setiap kelompok asal yang mempelajari topik bahasan yang sama untuk berkumpul dan berdiskusi selama 10 menit dan menuliskan hasil diskusinya dalam kertas HVS (kelompok ini disebut kelompok ahli)  Mengawasi.

2007. Salatiga.C. Penutup  Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum paham      Menyimpulkan pembelajaran Melakukan penilaian dan atau refleksi Merencanakan selanjutnya Menyampaikan rencana tindakan hasil kegiatan pembelajaran yang akan datang Menutup pelajaran dengan salam F. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR  OHP / LCD  Chumidatus Sa’dyah. Ekonomi 1 Kelas X SMA dan MA. . Bandung. 2007. PT Remaja Rosdakarya. Konfirmasi  Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa dengan pekerjaan membenarkan siswa yang hasil masih kurang tepat dan memberikan tambahan materi yang belum jelas. CV Mitra Media Pustaka. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. 3.  Buku Ekonomi yang relevan.  Yuli Eko.

S.id situs-situs yang lain yang memuat sesuai permasalahan yang dibutuhkan siswa dengan cara:    Browsing ke google atau yahoo Ketik permasalahan yang dibutuhkan. Tugas Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur Sumber materi Tugas Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur antara lain:  Buku Literatur Ekonomi SMA Kelas I KTSP yang dimilikki siswa  Mengkaji buku-buku ekonomi kelas X yang lain yang tersedia di perpustakaan SMA Negeri 2 Surakarta  Melalui Internet dengan situs antara lain: www.G. M.Si. EVALUASI Soal: Kunci Jawaban: Pedoman Penialian. Februari 2012 Guru Mata Pelajaran Drs. contoh: Ekonomi+SMA+kelasX+perbankan+indonesia Membaca BSE Ekonomi SMA Kelas X di Internet.google.e-dukasi. NIP.Pd. Mengetahui Kepala SMA Negeri 2 Surakarta Surakarta. 19620531 198602 1 005 . H. 19530815 197903 1 015 Untung Daryanto. Sudadi Mulyono. Pembina Tingkat I NIP. H.com www.net.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->