RAGAM SENI MUSIK DI ASIA

Di susun oleh:  A. Safril Annur  Ferdian Ari W  Tommy Trie F  Wahyudi Hermanto

IX-F SMP Negeri 1 Jenggawah

kerja.anak-anak.tonik/tone:nada) 4.ti tzu. Instrumen Musik Instrumen tradisional musik Cina diantaranya adalah: a.p’ip’a.dan mengatur. Musik Cina modrn tetap menjaga karekteristik bangsa Cina dengan mempertahankan instrumen tradisional mereka kedalam musiknya. 3. tetapi dalam permainan musiknya mengunakan 5 nada yang disebut pentatonik(penta:5. Perkembangan Musik Bangsa Cina memeiliki kekayaan budaya yang musikal yang telah tumbuh dan berkembang sejak dulu.2011 RAGAM MUSIK DI ASIA A. 2. Musik Cina 1. Sistem nada Menurut teori musik cina suatu oktaf dibagi menjadi 12 nada.bertindak. Bangsa Cina mempercayai suatu tradisi bahwa bunyi nada yang harmoni merupakan keselarasan alam semesta.yuch chin. Musik tradisional Cina mengunakan bahasa Cina meliputi nyaniyan rakyat nyanyian bercerita dan opera. Sehingga masuklah bangsa Cina dalam modrnisasi musik. Macam-macam musik tradisional seperti nyanyian kepahlawanan.musik Cina dapat dikelompokan menjadi dua. Pada abad ke 19 pengaruh musik eropa mulai masuk dengan tujuan untuk melestarikan musik cina dan musik eropa. Flute (dzi. meliputi berpikir.Cina. Organ mulut(sheng) b. a. dan san hsien) . Ragam Musik Menurut perkembangannya. instrumen musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang yang di buat kira-kira pada7000 tahun SM. Sekitar abad ke-19 tradisi musik cina mulai terpengaruh tradisi musik eropa. dan relegius b. Kecapi berleher lurus(che.tche) c. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelaja. Pada tahun 1999 di temukan suling jiahu. yaitu musik tradisional dan musik modrn. Musik modrn.

shemisen dan koto menjadi populer khususnya untuk memberikan iringan lagu dan drama musik.drum(qu).setelah matsuhito meiji menjadi kaisar Jepang. Instrumen. Pertunjukkan rakyat seperti tarian bertopeng. Musik Jepang pada zaman dahulu sangat terpengaruh perkembangan musik dari daratan Cina dan semenajung korea. Musik modrn Musik modrn jepang di mulai pada tahun 1867. Perkusi seperti: lonceng(qin). Musik Jepang. Perkembangan musik.dan bel(zhong). 3.d. 2.je) e.perkembangan musik drama mencapai keemasannya pada abad ke-17 dengan format kabuki dan musik tradisional jepang.dan perkusi. Musik tradisional Jepamg pada umumnya berbentuk musik festifal religius.atau pengiring tarian.nyanyian bekerja. Satu guru yang bertangung jawab untuk mengenalkan gaya musik eropa adalah suzuki shin’lehi. tetapi lama-lama mempunyai sifat dan ciri sendiri.gong(lao). Instrmen modrn musik cina dengan Asia Tengah. 4. Ragam musiknya banyak digunakan di kuil-kuil. Musik tradisional. Sitar panjang(kh’in.zheng. Sekitar abad ke-15 musik instrumen. Beliau menemukan metode pengajaran biola untuk anak-anak yang diadopsi. Instrumen musik yang dipakai dalam musik Jepang di antaranya: . Sistim Nada Tangga nada yang digunakan dalam bermain musik adalah tangga nada pentatonik. a.teater rakyat dan tarian rakyat b.India dan eropa B. Orkes gagaku terdiri dari 17 musisi yang bermain instrumen tiup kayu. 1.petik. Ragam Musik Musik jepang dapat dikelompokkan dalam dua ketegori yaitu.untuk memuja dewa di istana dan untuk hiburan sosial.

nokan. Musik India 1. Musik klasik. Dalam suatu oktaf telah ditetapkan terbagi menjadi 22 syurti(interval) yang tidak sama. Flute pengiring (keikeblwa) b. Flute (ryuteki. Ragam Musik. Bangsa arya yang bermigrasi ke India mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik di India adalah suatu musik di india. Musik klasik di India dapat diketahui dari dokumen Natya Sastra. Masing-masing . a. Perkusi (shoko. dan taiko) c. Musik Rakyat dan Populer Sekitar 75% populasi India hidup didesa. yakni sa-grama dan me-grama. b. Terdapat 2 tradisi klasik yaitu hindustan di India utara dan karnatik di India selatan . Harmonika mulut(sho) d. Perkembangan Musik Perkembangan musik India dimulai Kira-kira semenjakabd ke-2 SM.ko tzumi. Semenjak abad ke19 musik india memiliki susunan tangga nada yang tetap. 3.o tzumi.biwa) f. Peran Penghibur lama kelamaan terkikis oleh adanya film musik. suatu risalah drama berbahasa sansakerta yang di tulis kira-kira abad ke-2 SM.Musik India adalah mozaik dari gaya yang berbeda dan mencerminkan tingkat sosial yang berbeda pula. Sistim Nada. Kecapi (shamisen.pembedaan tradisi ini terjadi mulai abad ke-16 sebagai hasil pengaruh orang islam di India Utara. 2. Oboe (hichiriki) C.a. Deretan nada pokok ada dua. Di sini tradisi tetap bertahan dan banyak orang terbebas dari pengaruh nyanyian modrn.shakuhachi) e.koto.yang sangat berpengaruh pada perkembangan musik di India.

Budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti Sassaid di persia(224-641). Drum dan irama musik rakyat menjadi sebagian paling pokok dalam pertunjukkan musik yang sebagian besar dilakukan oleh kaum muda. Musik tradisi arab diyakini telah ada sejak awal abad ke-3. Nyanyian Religi.corak musik arab erat hubungannya dengan nyanyian ayat-ayat suci dalam Al-Quran. Menurut sejarahnya. Dalam hal ini. b. Perkembangan musik. Instrumen musik india terbagi menjadi dua kelompok. Musik populer. Instrumen musik. Musik arab populer merupakan perpaduan dari kedua ragam musik di atas. Puncaknya pada masa pemerintahan Harun al rasyid(766-809) di Baghdad. nyanyian tersebut merupakan isi dari firman Tuhan yang di lantarkan dengan hafalan. c. Musik Arab. Musuk negara-negara jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum menunjukkan hubungannya yang luas dengan pedagang dari Afrika. a. . 4.yang dapat dinaikan atau diturunkan dengan berbagai cara. Berbagai tulisan musik(partitur) baru di temukan setelah berkembangnya agama islam di arab sejak masa dinasti Umaya pada abadke-7. tradisi musik awal kerajaan Byzantium (awal abad ke-4 dan ke-6) dan nyanyian religi dari daerah semenanjung Arab. Ragam musik. 1. yaitu:sa-ri-ga-ma-pa-da-ni. 2. Sehingga perhatian utamanya dalam nyanyian tersebut adalah teks lagu. Musik Rakyat. yaitu instrumen pembawa melodi/lagu utama dan instrumen pengiring. D.deretan pokok tersebut mempunyai 7 nada. Ahli teori musik yang terkenal adalah Al-farabi(900-950) dan Avicenna(980-1037). Banyak musik tradisi rakyat yang dapat di temukan di sepanjang daerah arab.

. Instrumen Musik. e.3. g. Nay. Cara berolah musiknya yang sering memakai variasi dan impovisasi dengan dasar melodi sebelumnya. ¾. f. Musik arab memiliki ciri khas yang berbeda dengan musik lainnya. b. dan drum berbentuk jam pasir) d. Nada-nada yang di pakai secara umum lebih banyak dari pada yang di kenal dalam musik barat. Perkusi (kettle drum. Rababah/rebab sebuah prototipe dari biola Eropa. Ud dan Flute. sebuah prototipe dari kecapi Eropa. 6. sejanis flute. Instrumen musik Lebanon. tidak berdasarkan pola birama yang pasti dan konstan seperti musik barat(2/4. Santur sejenis sitar. c.8) atau di sebut non metris pola ritme pada baris pertama merupakan pengembangan pola ritme dari baris kedua yang di tulis dengan skala musik. frame drum. Diantaranya terdapat nada-nada yang memiliki jarak intervalnya yang sangat kecil(microtones). 4. Mizmar. Struktur pada ritme musik Arab cukup kompleks. Instrumen musik yang di pakai dalam musik Arab diantaranya: a. Sistim Nada. Mijwiz. Instrimen musik Mesir.