ANGGARAN DASAR (AD) ORGANISASI PEMUDA-PEMUDI NYALINDUNG Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat

dan hidayah kepada kita, kampung merupakan komunitas yang terdiri dari pemuda pemudi yang berbeda pemikiran cara pandang serta penyikapan terhadap suatu masalah. Dalam suatu Negara pemuda pemudi adalah tulang punggung yang suatu saat akan menulang punggungi kemajuan suatu Negara. Organisasi pemuda pemudi adalah suatu wadah untuk mempersatukan perbendaan pemikiran dan cara pandang serta sarana untuk pembelajaran rasa tanggung jawab, konsekuensi dan tempat untuk menyatakan pendapat yang akan di sikapi serta dilaksanakan dengan arif dan bijaksana. Sebagaimana konsekuensi organisasi sebagai wadah suatu aspirasi serta membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan konsekuensi maka disusunlah pengurus kepemudaan serta membuat aturan yang akan menjadi dasar berjalannya suatu organisasi yang sempurna dan tertata. BAB I ANGGOTA, WAKTU, TEMPAT DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Anggota organisasi meliputi; Pemuda dan pemudi pada Kampung Nyalindung. Pasal 2 Organisasi Pemuda dan Pemudi didirikan sejak tanggal …………. dan dijadikan hari jadi ORGANISASI PEMUDA-PEMUDI NYALINDUNG. Pasal 3 Organisasi Pemuda Pemudi beralamatkan di Kampung Nyalindung, Desa Gunung Geulis Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Pasal 4

BAB IV VISI DAN MISI. Pasal 6 Dasar organisasi pemuda-pemudi adalah Musyawarah dan menjadi dasar setiap keputusan pada setiap rapat rutin organisasi. KRITIS. serta kompak dan konsekuen dalam menjalankan keputusan yang telah disepakati.dan RT ……….KOMPAK DAN KONSEKUEN”.Kedudukan Organisasi Pemuda-Pemudi dibawah naungan Tokoh Agama dan Ketua RT ……. BAB III LAMBANG DAN SLOGAN Pasal 7 Lambang organisasi adalah ‘………………………’. Artinya. . BAB II ASAS DAN DASAR Pasal 5 Organisasi pemuda-pemudi berasaskan musyawarah dan kebersamaan. Pasal 8 Slogan organisasi adalah “PEMUDA-PEMUDI NYALINDUNG CERDAS. Yang berarti. Cerdas dan kritis dalam mengungkapkan pendapat. ………………………………………………….. USAHA DAN SIFAT Pasal 9 VISI DAN MISI.

dan pembinaan Ketua RW dan Tokoh . di bawah naungan organisasi Ketua Rt …. BAB V STATUS DAN FUNGSI Pasal 12 Organisasi pemuda-pemudi Agama. 3. Pasal 10 ORGANISASI PEMUDA-PEMUDI NYALINDUNG BERUSAHA UNTUK: 1. Pasal 11 Organisasi pemuda-pemudi NYALINDUNG merupakan organisasi dalam lingkup kampung yang beranggotakan seluruh pemuda-pemudi di kampung Nyalindung. Pasal 13 Fungsi organisasi pemuda-pemudi NYALINDUNG adalah wahana dan wacana pembelajaran serta penyambung aspirasi. Memaksimalkan potensi yang ada.Membentuk dan menciptakan pemuda dan pemudi yang kompak. NYALINDUNG adalah organisasi yang resmi. Kiringan. 4. Karenan terutama untuk pemuda-pemudi NYALINDUNG. dari yang bersifat materi ataupun non materi. bertanggung jawab serta memiliki jiwa NASIONALISME dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. 2. informasi serta pemersatu seluruh masyarakat di kampung Padaran. Menanamkan rasa tanggung jawab dan konsekuen dalam masyarakat. dan dikarenakan yang sifatnya wajib bagi yang telah memenuhi ketentuan (diulas di pasal 1). Menyadarkan pentingnya bermasyarakat. Menyatukan kelompok-kelompok dan cara pandang yang berbeda . dan Rt…….

Pasal 16 Bentuk dalam musyawarah organisasi pemuda-pemudi NYALINDUNG adalah: 1. BAB VIII KEUANGAN DAN PENDAPATAN Pasal 17 . 2. Ketentuan. Dan apabila voting pun tidak dapat mencapai keputusan maka: Ketua bersama para pengurus kampung yang berkompeten di dalam kepemudaan yang menentukan keputusan secara arif dan bijaksana. 2. Rapat istimewa. Musyawarah dilakukan setiap …………… untuk membahas agenda-agenda yang akan dilaksanakan serta mendengar laporan-laporan dari masing-masing pengurus yang disebut dengan RAPAT RUTIN. 4. 3. pengembalian keputusan bisa voting. Rapat rutin. aturan serta tata tertib rapat dapat diatur di dalam ART. Dalam keadaan tertentu musyawarah dapat dilakukan tidak dalam jadwal rapat bulanan yang disebut dengan RAPAT ISTIMEWA.BAB VI STRUKTUR ORGANISASI LENGKAP Pasal 14 TERLAMPIR BAB VII MUSYAWARAH Pasal 15 1. Jika mufakat tidak tercapai. Keputusan-keputusan di dalam musyawarah diambil dengan jalan mufakat. 3. 5. Rapat pengurus.

Kegiatan sosial Sanksi-sanksi atau denda. Ketua dapat dilepaskan jabatannya oleh FORUM RAPAT. Penggunaan keuangan serta pengelolaan keuangan seperti tercantum dalam pasal 17 dan pasal 18 harus dapat dipertanggung jawabkan dengan jelas serta dilaporkan di depan rapat rutin.1. . Keuangan untuk urusan kepemudaan diambil dari: • • Kas pemuda. 2. BAB IX PELEPASAN KEANGGOTAAN ORGANISASI Pasal 20 1. Pengurus ataupun anggota organisasi dapat melepaskan jabatannya. Pembukuan keuangan oleh bendahara dan dikontrol oleh ketua. apabila adanya alasan yang krusial untuk mengundurkan diri. Pasal 19 Pengelolaan keuangan serta pembukuan adalah tanggungjawab bendahara. apabila adanya alasan yang krusial untuk mengundurkan diri. Iuran sosial. Pasal 18 Pendapatan organisasi dari : • • • Iuran sosial. 2. 3. Ketua dapat mengundurkan diri sebelum masa jabatan habis.

Pengurus ataupun anggota organisasi dapat dilepaskan jabatannya. Dan perubahan tersebut hanya dapat dilakukan di dalam rapat rutin yang sekurang-kurangnya dihadiri 2/3 dari total anggota. BAB XI PERUBAHAN ANGGARAN DASAR Pasal 21 Anggaran dasar yang telah tersusun dan yang telah disahkan dapat diubah untuk kesempurnaanya. Diatur di dalam ART. 5. apabila memang dikehendaki oleh ketua untuk digantikan. .4.